Rekomendasi Vitamin untuk Ibu Hamil

Rekomendasi Vitamin untuk Ibu Hamil–Selama kehamilan, setiap ibu hamil perlu mendapatkan nutrisi yang lebih banyak. Kebutuhan ini dapat dipenuhi dengan mengonsumsi makanan sehat dengan pola makan seimbang. Namun, tidak jarang ibu hamil masih kekurangan vitamin dan mineral. Jika itu terjadi, vitamin terbaik untuk ibu hamil bisa membantu mengatasi kekurangan vitamin atau mineral. Karena itu, harapan bagi anak yang lahir dalam kondisi sehat lebih besar.

Jika saat ini Anda sedang hamil, Anda bisa mengonsumsi suplemen untuk ibu hamil. Di Indonesia, Anda bisa memilih dari banyak merek vitamin seperti Obical, Folamil, Blackmores, dan Hydromamma. Semua produk biasanya memiliki kandungan yang sama, namun beberapa produk berbeda. Hal ini memudahkan untuk menentukan produk mana yang paling sesuai dengan kebutuhan nutrisi Anda.

Cara Memilih Vitamin untuk Ibu Hamil

Suplemen prenatal atau vitamin prenatal harus mengandung banyak vitamin dan mineral untuk memenuhi kebutuhan baik ibu maupun bayi. Saat menentukan vitamin untuk ibu hamil dan menyusui, perlu diketahui terlebih dahulu cara memilihnya. Di bagian ini, kami menguraikan beberapa poin yang perlu Anda pertimbangkan sebelum mencari suplemen prenatal. Baca baik-baik, ya!

Kenali Zat Gizi yang Sangat Dibutuhkan oleh Ibu Hamil

Pertama, pastikan Anda mengetahui vitamin dan mineral yang Anda butuhkan. Selama tahap pertumbuhan kehamilan atau trimester, setiap wanita membutuhkan tiga nutrisi penting. Ketiga nutrisi tersebut antara lain asam folat, zat besi, dan kalsium. Asam folat dibutuhkan oleh ibu hamil untuk mencegah cacat lahir. Ini karena asam folat berperan penting dalam perkembangan awal otak dan sumsum tulang belakang.

Suplementasi asam folat sangat dianjurkan pada awal kehamilan. Anda bisa mengonsumsi suplemen asam folat dengan diet seimbang. Selain asam folat, zat besi juga berperan penting dalam memberikan oksigen bagi ibu dan janin dalam kandungan. Ada risiko anemia jika kekurangan zat besi berkembang. Jika kondisi ini terjadi, maka risiko bayi lahir prematur dan berat badan lahir rendah akan lebih besar. Memang, ada risiko kematian bayi!

Sedangkan nutrisi berupa kalsium membantu mengurangi kepadatan tulang. Selama kehamilan, janin menyerap kalsium ke dalam tubuh ibu untuk meningkatkan pertumbuhan tulang. Selain untuk merangsang pertumbuhan tulang, kalsium juga dibutuhkan untuk pertumbuhan gigi, kesehatan otot dan sistem saraf (terutama jantung). Meskipun tidak ada standar kandungan vitamin untuk kehamilan, penting untuk mengingat setidaknya tiga komponen ini.

Perhatikan Asupan Makanan dan Sesuaikan dengan Vitamin yang Hendak Dipilih

Selama hamil, ibu harus diberi makan lebih banyak dari biasanya (tidak hamil). Penambahan porsi menu makanan dapat menimbulkan rasa kenyang di perut, sehingga diasumsikan pola makan dipatuhi. Namun kenyataannya, apa yang terjadi saat Anda hamil, dosis yang sama belum tentu mencukupi kebutuhan nutrisi ibu dan janin. Oleh karena itu, perlu terus dilakukan perbaikan terhadap kekurangan gizi yang terjadi selama konsumsi vitamin oleh ibu hamil.

Suplemen makanan prenatal dapat menyelamatkan nyawa jika tubuh belum memenuhi kebutuhan nutrisinya. Misalnya, jika Anda memiliki akses yang langka atau sulit ke ikan dan makanan yang kaya asam lemak omega 3, Anda dapat mengonsumsi vitamin prenatal yang juga mengandung bahan-bahan ini. Ini juga berlaku untuk jenis vitamin dan mineral lainnya.

Pada dasarnya, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu nutrisi dari sumber makanan Anda untuk melihat apakah mereka memenuhi kebutuhan Anda dan janin Anda di dalam kandungan atau tidak. Selain itu, penting untuk memilih jenis suplemen makanan yang sesuai dengan usia kandungan. Hal ini karena tubuh juga membutuhkan nutrisi yang berbeda pada setiap tahap pertumbuhan atau pertumbuhan selama kehamilan.

Tidak Semua Kandungan pada Suplemen Baik untuk Kesehatan

Meskipun sulit untuk memungkiri bahwa vitamin untuk ibu hamil dapat melengkapi asupan makanannya dalam bentuk vitamin dan mineral, masih ada suplemen yang tidak baik untuk kesehatan ibu. Misalnya, sebaiknya hindari suplemen makanan yang mengandung vitamin A dan E. Hal ini karena vitamin A yang dikenal baik untuk menjaga kesehatan mata dan kekebalan tubuh terbukti meningkatkan risiko kelainan pada anak.

Sementara itu, jumlah vitamin E lain yang dikonsumsi secara berlebihan selama kehamilan juga dapat meningkatkan risiko persalinan prematur. Selain itu, perlu memperhatikan kemungkinan efek samping. Misalnya, jika Anda sudah mendapatkan asam folat dari makanan, sebaiknya hindari suplemen yang mengandung asam folat tinggi. Ini mencegah anak yang lahir dengan autisme.

Temui Dokter untuk Meminta Saran Terbaik

Toh, Anda tidak bisa asal-asalan dalam memilih vitamin untuk ibu hamil. Tentu Anda tidak ingin merusak salah satu hari bahagia Anda, yaitu saat melahirkan, bukan? Oleh karena itu, disarankan agar Anda berbicara langsung dengan dokter atau bidan sebelum memilih suplemen kesehatan selama kehamilan. Dengan mendapatkan informasi dari para profesional, Anda juga akan dapat memilih input tambahan yang tepat yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Biasanya, dokter kandungan terlebih dahulu menganalisis kebiasaan makan Anda. Hal ini memudahkan untuk menentukan jenis vitamin atau mineral tambahan dari suplemen. Selain itu, dokter biasanya memberikan informasi tentang dosis yang tepat dan kapan harus mengonsumsi suplemen. Saat ini, Anda dapat menemui dokter di Indonesia secara langsung di rumah sakit, klinik bersalin atau situs layanan kesehatan terkemuka secara online.

Rekomendasi Vitamin untuk Ibu Hamil Terbaik

Setelah Anda memiliki informasi yang cukup, Anda sekarang dapat memutuskan vitamin mana yang baik dan sesuai untuk ibu hamil. Pada bagian ini kami merangkum produk dari berbagai merek yang memiliki persyaratan kualitas tinggi. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan asupan nutrisi yang ideal untuk menunjang kesehatan Anda dan janin dalam kandungan. Selamat memilih!

1. Hydromamma

merk vitamin untuk ibu hamil
merk vitamin untuk ibu hamil

Vitamin untuk ibu hamil diproduksi dalam bentuk tablet yang mudah larut dalam air. Jika Anda pernah mengonsumsi suplemen peningkat kekebalan tubuh seperti CDR, ini adalah Hydromamma. Tablet jenis ini tentu akan lebih memudahkan dalam mengonsumsinya. Anda tidak akan merasa mual dengan rasa buah segar jika ingin menambah asupan cairan ekstra dengan air putih.

Hydromamma sudah pasti aman dikonsumsi karena terbuat dari bahan alami tanpa campuran pemanis atau pewarna buatan. Produk ini rendah gula dan bahkan lebih sedikit kalori dibandingkan produk minuman lainnya. Suplemen vitamin untuk ibu hamil untuk mencegah mual ini hadir dalam berbagai rasa, mulai dari blackcurrant, kelapa, lemon, berry dan jeruk yang menyegarkan.

2. Blackmores I-Folic

Bagi yang peduli dengan kesehatan, nama Blackmores mungkin sudah tidak asing lagi. Brand ini sudah lama memproduksi produk yang menunjang bentuk fisik tubuh. Di bidang vitamin untuk ibu hamil, Blackmores telah merilis seri I-Folic. Seperti namanya, ini dirancang sebagai terapi tambahan untuk mendukung kebutuhan tubuh akan asam folat. Tentu saja, Anda tahu bahwa tubuh Anda membutuhkan lebih banyak asam folat selama kehamilan.

Asam folat akan digunakan oleh tubuh dalam bentuk vitamin B kompleks untuk melakukan proses perkembangan. Dengan demikian, proses produksi DNA dan pembentukan sel darah merah dapat dilakukan dengan benar. Selain kaya akan asam folat, Blackmores juga diperkaya dengan i-Folic iodine yang terbukti baik untuk perkembangan otak bayi. Vitamin yang mengandung asam folat untuk ibu hamil bisa dikonsumsi sebelum hamil sekaligus dikonsumsi, lho!

3. Erela Visela

merk vitamin untuk ibu hamil
merk vitamin untuk ibu hamil

Untuk mempersiapkan kehamilan, Anda bisa mulai mengonsumsi makanan berupa asam folat, vitamin B6 dan vitamin B12. Dengan Erela Visela Anda bisa memenuhi kebutuhan nutrisi tersebut. Vitamin untuk ibu hamil ini bisa dikonsumsi oleh para lansia hingga lansia. Asam folat dan bahan-bahan lain yang terkandung di dalamnya membantu tubuh orang tua untuk tetap sehat dan bugar.

Untuk ibu hamil atau lanjut usia, Erela Visela dapat digunakan untuk mendukung kehamilan untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit. Produk ini dikemas dalam kotak atau pita perekat. Anda bisa mendapatkan produk ini di apotek terdekat atau membelinya secara online. Erela Visela juga merupakan vitamin yang dijamin aman untuk ibu hamil, sehingga tidak mudah lelah karena sudah memiliki label yang layak dipasarkan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

4. Obical

Jika Anda membutuhkan vitamin kalsium pada kehamilan yang tinggi kalsium, Obical adalah pilihannya. Suplemen makanan dalam bentuk tablet ini mengandung kalsium, Ca-sitrat dan cholecalciferol. Kalsium yang tersimpan dalam produk siap memenuhi tubuh Anda untuk mendukung proses pertumbuhan tulang janin. Selain itu, produk ini membantu menghindari risiko osteoporosis di kemudian hari.

Obical dapat dikonsumsi tidak hanya oleh ibu hamil tetapi juga oleh mereka yang tidak hamil tetapi ingin mendapatkan kalsium yang cukup. Padahal, vitamin ini juga bisa dikonsumsi setelah melahirkan atau setelah memasuki fase laktasi (menyusui). Selain komposisi kalsium dan cholecalciferol atau vitamin D3 untuk pengawetan tulang, produk ini juga mengandung bahan lain seperti fosfor dan fruktogosakarida.

5. Folamil Genio

Selain Blackmores, rekomendasi vitamin kehamilan ini juga cukup mahal dari segi harga, mencapai Rs 100.000. Suplemen makanan prenatal ini merupakan salah satu vitamin yang direkomendasikan oleh dokter untuk ibu hamil dengan bayi kembar. Tentu saja, dokter Anda juga akan merekomendasikan penggunaan produk ini berdasarkan kondisi tubuh Anda. Vitamin yang diproduksi oleh PT. Dexa Medica berisi 30 kapsul per bungkus. Kemasannya berwarna putih dan pink, cantik dan enak dipandang!

Berbicara tentang manfaatnya, Folamil Genio sendiri memang sengaja dirancang untuk membantu ibu hamil yang kekurangan gizi. Setiap kapsul mengandung vitamin dan mineral seperti asam folat, beta-karoten, vitamin B1, B6, B12, D3, K1, kalsium, biotin, asam docaheksenoat (DHA), asam arakidonat (ARA) dan kompleks besi polimaltosa (IPC). . Vitamin ini, tentu saja, menyediakan sejumlah nutrisi untuk memastikan bahwa ibu dan bayi memiliki akses ke nutrisi yang tepat setiap hari.

Kesimpulan

Mengkonsumsi suplemen atau vitamin prenatal untuk ibu hamil adalah penting. Yang terpenting, itu pintar untuk diterapkan. Dengan memilih produk yang tepat, Anda dapat mencapai efek positif maksimal. Kehamilan adalah waktu yang paling penting bagi semua orang. Oleh karena itu, pada tahap ini, pastikan tubuh Anda tetap sehat dan selalu menjaga kelengkapan diet harian Anda, baik yang berasal dari makanan maupun suplemen.