5 Rekomendasi Sunscreen untuk Kulit Berjerawat

Rekomendasi Sunscreen untuk Kulit Berjerawat — Bagi yang suka beraktivitas di bawah sinar matahari, penggunaan tabir surya jelas wajib. Plus, tabir surya dapat melindungi dari sinar UVA dan UVB saat Anda berada di dalam ruangan.

Namun, tabir surya terkadang mengganggu bagi orang yang memiliki kulit berjerawat dan berminyak. Masalah yang sering dialami oleh kulit berminyak dan berjerawat saat memilih tabir surya adalah terasa panas, lengket, dan akhirnya menyumbat pori-pori penyebab jerawat.

Rekomendasi Sunscreen untuk Kulit Berjerawat

Berikut adalah beberapa Rekomendasi Sunscreen untuk Kulit Berjerawat yang bagus dan terbaik untuk kulit berminyak dan rawan jerawat untuk dipilih

1. Wardah UV Shield Essential Sunscreen Gel SPF 30 PA+++

sunscreen untuk kulit berjerawat
sunscreen untuk kulit berjerawat

Beberapa tahun lalu, Wardah merilis tiga jenis tabir surya yang bisa disesuaikan dengan kondisi kulit, di antaranya kulit berminyak dan berjerawat. Seperti Wardah UV Shield Essential Sunscreen Gel SPF 30 PA+++, merupakan sun gel Wardah yang telah didesain ulang agar lebih nyaman digunakan dibandingkan seri sebelumnya.

Wardah Sunscreen adalah tabir surya fisik yang jelas merupakan jenis tabir surya terbaik untuk kulit berjerawat. Umumnya tabir surya fisik memiliki konsistensi yang kental dan kental, kecuali yang satu ini. Konsistensi gelnya yang ringan dan segar untuk digunakan, menjadikan tabir surya ini cocok sebagai tabir surya Wardah untuk kulit berjerawat. Meski masih meninggalkan noda putih, tabir surya ini tidak membuat kulit Anda beruban dalam waktu lama.

2. Skin Aqua Moisture Gel SPF 30 PA++

Bagi pecinta perawatan kulit, Skin Aqua bukan lagi nama baru. Hal ini dikarenakan Skin Aqua sendiri sudah lama dikenal sebagai brand asal Jepang yang menawarkan berbagai macam tabir surya sesuai kebutuhan, termasuk tabir surya untuk kulit berjerawat dan bekas jerawat. Pelembab versi gel ini adalah skin aqua sunscreen untuk kulit berjerawat yang bisa dipilih saat kulit membutuhkan perlindungan ekstra saat jerawat meradang dan bekas luka.

Tabir surya ini tidak hanya melindungi dari sinar UVA dan UVB, tetapi vitamin B5, E dan C dapat mencerahkan kulit Anda, termasuk bekas jerawat. Belum lagi kandungan HA dan kolagen tabir surya yang melembabkan dan menghaluskan wajah sepanjang hari.

Teksturnya ringan, hampir watery dan segar saat dioleskan ke wajah, sehingga nyaman dipakai seharian. Selain itu, tabir surya ini dapat digunakan pada lengan atau bagian tubuh yang mudah terkena sinar matahari.

3. ACNES UV Tint SPF 35 PA+++

sunscreen untuk kulit berjerawat
sunscreen untuk kulit berjerawat

Acnes adalah merek perawatan kulit Mentholatum yang memproduksi produk perawatan kulit khusus untuk mereka yang memiliki masalah kulit berminyak dan berjerawat. Hampir setiap kebutuhan untuk kulit berjerawat dapat ditemukan di bawah merek Acnes.

Acnes juga memiliki tabir surya yang dikembangkan untuk kulit berjerawat. Sunscreen UV Tint adalah produk tabir surya jerawat untuk kulit berminyak dan berjerawat yang berfungsi ganda sebagai alas rias. Bagi mereka yang mencari produk serbaguna, tabir surya jerawat ini mungkin cocok untuk kulit berjerawat.

Mengandung vitamin E dan B6, yang menenangkan dan memancarkan kulit bermasalah. Termasuk menyamarkan bekas jerawat. Teksturnya hampir cair, tidak perlu menggunakan spons atau aplikator lainnya.

Hasil akhir juga tampak opak di wajah, tanpa bekas minyak dan siap ditimpa riasan. Dengan begitu Anda bisa menggunakan tabir surya jerawat ini tanpa menambahkan primer atau bedak.

4. Emina Sun Battle SPF 45 PA+++

Bagi yang membutuhkan tabir surya untuk kulit berminyak dan remaja berjerawat, Emina bisa menjadi pilihannya. Sebelumnya, Emina merilis tabir surya yang komposisinya disesuaikan dengan kulit remaja. Namun, beberapa tahun lalu, Emina merilis tiga produk sun dengan formulasi dan dosis berbeda.

Dengan cara ini Anda dapat menggunakannya sesuai dengan kebutuhan Anda. Bagi mereka yang memiliki masalah jerawat dan sebum berlebih, Emina Sun Battle SPF 45 PA +++ adalah tabir surya pilihan Emina untuk jerawat.

Tekstur tabir surya ini sedikit creamy, tetapi terlihat segar setelah diterapkan. Jadi tabir surya Emina ini mengandung ethanol, alkohol yang mendinginkan kulit, tidak terasa panas saat menggunakan tabir surya karena lebih cepat mengeringkan jerawat. Perlindungan terhadap tabir surya juga cukup tinggi sehingga cocok untuk remaja yang beraktivitas di luar ruangan.

5. Nivea Sun Protect & White Oil Control SPF 50+ PA+++

Nivea sudah lama dikenal dengan produk perawatan tubuhnya. Namun nyatanya, Nivea juga memiliki sejumlah produk untuk area wajah. Sudah ada beberapa produk perawatan wajah Nivea yang cocok untuk jenis masalah kulit. Ini termasuk produk tabir surya. Nivea juga memiliki tabir surya yang baik untuk kulit berjerawat, yaitu Nivea Sun Protect & White Oil Control SPF 50.

Karena dapat mencegah penumpukan minyak berlebih, tabir surya ini merupakan tabir surya Nivea untuk kulit berjerawat. Krimnya mudah menyerap ke dalam kulit dan tidak meninggalkan rasa berminyak. Ini membuatnya cocok sebagai alas make-up.

Proteksinya juga tergolong tinggi yaitu SPF 50+ PA+++ yang juga bisa digunakan sebagai tabir surya make-up. Karena tabir surya yang ideal disentuh setiap 4 jam, berkat kemasan Nivea yang elegan dan memanjang, tabir surya ini cukup ramah perjalanan dan tidak memakan tempat di tas rias Anda.

Cara Memilih Sunscreen untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat 

Karena kondisi kulit berjerawat, sensitif dan berminyak, sebagian orang enggan menggunakan tabir surya. Padahal, untuk kulit berminyak dan berjerawat, tabir surya juga harus digunakan sebagai pelindung kulit tambahan.

Selama Anda menggunakan produk yang tepat dengan beberapa pertimbangan, menggunakan tabir surya akan senyaman perawatan kulit tanpa tabir surya. Lakukan saat Anda memilih tabir surya!

  • Cek bahan dasar atau jenis sunscreen

Pada dasarnya, kulit berminyak dan berjerawat membutuhkan tabir surya jenis fisik, atau biasa dikenal dengan tabir surya. Seperti namanya, tabir surya fisik, juga dikenal sebagai tabir surya, bekerja sedemikian rupa sehingga produk ini “menghalangi” sinar matahari dari kulit sehingga tidak terserap oleh kulit.

Masalah umum pengguna tabir surya fisik biasanya adalah sensasi panas, karena produk tidak diserap oleh kulit dan hanya menempel di permukaan kulit.

Tabir surya jenis ini biasanya mengandung bahan penting seperti titanium dioksida dan seng dioksida. Bagi mereka yang memiliki masalah jerawat, kulit berminyak dan sensitif, penggunaan tabir surya fisik sangat dianjurkan.

Sementara itu, jika masalahnya adalah minyak dan jerawat dan Anda ingin mencari tabir surya yang ringan di kulit Anda, terutama jika Anda ingin memakai riasan, Anda juga dapat memilih tabir surya kimia. Karena sifatnya yang menyerap ke dalam kulit dan tidak meninggalkan noda putih, jenis tabir surya ini menjadi favorit banyak orang, termasuk mereka yang memiliki kulit berminyak dan berjerawat.

Tabir surya kimia biasanya mengandung bahan penting seperti oxybenzone, octinoxate, octocrylene dan sejenisnya. Jadi, jika Anda tidak merasa kulit Anda sensitif, jenis tabir surya ini mungkin bisa menjadi pilihan.

  • Pilih sunscreen dengan label non-comedogenic

Jika Anda memilih tabir surya kimia, biasanya komedogenik. Sedangkan tabir surya fisik biasanya tidak bersifat komedogenik karena hanya bekerja di permukaan kulit. Namun, jika Anda mencari tabir surya, tidak ada salahnya berjalan dengan mata terbuka dan memilih tabir surya dengan cermat.

Saat membeli tabir surya, pastikan memiliki label non-komedogenik. Bagi yang tidak ingin ribet, physical sunscreen adalah pilihan yang tepat, terbukti non-comedogenic. Sementara itu, jika Anda memiliki kulit yang mudah berjerawat dan sensitif, Anda mungkin ingin mempertimbangkan tabir surya rendah minyak yang bebas pewangi.

  • Pastikan menggukan sunscreen dengan tekstur ringan

Orang dengan kulit berminyak dan mudah berjerawat umumnya enggan menggunakan tabir surya karena teksturnya yang creamy dan terasa kental, sehingga akan terasa hangat jika kulit terkena sinar matahari. Dengan cara ini, riasan akan mudah luntur dan menghasilkan minyak dua kali lipat dari biasanya. Akibatnya, sebum di wajah menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat dan komedo.

Oleh karena itu, pastikan untuk menggunakan tabir surya bertekstur ringan seperti krim atau gel untuk membuat kulit Anda terasa nyaman meski berada di bawah sinar matahari. Tip lain saat menggunakan perawatan kulit pagi hari adalah menggunakan tabir surya sebagai pengganti pelembab atau alas rias. Untuk menjaga kulit tetap hangat di bawah sinar matahari.

  • Pilih yang memiliki proteksi maksimal

Menggunakan tabir surya merupakan salah satu bentuk perlindungan kulit dari sinar matahari. Sinar matahari pada dasarnya memancarkan UVA dan UVB. Sedangkan tabir surya biasanya mengandung bahan khusus yang melindungi kulit dari sinar UVA atau UVB. Semakin banyak bahan penting yang melindunginya dari sinar matahari, semakin tinggi jumlah SPF dan PA.

SPF yang disebutkan dalam produk tabir surya adalah faktor perlindungan matahari, yang menjelaskan seberapa baik produk tersebut mampu melindungi kulit dari sinar UVB. Sementara itu, label PA pada tabir surya menjelaskan seberapa besar produk tersebut dapat melindungi kulit dari sinar UVA.

Semakin tinggi SPF maka semakin optimal pula perlindungan produk matahari dalam melindungi kulit dari sinar UVB. Semakin tinggi tanda PA “+” pada tabir surya, semakin optimal produk tersebut untuk melindungi kulit dari sinar UVA.

Kesimpulan

Bagi mereka yang memiliki kulit normal atau tidak memiliki masalah kulit yang parah, jenis tabir surya apa pun bisa dipilih. Namun bagi Anda yang memiliki masalah kulit, seperti kulit berminyak atau kulit berjerawat, mungkin Anda bisa mempertimbangkan untuk memilih tabir surya. Tentu saja, Anda tidak ingin tabir surya melindungi kulit Anda, itu justru menghangatkannya dan menyebabkan jerawat.

Perawatan harus diambil ketika memilih tabir surya untuk kulit berjerawat. Sebelum membeli, pastikan Anda mengetahui masalah dan kebutuhan kulit Anda agar tabir surya dapat memanfaatkannya secara maksimal. Itulah tadi Rekomendasi Sunscreen untuk Kulit Berjerawat , semoga bermanfaat!