Cara Membuat Google Drive Yang Bisa Diakses Semua Orang

Cara Membuat Google Drive Yang Bisa Diakses Semua Orang–Berbagi file yang berisi foto, video, dan dokumen lain sepertinya bukan tugas yang sulit saat ini. Google Drive memungkinkan Anda menyimpan dan berbagi file dengan orang-orang di seluruh dunia.

Jika Anda ingin berbagi file publik tetapi tidak tahu cara melakukannya, ikuti panduan ini untuk membuat tautan Google Drive yang dapat diakses semua orang di bawah ini.

1. Cara Memberi Akses Google Drive Kepada Orang Lain Via Email

Jadikan Google Drive tersedia bagi siapa saja dengan mengirimkan email kepada Anda melalui tautan ke file tersebut.

1. Masuk ke akun Google Anda.
2. Klik kanan file yang ingin Anda bagikan. Kemudian pilih menu “Bagikan”.
3. Di bidang formulir “Tambahkan orang dan grup”, masukkan semua alamat email tujuan yang ingin Anda beri akses untuk membuka file Google Drive dan masukkan pesan sebagai opsi.
4. Atur lokasi atau hak akses untuk penerima tautan Google Drive:

  • Pemirsa hanya lihat: Orang yang hanya dapat melihat dan mengunduh file tetapi tidak dapat mengedit atau membagikannya dengan orang lain.
  • Komentator: Orang yang dapat memposting komentar dan saran, tetapi tidak dapat mengedit atau berbagi file dengan orang lain.
  • Penerbit: Orang yang dapat mengedit, menerima atau menolak saran dan berbagi
    file ke orang lain.

5. Klik ikon “Perkakas” untuk membuka menu “Opsi Berbagi” di file Google Drive. Pilih untuk memberikan izin atau batalkan pilihan untuk menghapus izin.
6. Klik “Selesai” untuk mengirim tautan ke file Google Drive.

Catatan: Jika Anda berbagi file dengan alamat email yang bukan akun Google (Gmail), mereka hanya dapat melihat file dan tidak mengeditnya.

2. Cara Membuat Link Google Drive Bisa Diakses Semua Orang

Selain mengirim file melalui email, Anda dapat membuat Google Drive tersedia bagi siapa saja dengan memberikan tautan ke Google Drive yang dapat diakses orang selama mereka memiliki tautan.

1. Masuk ke akun Google Anda.
2. Klik kanan file yang ingin Anda bagikan. Kemudian pilih menu “Dapatkan Tautan”.
3. Pada opsi menu “Dibatasi”, ubah opsi “Siapa saja yang memiliki koneksi”.
4. Jangan lupa untuk mengatur hak akses penerima tautan, Anda dapat memilih dari opsi berikut: “Hanya pemirsa, pemberi komentar, editor”.
5. Klik tombol “Salin Tautan” untuk menyalin tautan Google Drive.
6. Setelah mengubah pengaturan tautan berbagi file, klik “Selesai” di Google Drive untuk menyimpan pengaturan.

Ini akan memungkinkan Anda untuk membagikan tautan Google Drive dengan orang lain melalui email dan media sosial dengan menempelkannya.
Bisakah pemirsa mengunduh file dari Google Drive saja? Tentu saja, mereka dapat melakukannya dengan mengedit konten file setelah mengunduhnya ke perangkat mereka.

3. Cara Share File Google Drive Tanpa Permission Untuk Publik

Cara membuat Google Drive dapat diakses dan diedit tanpa izin dengan mengubah pengaturan ini di “Editor”. Berikut adalah panduan untuk berbagi Google Drive tanpa izin.

1. Masuk ke akun Google Anda.
2. Klik kanan file yang ingin Anda bagikan. Kemudian pilih menu “Download Link” atau “Share”.
3. Kemudian ubah item menu “Dibatasi” menjadi “Publik” atau “Siapa saja yang memiliki koneksi”.
4. Kemudian ubah pengaturan “Tampilkan pengguna saja” ke “Editor” agar orang lain dapat mengedit file tanpa izin Anda.
5. Klik ikon “Perkakas” untuk membuka menu “Pengaturan Tautan”. Pilih kotak centang untuk mengizinkan mesin telusur mengindeks file atau hapus centang untuk menonaktifkannya.
6. Terakhir, klik “Salin tautan” dan kemudian “Selesai” untuk menyimpan pengaturan.
Anda kemudian dapat berbagi koneksi Internet.

Dengan mengikuti panduan ini, penerima file dapat mengedit dan membagikannya tanpa harus meminta izin kepada pemiliknya.

4. Cara Mengirim File Ke Link Google Drive Orang Lain (Publik)

Saat Anda menelusuri web dan kemudian menemukan file penting atau menarik yang dapat Anda bagikan dengan orang lain, cukup salin tautan dan bagikan di web, seperti email, situs web, Youtube, WhatsApp, Facebook, dan lainnya.

1. Buka tautan ke file Google Drive orang lain.
2. Pilih menu “Tiga Titik” di pojok kanan atas halaman, lalu klik menu “Bagikan”.

  • Masukkan semua alamat email yang ingin Anda kirimi tautan saat Anda mengeklik tombol “Kirim”. Jika Anda ingin mengirim file melalui email.
  • Klik tombol “Salin Tautan” atau salin URL ke bidang URL browser Anda. Jika Anda ingin mengirim file melalui tautan, yang harus Anda lakukan adalah menempelkan tautan tersebut sehingga Anda dapat membagikannya kepada orang lain.

Untuk petunjuk tentang cara membuat Google Drive tersedia untuk semua orang di ponsel Anda, yang perlu Anda lakukan hanyalah menyiapkannya di Google Drive atau browser.
Meskipun perangkatnya berbeda, aplikasi Google Drive di ponsel Android sangat mirip dengan layar browser di komputer Anda.

Ini adalah tutorial tentang cara membuat Google Drive tersedia untuk semua orang. Semoga tutorial ini bermanfaat untuk berbagi file yang bermanfaat.