Cara Upload Video Ke Google Drive

Cara Upload Video Ke Google Drive–Dulu, kita menggunakan perangkat keras penyimpanan untuk menyimpan data dari komputer, mulai dari floppy disk, flash disk, dan hard drive. Kami menggunakan kartu memori (microSD) untuk menyimpan file data dari ponsel / widget.

Sekarang dengan teknologi yang semakin canggih. Tidak perlu lagi membawa perangkat keras ke mana-mana untuk menyimpan file data dari komputer atau widget. Karena kini sudah ada teknologi baru yang disebut cloud-based storage atau penyimpanan berbasis cloud pada umumnya.

Apa itu Cloud Storage?

Cloud Storage adalah komputer/media penyimpanan HP yang disimpan pada server penyimpanan, dengan batas kapasitas yang ditentukan, disewakan atau gratis, dan dapat diakses oleh pengguna melalui jaringan komputer.

Jadi apa kelebihan Cloud Storage dibandingkan perangkat penyimpanan fisik (hardware)?

Kelebihan Cloud Storage

  • Efektivitas biaya. Dengan penyimpanan cloud Anda dapat menghemat pembelian perangkat penyimpanan (hardware) dan bahkan gratis
  • Fleksibilitas. Menggunakan penyimpanan cloud, Anda dapat menggunakannya di mana saja, kapan saja selama Anda memiliki sinyal internet
  • Akses mudah. Untuk mengakses penyimpanan cloud kami, cukup masuk ke akun operator Anda
  • Memiliki privasi. Menggunakan penyimpanan cloud, Anda dapat mengelola informasi orang-orang yang dapat melihat dan mengakses file Anda, misalnya dalam mode publik atau hanya saya.
Cloud Storage sendiri biasanya dikelola dan dikembangkan oleh perusahaan yang menyediakan layanan penyimpanan berbasis cloud seperti Dropbox, Google Drive, Microsoft One Drive, iCloud, SkyDrive, dan lainnya. Kami akan menggunakan Google Drive untuk percakapan.

Apa itu Google Drive?

Google Drive adalah layanan penyimpanan awan milik Google yang dirilis pada tahun 2012. Pengguna hingga 15GB dapat menggunakannya secara gratis.

Kali ini kami akan menjelaskan cara upload video ke Google Drive. Meskipun kami dapat menggunakan layanan lain untuk mengunggah video, seperti YouTube dan Instagram. Tetapi ketika Anda menyimpan ke Google Drive, video kami diatur dalam satu folder. Google Drive juga menawarkan manfaat berikut:

Kelebihan Google Drive

  • Gratis. Google Drive gratis untuk 15GB. Jika Anda menginginkan kapasitas penyimpanan yang lebih besar, Anda dapat membelinya dengan biaya tambahan
  • Hubungkan ke layanan Google lainnya. Anda dapat menggunakan Google Drive untuk terhubung ke layanan Google lainnya, seperti google doc, google spreadsheet, dan lainnya.
  • Simpan file dalam format yang berbeda. File audio (.mp3), video (.mp4) atau gambar (.jpg) dapat disimpan ke Google Drive
  • Dapat menggunakan di berbagai platform. Google Drive dapat digunakan di berbagai media dan platform, termasuk aplikasi Android dan browser web komputer.

Karena Google Drive dapat menggunakan di banyak platform, kami akan menjelaskan cara mengunggah file video dari berbagai platform, seperti aplikasi Android, browser web komputer Anda, dan langsung dari galeri ponsel Anda.

3 Cara Mengupload Video Ke Google Drive

Cara yang pertama adalah cara mengupload video langsung dari menu galeri foto di hp kita. Caranya ada di bawah ini

Cara Mengupload Video ke Google Drive dari Galeri HP Android

  1. Buka menu galeri di ponsel Anda
  2. Masuk ke menu Video
  3. Kemudian klik tombol simbol bagikan (share)
  4. Media berbagi yang berbeda kemudian akan menampilkan, seperti Whatsapp, Bluetooth, dan Drive
  5. Kami memilih untuk menabung untuk mengemudi
  6. Kemudian pilih lokasi folder tempat Anda ingin menyimpan video
  7. Jika perlu, ubah namanya
  8. Klik Simpan
  9. Google Drive juga melalui proses pengarsipan. Durasi tergantung pada kapasitas video dan kecepatan Internet ponsel kami
  10. Siap. Video berhasil meyimpan di Google Drive

Setelah menjelaskan cara mengunggah video langsung dari galeri ponsel kami. Sekarang kami akan menjelaskan cara mengunggah video dari aplikasi Google Drive ke ponsel Android kami. Caranya adalah sebagai berikut:

Cara Mengupload Video ke Aplikasi Drive di HP Android

  1. Unduh aplikasi Google Drive dari Play Store
  2. Buka aplikasi driver
  3. Kemudian klik tombol (+).
  4. Pilih menu unggah
  5. Jelajahi file video yang ingin Anda unggah
  6. Klik pada file
  7. Aplikasi driver melakukan proses loading dan loading
  8. Jika sudah selesai maka akan muncul notifikasi di handphone kita.

Selain mengunggah video dari ponsel atau gadget, Anda juga dapat mengunggah video ke Google Drive dari komputer melalui browser web, seperti yang dijelaskan di bawah ini.

Cara Mengupload Video ke Google Drive dari Web Browser Komputer

  1. Buka https://drive.google.com
  2. Masuk ke halaman Google saya dengan alamat email dan kata sandi Anda.
  3. Klik tanda (+) di pojok kiri atas layar
  4. Anda kemudian akan melihat beberapa opsi, pilih Unggah file
  5. Kemudian telusuri video yang kami unggah
  6. Setelah ditemukan, klik video untuk mengunggah
  7. Halaman Google Drive juga akan menyelesaikan proses upload
  8. Anda dapat melihat proses pemuatan di sudut kanan bawah layar
  9. Siap. Video kami berhasil mengunggah ke Google Drive

Demikian tiga cara untuk mengunggah video ke Google Drive. Dengan kemudahan penggunaan, cross-platform dan keuntungan lainnya, tentunya Google Drive menjadi solusi utama untuk membackup komputer/gadget kita agar data menjadi lebih aman dan tersedia secara gratis dari mana saja.