Rekomendasi Alat Scanner Dokumen Terbaik

Rekomendasi Alat Scanner Dokumen Terbaik–Kemajuan digital menjadi lebih canggih dan sekarang membutuhkan pemindai dokumen untuk mendigitalkan dokumen fisik sehingga dapat dikirim dengan lebih mudah ke berbagai media. Tentu saja, mengirim dokumen digital dapat menghemat waktu dan tenaga Anda saat mendesak. Meski smartphone bisa digunakan untuk merekam dokumen penting, namun tetap memiliki kekurangan.

Kelemahan utama menggunakan kamera adalah resolusi pindaian yang tinggi. Biasanya ada perangkat pemindai dokumen yang dirancang khusus untuk pemindai, bahkan ada yang memiliki printer dan mesin fotokopi. Nah, Anda bisa menggunakan pemindai dokumen untuk keperluan pribadi, kantor atau bisnis.

Cara Memilih Alat Scanner Dokumen yang Bagus

Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, Anda harus memilih pemindai dokumen yang berkualitas baik sebelum membeli. Nah, Anda bisa menggunakan cara-cara berikut ini agar tidak frustasi di kemudian hari.

1. Pastikan alat scanner dokumen dapat memenuhi kebutuhan

Ada beberapa jenis pemindai dokumen di pasaran, seperti flatbed, yang membutuhkan daya yang relatif rendah. Lalu ada scanner roller yang terdiri dari ADF (automatic document feeder) untuk memindai dokumen berukuran besar dan document feeder yang menghemat ruang dan energi.

Anda juga dapat memindai dokumen dengan pemindai dokumen tipe pemindai yang elegan, tetapi Anda harus memindahkannya ke dokumen secara manual.

2. Ketahui besaran resolusi pemindaian pada scanner

Hal lain yang perlu Anda ketahui saat memilih pemindai adalah ukuran resolusi pemindaian dokumen. Resolusi pemindaian biasanya ditunjukkan dalam dpi (titik per inci) atau ppi (piksel per inci). Tentu saja, setiap pemindai dokumen memiliki kemampuan pemindaian yang berbeda, beberapa dengan resolusi 600 dpi atau lebih tinggi. Nah biasanya scanner juga punya settingan yang bisa diatur sesuai kebutuhan, semakin tinggi resolusinya maka semakin bagus hasilnya.

3. Perhatikan kecepatan pemindaiannya

Jadi perhatikan kecepatan maksimum pemindai dokumen yang tercantum dalam deskripsi produk. Jika Anda memperhatikan hal ini, Anda dapat memperkirakan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memindai dokumen. Tentu saja, semakin tinggi kecepatannya, semakin pendek waktunya dan sebaliknya. Biasanya, kecepatan pemindai dinyatakan dalam ppm/ipm, yaitu halaman per menit dan gambar per menit.

4. Cari tahu mengenai format penyimpanan yang tersedia

Setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda bukan? Oleh karena itu, penting untuk mengetahui format pengarsipan yang tersedia dalam pengaturan pemindai dokumen. Nah, Anda biasanya memiliki opsi untuk memindai hasil ke JPG, PDF, PNG, TIFF, BMP, TXT, DOC, XLS dan sebagainya. format. Tentu saja, masing-masing format ini dapat dilihat dengan perangkat lunak yang berbeda.

5. Ketahui fitur tambahan pada scanner

Perangkat pemindai dokumen kelas atas biasanya menyederhanakan pekerjaan Anda dengan fitur tambahan. Nah, fitur-fitur ini termasuk koreksi otomatis, yang mengoreksi posisi kertas dan menghilangkan halaman kosong.

Ada juga perangkat pemindai yang dilengkapi dengan berbagai koneksi sehingga Anda dapat menggunakan pemindai melalui WiFi dan Bluetooth. Anda juga akan menemukan pemindai dengan fungsi dupleks, sehingga Anda dapat memindai dua dokumen sekaligus, dan fitur pindai ke cloud yang memungkinkan Anda menyimpan pindaian ke Google Drive, One Drive, atau Dropbox.

Rekomendasi Alat Scanner Dokumen Terbaik

Saat ini, banyak merek menawarkan pemindai dokumen yang dijual dengan harga bervariasi. Jika Anda masih belum tahu produk mana yang harus dipilih, Anda bisa memilih salah satu perangkat pemindai dokumen yang direkomendasikan di bawah ini.

1. FUJITSU ScanSnap SV600

 scanner terbaik
scanner terbaik

Ada banyak jenis dokumen fisik yang dapat dipindai dengan pemindai dokumen, seperti buku sejarah dalam jumlah terbatas, surat perjanjian, koran, kartu nama, jurnal, catatan pasien, formulir, dan dokumen penting lainnya. Dokumen-dokumen ini tentu saja ukurannya berbeda, ada yang kecil dan besar. Menariknya, FUJITSU ScanSnap SV600 memungkinkan Anda untuk langsung memindai scan A3 tanpa harus melipatnya terlebih dahulu.

Keunggulan lain dari pemindai dokumen ini adalah dapat memindai apa pun yang bentuknya rata atau tidak beraturan. Hal ini dikarenakan FUJITSU ScanSnap SV600 merupakan head scanner dengan head scanner yang cukup besar namun cukup ringan. Jika Anda ingin memindai dokumen dengan resolusi 150 dpi, ini dapat melakukan hanya dalam 3 detik.

2. Brother ADS-1700W

Sebuah perusahaan kecil atau dewasa tidak bisa jauh dari finansial, bukan? Tentu saja, setiap kali Anda membeli uang dari perusahaan, Anda perlu mencatatnya secara detail karena mempengaruhi arus kas perusahaan. Anda tahu, karyawan juga dapat meminta pengembalian dana jika Anda memiliki kwitansi asli. Nah, biasanya bagian administrasi keuangan menyimpan kwitansi setiap bulan yang harus melampirkan pada anggaran.

Selain dokumen fisik, Departemen Administrasi Keuangan juga dapat menggunakan pemindai dokumen untuk mengarsipkan dokumen asli dalam format digital sebagai cadangan sewaktu-waktu jika terjadi kerusakan atau kehilangan. Itu sebabnya Brother ADS-1700W adalah pilihan yang tepat, karena dapat memindai bukti pembelian, kartu ID, dan kartu nama di atas kertas hingga panjang 86cm. File yang memindai tersedia di mana saja dan kapan saja dengan fitur Pindai ke Cloud.

3. Plustek SmartOffice PN2040

 scanner terbaik
scanner terbaik

Pernahkah Anda menemukan pemindai dokumen yang perlu memanaskan sebelum dapat menggunakan? Ini bisa sedikit mengganggu jika Anda harus memindai sejumlah besar dokumen dalam waktu singkat. Namun kejadian ini dapat meminimalisir dengan menggunakan Plustek SmartOffice PN2040, karena perangkat ini tidak perlu memanaskan terlebih dahulu dan dapat memindai hingga 1000 dokumen per hari.

Selain pengumpan dokumen otomatis, SmartOffice PN2040 juga dapat menggunakan sebagai pemindai flatbed untuk memindai dokumen, kwitansi, atau kartu nama yang rapuh. Menariknya, pemindai dokumen ini juga melengkapi dengan berbagai fitur tambahan yang mempermudah pekerjaan peningkatan pemindaian. Nah, fitur-fitur tersebut antara lain auto threshold, auto rotation, auto cut and skew, fade dan blank page removal.

4. Canon DR-M160II

Rekomendasi pemindai dokumen berikut ini berasal dari brand Canon yang menjual berbagai macam peralatan elektronik sesuai dengan kebutuhan Anda. Salah satunya adalah Canon DR-M160II, yang terkenal sebagai pemindai yang andal, tangguh, dan jelas sangat cepat. Hal ini dikarenakan produk ini dapat memberikan akurasi yang tinggi saat memindai dokumen dengan ukuran berbeda. Baki kertas menampung setidaknya 60 lembar dokumen per pemindaian.

Tidak butuh waktu lama karena Canon DR-M160II melakukan ini pada 60 halaman per menit / 120 gambar per menit dan dapat memindai hingga 2 halaman sekaligus. Anda tidak perlu khawatir dengan masalah kualitas gambar karena pemindai dokumen ini dapat menghasilkan gambar berwarna 24-bit berkualitas tinggi. Perangkat ini juga dapat mengenali salinan kertas. Saat proses pemindaian selesai, tingkatkan hasilnya dengan fungsi pemrosesan gambar yang tersedia.

5. HP ScanJet Pro N4000 SNW1

Tentu saja, setelah memindai dengan pemindai dokumen, Anda perlu menyimpan hasilnya. Namun, kehabisan ruang penyimpanan tentu akan merepotkan, apalagi jika ada banyak dokumen yang harus memindai. Nah, ketika Anda menggunakan HP ScanJet Pro N4000 SNW1, Anda akan menemukan solusinya karena perangkat ini memiliki fungsi cloud scanning. Keunggulan dari fitur ini adalah Anda tetap dapat mengakses dokumen yang memindai kapan saja, di mana saja, meskipun Anda tidak menggunakan perangkat yang sama.

Dengan pemindai melengkung ini, resolusi pindaian maksimum adalah 600 dpi, sehingga Anda dapat melihat dengan jelas teks, angka, simbol, atau gambar apa pun pada dokumen Anda. Sedangkan kecepatannya bisa mencapai 40ppm/80ipm untuk hasil 300dpi baik untuk dokumen berwarna maupun hitam putih. Jangan gunakan pemindai dokumen ini untuk memindai lebih dari 4.000 halaman sehari, oke?

Kesimpulan

Setelah membaca rekomendasi alat pemindai dokumen terbaik, produk mana yang akan Anda pilih? Pastikan Anda memilih produk yang tepat, oke? Anda juga perlu tahu cara menggunakan pemindai dokumen yang tepat. Setelah membeli, pastikan untuk merawatnya dengan baik.