Cara Daftar Google AdSense untuk Pemula

Cara Daftar Google AdSense untuk Pemula–Anda dapat dengan mudah mendapatkan penghasilan tambahan secara online. Salah satunya adalah pembuatan Google AdSense.

Anda mungkin pernah membaca, mendengar atau melihat blogger atau pengguna YouTube menghasilkan jutaan atau bahkan puluhan juta dari AdSense. Ini benar. Anda bisa mendapatkan jumlah yang sama dengan menggunakan Google AdSense. Tapi tentu saja Anda harus mendaftar terlebih dahulu.

Nah, pada artikel kali ini saya akan membahas apa itu Google AdSense, bagaimana cara berlangganan Google AdSense terbaru dan berbagi tips dan trik agar Google menerima Google AdSense dengan cepat.

Siap mempelajari cara membuat Google AdSense? Simak penjelasan lengkapnya di artikel ini.

Apa itu Google AdSense?

Google AdSense adalah program periklanan Google yang memungkinkan pengguna untuk menjadi mitra. Semua pengguna dapat berpartisipasi dalam layanan ini selama mereka memiliki blog atau situs web.

Pengguna yang mengikuti program Google AdSense (pemilik situs) dibayar oleh Google ketika pengunjung mengklik iklan mereka. Website yang mengikuti program ini ditandai dengan iklan yang muncul di sidebar atau di tengah artikel (tergantung bagaimana pemiliknya menanganinya).

Sebagian besar pemilik situs web menghasilkan uang dengan Google AdSense. Fitur ini cukup mudah digunakan. AdSense juga menawarkan komisi yang lebih tinggi daripada layanan serupa. Tentu saja, pemilik situs web tidak boleh melewatkan kesempatan ini. Mereka juga sibuk memasang AdSense di situsnya masing-masing.

5 Keuntungan Menggunakan Google AdSense

Sekarang! Sebelum Anda mencoba Google AdSense sendiri, ada baiknya Anda mengetahui manfaatnya.

1. Penghasilan Tambahan

Tentu! Manfaat utama menggunakan Google AdSense adalah tarif yang ditawarkannya. Iklan AdSense tambahan yang dipasang di situs Anda akan membuat situs Anda lebih menguntungkan.

Pendapatan AdSense bergantung pada sejumlah faktor, termasuk popularitas situs Anda dan jumlah nilai iklan yang ditawarkan pengiklan Anda. Semakin kompetitif kata kunci yang Anda targetkan, semakin tinggi nilai klik pada setiap iklan.

Google membayar bulanan. Penarikan dimungkinkan asalkan Anda telah mencapai omset $100 atau $1,4 juta (Rp 14.152).

2. Iklan Sesuai dengan Konten Website

Konten merupakan bagian penting untuk menarik perhatian pengunjung, sehingga membutuhkan tata letak yang baik. Jelas, menggunakan layanan seperti Google AdSense dan layanan serupa akan mengurangi jumlah ruang di konten Anda. Tentu hal ini terkadang tidak disukai oleh pengunjung.

Sekarang! Manfaat mengikuti program Google AdSense adalah iklan yang ditampilkan relevan dengan konten di situs Anda. Jadi iklannya tidak terlalu mengganggu. Bayangkan jika konteks konten iklan Anda sangat berbeda dengan situs Anda.

Misalnya, situs Anda tentang layanan hosting web, tetapi iklan yang Anda lihat terkait dengan tumbuhan atau hewan. Ini cukup mengganggu, tentu saja.

3. Bentuk Iklan Dapat Disesuaikan

Tampilan dan keunikan sebuah website atau blog tentunya sangat penting bagi pengunjung terutama kemudahan navigasi. Iklan Google AdSense sebenarnya berukuran sama dengan konten situs Anda, seperti yang membahas di atas.

Namun Anda tidak perlu khawatir, karena di sisi lain, Google AdSense juga menawarkan iklan yang dapat disesuaikan. Pengguna dapat dengan mudah menyesuaikan ukuran, bentuk, latar belakang, dan tepi iklan.

Sekarang! Bagi mereka yang memiliki latar belakang webmaster atau blogger, tentu saja mereka dapat menggunakan Google AdSense sebagai desain “tambahan”.

4. Tersedia Banyak Referensi

AdSense adalah program periklanan yang sangat populer. Popularitasnya mungkin karena dokumentasi yang cukup komprehensif. Bukan hanya karena banyak link dan berbagai tips dan trik terkait AdSense yang bertebaran di web.

Tentu saja, dokumentasi lengkap ini sangat berguna bagi mereka yang ingin menggunakan layanan AdSense. Jika Anda memiliki masalah, cukup cari menggunakan Google Search. Anda dapat membaca banyak tautan di AdSense.

5. Menyediakan Statistik Lengkap

Google AdSense menyediakan statistik dan analisis komprehensif lalu lintas dan pendapatan situs Anda. Anda akan menemukan semua fitur ini di akun dasbor Anda. Anda bahkan dapat melihat jumlah klik, pendapatan per klik dan total pendapatan, popularitas situs web, dan popularitas situs web berdasarkan iklan yang memtampilkan.

Selain fungsi statistik, fitur Google AdSense lainnya adalah fungsi keamanan yang dapat megunakan untuk memblokir iklan yang tidak meinginkan.

Apakah Anda sudah tertarik untuk memasang Google AdSense? Tenang, hanya butuh beberapa langkah. Namun anda harus bersabar karena ada proses dimana anda harus menunggu beberapa hari untuk proses verifikasi.

Cara Daftar Google AdSense

Membuat Google AdSense sangat sederhana karena Anda hanya membutuhkan email dan situs yang aktif. Anda harus menyelesaikan setidaknya empat langkah, yaitu membuat akun AdSense, mengaktifkan akun AdSense, membuat iklan AdSense, dan menambahkan iklan AdSense ke situs Anda.

Langkah 1 – Membuat Akun AdSense

Pertama, buat akun AdSense. Kunjungi halaman pendaftaran AdSense dan klik “Daftar Sekarang”. Anda harus mengisi lebih dari satu formulir pendaftaran. Isi sesuai dengan website dan alamat email yang ingin Anda daftarkan.

Gulir ke bawah dan klik “Simpan dan Lanjutkan” untuk melanjutkan.

Akan ada pemeriksaan lagi. Yang harus Anda lakukan adalah gulir ke bawah dan klik “Buat Akun”.

Bingo! Akun Anda sudah aktif. Tapi belum bisa megunakan. Anda harus mengaktifkannya terlebih dahulu.

Langkah 2: Mengaktifkan Akun AdSense

Setelah proses pendaftaran, Anda akan diarahkan ke dashboard Google AdSense. Kemudian isi beberapa informasi yang diperlukan.

Penting!: Harap masukkan alamat yang benar. Alamat ini adalah target ketika Anda ingin mengaktifkan pembayaran AdSense Anda. Jika ini tidak benar, Anda mungkin tidak akan pernah menerima pembayaran tunai.

Kemudian klik “Kirim” setelah selesai.

Anda akan meminta untuk menyalin beberapa baris kode ke situs Anda, seperti yang mejelaskan di bawah ini. Kode tersebut berguna sebagai identitas AdSense di situs Anda. Jika tidak, Anda tidak akan menerima iklan AdSense atau iklan yang tampaknya tidak valid.

Jika Anda bingung, ikuti artikel tentang kode kustom WordPress dan tambahkan sebaris kode ke WordPress.

Jadi, setelah menambahkan situs, pastikan untuk memeriksa bagian “Tempel kode ke situs saya”. Ini untuk memastikan bahwa baris kode ini muncul di situs Anda. Mengapa? Agar Google AdSense dapat memeriksa dan mengontrol situs Anda untuk aktivasi AdSense atau tidak.

Jangan lupa klik “Selesai” untuk melanjutkan.

Jika berhasil, Anda akan menerima pemberitahuan berikut.

Nah, sampai saat ini Google AdSense biasanya meminta Anda untuk menunggu minimal 3 hari. Namun dalam beberapa kasus, dibutuhkan waktu lebih lama. Anda akan menerima email jika permintaan aktivasi akun AdSense Anda berhasil.

Jika permintaan Anda tidak disetujui, AdSense juga akan mengirimi Anda email dengan alasan penolakan tersebut.

Langkah 3: Membuat Iklan AdSense

Apakah Google AdSense telah menyetujui akun Anda dan sekarang aktif? Saatnya membuat iklan dan memasangnya di situs web Anda. Tentunya hal ini akan menarik karena Anda akan menyesuaikan iklan dengan kebutuhan dan keinginan Anda.

Setidaknya ada tiga hal yang dapat Anda lakukan untuk menyiapkan iklan AdSense: membuat unit iklan, memilih jenis iklan, dan memilih gaya teks iklan.

– Membuat Unit Iklan (Ads)

Masuk ke dasbor akun AdSense Anda dan klik tab “Iklan Saya”. Ada beberapa menu untuk pengaturan konten iklan.

klik “Tambahkan Drive” di menu “Konten”. Halaman ini menampilkan daftar iklan yang telah Anda buat. Anda dapat menggunakan iklan yang sudah ada atau membuat yang baru.

Untuk membuat iklan baru, klik “+ Unit iklan baru” seperti yang meunjukkan pada contoh di bawah ini.

– Memilih Tipe Iklan

Lebih banyak iklan meampilkan. Google AdSense menawarkan berbagai jenis iklan, seperti spanduk adaptif, besar, persegi panjang besar, spanduk seluler besar, atau gedung pencakar langit besar.

Anda juga dapat memilih jenis iklan. Google AdSense menawarkan setidaknya empat jenis iklan: iklan teks dan iklan bergambar (iklan teks dan iklan bergambar), iklan dengan konten serupa, iklan sela, dan iklan dalam artikel.

Anda dapat memilih apa yang Anda inginkan dari ukuran dan jenis iklan. Misalnya, Anda dapat memilih iklan “adaptif” dengan “iklan teks dan iklan bergambar”. Klik “Adaptif” dan pilih “Iklan Teks & Bergambar”, seperti pada contoh di bawah ini.

– Memilih Gaya Teks Ads

Tidak hanya sampai Anda memilih ukuran dan jenis iklan. Anda dapat menyesuaikan tampilan iklan Anda lebih lanjut.

Anda dapat memilih dari berbagai pengaturan gaya iklan. Anda juga dapat memilih warna batas, judul, teks, URL, dan latar belakang. Fitur ini merupakan salah satu keunggulan Google AdSense.

Setelah selesai, pastikan untuk mengklik tombol “Simpan dan Dapatkan Kode”.

Anda akan menerima beberapa baris kode. Baris kode ini adalah iklan yang akan muncul di halaman situs Anda. Salin kode dan tempel di situs web yang meginginkan.

Anda tidak perlu khawatir dengan ukuran iklan, karena sesuai dengan ukuran yang tersedia di website.

Klik tombol “Tutup” untuk menyelesaikan pembuatan drive.

Anda tidak perlu langsung menambahkan sebaris kode. Anda dapat mengakses unit yang telah Anda buat kapan saja di menu “Iklan Saya» Konten »Unit Iklan.

Langkah 4 – Cara Menambahkan Iklan AdSense ke Dalam Website WordPress

Setidaknya ada dua cara untuk menambahkan iklan AdSense ke situs WordPress: menggunakan plugin atau secara manual menggunakan editor kode.

Sebelum membahasnya satu per satu, silakan ikuti artikel tentang cara menginstal plugin di WordPress untuk menginstal plugin AdSense. Atau ikuti panduan kami tentang cara menambahkan kode khusus ke WordPress jika Anda belum melakukannya. Untuk dapat menentukan metode mana yang paling cocok untuk Anda.

Sekarang! Jika demikian, berikut adalah tiga plugin yang dapat Anda gunakan untuk menambahkan iklan AdSense ke WordPress.

– Easy Google AdSense

Mudah Google Adsense menyederhanakan proses monetisasi situs Anda. Anda tidak perlu menambahkan kode iklan Google secara manual untuk memasang iklan AdSense di situs Anda. Apalagi jika bagian setiap situs berbeda.

Yang perlu Anda lakukan adalah menambahkan ID penayang Google AdSense ke pengaturan Anda. Dengan menggunakan ekstensi ini, Google akan secara otomatis menampilkan iklan kepada pengunjung situs Anda secara optimal dan menarik secara alami.

– Ad Injection

Ad Injection adalah plugin yang membantu Anda memasukkan berbagai jenis iklan (salah satunya adalah Google AdSense) di konten posting dan halaman WordPress Anda.

Anda dapat mengatur jumlah iklan berdasarkan panjang dan siapa yang dapat melihat iklan Anda berdasarkan usia, audiens, dan alamat IP. Anda dapat mengubah posisi iklan yang meempatkan (acak, atas atau bawah) atau di antara area widget atau bilah sisi.

Jika ingin banyak pilihan, Ad Injection adalah pilihan yang tepat.

  • Ad Inserter

Ad Inserter adalah plugin WordPress untuk mengelola berbagai jenis iklan. Gunakan plugin ini untuk menempatkan iklan Anda pada posisi yang optimal.

Ad Inserter tidak hanya mendukung Google AdSense, tetapi juga iklan Shopping asli dari Google Ad Manager, Media.Net, dan Amazon.

Plug-in bukan hanya plugin AdSense atau plugin khusus iklan. Ada berbagai opsi untuk menambahkan formulir berlangganan, skrip header, JavaScript, HTML, CSS, PHP, analitik, verifikasi kode iklan ke semua halaman web.

Penutup

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk membuat Google AdSense. Ini cukup sederhana, tetapi Anda harus bersabar karena Anda harus menunggu beberapa hari untuk proses verifikasi. Terkadang membutuhkan lebih dari satu untuk mendaftar sebelum Anda bisa mendapatkan akun AdSense yang aktif.

Anda dapat berharap untuk menghasilkan lebih banyak uang melalui artikel ini tentang membangun Google AdSense untuk blogging. Jika Anda memiliki pertanyaan, posting di bagian komentar. Anda juga dapat menerima artikel tentang bisnis, pemasaran digital, dan teknologi dengan berlangganan saluran kami.