Cara Mengetahui Video Yang Memiliki Copyright

Cara Mengetahui Video Yang Memiliki Copyright–Membuat dan berbagi video dapat menyebabkan masalah hak cipta. Untuk melakukan ini, admin akan membagikan cara mengetahui video mana yang memiliki hak cipta. Bagi mereka yang bekerja dengan video, mereka hampir pasti menemukan masalah hak cipta. Dengan begitu banyak cara untuk berbagi konten, Anda perlu melindungi identitas dan properti Anda. Dalam situasi ini, Anda perlu tahu cara mengetahui video mana yang memiliki hak cipta. Jika tidak, Anda mungkin terkena pelanggaran hak cipta.

Bagaimana Kita Tahu Jika Video Memiliki Hak Cipta?

Sebelum menentukan video mana yang memiliki hak cipta, penting untuk mengetahui kapan hak cipta memulai. Jika seseorang membuat video asli, itu melindungi oleh perlindungan hak cipta. Tidak masalah siapa yang mengupload video terlebih dahulu, karena itu milik kreator.

Namun, terkadang perlu untuk memeriksa hak cipta video. Misalnya, jika Anda membayar untuk sebuah video, periksa kembali. Anda juga dapat menyisipkan rekaman yang tampaknya berada dalam batas penggunaan resmi Anda. Tapi ini bisa menjadi area berkabut yang perlu mengeksplorasi lebih jauh dan menghindari informasi yang salah.

Untuk mengatasi masalah ini, YouTube terus mendidik dan membantu melindungi pemegang hak cipta. Kalau tidak, sulit untuk mengetahui masalah pembuatnya, misalnya jika mengunduh video YouTube itu legal.

Faktanya, harus selalu mengasumsikan bahwa setiap video online atau karya kreatif yang Anda temukan di mana pun (bukan hanya YouTube) memiliki hak cipta. Lagi pula, jika itu tidak membuat oleh Anda, orang lain yang melakukannya, dan kecuali orang itu secara khusus mengungkapkannya kepada publik atau menjelaskan bahwa itu tidak memiliki hak cipta, Anda dapat berasumsi dengan aman sampai saat itu dan kecuali Anda tidak mengonfirmasinya. sebaliknya.

Jika Anda ingin menggunakan video orang lain, silakan hubungi mereka untuk mendapatkan izin. Salah satu keunggulan utama YouTube adalah komunitasnya yang besar dan suportif, dan orang sering memposting karya mereka karena ingin membaginya dengan orang lain. Jadi kemungkinan besar jika Anda bertanya, pabrikan mungkin bersedia memberi Anda izin (dengan asumsi itu benar-benar pekerjaan mereka).

Sebagian besar materi di YouTube tidak diunggah secara legal atau mungkin berisi konten yang dilisensikan dari produsen asli tetapi Anda tidak, jadi penting untuk bertanya.

YouTube Studio: Titik Awal Hak Cipta Seseorang

Cara termudah adalah dengan mengenal dan mengalami proses hak cipta YouTube secara langsung. Yang terpenting, Anda bisa membiasakan diri dengan YouTube Studio sekaligus.

Untuk membuka YouTube Studio, lakukan hal berikut:

  • Buka halaman beranda YouTube Anda.
  • Klik ikon YouTube di pojok kanan atas.
  • Pilih YouTube Studio (ikon roda gigi dengan tombol putar) dari menu.

Jelajahi YouTube Studio untuk mempelajari lebih lanjut tentang prosedur dengan empat langkah ini.

1. Copyright Alerts Diseluruh YouTube Studio

Setelah masuk ke YouTube Studio, ada tiga cara utama untuk mengakses masalah hak cipta yang mengetahui:

  • Lihat dasbor hak cipta Kartu Strikes
  • Jika Anda memfilter koleksi video Anda untuk klaim hak cipta
  • Lihat kolom Pembatasan

Hal pertama yang akan Anda perhatikan adalah bahwa metode ini bukan filter aktif. Mereka hanya akan membawa Anda ke masalah hak cipta yang teridentifikasi untuk mengklarifikasi dan memulai jalan menuju solusi.

Siapa pun yang tidak memiliki masalah dapat mengarahkan kursor ke kolom Pembatasan. Dari sini, Anda dapat mengakses informasi hak cipta tambahan dengan mengeklik Pelajari Lebih Lanjut.

2. Cara Mengetahui Jika Video YouTube Memiliki Hak Cipta: YouTube Help

Meskipun pemeriksaan hak cipta otomatis ideal untuk semua video, ini tidak mungkin. Entitas seperti YouTube tidak dapat mengontrol pembuatan semua konten. Akhirnya, YouTube benar-benar menegakkan hukum.

Oleh karena itu, klaim Content ID dan pemberitahuan hak cipta harus muncul di saluran hukum dan uji tuntas yang sesuai.

Jadi cara terbaik untuk memfilter video Anda untuk hak cipta sebelum mengunggahnya adalah dengan melakukan riset. Ini bukan metode yang paling menarik, tetapi pemahaman dasar tentang bagian dari undang-undang hak cipta ini penting. Anda kemudian dapat melihat apakah akan ada masalah dengan video berhak cipta.

Selain menjawab pertanyaan umum (FAQ) tentang hak cipta, Hak Cipta YouTube dan Pengelolaan Hak Cipta membantu Anda mempelajari lebih lanjut:

  • Creative Commons
  • Penggunaan yang benar
  • ID Konten
  • Pemberitahuan Hak Cipta
  • Cara mengajukan permintaan hak cipta

3. Menguji Sistem Hak Cipta Di Tempatnya

Meskipun Anda dapat melakukan riset, selalu ada pilihan untuk mengambil pendekatan yang lebih langsung dalam menentukan hak cipta.

Mereka yang ingin menguji batas YouTube harus menghindari penggunaan akun YouTube utama mereka. Akun YouTube sementara atau alternatif berfungsi paling baik untuk tujuan ini. Ini memungkinkan Anda untuk menguji fungsi dengan aman di lingkungan yang terkendali yang tidak menyebabkan kerusakan langsung pada orang lain.

Metode ini berfokus pada pemeriksaan kecocokan Content ID. Dengan pencocokan Content ID, YouTube dapat secara otomatis menuntut siapa saja yang menggunakan konten orang lain jika mereka cocok dengan tautan di arsipnya.

Misalnya, jika Anda mengunggah video yang menggunakan musik berhak cipta, YouTube akan menandai video Anda. Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat menghapus musik, menukarnya, atau membagikan pendapatan. Demikian juga, jika ini melakukan dengan cuplikan video, Anda dapat memotong konten yang diklaim.

Klaim identifikasi konten otomatis tidak berarti Anda dalam masalah, ini adalah jaring pengaman bagi pemegang hak cipta. Jika Anda sudah tahu, ini tentang menggunakan konten yang tidak peduli dengan hak cipta. Karena musik adalah masalah umum, cobalah HookSounds untuk mendengarkan musik bebas royalti.

4. Tools Pencocokan Hak Cipta

YouTube Studio adalah pemilik hak cipta eksklusif dari Program Kemitraan YouTube. Setelah mengupload video, Alat Pencocokan Hak Cipta memungkinkan pembuat konten untuk memeriksa video mana yang benar-benar cocok atau cocok dengan konten mereka.

Setelah melihat hasil dan informasi yang memberikan, mereka dapat menghubungi pengunggah lain atau meminta YouTube untuk menghapus video tersebut.

Meskipun ini adalah tinjauan hak cipta online yang paling tepat untuk YouTube, ini bukan proses otomatis. Hal ini membutuhkan pemahaman menyeluruh tentang penggunaan wajar, penggunaan wajar, dan detail lainnya tentang hak cipta dan manajemen hak.

Ini juga tidak terlalu sempurna, karena berfungsi dengan menemukan kecocokan menggunakan video lengkap atau video yang hampir selesai. Oleh karena itu, tingkat penggunaan yang lebih rendah dapat membuat beberapa video tidak terdeteksi.

Untuk menentukan pemulihan hak cipta mana yang paling sesuai untuk Anda, Anda dapat mengisi formulir opsi manajemen hak cipta lainnya.

Yang Harus Melakukan Tentang Izin Hak Cipta

Seperti yang mungkin sudah Anda duga, Anda memiliki sebagian besar kontrol hak cipta. Meskipun ada sumber daya online yang mencakup dana tersebut, ada pengecualian dan undang-undang hak cipta dapat bervariasi dari satu negara ke negara lain. Jadi ketika Anda bekerja dengan video, Anda tidak bisa melupakan konten Anda.

Jika Anda memutuskan untuk mengajukan izin, penting bagi Anda untuk memahami kebutuhan dan implikasi hukumnya. Anda dapat mencoba rute lain tergantung pada tujuan video Anda.

Kesimpulan

Berikut cara mengetahui video mana yang memiliki hak cipta. Sederhananya, semua video yang Anda buat memiliki hak cipta. Anda, pencipta, adalah pemilik hak cipta. Berdasarkan Persyaratan Layanan YouTube, dengan mengunggah konten, Anda menyatakan bahwa Anda memiliki hak cipta atas konten tersebut atau bahwa Anda memiliki bagian berlisensi yang bukan milik Anda.

Jadi, bagaimana saya tahu jika karya saya mengandung materi berhak cipta milik orang lain? Tanyakan pada diri sendiri apakah Anda menggunakan musik, video, atau gambar yang tidak Anda buat. Jika demikian, apakah pemilik hak cipta telah memberikan izin untuk menggunakannya dan mempostingnya di YouTube? Jika demikian, Anda baik-baik saja. Jika tidak, Anda akan menghancurkan.

Jika Anda membuka YouTube dan menonton video Anda, Anda akan memberi tahu jika seseorang melanggar hak cipta Anda.

Tetapi tidak semua video YouTube memiliki hak cipta. Jika Anda ingin tahu apakah video tersebut memiliki hak cipta atau tidak, Anda dapat mengunduh video dan mencoba mengunggahnya ke saluran Anda. jika video memiliki hak cipta, YouTube akan memberi tahu Anda. Karena ada algoritma yang memeriksa video, jika serupa Anda akan mendapatkan teguran hak cipta.

Ă—