Cara membuat Website Sekolah Gratis

Cara membuat Website Sekolah Gratis–Di era digital saat ini, membangun situs web sekolah penting untuk keberadaan sekolah mana pun. Fungsi website sekolah sangat penting karena transparansi informasi sekolah sekarang tersedia untuk semua orang. Tentu saja, jika sekolah memiliki website, Anda harus mengeluarkan uang karena harus menyewa web hosting. Namun, ada juga cara untuk mendapatkan situs web sekolah gratis.

Di era digital ini, banyak sekolah yang menerapkan sistem internet menggunakan website. Selain itu, situs web sekolah dapat menghemat waktu dan uang Anda dengan memungkinkan Anda belajar online berkat outlet Anda.

Itu sebabnya hampir semua lembaga pendidikan sudah memiliki website sendiri. Situs web yang menarik dapat membantu mempromosikan sekolah mereka dengan menyediakan semua informasi penting tentang institusi, kursus, lingkungan pendidikan, dll. Selain itu, platform online ini merupakan tempat yang mudah untuk menawarkan dan membuka peluang belajar alternatif seperti kursus online untuk semua orang. Akibatnya, kebutuhan akan situs web pendidikan atau sekolah yang sangat baik menjadi semakin penting saat ini.

Biasanya ada tiga jenis website sekolah:

  • Situs web sekolah atau universitas menyediakan informasi tentang sekolah, siswa, guru, kursus, dan kelas yang mereka tawarkan.
  • Portal pelatihan online menawarkan program studi, kelas praktis, dan tutorial untuk siswa.
  • Situs langganan pendidikan adalah tempat di mana siswa dapat masuk dan berpartisipasi dalam kelas online mereka, melihat nilai mereka, dan mengirimkan tugas. Guru atau pendidik dapat membuat, mengelola, merekam pelajaran online dan offline untuk siswa mereka dan memantau siswa.

Elemen penting dalam website sekolah

  • Beranda – Buat kesan pertama Anda ketika pengunjung melihat situs Anda, di mana Anda dapat memasukkan semua informasi yang Anda butuhkan, seperti logo, gambar, komentar penting, dan informasi acara.
  • Halaman informasi: Gunakan halaman ini untuk melihat semua informasi tentang institusi atau sekolah atau universitas Anda, seperti sejarah sekolah, lokasi, sertifikat, penghargaan, dan banyak lagi.
  • Halaman Kursus – Gunakan halaman ini untuk memberikan informasi rinci tentang kursus yang ditawarkan oleh sekolah Anda.
    Informasi Fakultas: Gunakan halaman ini untuk melihat informasi tentang fakultas, guru, dan anggota tim institusi Anda.
  • Formulir pendaftaran – Anda harus menyertakan formulir pendaftaran untuk pengunjung yang ingin mendaftar untuk kursus atau layanan yang ditawarkan oleh sekolah Anda.
  • Kontak person – Anda juga harus melampirkan formulir kontak di mana siswa atau pengunjung dapat mengirim pesan atau menghubungi Anda secara langsung melalui situs web Anda.

Jika Anda benar-benar tidak memiliki situs web untuk sekolah Anda. Jadi pertama-tama, pikirkan tentang elemen yang ingin Anda tambahkan ke situs pendidikan yang ingin Anda buat.

Langkah dasar membuat website sekolah gratis

  1. Tentukan nama domain yang sesuai untuk sekolah atau situs web pendidikan Anda.
  2. Daftarkan nama domain dan dapatkan paket hosting dari pengembang web hosting.
  3. Instal WordPress.
  4. Instal tema WordPress tutorial yang bagus, menarik, dan responsif di situs web Anda.
  5. Pilih tema yang Anda inginkan untuk membuat tampilan yang Anda inginkan.
  6. Unduh dan pasang ekstensi LMS yang sesuai untuk situs web sekolah Anda.
  7. Tambahkan konten dan informasi.

Berikut langkah-langkah membuat website sekolah gratis:

Langkah 1. Pilih nama domain untuk membuat website sekolah anda.

Langkah pertama dalam membuat situs adalah membuat nama domain untuk situs tersebut. Nama domain adalah alamat situs web Anda. Pengunjung hanya perlu mengingat nama domain situs pendidikan dan sekolah. Nama domain yang Anda pilih hanya dapat dimiliki oleh satu situs.

Memilih nama domain untuk situs pendidikan atau sekolah Anda tidaklah sulit. Nama sekolah, universitas, institusi pendidikan atau portal pendidikan itu sendiri bisa menjadi pilihan yang baik untuk nama domain.

Langkah 2. Daftarkan nama domain dan Pilih paket hosting.

Banyak perusahaan atau pengembang web hosting menawarkan ruang disk dan bandwidth yang cukup. Tapi biayanya juga luar biasa. Layanan hosting web memungkinkan Anda melihat situs web Anda di Internet. Oleh karena itu, Anda harus memilih paket web hosting yang masuk akal. Sebagai permulaan, menggunakan SharedHosting adalah rekomendasi teratas karena murah dan mudah digunakan.

Jika Anda kesulitan mencari developer web hosting murah dan terpercaya, IDwebhost bisa menjadi solusi untuk membangun layanan website.

Langkah 3. Install WordPress untuk membuat website sekolah anda

Seperti artikel sebelumnya, artikel ini menggunakan WordPress sebagai platform situs untuk membangun situs sekolah dan pendidikan karena kemudahan penggunaannya.

WordPress adalah platform hebat untuk membangun semua jenis situs web dan sistem manajemen konten yang sangat bagus dan sederhana. Anda dapat membangun situs web yang berfungsi penuh tanpa memahami pengkodean dan skrip. Layanan ini juga GRATIS. Hal ini sangat memudahkan untuk membuat website untuk sekolah dan pendidikan.

Langkah 4. Install Tema WordPress yang cantik dan menarik untuk website sekolah dan pendidikan anda.

Dengan WordPress, Anda dapat dengan sangat mudah mengubah desain, tata letak, dan tampilan situs web Anda dengan template yang sudah tersedia atau tersedia. Yang perlu Anda lakukan adalah menemukan tema bagus yang memenuhi kebutuhan Anda untuk situs Anda. Kemudian instal di dashboard WordPress Anda dan situs Anda akan lebih cantik dan menarik.

Langkah 5. Unduh dan Install Plugin WordPress untuk Website Sekolah.

Ada banyak jenis ekstensi yang dapat mendukung pembuatan situs web pendidikan. Namun, Anda harus terlebih dahulu mengetahui cara memasang ekstensi di situs Anda.

Anda harus masuk ke dashboard WordPress terlebih dahulu. Kemudian klik Add-on/Tambah Baru. Mirip dengan mengunggah tema baru, ada dua cara untuk mengunggah plugin WordPress: dengan melihat di daftar plugin atau dengan mengunggah file “.zip” langsung dari komputer Anda. Setelah memilih plug-in dari daftar atau memuatnya dari komputer Anda, klik Install Now untuk menginstal plug-in. Ini akan memakan waktu beberapa detik. Setelah instalasi, klik Aktifkan untuk mengaktifkan ekstensi. Plug-in siap untuk situs web sekolah.

Langkah 6. Tambahkan Konten dan Informasi untuk Website Sekolah Anda.

Ketika semua barang sudah siap. Anda kemudian dapat menambahkan konten dan informasi yang terkait dengan sekolah atau lembaga pendidikan Anda. Di Dasbor, Anda dapat menambahkan halaman atau entri baru ke situs Anda di bawah Halaman / Tambah Baru.

Ya, ini semua langkah yang perlu Anda ikuti jika Anda ingin membuat situs web untuk sekolah atau pendidikan Anda. Setelah mengikuti panduan langkah demi langkah di atas, Anda sekarang dapat memiliki seluruh situs web Anda dengan semua alat yang Anda butuhkan dan siap untuk mempublikasikannya di web.

Selamat membaca dan mengembangkan bisnis atau website Anda!