Tips Mencegah Jamur pada Pakaian saat Musim Hujan

Liputanberitaku.com — Musim hujan selalu datang dengan sederet masalah. Salah satunya adalah pertumbuhan jamur di berbagai area, termasuk pada pakaian. Jika Anda merasa telah menyimpan pakaian dengan rapi di dalam lemari, maka periksa kembali.
Jamur dapat tumbuh dengan mudah pada pakaian yang lembap, terutama saat musim hujan. Cuaca musim hujan menjadi kondisi yang baik untuk pertumbuhan jamur.
Pakaian berbahan katun menjadi tempat terbaik untuk jamur berkembang biak. Jamur umumnya hadir dalam bentuk bintik-bintik putih seperti tepung atau hitam pada permukaan pakaian.
Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mencegah pertumbuhan jamur pada pakaian saat musim hujan, seperti berikut, mengutip India Today.

Paparan cahaya matahari

https://image-cdn.medkomtek.com/

Saat matahari cukup bersinar, jemur pakaian Anda. Membiarkan pakaian terpapar sinar matahari secara tidak langsung menghilangkan semua kelembapan dari pakaian.
Selain menjemur, Anda juga bisa membiarkan cahaya matahari masuk ke dalam kamar dengan membuka jendela dan buka pintu lemari Anda.
Cara ini tak hanya berfungsi sebagai disinfektan alami, tapi juga menghilangkan bau apek dari rumah Anda.

Silica gel

https://image-cdn.medkomtek.com/

Taruh kantung silica gel di dalam lemari atau di antara pakaian. Silica menyerap kelembapan dan bisa mencegah pertumbuhan jamur.

Cuka

https://i0.wp.com/

Cuci pakaian dengan cuka. Tambahkan sekitar 180 ml cuka putih ke dalam cucian dan rendam pakaian di dalam campuran tersebut. Cuka akan menghilangkan bercak jamur dan bau yang ditimbulkan.

Lemon dan garam

https://cdn0-production-images-kly.akamaized.net/

Campurkan perasan lemon dan garam serta gosokkan ke area yang terkena jamur pada pakaian. Cuci dan keringkan.

Air panas

http://www.usahalaundry.co.id/

Air panas adalah cara terbaik untuk membunuh spora jamur. Rendam pakaian pada air panas sebelum kemudian dicuci dan dikeringkan.

Tanaman mimba

https://lh3.googleusercontent.com/

Menempatkan beberapa batang dan daun mimba di dalam lemari pakaian diklaim dapat mencegah pertumbuhan jamur dari pakaian.

Pasang lampu

https://ecs7.tokopedia.net/

Jika memungkinkan, pasang lampu berdaya rendah di dalam lemari. Lampu membantu menghasilkan panas ringan yang mencegah pertumbuhan jamur dan kelembapan.

itulah beberapa tips agar pakaian tidak mudah jamuran waktu musim hujan, semoga bermanfaat yaa 🙂

 

 

 

 

 

 

 

#artikel-asli