Cara Membuat Website di WordPress

Cara Membuat Website di WordPress — Membuat situs web sangat sederhana. Apalagi jika Anda menggunakan platform yang tepat. Nah, pada artikel kali ini kami akan menjelaskan secara detail cara membuat website di WordPress dan cara mengoptimalkannya. Siap mempelajari cara membuat situs web di WordPress? Baca artikel ini sampai habis, ya!

WordPress: CMS Terbaik untuk Membuat Website

WordPress adalah CMS atau platform pengembangan situs web paling populer di dunia. Lebih dari 30 persen situs web di dunia dibuat menggunakan WordPress. WordPress bisa menjadi sangat populer karena kemudahan penggunaan dan berbagai fiturnya.

Pengguna WordPress tidak terbatas pada blogger pribadi. Banyak perusahaan besar menggunakan WordPress sebagai platform untuk membangun situs. SONY Music, Bata, Mercedes Benz, The New York Times Company, dan The Walt Disney adalah beberapa contoh terkenal perusahaan yang menggunakan WordPress.

Semakin banyak pengguna WordPress, semakin banyak tutorial WordPress, dan kiat pengoptimalan yang tersebar di seluruh web. Forum pengguna WordPress tersebar di seluruh web. Tutorial WordPress juga mudah ditemukan. Dengan cara ini, siapa pun dapat dengan mudah mempelajari cara membuat situs web menggunakan WordPress.

Cara Membuat Website di WordPress
Cara Membuat Website di WordPress

WordPress.com VS WordPress.org

Anda juga perlu mengetahui perbedaan antara WordPress.com dan WordPress.org sebelum mempelajari cara membuat website menggunakan WordPress. Perbedaan utama antara keduanya terletak pada host yang sebenarnya.

Jika Anda menggunakan WordPress.com, Anda tidak perlu khawatir menghabiskan uang untuk hosting dan domain situs Anda, karena ini disediakan langsung oleh WordPress secara gratis. Namun, layanan WordPress.com terbatas. Domain harus unik dari WordPress, diikuti oleh wordpress.com (www.namaanda.wordpress.com).

Berbeda dengan versi gratisnya, WordPress.org menawarkan fleksibilitas dan banyak fitur lainnya. Anda dapat memiliki situs web dengan domain Anda sendiri, seperti www.namaanda.com, untuk menentukan kapasitas penyimpanan, memasang ekstensi, memasang iklan AdSense, dan memasang tema apa pun sesuai kebutuhan. Untuk perbedaan lengkap antara kedua jenis WordPress, lihat 10 Perbedaan Antara WordPress.com dan WordPress.org.

Cara Membuat Website di WordPress

Berikut adalah 6 langkah yang dapat Anda lakukan untuk membuat situs web di WordPress:

  1. Instal WordPress
  2. Buka dasbor WordPress
  3. Instal tema situs
  4. Menginstal plugin
  5. Publikasi artikel
  6. Buat halaman baru

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa penjelasan untuk membuat blog di platform WordPress.

1. Install WordPress

Ada beberapa cara untuk menginstal WordPress, secara otomatis atau manual. Berikut cara install WordPress menggunakan installer otomatis Niagahoster.

Cara ini paling sederhana, menggunakan fitur auto install website WordPress Niagahoster. Bahkan, Anda bisa langsung mengakses fitur ini dengan mengecek kolom Instalasi Otomatis Gratis di situs WordPress Anda sebelum membeli hosting Niagahoster WordPress.

Namun, jika Anda lupa mencentang kolom “Free automatic WordPress site installation”, Anda tidak perlu khawatir karena fitur ini masih bisa diakses di member area.

Berikut adalah langkah-langkah untuk menginstal WordPress:

1. Masuk ke member area

Jika Anda sudah membuat akun di Niagahoster, Anda bisa login di pojok kanan atas website Niagahoster.

2. Pilih menu Penyimpanan dan Domain

3. Pilih Hosting

Klik pada hosting yang ingin Anda instal dengan situs WordPress Anda.

4. Instal WordPress

Pilih Instal Situs Web untuk menginstal WordPress secara otomatis di akun hosting Anda.

5. Klik tombol Instal

6. Isi Datanya

Masukkan informasi yang diperlukan oleh nama domain, alamat situs web, deskripsi situs web, pengguna admin hingga kata sandi admin. Klik Instal dan situs WordPress Anda siap digunakan

2. Buka Dashboard WordPress

Setelah Anda berhasil menginstal WordPress, langkah selanjutnya adalah membuka dashboard atau dashboard WordPress Anda. Dari dasbor WordPress, Anda dapat dengan mudah mengelola situs Anda dengan mengubah tema, menambahkan ekstensi, menambahkan halaman, dan menerbitkan posting blog.

Membuka dasbor WordPress tidak sulit. Yang perlu Anda lakukan adalah menambahkan wp-admin di belakang domain. Misalnya: www.namaanda.com/wp-admin. Ini kemudian akan muncul di layar. Masukkan nama pengguna dan kata sandi yang Anda buat saat menginstal WordPress di langkah sebelumnya. Jika login berhasil maka akan muncul dashboard seperti berikut.

Dashboard WordPress dibagi menjadi tiga bagian utama, yaitu toolbar (1), menu navigasi (2) dan workspace (3):

  1. Anda dapat mengelola profil Anda di sudut kanan bilah alat. Anda juga akan diberi tahu tentang berapa banyak komentar yang masuk melalui bilah alat.
  2. Bagian kedua dari dashboard adalah menu navigasi. Sebagian besar aktivitas yang terkait dengan manajemen WordPress berlangsung di menu navigasi. Dari mempublikasikan posting blog, mengunggah konten multimedia, menambahkan halaman, mengelola komentar, mengubah tema, memasang ekstensi, mengubah pengaturan WordPress.
  3. Pada bagian ketiga, ruang kerja utama berisi empat hal utama berikut:
  • Lihat sekilas jumlah posting, halaman, komentar, dan versi WordPress yang Anda gunakan.
  • Aktivitas ini menampilkan informasi singkat tentang postingan dan komentar terbaru.
  • Jika Anda memiliki ide untuk sebuah artikel dan ingin segera menulisnya, Anda dapat melakukannya di Quick Outline. Namun, Anda masih perlu mempostingnya ke menu utama.
  • WordPress News menampilkan berita terbaru dari WordPress.

3. Pasang Tema WordPress

Anda sudah mengetahui bagian-bagian dari dashboard WordPress. Anda kemudian dapat menginstal tema WordPress dari dasbor di menu navigasi Penampilan.

Anda dapat mencari tema melalui kotak pencarian menu atau mengunggah tema Anda sendiri, yang dapat Anda unduh dari situs web lain menggunakan fitur Unggah Tema.

4. Install Plugin

Setelah menginstal tema yang diinginkan, Anda juga perlu menginstal ekstensi untuk meningkatkan kinerja WordPress. Ada banyak ekstensi yang tersedia di WordPress. Butuh waktu lama untuk memilih ekstensi yang akan dipasang untuk WordPress.

Namun, Anda tidak perlu khawatir karena kami telah memperkenalkan plugin yang diperlukan yang perlu Anda instal saat pertama kali membuat WordPress. Berikut adalah ekstensi yang diperlukan untuk WordPress:

Google XML Sitemaps

Berguna untuk membuat peta situs untuk situs Anda, sehingga memudahkan mesin telusur untuk merayapi konten situs Anda.

Yoast SEO

Yoast SEO memiliki lebih banyak pengguna daripada plugin SEO lainnya. Pada saat penulisan ini, Anda telah mencapai lebih dari 5 juta pemasangan aktif.

Plugin ini menawarkan fitur dan fungsionalitas yang memudahkan untuk mengoptimalkan situs WordPress Anda. Tetapi setelah instalasi, Anda perlu menentukan pengaturan Yoast SEO terlebih dahulu.

Contact Form 7

Contact Form 7 memungkinkan Anda untuk mengelola lebih dari satu formulir kontak. Anda dapat menentukan pengaturan tampilan dan menambahkan opsi seperti menambahkan fungsi untuk mengirim file.

Sebenarnya, masih ada plugin lain yang lebih baik yang perlu Anda instal. Ini akan meningkatkan kinerja situs Anda.

Menginstal plugin ini cukup sederhana. Pada menu navigasi, klik Extensions > Add New. Kemudian ketik nama ekstensi yang ingin Anda pasang di kotak pencarian. Ketika Anda menemukan ekstensi yang Anda inginkan, pilih Instal dan kemudian Aktifkan.

5. Posting Artikel

Untuk membuat posting baru di WordPress, buka Add New di bawah Post atau pilih New -> Publish dari toolbar atas.

Sebuah editor posting blog dengan berbagai fungsi kemudian akan muncul.

Masukkan judul entri terlebih dahulu. Kemudian masukkan konten entri di bidang yang sesuai. Untuk memformat teks, gunakan opsi bilah alat. Bilah alat hampir identik dengan bilah alat yang digunakan di MS Word atau editor teks populer lainnya.

Di sisi kanan halaman ada semacam meta box. Setiap kotak memiliki fungsi khusus.

  • Publish. Di sini Anda dapat mengubah status dan visibilitas kiriman. Membuat rencana. Pengunjung dapat membaca postingan Anda dengan mengklik tombol Publish. Untuk menghapus entri, klik Pindahkan ke Sampah.
  • Kategori. Anda dapat memasukkan kategori entri yang lebih spesifik di bidang ini. Anda bahkan dapat membuat kategori baru dengan mengklik tombol + Tambahkan Kategori Baru.
  • Menandai. Fitur ini memudahkan untuk menambahkan tag baru dengan cepat.
  • Gambar unggulan. Di sini Anda dapat menambahkan gambar unggulan ke posting Anda. Gambar unggulan adalah gambar yang muncul di atas artikel.