Cara Membuat Google Docs Untuk Pemula

Cara Membuat Google Docs Untuk Pemula–Baru mengenal dunia digital dan mencari program yang menyederhanakan pembuatan dokumen? Google Documents adalah jawaban untuk Anda. Membuat Google Documents itu mudah dan Anda dapat membaginya dengan klien atau kerabat Anda di tempat kerja.

Google Documents adalah program hebat untuk membuat spreadsheet, slide presentasi, email, papan tulis online, dan banyak lagi. Bagi mereka yang tidak terbiasa dengan layanan ini, kami akan mengajari Anda cara menggunakan Google Documents secara efisien dan efektif untuk membantu Anda menyelesaikan pekerjaan.

Apa Itu Google Documents?

Google Documents, juga dikenal sebagai Google Documents, adalah aplikasi berbasis web gratis yang memungkinkan Anda membuat, mengedit, dan menyimpan dokumen dan spreadsheet secara online. Anda dapat mengakses informasi ini melalui perangkat elektronik atau smartphone yang dapat terhubung ke Internet.

Google Documents adalah bagian dari produk Google yang menawarkan fitur integrasi paling komprehensif. Siapapun dapat menggunakan layanan ini secara gratis, baik untuk penggunaan pribadi, sekolah atau bisnis.

Keunggulan Menggunakan Google Documents

  1. Kemudahan Akses Dokumen di Mana Saja dan Kapan Saja

Seperti yang dijelaskan, Anda hanya dapat mengakses semua aplikasi Google dari perangkat elektronik atau smartphone yang dapat terhubung ke Internet. Ini berarti Anda dapat mengakses semua dokumen penting Anda kapan saja.

Ini bisa jadi karena dokumen atau file apa pun yang Anda simpan di Google Documents akan disimpan di akun Google Drive Anda. Google Drive adalah layanan penyimpanan berbasis cloud yang memungkinkan Anda menyimpan semua file secara online. Ini menghilangkan kebutuhan untuk menyimpan data ke USB.

  1. Dukungan Kolaborasi Dengan Google Documents

Apakah Anda membuat proyek yang perlu disumbangkan oleh seluruh tim? Jika demikian, Anda dapat mengundang seluruh tim untuk bekerja sama pada dokumen yang sama.

Tidak perlu lagi menyimpan dokumen ke USB dan membaginya dengan kerabat di tim untuk membuat dokumen. Metode ini sangat tua dan membosankan. Saat melengkapi dokumen ini, sering terjadi kesalahpahaman antar tim atau departemen, seperti data yang ketinggalan zaman, kurangnya informasi, dan sebagainya.

Hal ini tentu menjadi masalah bagi perusahaan besar. Dengan Google Documents, yang perlu Anda lakukan hanyalah membagikan tautan akses untuk mengedit dokumen untuk tim Anda atau menyediakan tautan baca khusus untuk klien atau perusahaan Anda. Sangat mudah bukan?

  1. Menyimpan Dokumen Secara Otomatis dan Lacak Revisi Dokumen

Jangan khawatir lupa menyimpan dokumen, karena Google Docs memiliki fitur autosave. Google Documents juga memiliki riwayat pengeditan dokumen sehingga Anda dapat meninjau, membandingkan, atau kembali ke versi sebelumnya. Siapa pun yang mengakses dokumen akan menerima versi terbaru dari dokumen.

  1. Template Dokumen Lengkap

Apakah Anda ingin membuat faktur, anggaran, alat tulis? Yakinlah, Anda dapat membuat dokumen ini di Google Documents menggunakan template yang tersedia.

Template ini sangat berguna jika Anda bertugas membuat dokumen yang belum pernah Anda buat sebelumnya. Yang perlu Anda lakukan adalah menemukan template dokumen di Google Docs dan menyalin dan mengedit dokumen sesuai kebutuhan.

Kami kemudian akan memperkenalkan Anda ke Google Suite dan menunjukkan kepada Anda fitur mana yang mendukung pekerjaan Anda. Kami kemudian akan berbicara tentang cara membuat format, jenis dokumen, dan berbagi dokumen dengan Google Documents, Google Spreadsheet, dan Google Slide untuk tujuan presentasi.

Cara Membuat Google Documents:

Pertama, kunjungi docs.google.com dan klik menu hamburger atau garis 3 garis horizontal. Menu utama akan muncul seperti gambar di bawah ini. Pilih teks “dokumen”.

Anda dapat membuat dokumen kosong baru atau menggunakan template yang sudah ada dengan mengklik ikon warna khusus Google+ untuk membuat dokumen kosong atau memilih template yang sudah tersedia.

Kemudian buat alamat untuk dokumen yang ingin Anda buat. Misalnya, untuk membuat dokumen bernama “Google Docs Made Easy”, ketik “Google Docs Made Easy” di sudut kiri atas layar.

Cara Membuat Google Docs Untuk Menulis

Google Documents adalah program pengolah kata online gratis. Aplikasi ini sangat bagus untuk menulis esai untuk blog, email, catatan, dan jenis dokumen lainnya. Anda juga dapat menggunakan aplikasi Google Documents ini sebagai pengirim email dan sebagai papan tulis online untuk presentasi.

Cara Membuat Google Docs sebagai Spreadsheet

Salah satu fitur terbaik Google Documents adalah dapat digunakan sebagai spreadsheet. Ini sangat cocok untuk bisnis yang perlu melacak keuangan, inventaris, atau data numerik lainnya.

Untuk menggunakan Google Documents sebagai spreadsheet, klik ikon Drive di bilah menu kiri. Setelah memilih Drive, klik New. Anda memiliki kemampuan untuk menciptakan apa pun yang Anda inginkan. Pilih Tabel.

Anda akan diminta untuk memberi nama tabel dan memberikan deskripsi. Anda juga dapat memilih di mana Anda ingin menyimpannya di komputer Anda. Ini akan menjadi lokasi default untuk semua tabel yang baru dibuat, tetapi perhatikan bahwa Anda dapat mengubah pengaturan ini kapan saja.

Setelah Anda memberi nama spreadsheet, spreadsheet kosong akan muncul dengan baris dan kolom (dan header biru). Di baris pertama, masukkan beberapa informasi tentang spreadsheet Anda. Misalnya, jika Anda bekerja dengan informasi keuangan, mulailah dengan “Sumber daya” di kolom pertama dan “Sumber daya” di kolom kedua.

Di baris atau kolom berikutnya, masukkan beberapa informasi tambahan tentang tabel, seperti nama kolom.

Cara Membuat Google Docs sebagai Program Presentasi

Apakah Anda memerlukan aplikasi yang mendukung presentasi yang sukses? Google Documents memiliki fitur Google Slide yang dapat Anda andalkan. Gunakan fitur ini untuk membuat presentasi berupa kalimat, poin, gambar, tabel dan lainnya.

Sangat mudah untuk membuat dokumen baru di Google Slides:

  1. Masuk ke akun Google Anda
  2. Klik “Siswa Google”.
  3. Pilih “Presentasi Kosong” atau “Dari Template”.
  4. Buat slide Google baru
  5. Buat slide Google baru

Dokumen presentasi kosong muncul di halaman baru dan siap disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Selain itu, di sebelah kanan Anda akan melihat berbagai tema untuk memperindah presentasi siswa Anda dan sejumlah fitur lain yang dapat Anda temukan di kolom menu utama.

Setelah Anda menyelesaikan slide yang sesuai dengan kebutuhan Anda, Anda dapat berbagi dokumen dengan rekan tim Anda dengan mengklik tombol “Bagikan” di sudut kanan atas dokumen.

Atau, Anda dapat melihat slide ini secara langsung selama presentasi dengan mengklik menu “Lihat” dan memilih “Presentasi”, atau Anda dapat menemukan opsi “Presentasi” di sudut kanan atas di sebelah tombol “Bagikan”.

Anda dapat melihat siswa dalam presentasi sebagai “Tampilan Penyaji”. Dengan cara ini, setiap catatan yang Anda buat selama presentasi ditampilkan di layar, sehingga tidak ada lagi poin penting yang terlupakan selama presentasi.

Anda tidak hanya membuat janji dengan klien atau tim melalui Google Meet, tetapi Anda juga dapat melihat siswa dalam presentasi secara langsung melalui Google Meet dengan mengklik ikon presentasi di sebelah kiri tombol “Tampilan Slide”. Praktis, bukan?

Cara Membuat Google Docs untuk Mengirim Email

Semua dokumen tentunya membutuhkan persetujuan dari klien dan supervisor. Anda tidak perlu mengunduh dokumen dalam format Word dan membagikannya dengan klien atau atasan Anda melalui email.

Yang harus Anda lakukan adalah mengklik tombol “Bagikan” di sudut kanan atas dokumen. Anda hanya perlu memasukkan alamat email orang-orang tertentu dan memberikan mereka akses khusus, seperti Editor (untuk mengedit), Lihat saja (untuk melihat saja) atau Komentar (untuk komentar saja).

Cara Membuat Google Docs sebagai Papan Tulis Online

Saat membuat presentasi, pasti ada saatnya Anda membutuhkan papan buletin yang menjelaskan informasi yang ingin Anda komunikasikan secara lebih detail. Untungnya, Google Documents memiliki fitur yang disebut Google Jamboard yang berfungsi seperti papan tulis online.

Dalam fungsi ini Anda dapat menulis, menggambar, melampirkan gambar, dan lainnya. Anda juga dapat berbagi akses ke papan tulis dengan kolega atau departemen untuk mendapatkan umpan balik tentang proyek yang sedang berlangsung.

Seperti di Google Slide, Anda dapat melihat Google Jamboard saat melakukan presentasi online melalui Google Meet. Jika rapat sudah dijadwalkan untuk hari itu, fitur ini secara otomatis menampilkan jadwal rapat agar Anda dapat melihat presentasi. Jika tidak, Anda dapat membuat presentasi dengan kode Google Meet khusus saat menerima undangan.

Cara Membuat Google Docs Untuk Menggambar

Jika Anda ingin menggunakan Google Documents untuk menggambar, Anda dapat memanfaatkan Google Drawings.

Langkah pertama adalah membuka dokumen baru dan klik “Sisipkan> Gambar”. Jendela gambar baru akan terbuka di sebelah kanan. Anda kemudian dapat menggambar di halaman dan menggunakan alat pengeditan di sisi kiri jendela. Anda juga dapat menggambar bentuk, seperti lingkaran dan kotak, dengan mengeklik ikon di sudut kiri atas jendela gambar.

Setelah selesai menggambar, Anda dapat menyimpan dokumen dengan salah satu dari dua cara berikut:

1. Klik “File> Save As” dan pilih di mana Anda ingin menyimpan file.

2. Klik “File> Share” dan kirim file tersebut kepada siapa saja yang membutuhkannya.

Ini adalah tutorial untuk membuat Google Docs untuk pemula. Kami berharap membaca tutorial ini akan membantu Anda membuat pekerjaan Anda lebih efektif.