Rekomendasi Wajan Anti Lengket

Rekomendasi Wajan Anti Lengket–Salah satu alat yang paling sering digunakan saat memasak di dapur adalah wajan. Baik itu topping atau sayuran, wajan memiliki banyak fitur untuk tugas memasak. Maka tak heran mengapa dalam 1 rumah bisa terdapat berbagai macam peralatan masak. Fungsinya sangat diperlukan di dapur sehari-hari. Dan kau? Apakah Anda memiliki berbagai peralatan masak di dapur Anda?

Ketika berbicara tentang wajan, ada banyak jenis wajan saat ini. Dari bentuk, ukuran hingga harga pasaran. Jika Anda ingin panci murah, Anda pasti bisa mendapatkannya. Jika ingin yang mahal, Anda bisa mendapatkannya dengan mudah. Pertanyaannya, apakah nyaman menggunakan panci?

Soal kenyamanan menggunakan panci, salah satu faktor kenyamanannya adalah tidak lengket. Karena? Karena jika wajan adalah wajan anti lengket terbaik, Anda bisa memasak atau merebusnya bahkan memanggang roti tanpa lengket. Karena itulah setiap ibu selalu memilih wajan anti lengket agar nyaman digunakan.

Cara Memilih Wajan Anti Lengket yang Bagus

Disajikan dengan variasi yang luas, dengan manfaat yang sama dengan masakan, tak sedikit yang bingung saat memilih wajan. Nah, bagi yang bingung, berikut 2 tips yang bisa Anda gunakan sebagai referensi dalam memilih panci yang tepat. Apa sarannya? Lihat ikhtisar di bawah ini.

1. Perhatikan ukuran diameter, ketebalan dan juga bobot wajan

Pertama, perhatikan diameter panci. Jika Anda seorang pensiunan anak yang tidak memasak dalam jumlah banyak, pilihlah panci yang diameternya tidak terlalu besar. Namun, jika Anda memiliki anggota keluarga yang cukup sibuk, Anda mungkin ingin memilih yang berdiameter besar.

Jadi pilihlah panci yang cukup tebal untuk ketebalannya. Ini karena semakin tebal wajan, semakin banyak panas yang menyebar. Pilih berat berdasarkan kenyamanan penggunaan. Sebaiknya pilih panci yang beratnya tidak lebih dari 1 kg. Tujuannya agar tidak terlalu lelah untuk mengangkat saat digunakan.

2. Perhatikan bahan material pembuatnya

Kedua, selalu pastikan bahan yang digunakan untuk membuat wajan aman digunakan atau sudah memiliki sertifikat mutu pangan. Seperti yang telah disebutkan pada ulasan sebelumnya, bahan yang paling banyak digunakan untuk wajan anti lengket adalah teflon. Namun, Anda juga bisa membeli besi untuk kebutuhan Anda sendiri. Untuk memilih produk yang tepat, sesuaikan saja dengan kebutuhan Anda.

Ketahui 4 Material Pembuat Wajan

Setelah mempelajari cara memilih wajan anti lengket yang bagus, kini saatnya mengetahui 4 jenis bahan untuk membuat wajan tersebut. Bahan apa yang digunakan untuk membuatnya? Berikut tutorialnya.

1. Teflon

Jika Anda bertanya pada ibu Anda, panci atau peralatan dapur lainnya di rumah, tentunya banyak yang terbuat dari satu bahan. Terbuat dari Teflon. Selain desainnya yang sangat bagus, bahan teflon ini juga memiliki sifat yang sangat mudah untuk dibersihkan. Perlu dicatat bahwa perdebatan ini bukan tentang merek Teflon, tetapi tentang wajan anti lengket yang banyak dijual di pasaran.

Panci yang mengandung PTFE atau polytetrafluoroethylene dianggap sangat berbahaya jika dipanaskan pada suhu yang terlalu tinggi. Hal ini karena lapisan dapat terkelupas dan meleleh ke dalam makanan yang dimasak, membuat makanan tidak aman untuk dikonsumsi.

2. Wajan tembaga

Dengan desain dan tampilan yang sangat bagus, panci tembaga ini mudah panas. Namun, penggunaan wajan dalam bahan ini dalam waktu lama bisa sangat berbahaya. Hal ini dikarenakan ada unsur tembaga yang dapat larut dalam makanan saat digunakan untuk memasak. Dan unsur-unsur tersebut tidak baik untuk kesehatan tubuh kita.

3. Wajan enamel keramik 100%

Sangat aman digunakan, panci yang terbuat dari bahan keramik 100% ini diakui bebas dari bahan kimia berbahaya. Panci atau penggorengan yang terbuat dari bahan ini memang diakui sangat aman, namun harganya juga cukup tinggi. Tingginya harga ini dikarenakan wajan terbuat dari 100% bahan keramik.

4. Wajan  besi

Ada juga panci besi yang sangat berat. Panci ini biasa digunakan di restoran. Kokoh, tahan lama, tahan gores dan sangat nyaman digunakan, wajan besi ini telah digunakan secara luas sejak zaman dahulu. Apakah Anda salah satu penggunanya?

5. Wajan aluminium

Bobotnya sangat ringan dan harga panci aluminium yang relatif murah juga diakui. Namun panci yang terbuat dari bahan ini memiliki kelemahan yaitu cenderung lengket saat digunakan.

Rekomendasi Wajan Anti Lengket Terbaik

Jika Anda sudah mengetahui jenis dan bahan wajan serta cara memilih wajan anti lengket, kini saatnya membaca daftar 10 wajan anti lengket terbaik kami. Berikut tutorialnya.

1. Lock & Lock Cookplus Prima Frying Pan – 30 cm

rekomendasi panci anti lengket
rekomendasi panci anti lengket

Pertama, ada wajan anti lengket dari wajan Lock & Lock Cookplus Prima – 30 cm. Masak daging sesering mungkin, panci ini cocok untuk Anda karena dapat membantu Anda memasak tepat waktu.

Panci anti lengket terbaik terdiri dari tujuh lapis lapisan bertekanan tinggi. Menggunakan wajan anti lengket tidak meninggalkan sisa makanan. Selain itu, Anda bebas menggunakan spatula jenis apa pun, karena wajan ini juga memiliki lapisan anti gores.

2. Tefal Cook & Clean Fry pan

rekomendasi panci anti lengket
rekomendasi panci anti lengket

Berikutnya adalah wajan anti lengket dari wajan Tefal Cook & Clean Fry. Dilengkapi dengan teknologi sinyal termal, Anda dapat mengetahui suhu makanan Anda. Ketika makanan dalam wajan telah mencapai suhu ideal, warna wajan berubah menjadi menggigit.

Panci, terbuat dari bahan yang aman dan bebas PFOA, dirancang dengan lapisan titanium yang kuat dan tahan lama. Tidak hanya ini panci anti lengket terbaik untuk digunakan pada berbagai kompor seperti kompor gas, induksi, keramik, dan halogen.

3. IKEA Kavalkad Frying Pan

Berikutnya adalah wajan anti lengket dari wajan IKEA Kavalkad. Panci aluminium ini ringan, bahkan ketika diisi dengan bahan makanan.

Meski dibuat dengan bahan aluminium, namun bahan ini juga sudah diakui tidak lengket saat digunakan karena bahan aluminium dapat mengontrol suhu agar makanan tidak gosong dan juga lengket. Bukankah itu sangat keren? Perlu juga diperhatikan bahwa lapisan anti lengket terbaik pada wajan terbuat dari bahan teflon, sehingga memastikan makanan tidak lengket saat digunakan.

4. Cypruz Fry Wok FP-0642

Berikutnya adalah wajan anti lengket dari Cypruz Fry Wok FP-0642. Dengan sertifikat kualitas makanan yang sudah ada di kantong Anda, panci ini dijamin aman digunakan.

Berkat lapisan marmernya, Anda tidak perlu khawatir menggunakan wajan anti lengket terbaik karena aman dan tidak mengandung bahan karsinogenik. Selain itu, panci ini dilengkapi dengan gagang kayu alami yang tidak licin sehingga lebih nyaman digunakan.

5. Neoflam De Chef Fry Pan

Wajan anti lengket selanjutnya adalah Neoflam De Chef Fry Pan. Dibuat dengan lapisan keramik anti lengket yang aman dan ramah lingkungan. Dengan wajan ini, kandungan gizi makanan tetap terjaga dan aman dikonsumsi karena lapisan wajan terbuat dari bahan-bahan alami.

Cocok untuk semua jenis kompor, panci ini mudah dibersihkan dan nyaman digunakan. Jadi bagi Anda yang sedang mencari wajan anti lengket terbaik yang aman dan nyaman serta bisa digunakan untuk semua jenis kompor, produk ini adalah rekomendasi terbaik untuk Anda. Tunggu apa lagi, beli sekarang.

Kesimpulan

Nah, itulah 5 rekomendasi dan daftar review produk pan anti lengket terbaik. Seperti? Apakah Anda sudah memiliki wajan anti lengket terbaik di dapur? Jika tidak, saatnya untuk membelinya. Caranya adalah dengan memesan dari toko favorit Anda. Jangan terlambat.