Cara Mengatasi iCloud Penuh di iPhone

Cara Mengatasi iCloud Penuh di iPhone–iPhone dan iCloud tidak dapat dipisahkan. Karena iCloud sendiri merupakan sistem penyimpanan yang selalu digunakan Apple, termasuk produk iPhone. Tetapi seperti mode penyimpanan lainnya, itu pasti akan mengalami kapasitas penyimpanan yang lebih rendah.

Sebab, nyatanya, berapa pun kapasitas yang tersedia, tentu tidak cukup untuk menampung data yang kita miliki, yang semakin hari semakin bertambah.

Kapasitas yang disediakan oleh iCloud biasanya sekitar 5GB, dan Anda akan sering mendapatkan notifikasi iCloud lengkap saat kapasitasnya tidak terlalu tinggi. Bagaimana jika penyimpanan iCloud penuh? Jangan khawatir, saya akan membagikan beberapa tips di sini.

Bagaimana Cara Mengatasi iCloud Penuh di iPhone?

Apple sendiri akan memberikan tips dan cara memperbaiki iPhone iCloud lengkap di situs resminya, namun banyak pengguna yang belum mengetahui hal ini.

Berikut beberapa cara mengatasi cloud space di iPhone full yang bisa Anda lakukan.

1. Bersihkan Data dari Aplikasi

Jika cycloud penuh bagaimana mengatasinya? Anda tidak perlu panik karena cara termudah untuk membersihkan sampah yang Anda keluarkan dari aplikasi adalah dengan menghapus banyak sampah atau cache saat Anda menggunakan aplikasi tanpa disadari.

Jika aplikasi masih sering digunakan, Anda cukup mengosongkan cache. Namun, jika Anda belum pernah menggunakannya sebelumnya, cukup hapus aplikasi untuk menyediakan lebih banyak ruang kosong.

Untuk menghapus cache, buka langsung Pengaturan, buka iCloud Drive, pilih Kelola Penyimpanan dan Anda akan melihat aplikasi mana yang menghabiskan banyak ruang penyimpanan. Di sini Anda juga dapat memilih aplikasi yang tidak lagi Anda perlukan. Kemudian hapus datanya.

2. Menambah Kapasitas Penyimpanan iCloud

Solusi iCloud lengkap selanjutnya adalah meningkatkan kapasitas penyimpanan iCloud. Namun, cara ini sangat melelahkan karena Anda harus membayar sejumlah kapasitas yang ditawarkan.

Dari Rp15.000 untuk 50GB per bulan hingga Rp149.000 untuk kapasitas bulanan 2TB. Jadi Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda.

3. Membersihkan Data iCloud dari Email

Jika penyimpanan icloud Anda penuh, Anda dapat mulai menghapus data yang tidak perlu dari email Anda. Mirip dengan sistem operasi Google Drive, di mana semua lampiran email disimpan di iCloud. Anda dapat memulai dengan menghapus data.

Simpel, ketik saja aplikasi email di iPhone, lalu pilih email spam dan tidak perlu lagi, jangan lupa tekan dan tahan untuk memilih email. Anda kemudian dapat menghapusnya. Mudah, bukan?

4. Mengelola File di iCloud

Semua data di iPhone Anda, sengaja atau tidak sengaja, disimpan langsung di iCloud, menyisakan lebih sedikit ruang. Anda dapat melakukannya dengan menghapus data dan dokumen pada foto yang tidak penting. Dengan pengelolaan yang tepat, Anda dapat memiliki lebih banyak ruang di iCloud.

Caranya masuk ke bagian Files dan pilih iCloud Drive. Di sana Anda dapat mengelola data, dokumen, file, foto atau video Anda dengan baik.

5. Mengurangi Data Backup

Mengatasi seluruh iCloud di iPhone dengan cara ini sebenarnya cukup berisiko karena Anda harus menghapus beberapa data cadangan. Tetapi tidak perlu menghapus semua data, hanya data yang kurang penting.

Dengan cara ini, Anda tidak perlu kehilangan semua data Anda dengan mengurangi kelebihan data. Karena data cadangan dapat memakan terlalu banyak ruang, solusi ini mungkin opsional. Caranya tidak sulit, ikuti saja langkah-langkah di bawah ini.

Cara Membersihkan Bakcup iCloud di iPhone

  • Buka menu Pengaturan iPhone.
  • Kemudian pilih iCloud Drive.
  • Kemudian temukan di bagian Cadangan pada menu.
  • Metode berikut memerlukan kehati-hatian, hanya memilih data yang tidak lagi penting. Pastikan Anda tidak membutuhkan semua data Anda lagi agar tidak kehilangan data penting apa pun.
  • Jika Anda yakin ingin menghapus dan mencadangkan data yang ingin dihapus, klik Hapus.
  • Semua data yang dipilih akan dihapus secara otomatis.

6. Pilih Aplikasi Tertentu Saja yang Boleh Mencadangkan Data ke iCloud

Untuk mencegah ruang iCloud terisi dengan cepat, Anda dapat memilih dan mengatur aplikasi mana yang dapat menyimpan data Anda ke iCloud.

Berikut cara mengaturnya:

  1. Buka Pengaturan iPhone.
  2. Ketuk nama profil iPhone Anda.
  3. Kemudian pilih iCloud.
  4. Akan muncul daftar aplikasi yang akan membackup data Anda ke iCloud, nonaktifkan aplikasi tersebut sesuai kebutuhan.

Setelah penonaktifan, aplikasi tidak akan lagi menyimpan data hingga Anda mengaktifkannya kembali. Ini akan menghemat ruang iCloud di iPhone Anda.

Penyebab Penyimpanan iCloud Penuh

Tanpa disadari, penyimpanan iCloud sering tiba-tiba penuh, karena pengaturan default iPhone secara otomatis mencadangkan.

Pengaturan otomatis ini mengunggah semua file ke iCloud tanpa sepengetahuan Anda. Seperti dijelaskan di atas, pengaturan ini dapat dinonaktifkan.

Data berikut menghabiskan sebagian besar ruang penyimpanan iPhone iCloud:

  • Cadangan iCloud
  • Cadangan WhatsApp Messenger
  • Email dengan lampiran
  • Foto dan video
  • Siri (jika mengaktifkan)

Tips Menjaga Penyimpanan iCloud Cepat Perhatikan file atau data di atas. Hapus data yang menurut Anda tidak penting lagi, maka ruang penyimpanan iCloud akan sedikit bertambah.

Apa yang terjadi jika Penyimpanan iCloud Penuh?

Saat iCloud penuh, pertama-tama Anda akan memberi tahu bahwa kapasitas atau penyimpanan iCloud sudah penuh. Yang terjadi selanjutnya adalah iCloud tidak bisa lagi menyimpan data untuk aplikasi yang bekerja seperti sebelumnya, sehingga data aplikasi hilang.

Akhir Kata

Berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi kejenuhan awan di iPhone Anda untuk mendapatkan ruang yang Anda butuhkan di iCloud di iPhone Anda. Pada dasarnya ada banyak cara untuk mengatasi full icloud hosting.

Ă—