5 Rekomendasi Kecap Ikan Terbaik

Makanan dengan rasa dan aroma yang lebih kuat disajikan dengan kecap ikan. Ada kecap ikan yang dibuat dari banyak negara, mulai dari Thailand dan Vietnam sebagai salah satu pionirnya, hingga kecap ikan dari negara Asia lainnya seperti Korea, China bahkan Indonesia. Mari kita bahas 5 Rekomendasi Kecap Ikan Terbaik.

Setiap negara memproduksi kecap ikan dengan khasiat yang berbeda-beda. Kami akan berbicara terlebih dahulu tentang kecap ikan di Thailand dan Vietnam sebelum memilihnya. Anda kemudian dapat memilih berdasarkan bahan baku dan bahan penolong yang digunakan. Hanya pada akhirnya Anda dapat membeli kecap ikan sesuai selera Anda.

Cara memilih kecap ikan yang Bagus

Kecap dikatakan telah ditemukan atau pertama kali diproduksi di Thailand. Di Thailand, kecap ikan lebih dikenal dengan nama nam pla. Nam berarti air dan pla sendiri berarti ikan. Sedangkan di Vietnam, kecap ikan disebut nuoc mam, yang artinya sama saja.

Biasanya kecap ikan dibuat dari ikan teri yang difermentasi. Namun, setiap produsen memiliki metode pengolahannya sendiri, seperti kecap ikan Thailand, yang terkenal lebih asin, sedangkan kecap ikan Vietnam memiliki rasa amis yang kuat. Untuk kecap ikan Indonesia tentunya dibuat agar rasa dan aromanya familiar dengan bahasa Indonesia.

Produk ini sudah lama menjadi wanita pertama di negara-negara Eropa. Bahkan di Asia, tidak jarang restoran yang menyajikan makanan oriental menggunakan saus ikan ini. Saus ikan juga bisa Anda jadikan menu favorit di rumah. Pastikan Anda menggunakan produk yang mengenal lidah, berikut panduan memilih saus ikan agar lebih mudah!

1. Periksa dulu negara asal pembuat kecap ikan

Seperti bumbu penyedap lainnya, meskipun kecap ikan pada awalnya ditemukan dengan nama dan karakter yang berbeda di Thailand dan Vietnam, kecap ikan dengan ciri khasnya sendiri telah dipasarkan di negara-negara seperti Jepang, Korea, China, dan Indonesia.

Misalnya, kecap ikan Korea menggunakan bahan dasar ikan teri atau ikan tombak pasir. Oleh karena itu, rasa asin dan aroma kecap ikan sedikit berbeda dengan kecap ikan teri. Setiap kekuatan aroma menentukan cocok atau tidaknya aroma tersebut dengan bahasa. Karena itu, pastikan Anda memilih kecap ikan yang tepat untuk bahasa Anda, dengan mempertimbangkan negara tempat produksi.

2. Periksa juga bahan baku yang digunakan beserta bahan tambahannya

Biasanya saus ikan didasarkan pada ikan teri. Teri terpilih kemudian difermentasi dengan beberapa bakteri selama setengah atau dua tahun, tergantung pada hasil yang diinginkan. Selama fase fermentasi, enzim menghidrolisis atau memecah jaringan ikan, sehingga protein yang keluar menghasilkan amina yang kaya rasa.

Meski bahan baku kecap selama ini adalah ikan teri, beberapa produsen juga mengganti jenis ikan dengan komposisi seperti ikan teri. Beberapa variasi ikan, seperti makarel, salmon, bahkan cumi-cumi untuk bulu babi, digunakan sebagai bahan utama dalam pembuatan saus.

Selain memperhatikan bahan utama yang digunakan, banyak produsen menambahkan bahan lain, seperti gula, untuk menciptakan aksen manis yang cocok untuk hidangan sup seperti sup. Periksa aditif saus ikan yang dipilih. Jika Anda memilih yang disertai dengan gula dan bahan kimia lainnya, penggunaan yang sering dapat berbahaya bagi kesehatan Anda.

3. Pilihlah yang ukuran kemasannya kecil sehingga cepat habis

Jika Anda ingin membuat hidangan oriental, seperti nasi goreng dengan tambahan kecap, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk membeli produk dalam jumlah besar. Pada kenyataannya, ini bukan masalah. Namun, semakin lama Anda menyimpan kecap dalam botol terbuka, semakin asin rasanya.

Bagi sebagian orang, ini bisa mengganggu. Karena itu, pastikan untuk mengatur pembelian kecap ikan Anda berdasarkan seberapa sering Anda menggunakannya. Walaupun Anda sering menuangkan kecap ikan ke dalam setiap hidangan, ada baiknya Anda membeli kecap ikan dalam botol kecil untuk dikonsumsi sesegera mungkin. Jika sudah habis dan masih ingin menggunakan kecap ikan, belilah yang baru dan jangan lupa simpan kecap asin di lemari es agar tetap segar.

Rekomendasi Kecap Ikan Terbaik

Sekarang Anda sudah memahami kecap ikan dan tips memilihnya. Nikmati hidangan dengan cita rasa istimewa, seperti nasi goreng biasa, yang bisa Anda buat dan siapkan di rumah. Di bawah ini kami daftar saus ikan terbaik dari banyak merek, termasuk Royal Gold Fish dan Finna Fish Sauce yang terkenal. Rekomendasi Kecap Ikan

1. Narcissuss Kecap Ikan Fish Gravy

merk kecap ikan
merk kecap ikan

Jika Anda menyukai makanan Cina yang menyerang lidah, saus ikan narsisis ini akan membuat hidangan apa pun terlihat seperti menu makanan khas Cina. Yang terbaik adalah menggunakan saus ikan ini untuk menyajikan nasi goreng dan mie sesuai resep Cina.

Kecap ikan narcissus terdiri dari 14,87% ikan segar yang difermentasi. Produk-produk buatan produsen dalam negeri dapat dengan mudah ditemukan di rak-rak supermarket. Selain rasa asinnya yang khas, ada juga rasa gurihnya yang akan selalu memanjakan lidah.

2. Squid Brand Fish Sauce

Menggunakan bahan baku yang tidak banyak campuran, kecap ikan Thailand ini menyediakan makanan untuk dimasak. Squid Brand secara alami memfermentasi ikan dalam waktu 18 bulan. Produk ikan segar memiliki aroma yang kuat dan kaya akan protein alami.

Menuangkan beberapa ml kecap untuk memasak tidak lagi membutuhkan penggaraman sebagai penambah rasa. Aroma yang dihasilkan akan sangat terasa jika dipadukan dengan bumbu-bumbu lokal lainnya. Ayo, semoga semua makanan disukai oleh seluruh keluarga!

3. Royal Gold Fish Sauce Kecap Ikan

merk kecap ikan
merk kecap ikan

Meski didatangkan langsung dari Thailand, tidak mahal dari segi harga kecap ikan mas asli. Menu utama yang berbeda bisa dibuat jika memperhatikan aroma khas dan rasa asin dari kecap ikan ini. Ini akan menjadi juara makanan laut yang lebih baik.

Jika Anda ingin mengadakan pesta rumah kecil, Anda bisa menyajikan makanan laut dengan daging putih dan sedikit lemak, seperti ikan terapung. Saus ikan ini merupakan kombinasi sempurna dengan bawang putih, madu, dan jus lemon.

4. Finna Kecap Ikan Cap Oyster

Cita rasa masakan Thailand yang kaya – berair, manis, asin dan asam – selalu menjadi primadona bagi siapa saja yang pernah makan. Mereka yang mencicipi menu Thailand di restoran atau langsung di negaranya mungkin sudah tidak asing lagi dengan ciri-ciri tersebut.

Kini Anda bisa bereksperimen menciptakan perpaduan rasa pedas, manis, asin dan asam dengan saus ikan Finna Cap Oyster ini. Dibuat dengan ikan teri, gula dan garam, diproses dalam jumlah yang tepat, ini adalah salah satu saus ikan terbaik di Thailand!

5. Daesang Chung Jung Won Anchovy Sauce

Tidak seperti beberapa produk rekomendasi kami sebelumnya, Daesang Chung Jung Won Anchovy Sauce adalah kecap ikan yang dibuat oleh negara Asia lainnya, yaitu Korea. Saus ikan ini memiliki tekstur yang lebih padat dan rasa yang lebih kaya.

Meski teksturnya kental, kecap ini diserap dengan baik oleh bahan makanan. Tidak ada bau amis, yang membuatnya sedikit lebih sulit untuk menelan makanan buatan sendiri. Anda bisa menyajikan masakan Indonesia atau ginseng seperti kimchi dengan saus ikan ini.

Kesimpulan

Kecap ikan dapat dikemas dalam botol kaca atau plastik. Padahal, botol kaca dan plastik memiliki karakter yang sama tergantung bahan baku yang digunakan. Namun, jika Anda lebih menyukai kenyamanan, pilihlah kecap ikan yang dikemas dalam botol plastik.

Dan yang membeli kecap ikan sebagai bumbu untuk usaha kulinernya memilih kecap ikan dalam botol kaca yang biasanya berukuran lebih besar. Selain itu, kecap ikan kemasan bisa diisi kembali dengan kecap jika sudah habis.