9 Cara Daftar Shopee Food 2022

Cara Daftar Shopee Food — Saat ini, aplikasi online dapat dengan mudah dan praktisi mengembangkan berbagai bisnis. Tentunya banyak sekali manfaat dari sistem online ini karena dapat menjangkau pasar yang lebih luas. Tak heran jika banyak orang yang mencari informasi tentang cara mendaftar Shopee Food.

Menjual produk makanan di Shopee Food memiliki peluang yang sangat menggiurkan baik bagi pedagang maupun pengemudi, bahkan konsumen. Sebagai salah satu aplikasi marketplace terpercaya, Shopee membuka peluang bagi pebisnis kuliner yang ingin terkoneksi.

Apa itu Shopee Food?

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan GoFood dan GrabFood yang menyediakan layanan pesan antar makanan dari aplikasi ojek online GoJek dan Grab. Sekarang ini adalah Makanan Shopee

Sebelumnya, Shopee dikenal sebagai marketplace tempat para pemilik bisnis menjual beragam produk. Namun kini, Shopee gy telah mengembangkan bisnisnya dengan merambah dunia kuliner melalui layanan Shopee Food.

Shopee Food sendiri sebenarnya sudah diluncurkan sejak Januari 2021, dan sepertinya mendapat banyak dukungan dari para penggunanya. Hingga akhirnya pada April 2021, layanan kuliner ini resmi diluncurkan.

Bahkan, peluang bisnis kuliner dianggap sebagai bisnis yang menggiurkan saat ini. Apalagi di tengah wabah yang membatasi mobilitas masyarakat. Sementara pada akhirnya banyak yang memanfaatkan jasa pengiriman online sebagai solusi praktisi tanpa harus repot keluar rumah.

Dengan peluang bisnis yang menjanjikan ini, Shopee meluncurkan Shopee Food, layanan pesan antar makanan melalui perantara mitra pengemudi. Tak ketinggalan layanan serupa, Shopee Food memiliki sejumlah fitur menarik.

Fitur-fitur Shopee Food

Shopee Food sangat ingin memberikan pelayanan yang terbaik kepada penggunanya, sehingga aplikasi ini dilengkapi dengan banyak fitur menarik seperti:

1. Voucher Diskon hingga 60%

Bagi yang suka memesan makanan secara online, fitur Shopee Food ini tidak boleh dilewatkan. Fitur ini paling banyak dicari karena menawarkan diskon hingga 60% hingga Rp25.000 yang bisa Anda dapatkan secara gratis setiap hari.

Selain itu, voucher diskon Shopee Food bervariasi sebagai berikut:

  • Diskon 50% hingga maksimal Rp20.000 untuk pembayaran melalui ShopeePay dan mitranya.
  • Diskon hingga 30% untuk mitra Rp 20 ribu dan diskon menarik lainnya.

2. Voucher Gratis Ongkir setiap Hari

Fitur lain yang tidak kalah menarik adalah voucher gratis ongkos kirim setiap hari, sehingga Anda tidak perlu memikirkan biaya pengiriman pesanan Anda. Shopee Food memberikan voucher gratis ongkos kirim senilai Rp 12.000 per hari.

3. Pengiriman Cepat

Untuk melayani pelanggan dengan cepat, Shopee Food sudah memiliki mitra driver sendiri yang mengantarkan pesanan makanan dan minuman Anda. Anda tidak perlu menunggu lama, pengemudi akan segera mengantarkan pesanan Anda saat Anda melakukan pemesanan.

4. Menu Bervariasi dari Puluhan Ribu Merchant

Anda tidak akan bosan dengan menu yang sama di Shopee Food karena Shopee Food memiliki beragam menu yang tersedia dari puluhan ribu retailer. Mulai dari makanan rumahan hingga brand ternama seperti Burger King, KFC, ChaTime dan lain-lain.

5. Sistem Pemesanan dan Pembayaran Mudah

Shopee Food tidak memerlukan aplikasi atau metode pembayaran tambahan, karena semuanya terintegrasi dengan Shopee Food dan sistem pembayaran ShopeePay, sehingga sangat praktis dan sederhana.

Selain mod pembayaran ShopeePay, mod pembayaran lainnya tersedia berdasarkan permintaan. Termasuk transfer bank, kartu kredit hingga E-Wallet.

Apa Keuntungan Menggunakan Shopee Food?

Sebagai aplikasi belanja yang sangat populer, Shopee selalu ingin memberikan yang terbaik kepada penggunanya. Dalam hal ini, ada beberapa manfaat menggunakan Shopee Food. Manfaat ini meliputi:

1. Keuntungan sebagai Merchant Shopee Food

Pengusaha kuliner yang bergabung di Shopee Food sebagai merchant menikmati sejumlah keuntungan, seperti:

  • Jangkauan pasar dapat diperluas karena aplikasi Shopee dapat diakses oleh banyak orang.
  • Ini bisa menjadi media periklanan yang murah dan efektif.
  • Peluang untuk meningkatkan pendapatan karena pasar yang lebih luas.
  • Memasarkan produk kuliner mudah dan dilakukan oleh praktisi.
  • Dapatkan dukungan promo dari Shopee.
  • Sistem pembayarannya sederhana, cepat dan dapat ditarik kapan saja.
  • Sistem kerja dilakukan secara online sehingga lebih fleksibel.

2. Keuntungan sebagai Driver Shopee Food

Ini menguntungkan tidak hanya pengecer yang menjual berbagai bahan makanan di Shopee Food, tetapi juga mitra pengemudi yang bertanggung jawab untuk mengirimkan bahan makanan.

  • Mitra pengemudi Shopee Food memperoleh pendapatan yang cukup besar karena menggunakan sistem bagi hasil.
  • Peluang untuk meningkatkan pendapatan bulanan dan narapidana Anda, terutama dengan insentif dan bonus yang diberikan.
  • Banyak pesanan yang datang sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan pesanan dalam jumlah banyak.
  • Sistem pembayaran sederhana yang didukung oleh banyak layanan perbankan.

3. Keuntungan sebagai Konsumen

Menggunakan aplikasi Shopee Food tentunya akan menguntungkan pengguna. Keuntungan menggunakan layanan Shopee Food antara lain:

  • Aplikasi Shopee Food sudah ada di dalam Shopee, jadi Anda tidak perlu menginstal ulang.
  • Makanan yang dipesan diantar langsung oleh pengemudi.
  • 24 jam pengiriman rumah.
  • Dapatkan diskon atau pengiriman gratis root secara langsung.
  • Voucher diskon 50% dapat digunakan hingga nilai nominal Rp 25.000.
  • Pilihan merchant atau restoran dan menunya sangat bervariasi.
  • Sistem pembayaran yang sederhana dan praktis.

Cara Pemesanan Makanan di Shopee Food

Sebelum membahas cara mendaftar sebagai retailer Shopee Food, ada baiknya juga untuk mengetahui cara memesan makanan dari Shopee Food sebagai berikut:

  • Langkah pertama buka aplikasi Shopee yang terpasang di smartphone kamu.
  • Di halaman beranda, klik menu Makanan Shopee. Jika menu tidak muncul, klik link berikut: https://Shopee.co.id/ShopeeFood.
  • Setelah halaman Makanan Shopee muncul, Anda dapat mulai mencari makanan atau minuman yang Anda inginkan melalui berbagai retailer yang tersedia.
  • Kemudian dibalas dengan mod pembayaran yang ingin Anda buat, baik itu ShopeePay, pembayaran tunai atau mod lainnya sesuai kebutuhan.
  • Langkah selanjutnya cukup klik tombol Beli Sekarang atau Pesan Makanan Sekarang untuk melakukan pemesanan yang Anda inginkan.
  • Harap tunggu sementara dealer menyelesaikan pesanan dan pengemudi mengambil alih pesanan.
  • Pengemudi pergi ke alamat n dan mengantarkan pesanan.

Cara Daftar Shopee Food

Pada dasarnya, mendaftar sebagai merchant di Shopee Food sangat sederhana dan tidak rumit. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk mempelajari lebih lanjut.

1. Mengisi Formulir Pendaftaran Shopee Food

Langkah pertama dalam mendaftar sebagai pengecer Shopee Food adalah mengisi formulir pendaftaran terlampir. Anda dapat mengaksesnya di tautan di bawah ini:

https://shopee-support.formstack.com/forms/shopeefood_and_shopeepay_merchant_registration

Jika Anda mengklik tautan, Anda akan dibawa ke halaman baru di mana Anda harus memasukkan alamat email yang Anda gunakan. Pastikan alamat email aktif. Setelah mengisi formulir, klik Berikutnya.

2. Mengisi Data Diri

Cara mendaftar Shopee Food selanjutnya adalah dengan mengisi informasi pribadi Anda sesuai dengan formulir yang telah disediakan. Data pribadi yang harus diisi antara lain nama lengkap pemilik usaha, nomor handphone bahkan alamat email aktif yang ada di KTP.

Kemudian klik Next dan akan muncul halaman baru yang meminta Anda untuk menentukan apakah sebelumnya Anda telah terdaftar di Shopee Food Merchant, jika belum, pilih No to Go to Go to.

3. Mengisi Alamat Lokasi Usaha secara Detail

Cara mendaftar Shopee Food selanjutnya adalah dengan memasukkan detail alamat lokasi usaha Anda. Ada beberapa kota yang tersedia untuk bisnis ini, seperti Jakarta, Bodetabek, Surabaya, Bali, Semarang dan kota lainnya.

Jika alamat lokasi Anda tidak tercantum, pilih Lainnya dan masukkan alamat lokasi bisnis yang sesuai. Kemudian klik Berikutnya.

4. Mengisi Nama dan Jenis Usaha

Cara daftar Shopee Food selanjutnya adalah jangan sampai ketinggalan nama dan jenis usaha yang kamu miliki. Silakan masukkan nama dan jenis bisnis Anda, pastikan nama yang Anda masukkan benar dan jenis bisnisnya.

Apakah bisnis Anda merupakan kepemilikan tunggal atau jenis badan hukum? Setelah memasukkan nama dan jenis bisnis Anda, langkah selanjutnya adalah memasukkan alamat bisnis Anda, termasuk kota dan kode pos Anda.

Pastikan Anda melakukannya dengan benar dan benar saat mengisi alamat, karena alamat yang Anda berikan menjadi acuan bagi mitra pengemudi Anda untuk melakukan penjemputan. Jika sudah, klik Berikutnya.

5. Mengisi Kategori dan Bentuk Usaha

Setelah memasukkan nama dan jenis usaha, cara daftar Shopee Food selanjutnya adalah dengan mengisi kategori dan formulir usaha. Di halaman ini, Anda dapat memilih kategori bisnis yang Anda miliki, baik itu bisnis Anda sendiri, bisnis Anda, atau waralaba Anda.

Anda juga dapat menjelaskan berapa banyak cabang yang Anda miliki. Sedangkan dalam bentuk usaha, Anda bisa memilih dari kategori rumah makan atau rumah makan, katering rumah atau usaha mikro. Jika Anda memilihnya, klik Berikutnya.

6. Mengunggah Foto Outlet Usaha

Langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah mengunggah foto tempat usaha. Dalam metode daftar Makanan Shopee ini, Anda harus mengikuti sejumlah bahasa Iran saat mencari toko Anda.

Anda harus mengumpulkan setidaknya dua foto toko, yaitu foto toko dari depan dan foto dari dapur pabrik. Anda dapat mengupload kedua foto tersebut dengan mengklik Add File dan kemudian Next.

7. Melakukan Konfirmasi Pendaftaran

Jika Anda telah berhasil mengunggah foto etalase, langkah selanjutnya adalah mengkonfirmasi pendaftaran Anda. Di bagian ini, Anda perlu menentukan tempat untuk mendaftarkan pedagang di Shopee Food.

Akan ada beberapa opsi dan Anda dapat memilih yang paling cocok. Selain itu, Anda harus melengkapi pernyataan yang menyatakan bahwa semua informasi yang diberikan adalah benar. Haigen, klik Kirim untuk melanjutkan.

8. Verifikasi

Cara mendaftar layanan Shopee Food selanjutnya yang tidak kalah penting adalah tahap verifikasi. Setelah terdaftar, Tim Shopee Food akan memverifikasi informasi yang diberikan.

Anda dapat menunggu proses verifikasi pada tahap ini dan kami akan menghubungi Anda melalui email atau nomor telepon yang Anda berikan saat pendaftaran.

9. Kelengkapan Berkas

Selama proses verifikasi, Shopee Food akan meminta Anda untuk melengkapi berkas yang diperlukan. Diantaranya adalah Cooperation Agreement (PCA) bagi merchant yang tergabung dalam Shopee Food.

Anda dapat mengisi formulir tentang kelengkapan berkas yang dikirimkan sesuai dengan ketentuan yang ditentukan. Langkah selanjutnya adalah mengirimkan file ke tim Shopee Food dalam format softcopy melalui email dan hard copy ke kantor Shopee.

Setelah pengiriman, tim Shopee Food akan mengunjungi toko merchant selama jam kerja hingga 15 hari untuk memberikan pelatihan Shopee Food bagi pemilik bisnis. Setelah proses pelatihan selesai, Anda dapat mulai menjual sebagai pengecer Makanan Shopee.

Shopee Food menyediakan layanan pengiriman online. Ini merupakan peluang bisnis yang menjanjikan karena jangkauan pasarnya lebih luas. Jika Anda tahu cara mendaftar Shopee Food, Anda dapat mendaftar dan mengembangkan bisnis kuliner Anda secara efektif.

 

Demikian artikel tentang Cara Daftar Shopee Food, semoga bermanfaat!!