5 Rekomendasi Gula Rendah Kalori Terbaik

Gula Rendah Kalori — Makan makanan manis dan minuman enak. Namun jika mayoritas, gula yang terkandung di dalamnya malah tidak baik untuk tubuh. Salah satu faktor yang membuat gula tidak sehat adalah kandungan kalorinya yang tinggi. Artinya jika ingin lebih sehat, ganti gula dengan yang rendah kalori.

Ada beberapa merk gula rendah kalori seperti Tropicana Slim, Diabetasol dan Equal. Untuk menghindari memilih yang salah, artikel ini menjelaskan cara memilih yang benar. Selain itu, kami telah mengumpulkan sepuluh produk PickyBest terbaik. Selamat membaca!

Cara Memilih Gula Rendah Kalori

Setelah membangun ekspektasi tentang manfaat potensial dari mengonsumsi gula rendah kalori, sekarang kami akan menjelaskan cara memilih pemanis terbaik.

Dari Kategori Pemanis Buatan, Ini Beberapa yang Bisa Dicoba

Pemanis buatan adalah pemanis sintetis yang dihasilkan melalui proses kimia. Rasa manis dari pemanis ini sangat tinggi. Jumlah yang dicampur dalam makanan atau minuman cukup kecil untuk memberikan rasa manis yang setara dengan gula biasa.

Di bawah ini Anda akan menemukan beberapa jenis pemanis buatan untuk dipilih, beserta jumlah rasa manis dan batas asupan harian maksimum.

  • Aspartam: 200 kali lebih manis dari gula meja. Asupan harian maksimum adalah 50 mg per kilogram berat badan.
  • Sakarin: 300-400 kali lebih manis dari gula meja. Asupan harian maksimum adalah 5 mg per kilogram berat badan.
  • Sukralosa: 600 kali lebih manis dari gula meja. Asupan harian maksimum adalah 5 mg per kilogram berat badan.
  • Neotam: 7.000-13.000 kali lebih manis dari gula meja. Asupan harian maksimum adalah 0,3 mg per kilogram berat badan.
  • Asesulfam potasium: 200 kali lebih manis dari gula meja. Asupan harian maksimum adalah 15 mg per kilogram berat badan.

Dari Kategori Pemanis Alami, Ini Beberapa yang Bisa Dicoba

Pemanis alami adalah pemanis yang diekstrak dari bahan alami seperti buah-buahan dan sayuran. Seperti pemanis buatan, pemanis alami rasanya sangat manis dan rendah atau nol kalori.

Perlu ditekankan bahwa pemanis alami belum tentu lebih sehat atau mengandung kalori lebih sedikit dibandingkan pemanis buatan. Namun, beberapa pemanis alami lebih mudah dicerna oleh orang dengan perut sensitif.

Di bawah ini adalah beberapa pemanis alami rendah kalori yang bisa Anda coba.

  • Stevia: Diekstrak dari daun tanaman Stevia rebaudiana. 300 kali lebih manis dari gula biasa. Selain membantu mengontrol kadar gula darah pada penderita diabetes, stevia juga membantu menurunkan tekanan darah pada penderita tekanan darah tinggi. Asupan harian maksimum adalah 4 mg per kilogram berat badan.
  • Monk fruit: Diekstrak dari buah biksu atau han kuo. Tingkat kemanisan 150-200 kali gula meja. Selain baik untuk penderita diabetes karena kandungan nol kalori dan karbohidratnya, ekstrak buah biksu juga memiliki sifat antioksidan. Sampai saat ini, tidak ada asupan harian maksimum yang ditetapkan.
  • Allulose: Pemanis ini terjadi secara alami dalam buah. Uniknya, alulose tidak semanis sukrosa, tapi rasanya sangat mirip. Asupan harian maksimum adalah 0,4 g per kilogram berat badan.

Alternatif Lain, Pilih Gula Alkohol

Berlawanan dengan namanya, gula alkohol sebenarnya tidak mengandung etanol, molekul dalam minuman beralkohol yang membuat Anda mabuk. Nama ini diberikan hanya karena struktur kimianya mirip dengan molekul gula dan alkohol. Jadi yang tidak minum alkohol tetap bisa mengkonsumsinya.

Gula alkohol sendiri merupakan jenis karbohidrat manis yang dapat diproduksi secara artifisial atau diekstraksi dari bahan-bahan alami. Perlu dicatat bahwa konsumsi alkohol dan gula yang berlebihan dapat menyebabkan gangguan pencernaan.

Berikut adalah beberapa alkohol gula rendah kalori untuk dipilih.

  • Xylitol: Jumlah manisnya sama dengan gula biasa, dengan rasa minty. Asupan harian maksimum untuk orang dewasa adalah 10-30 g.
  • Erythritol: Pemanis ini diproduksi dengan memfermentasi pati jagung (corn starch). Tingkat kemanisan sama dengan 70 persen gula biasa, dengan hanya 5 persen kalori. Asupan harian maksimum adalah 1 g per kilogram berat badan.
  • Sorbitol: Memberikan rasa segar di mulut dengan manisnya 60% gula biasa. Asupan harian maksimum adalah sekitar 10 g.
  • Maltitol: rasanya mirip dengan gula biasa tetapi hanya 60% manis. Tidak ada asupan harian maksimum, tetapi jumlah yang sangat besar dapat memiliki efek pencahar.

Pilih Pemanis yang Sesuai dengan Penggunaan Anda

Tidak semua pemanis cocok untuk dicampurkan ke dalam teh atau kopi yang ingin diminum. Beberapa pemanis dapat berupa campuran makanan, kue, dan makanan ringan lainnya yang perlu dimasak terlebih dahulu.

Di sisi lain, ada juga pemanis rendah kalori yang tidak boleh dimasak. Anda tinggal mencampurnya dengan makanan atau minuman yang sudah jadi untuk dinikmati. Oleh karena itu, pastikan untuk memeriksa nama produk sebelum membeli.

Rekomendasi Gula Rendah Kalori Terbaik

Setelah Anda memahami cara memilih gula rendah kalori, kini Anda tinggal memilih. Selain memperhatikan pertimbangan-pertimbangan yang dibahas saat pilkada, pastikan menyesuaikan dengan anggaran yang tersedia.

1. Tropicana Slim Sweetener Classic

merk gula untuk diabetes
merk gula untuk diabetes

Obesitas adalah penyebab utama diabetes. Mengganti gula dengan pemanis Tropicana Slim ini dapat membantu mencegahnya. Jangan khawatir, pemanis ini rasanya seperti gula pasir tradisional. Alhasil, rasa teh atau kopi favorit Anda tidak berubah dari biasanya!

3 alasan untuk membeli produk:

  • Aman untuk penderita diabetes.
  • Cocok untuk makanan/minuman panas atau dingin.
  • Kemasan case mudah dibawa bepergian.

2. Tropicana Slim Sweetener Stevia

Apakah Anda ingin menjadi cukup kurus untuk berkorban untuk berhenti makan makanan manis? Ini tentu bukan pilihan yang menyenangkan, apalagi jika Anda penyuka makanan manis. Berkat nol kalori dari pemanis stevia, Anda dapat memuaskan hasrat serakah Anda bahkan ketika Anda menurunkan berat badan.

4 alasan untuk membeli produk:

  • Itu tidak mempengaruhi kadar gula darah.
  • Kemasannya berbentuk tas sehingga mudah dibawa-bawa.
  • Dapat digunakan untuk semua jenis makanan dan minuman.
  • Satu sachet sudah memberikan rasa yang agak manis.

3. Gula Puteri Satu Tujuh (PS7)

merk gula untuk diabetes
merk gula untuk diabetes

Jika Anda tidak mau menyerah pada gula pasir tetapi masih menginginkan alternatif rendah kalori, produk ini adalah kabar baik. Gula Putri Satu Tujuh adalah gula pasir murni dengan rasa manis yang meningkat. Satu sendok makan gula sama dengan tujuh sendok makan gula biasa. Akibatnya, lebih sedikit gula dan kalori yang dikonsumsi.

3 alasan untuk membeli produk:

  • Anda sudah terdaftar di BPOM.
  • Rasanya mirip, tetapi jumlah kalori per gramnya lebih sedikit daripada gula biasa.
  • Tersedia dalam berbagai pilihan kemasan.

4. Diabetasol Sweetener

Diabetes bukan lagi pembatas antara penderita dan permen. Pemanis diabetes ini menawarkan cara aman bagi penderita diabetes untuk kembali menikmati manisnya. Berkat nol kalori, yang tidak menaikkan kadar gula darah, teh yang dikonsumsi di sore hari tidak lagi memiliki rasa yang ringan!

4 alasan untuk membeli produk:

  • Cocok juga untuk yang sedang diet.
  • Aman untuk segala usia.
  • Harga relatif terjangkau.
  • Itu tidak meninggalkan rasa pahit.

5. Tambiyaku Sorghum Sugar

Sorgum merupakan pemanis pengganti gula yang baik dikonsumsi oleh para pelaku diet. Selain rendah kalori, jagung asap memiliki rasa yang unik di lidah. Selain itu, gula ini juga cocok untuk orang yang ingin menjaga kadar gula darah. Indeks glikemik rendah tidak meningkatkan gula darah Anda terlalu banyak.

4 alasan untuk membeli produk:

  • Bebas gluten dan GMO.
  • Mereka tidak kosong kalori karena mereka juga kaya nutrisi lain seperti serat, kalsium dan protein.
  • Cocok untuk vegan.
  • Dengan harga yang terjangkau.

Kesimpulan

Manakah dari pemanis di atas yang akan Anda percayai untuk mempermanis teh Anda berikutnya? Sebelum membeli dalam jumlah banyak, pastikan Anda telah memilih produk sesuai dengan cara yang telah kami jelaskan.

Sekali lagi, meski rendah kalori atau bahkan nol, bukan berarti Anda bisa mengonsumsinya tanpa batasan. Bagi penderita diabetes, Anda mungkin ingin berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum memilih pemanis. Semoga Anda bisa segera menemukan gula/pemanis rendah kalori yang tepat!