Fitur OVO PayLater, Kelebihan, dan Kekurangan (2022)

Fitur OVO PayLater — OVO PayLater adalah layanan OVO PayLater yang menawarkan layanan buy-in, pay-later yang memungkinkan pengguna untuk membeli barang dari merchant online dan offline. Anda juga dapat membayar beberapa tagihan rumah dengan jalur kredit yang tersedia. OVO PayLater saat ini dalam keadaan “maintenance” sejak September 2020, sehingga untuk sementara tidak tersedia. Namun, bukan tidak mungkin untuk me-restart layanan ini di masa mendatang. Sambil menunggu layanan dibuka kembali, sebaiknya gunakan GoPayLater atau Shopee PayLater.

Jika Anda ingin mencoba OVO PayLater, Anda harus memperhatikan kelebihan dan kekurangan layanan ini. Selain itu, kehati-hatian harus dilakukan dalam menggunakan jalur kredit yang direncanakan. Artikel ini menjelaskan lebih jelas keuntungan dan hal yang perlu diperhatikan sebelum menyelesaikan transaksi dengan credit line OVO PayLater.

Fitur OVO PayLater

Berbagai fitur OVO PayLater yang dianggap sebagai salah satu aplikasi PayLater terbaik:

1. Jaringan merchant yang luas

Pulsa yang diberikan oleh OVO PayLater menarik karena dapat digunakan oleh berbagai merchant online dan offline di Indonesia. Pengguna tidak hanya dapat melakukan transaksi pembelian di Tokopedia, namun juga dapat menggunakan saldo pulsa yang ada di berbagai toko dan toko offline yang bekerja sama dengan OVO.

Jadi kamu tidak perlu mendapatkan pulsa di Shopee, tapi kamu bisa menggunakan layanan pinjaman OVO untuk membeli smartphone impianmu di berbagai toko yang menerimanya.

2. Tersedia berbagai promo menarik

OVO sendiri bekerja sama penuh dengan berbagai perusahaan Indonesia. Artinya, pengguna OVO PayLater juga berkesempatan mendapatkan berbagai promo menarik setiap harinya. Dengan layanan pinjaman yang tersedia, pengguna tidak hanya dapat bertransaksi dengan mudah, tetapi promosi yang valid juga membuat harga menjadi lebih menarik.

3. Manajemen keuangan lebih terkontrol

Pengguna dengan saldo kredit dapat membeli barang tanpa harus memiliki uang tunai terlebih dahulu. Ini berarti bahwa pengguna dapat merencanakan keuangan mereka dengan lebih baik sambil menjaga kemampuan keuangan mereka.

Selanjutnya, OVO PayLater menyediakan fungsi yang memantau transaksi selama periode waktu tertentu. Ini memungkinkan pengguna untuk melihat secara detail berapa banyak yang mereka belanjakan dan dapatkan setiap bulannya.

4. Metode pembayaran yang lebih cepat

Jika Anda menggunakan batas kredit Anda untuk melakukan pembelian dari pedagang online dan offline, Anda tidak perlu melakukan transfer bank terlebih dahulu. Transaksi akan jauh lebih cepat dengan fitur instant merchant checkout dan OVO. Artinya pembelian akan langsung dilakukan jika Anda menggunakan layanan OVO PayLater.

Pengalaman menggunakan 2020 menunjukkan bahwa kecepatan aplikasi OVO PayLater sama dengan Shopee PayLater.

5. Tetap mendapatkan OVO points

Transaksi pembayaran yang dilakukan menggunakan credit line OVO PayLater akan tetap memberikan poin OVO kepada pengguna. Semakin besar transaksi, semakin banyak poin bonus yang bisa Anda peroleh. Dengan OVO Points Anda masih bisa mendapatkan berbagai tempat menarik dari aplikasi OVO berdasarkan promosi terkait.

Kelebihan OVO PayLater

Berikut perbedaan manfaat menggunakan OVO PayLater:

1. Persetujuan dan aktivasi yang cukup cepat

Berdasarkan pengalaman pengguna layanan pulsa OVO PayLater, dapat disimpulkan bahwa proses persetujuan dan aktivasi cukup cepat. Hanya perlu beberapa jam dari pendaftaran hingga pengajuan aplikasi hingga mengunggah dokumen pribadi hingga mendapatkan batas kredit.

Artinya pengguna bisa mendapatkan akses pulsa secara instan tanpa harus menunggu lama. Ini tentu saja bisa menjadi pilihan yang menarik jika pengguna menginginkan akses instan ke barang-barang yang mereka butuhkan dengan akses ke kredit.

Berdasarkan pengujian yang kami lakukan, proses aktivasi OVO PayLater memakan waktu kurang dari 24 jam. Termasuk di dalamnya pengecekan OVO Premier yang harus dilengkapi kartu identitas seperti KTP.

2. Limit kredit langsung dapat digunakan

Setelah aplikasi diverifikasi dan pengguna telah menerima batas kredit, layanan PayLater sekarang dapat digunakan untuk transaksi di berbagai saluran e-niaga. Dengan batas ini, pengguna dapat membeli barang dagangan dengan harga yang tepat, atau di bawah batas kredit yang tersedia.

Selanjutnya, salah satu keingintahuan OVO adalah pembayaran tagihan rumah. Misalnya, jalur kredit yang tersedia dapat digunakan langsung untuk membayar tagihan listrik, air, internet, telepon, dan lainnya.

Fitur OVO PayLater
Fitur OVO PayLater

3. Diterima di berbagai e-commerce dan merchant

Saat ini sudah banyak e-commerce online dan toko offline yang menerima metode pembayaran OVO PayLater. Hal ini semakin memudahkan pengguna untuk melakukan transaksi pembelian secara online maupun offline.

Selain itu, OVO adalah salah satu metode pembayaran terkemuka untuk platform e-commerce terbesar di Indonesia, seperti Tokopedia. Ini berarti bahwa batas kredit dapat digunakan untuk membeli barang dagangan yang tersedia.

Namun, sejak bergabungnya Tokopedia dan Gojek, tidak ada yang menjamin keberlangsungan OVO PayLater di platform Tokopedia. Status pesaing mereka memungkinkan OVO dikecualikan dan digantikan oleh GoPayLater.

4. Limit kredit yang disediakan cukup besar

Batas kredit yang diberikan oleh OVO PayLater didasarkan pada informasi dan riwayat pembayaran Anda. Semakin baik informasi keuangan pengguna, semakin besar jalur kredit. Ini juga berlaku untuk kualitas pembayaran yang dilakukan oleh pengguna.

Batas kredit OVO PayLater yang ditentukan biasanya sekitar Rp. 500.000 – Rp. 10.000.000 Namun, ini jelas berbeda dari pengguna ke pengguna. Seperti dilansir dari review Shopee Paylater, nilai tersebut masih di bawah batas atas Shopee sebesar Rp 15 juta.

5. Tersedia minimum pembayaran

OVO PayLater sendiri menawarkan kepada pengguna opsi untuk membayar sebagian dari cicilan yang telah ditagihkan. Ini bisa menjadi pilihan yang menarik jika pengguna kesulitan membayar seluruh tagihan. Namun, pengguna yang membayar minimum harus tetap memperhatikan bunga dan denda atas tagihan yang belum dibayar.

6. Tingkat bunga dan denda yang rendah

Jumlah bunga dan denda yang dihitung atas tagihan yang belum dibayar pada saat jatuh tempo didasarkan pada jumlah tagihan. Besaran denda yang dikenakan biasanya sekitar 0,10% dari total jumlah tagihan.

Jumlah ini tampaknya cukup kecil, tetapi jumlah yang dibebankan akan cukup berat jika tagihan tidak segera dibayarkan. Jadi selalu pastikan Anda jatuh tempo dan selalu membayar tagihan berdasarkan jumlah dan tanggal pembayaran.

7. Metode pembayaran mudah

Perusahaan juga menyediakan sejumlah saluran pembayaran bagi pengguna untuk membayar tagihan OVO PayLater. Anda hanya perlu melakukan top up saldo OVO Cash seperti biasa. Saldo yang sudah terisi kemudian digunakan untuk membayar tagihan melalui OVO PayLater.

Untuk top up, pengguna dapat mentransfer dana melalui rekening bank. Bagi pengguna yang tidak memiliki rekening bank, isi ulang melalui minimarket bisa menjadi pilihan yang praktis.

Kekurangan OVO PayLater

Meskipun ada beberapa kelebihan, ada beberapa kelemahan OVO PayLater:

1. Limit kredit tidak tersedia untuk semua pengguna OVO

Perusahaan masih memiliki kebijakan bagi pengguna OVO yang menerima credit line. Artinya, tidak semua pengguna yang telah mengaktifkan OVO Cash akan menerima kredit maksimum. Selain itu, pendaftaran harus diselesaikan meskipun pengguna sudah memiliki riwayat transaksi aktif dalam 6 bulan terakhir.

Jika pengguna kini sudah mengaktifkan layanan OVO Cash dan tidak sering bertransaksi, maka peluang mendapatkan credit line OVO PayLater juga akan relatif berkurang. Jadi Anda harus cukup bersabar sebelum dapat menggunakan fitur ini.

Oleh karena itu, pastikan akun Anda berstatus OVO Premier agar dapat menggunakan opsi Beli Sekarang, Bayar Nanti.

2. Peningkatan limit kredit relatif jarang

Sangat jarang lini kredit yang disediakan oleh OVO PayLater tumbuh dalam waktu singkat. Faktanya, banyak pengguna yang mengeluh bahwa batas kredit mereka masih rendah, meskipun memiliki riwayat pembayaran yang baik.

Selain itu, batas kredit yang diberikan pada awalnya agak kecil, kurang dari Rp. 1.000.000,-. Jadi, meskipun batas maksimalnya adalah Rp. 10.000.000,- akan cukup lama untuk mendapatkan jumlah credit line.

3. Biaya admin yang dikenakan cukup besar

Akan dikenakan biaya administrasi sebesar 3% dari total jumlah tagihan untuk setiap transaksi yang dilakukan dengan OVO PayLater. Jumlah ini tidak akan terlalu mahal untuk transaksi yang cukup kecil. Namun, besaran biaya administrasi akan lebih mahal jika ingin menyelesaikan transaksi dalam jumlah banyak.

4. Akun OVO PayLater rentan suspensi

Dibandingkan dengan layanan pulsa sejenis, OVO PayLater menerapkan penagihan yang cukup ketat dan disiplin dan jika pengguna pernah mengalami tunggakan akun, lebih mudah untuk menangguhkan akun. Jika hal ini terjadi, maka aplikasi OVO PayLater tidak dapat lagi digunakan untuk melakukan transaksi.

Tips Menggunakan Limit Kredit OVO PayLater

Kehadiran OVO PayLater memudahkan transaksi online dan offline. Namun, Anda perlu memperhatikan beberapa hal untuk menghindari masalah keuangan di kemudian hari. Berikut beberapa tips yang bisa dicoba, antara lain:

  • Jangan membeli barang yang tidak terlalu dibutuhkan menggunakan OVO PayLater. Anda harus bisa dengan bijak menentukan barang mana yang memang Anda butuhkan sebelum melakukan transaksi. Cara terbaik adalah menggunakan jalur kredit untuk membeli barang yang hanya dapat digunakan untuk tujuan bisnis.
  • Gunakan jalur kredit yang tersedia hanya untuk mengganti uang tunai. Artinya, Anda hanya menggunakan fitur ini untuk mengurangi kerumitan membayar dengan uang tunai, seperti listrik atau air.
  • Selalu perhatikan besaran biaya administrasi, bunga dan denda yang dikenakan sebelum menyetujui dan menyelesaikan transaksi. Pastikan biaya yang Anda kenakan tidak terlalu mahal untuk Anda.

 

Demikian artikel tentang Fitur OVO PayLater, semoga bermanfaat.

√ó