Penyekatan Operasi Ketupat Turunkan 74% Pemudik ke Jawa

liputanberitaku.com– Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Polisi Istiono mengakaykan jika jumlah pemudik Lebaran turun mencolok karena ada pemisahan efisien dalam Operasi Ketupat 2021. Volume arus mudik ke arah Jawa jadi turun 74%.

“Analitis dan penilaian sepanjang 8 hari Operasi Ketupat 2021, volume arus mudik tempo hari turun yang ke arah Jawa lebih kurang 74 %, yang ke arah Jawa Barat turun 100 %, ke arah Merak turun 45 %,”tutur Istiono di Jakarta, Jumat (14/5/2021).

Kakorlantas menjelaskan jika data analisis dari Kementerian Perhubungan sempat memprediksi 23 juta orang akan mudik. Tetapi, dari data paling akhir yang diterimanya dari Kementerian Perhubungan 1,lima juta orang yang keluar daerah Jabodetabek. Kakorlantas ungkap efektifitas publikasi penghapusan mudik di saat operasi keselamatan, 24 April sampai 5 Mei. Disamping itu, pemisahan di 381 titik dipandang sebagai usaha penangkalan yang jalan optimal.

“Ini maknanya kesadaran warga telah bagus dan beberapa langkah perlakuan untuk lakukan penangkalan, baik lewat publikasi atau cara pemisahan di atas lapangan, benar-benar efisien untuk dilaksanakan,” ucapnya.

Kakorlantas ungkap jumlah kendaraan yang diputar balik sepanjang penghapusan mudik. Sekitar 600.000 kendaraan diputar balik karena diindikasi mudik, sementara 600 travel gelap ditindak tegas.

“Sepanjang 8 hari yang diputarbalikan 600.000 kendaraan. Travel gelap yang ditindak tegas ada 600 kendaraan,” tutur Istiono.

Dijumpai jika Korlantas Polri mempersiapkan 381 titik penyekatan untuk memberikan dukungan peraturan penghapusan mudik di tanggal 6—17 Mei 2021. Sekarang, Korlantas Polri konsentrasi pada pengamanan arus balik Lebaran 2021

Kakorlantas ungkap efektifitas publikasi penghapusan mudik di saat operasi keselamatan, 24 April sampai 5 Mei. Disamping itu, pemisahan di 381 titik dipandang sebagai usaha penangkalan yang jalan optimal.

“Ini maknanya kesadaran warga telah bagus dan beberapa langkah perlakuan untuk lakukan penangkalan, baik lewat publikasi atau cara pemisahan di atas lapangan, benar-benar efisien untuk dilaksanakan,” terang Jenderal Bintang Dua itu.

Irjen Pol Istiono ungkap jumlah kendaraan yang diputar balik sepanjang penghapusan mudik. Sekitar 600.000 kendaraan diputar balik karena diindikasi mudik, sementara 600 travel gelap ditindak tegas. “Sepanjang 8 hari yang diputarbalikan 600.000 kendaraan. Travel gelap yang ditindak tegas ada 600 kendaraan,” jelas Kakorlantas.