Aplikasi Membuat Website Profesional Terbaik 2022

Aplikasi Membuat Website — Di masa lalu, sulit untuk membuat situs web. Hanya orang yang tahu cara membuat kode yang dapat membuat situs web. Mereka dapat menulis ratusan baris kode dalam pembuat situs web hanya untuk membangun struktur dasar situs web.

Untungnya, aplikasi situs web saat ini sudah semakin canggih. Anda dapat memilih dari berbagai aplikasi dengan fitur yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Mulai dari aplikasi desain web berbasis Content Management System atau CMS, offline dan online hingga aplikasi untuk pembuatan website berupa text editor.

Jadi, jika Anda mencari aplikasi pembuat situs web profesional, Anda mungkin akan sedikit bingung harus memilih yang mana. Oleh karena itu, kami merekomendasikan beberapa aplikasi untuk membangun situs web dengan fitur terbaik.

Aplikasi Membuat Website Profesional Terbaik

Berikut adalah delapan aplikasi pembuat situs web profesional terbaik untuk tahun 2022:

1. WordPress

Aplikasi Membuat Website Profesional Terbaik 2022
Aplikasi Membuat Website Profesional Terbaik 2022

WordPress adalah aplikasi gratis yang memungkinkan Anda membuat situs web profesional dengan mudah. Sebagai sistem manajemen konten (CMS), WordPress menggabungkan fleksibilitas dan kesederhanaan dalam membuat situs web berbasis konten.

Lebih dari 30% internet menggunakan WordPress, menjadikannya CMS paling populer di dunia. Tidak hanya untuk situs web profesional, WordPress juga mendukung jenis situs web lain seperti blog, e-commerce, komunitas, dll.

Manajemen WordPress memiliki backend yang intuitif. WordPress menyediakan template gratis atau berbayar untuk mengubah desain dasar situs web Anda.

Misalnya, jika Anda mengetikkan kata kunci “profesional” ke halaman tema WordPress, Anda akan menemukan lebih dari 700 tema yang cocok dengan kata kunci tersebut. Anda dapat menyelesaikan proses instalasi tema dengan satu klik.

Apakah Anda ingin lebih banyak fitur di situs web Anda? WordPress menawarkan banyak plugin WordPress terbaik yang siap diunduh dan instalasi mudah.

Karena popularitasnya, situs web WordPress sering menjadi target ideal bagi peretas. Penting bagi pengguna WordPress untuk memperhatikan fitur keamanan situs web mereka.Untungnya, WordPress menawarkan sejumlah plugin keamanan, sehingga Anda dapat menginstalnya dengan mudah.

Secara keseluruhan, WordPress adalah cara cepat dan mudah untuk membangun situs web profesional tanpa keterampilan pengkodean apa pun. Berbagai tema dan plugin yang tersedia membuat seluruh proses penyesuaian situs web Anda menjadi sangat sederhana.

Selanjutnya, proses instalasi aplikasi WordPress hanya membutuhkan waktu beberapa menit. Sebagai penyedia web hosting, Niagahoster juga menyediakan paket layanan auto install WordPress. Ini membuat segalanya lebih mudah bagi mereka yang tidak ingin masalah instalasi mengganggu mereka.

Kelebihan:

  • Mudah dipasang dan digunakan
  • Termasuk banyak tema dan plugin
  • Dukungan komunitas yang besar

Kekurangan:

  • Karena popularitasnya, WordPress sering menjadi sasaran peretasan

2. Adobe Dreamweaver

Aplikasi Membuat Website Dreamweaver adalah aplikasi desain web offline yang terkenal di kalangan pengembang situs web. Cocok untuk pengkodean, pengeditan, dan pemeliharaan.

Kombinasi pengeditan visual dan pengeditan HTML memungkinkan Anda untuk membuat kode situs web Anda secara langsung.

Caranya adalah dengan menampilkan layar untuk menulis kode dan mendesain template website.

Jadi, misalkan Anda membuat desain dengan mode pratinjau langsung, Anda dapat kembali ke layar penyandian untuk melakukan perubahan.

Buat desain responsif dengan Dreamweaver. Artinya, situs web Anda dapat dilihat secara optimal baik untuk pengguna desktop maupun seluler tanpa membatasi pengalaman pengguna.

Meskipun tidak semudah aplikasi berbasis CMS seperti WordPress, Dreamweaver memungkinkan Anda untuk mendesain template situs web dengan spesifikasi yang Anda inginkan. Namun, ini jelas membutuhkan pengetahuan dasar tentang pengkodean.

Kelebihan:

  • Kustomisasi desain
  • Bagus untuk membuat desain responsif
  • Dukungan HTML5

Kekurangan:

  • Harga lumayan mahal (mulai $27,62 per bulan)

3. InVision Studio

Awalnya, InVision menawarkan layanan berbasis cloud yang terintegrasi dengan aplikasi desain seperti Sketch dan Photoshop. InVision kini menawarkan desain antarmuka yang komprehensif, menarik, dan mudah dipelajari.

Fitur utama dari InVision adalah kemampuan untuk membuat gerakan animasi yang mudah dan dinamis. Kemampuan ini sulit bersaing dengan aplikasi lain.

Selain itu, fitur kolaborasi memudahkan pengguna untuk bekerja sebagai tim. Anda dan tim Anda dapat mengerjakan tugas satu sama lain dan mendiskusikannya dalam kerangka kerja.

InVision memiliki artboard responsif sehingga Anda dapat dengan mudah membuat prototipe untuk beberapa perangkat. Hal ini memudahkan dan menghemat waktu untuk membuat website.

Kelebihan:

  • Desain kolaborasi dengan tim
  • Antarmuka pengguna yang mudah digunakan
  • Integrasi dengan Sketch memudahkan untuk mengunggah prototipe

Kekurangan

  • Aplikasinya cukup sulit

4. Adobe XD

Aplikasi Adobe ini merupakan pesaing dekat dari InVision Studio. Orang yang terbiasa dengan aplikasi keluaran Adobe seperti Photoshop dan Illustrator mungkin akan menyukai aplikasi ini.

Program ini dapat membuka dan mengedit file Sketch. Dukungan ini memungkinkan Adobe XD untuk pengguna Windows yang perlu bekerja dengan pengguna Sketch.

Selain pengembangan web, XD juga dapat digunakan untuk membuat prototipe aplikasi Android dan iOS.

Meskipun telah mengalami banyak peningkatan sejak dirilis pada tahun 2019, Adobe XD masih kekurangan fitur, terutama kolaborasi waktu nyata. Plug-in pihak ketiga juga tidak tersedia.

Kelebihan:

  • Desain lintas platform (Android, iOS, situs web)
  • Hubungkan ke perpustakaan Adobe
  • Buka beberapa artboards secara bersamaan

Kekurangan:

  • Pilihan animasi masih terbatas

5. Bluefish

Bluefish adalah salah satu aplikasi desain web terkecil yang tersedia saat ini.

Berfokus pada HTML, desain antarmuka aplikasi ini hanya teks, cocok untuk mereka yang menyukai antarmuka yang bersih.

Meskipun berfokus pada HTML, Bluefish juga mendukung bahasa pemrograman lain, termasuk PHP, Java, Javascript, SQL, XML, dan CSS.

Selain ukurannya yang sangat kecil, Bluefish juga memiliki fungsi pencarian bagus yang memungkinkan Anda menemukan teks di beberapa proyek sekaligus. Bluefish bekerja di berbagai platform.

Bagi mereka yang akrab dengan aplikasi desain situs web dengan antarmuka visual, mungkin perlu membiasakan diri.

Kelebihan:

  • Mudah dan cepat
  • Penggunaan kode khusus melalui penyihir

Kekurangan:

  • Tidak ada antarmuka visual

Kesimpulan Aplikasi Membuat Website

Memiliki aplikasi pembuat situs web memiliki tujuan yang sama, yaitu memudahkan pengguna untuk membangun situs web. Aplikasi situs web berbasis CMS seperti WordPress dan Weebly dirancang untuk memungkinkan pengguna membangun situs web dengan cepat tanpa harus mengelola kode.

Sementara aplikasi berbasis teks seperti Bluefish memberikan kebebasan penuh kepada pengguna untuk memasukkan kode yang mereka inginkan. Di antaranya, ada aplikasi seperti Dreamweaver yang menjembatani kesenjangan di antara keduanya.

WordPress adalah pembuat situs web profesional kami yang paling direkomendasikan. Selain kemudahan dalam membuat website, tersedianya berbagai fungsi menjadi keunggulan tersendiri. Hanya dengan beberapa ketukan, situs web profesional Anda segera tersedia.