Kalian Harus Tau! Dampak Negatif dari Sikap Tak Enakan

Liputanberitaku.com — Merasa sungkan untuk tidak enakan dengan orang lain menjadi salah satu karakter yang dimiliki oleh seseorang. Meskipun sikap tersebut memberikan kesan rendah hati dan suka menolong, namun rasa tidak enakan ini bisa berdampak buruk atau negatif terhadap diri sendiri. Perasaan tidak enakan itu tentu harus  diberi batasan agar tidak merugikan diri sendiri. Berikut dampak negatif dari sikap tidak enakanBerikut di antaranya:

Kehabisan Energi

Sikap tidak enakan dengan orang lain bisa membuat dirimu kehabisan energi. Selalu mengatakan ‘iya’ atau tidak bisa menolak permintaan orang lain karena takut membuat orang lain kecewa akan berdampak negatif kepada dirimu sendiri.  Kamu akan mudah lelah karena melakukan hal-hal yang diminta oleh orang lain, padahal dalam hati kamu ingin menolaknya. Sesekali tidak apa-apa menolak permintaan orang lain jika kamu merasa hal tersebut tidak menguntungkanmu dan membuang energimu.

Merasa Kesal kepada Diri Sendiri

Tidak ingin merepotkan orang lain, tidak ingin membuat orang lain menjadi jauh dari hidupmu, dan faktor lainnya, membuatmu menjadi tidak bisa menolak setiap kali orang lain meminta pertolongan atau hal lainnya.

Pada akhirnya, kamu akan merasa kesal atau jengkel dengan diri sendiri karena sikap tidak enakan yang ada pada dirimu. Tidak bisa menolak hal yang sebenarnya tidak kamu inginkan. Hal tersebut juga bisa membuat dirimu sulit bahagia karena selalu mementingkan orang lain dibandingkan dirimu sendiri.

Sering Dimanfaatkan Orang Lain

Orang lain akan memanfaatkan dirimu demi keuntungannya, sedangkan kamu akan merasa lelah atas apa yang kamu kerjakan. Padahal, hal yang kamu kerjakan bukan lah hal yang menguntungkan bagi dirimu. Cobalah untuk mengontrol dirimu untuk menolak permintaan orang lain jika hal tersebut merugikan dirimu.

 

 

 

 

 

 

 

#artikel-asli