7 Manfaat Wortel Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Wortel Untuk Kesehatan Tubuh–Sebelum digunakan sebagai makanan, wortel beraneka warna lebih dulu digunakan sebagai obat. Sebenarnya apa saja sih manfaat wortel bagi kesehatan? Yuk, kupas manfaat dan kandungan wortelnya dengan baik!

Kandungan gizi wortel

Wortel adalah makanan yang kaya nutrisi dan bermanfaat. Menurut Kementerian Kesehatan RI, 80% umbi dapat digunakan dalam 100 gram wortel segar. Berikut beberapa kandungan nutrisi wortel yang perlu Anda ketahui.

  • Energi: 36 kkal
  • Protein: 1 gram
  • Lemak: 0,6 gram
  • Karbohidrat: 7,9 gram
  • Panggang: 1 gram
  • Vitamin A: 7,1 mikrogram
  • Tiamin (vitamin B1): 0,04 miligram
  • Riboflavin (vitamin B2): 0,04 miligram
  • Niasin (vitamin B3): 1 miligram
  • Vitamin C: 18 miligram
  • Kalsium: 45 miligram
  • Fosfor: 74 miligram
  • Besi: 1 miligram
  • Natrium: 70 miligram
  • Kalium: 245 miligram
  • Tembaga: 0,06 miligram
  • Zinc: 0,3 miligram

Wortel juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, yang baik untuk tubuh. Berikut adalah beberapa di antaranya.

  • Beta karoten. Wortel oranye sangat kaya akan beta-karoten. Proses penyerapan tubuh akan lebih baik jika kita memasak wortel.
  • Alfa karoten. Selain beta-karoten, umbi-umbian berwarna ini juga mengandung antioksidan yang berasal dari vitamin A berupa alfa-karoten.
  • lutein. Wortel kuning, putih dan kekuningan kaya akan lutein. Antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan mata.
  • Likopen dan antosianin. Buah dan sayuran berwarna merah kaya akan likopen dan antosianin, terutama wortel berwarna merah dan ungu.
  • Poliasetilen. Senyawa bioaktif yang ditemukan dalam wortel yang membantu melindungi kesehatan sel darah.

Khasiat wortel untuk kesehatan

Jika melihat kandungan nutrisinya, Anda sudah bisa menebak bahwa umbi ini memiliki manfaat yang melimpah. Berikut Manfaat Wortel Untuk Kesehatan Tubuh, tanaman yang dalam bahasa latin disebut daucus carota.

1. Berpotensi menurunkan risiko kanker

Kanker dimulai dengan pembentukan sel-sel abnormal yang tidak terkendali. Meskipun tidak secara langsung mencegah kanker, beberapa makanan kaya antioksidan dapat mengurangi risiko Anda.

Wortel mengandung antioksidan berupa karoten dan likopen. Menurut sebuah penelitian di American Journal of Clinical Nutrition, antioksidan ini mungkin mampu melindungi sel-sel tubuh dari kemungkinan kanker darah atau leukemia.

2. Menurunkan tekanan darah dan melindungi jantung

Wortel mengandung serat, potasium dan dilengkapi dengan antioksidan seperti likopen. Berbagai nutrisi tersebut dipercaya dapat menjaga tekanan darah tetap stabil. Ditambah lagi, wortel tidak mengandung kolesterol jahat, sehingga baik untuk pembuluh darah.

Menjaga tekanan darah berarti menghindari tekanan darah tinggi dan penyakit jantung. Anda bisa mendapatkan manfaat ini jika Anda masih makan wortel segar, bukan kalengan.

3. Mencegah penyakit dan kerusakan mata

Wortel dikenal dengan kandungan vitamin A-nya yang sangat baik untuk mata. Manfaat ini dapat membantu mencegah berbagai masalah mata, seperti katarak, katarak, dan masalah penglihatan seperti rabun jauh, rabun dekat, dan astigmatisme.

Mata juga tidak luput dari radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul yang dapat merusak sel. Untungnya, antioksidan berupa karoten dan lutein dalam wortel dapat membantu mencegah kerusakan mata akibat faktor-faktor tersebut.

4. Menjaga kesehatan otak

Seiring bertambahnya usia, otak Anda memburuk. Kondisi ini lagi-lagi terkait dengan efek radikal bebas. Radikal bebas sebenarnya adalah bagian dari reaksi kimia tubuh, tetapi juga dapat merusak sel-sel otak dan saraf.

Salah satu manfaat beta-karoten dalam wortel adalah mencegah efek radikal bebas pada otak. Meski jumlahnya sedikit, beta-karoten, antioksidan kuat, mungkin bisa menghambat penurunan fungsi otak di usia tua.

5. Membersihkan mulut dari bakteri

Selain menyikat gigi, mengonsumsi sayuran tertentu juga dapat melindungi gigi. Ini karena saat Anda mengunyah sayuran berserat kuat seperti wortel, otot gusi Anda menjadi lebih kuat.

Hal ini juga dapat merangsang kelenjar ludah untuk menghasilkan lebih banyak air liur. Air liur membersihkan mulut dan gigi dari sisa makanan yang lengket. Oleh karena itu, bakteri tidak berkembang biak dan tidak menyebabkan kerusakan gigi.

6. Membuat kulit lebih sehat

Jika Anda memiliki riwayat masalah kulit seperti ruam atau psoriasis, mengonsumsi jus wortel bisa menjadi solusi alami yang tepat. Ini karena vitamin C dalam wortel mendorong pembentukan kolagen, sejenis protein yang penting untuk memperbaiki jaringan kulit.

Selain itu, beta-karoten dalam wortel mengurangi dermatitis, melawan kerusakan akibat sinar matahari dan mempercepat proses penyembuhan. Secara bersama-sama, sayuran akar ini dapat memperbaiki penampilan kulit.

7. Membantu menurunkan berat badan

Jika Anda sedang diet, mengonsumsi jus wortel dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Ini karena wortel rendah kalori dan tinggi serat. Dengan mengkonsumsi umbi-umbian ini, Anda bisa menjadi kenyang lebih lama tanpa harus memberikan kalori ekstra pada tubuh Anda.

Wortel juga dapat meningkatkan produksi empedu. Ini dapat meningkatkan laju metabolisme karena tubuh perlu mengubah makanan menjadi energi. Selain mengenyangkan serat, Anda tetap berenergi meski belum makan.

Perhatikan ini saat mengonsumsi wortel

Manfaat Wortel Untuk Kesehatan Tubuh, Meskipun memiliki efek menguntungkan, wortel tidak boleh berlebihan. Mengkonsumsi beta-karoten dalam jumlah besar dalam wortel untuk sementara dapat menguningkan kulit.

Juga, pastikan Anda mendapatkan vitamin A yang dikandungnya. Jumlah vitamin A yang berlebihan dapat menyebabkan keracunan dalam tubuh, terutama jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan yang berbahan dasar vitamin ini, seperti isotretinoin.

Beberapa orang mungkin juga mengalami reaksi alergi setelah mengonsumsi wortel dalam jumlah besar. Oleh karena itu, konsumsilah wortel secara moderat agar Anda dapat menikmati manfaat makanan ini tanpa mengalami efek negatif.

Ă—