5 Rekomendasi Teflon Anti Lengket Terbaik

Teflon Anti Lengket Terbaik — Panci teflon adalah salah satu peralatan dapur yang paling serbaguna, karena tidak hanya dapat digunakan untuk memanggang, tetapi juga untuk memanggang dan bahkan memanggang. Jenis teflon juga bermacam-macam, ada wajan, wajan dan wajan teflon khusus untuk mengolah makanan tertentu. Artikel ini membahas tentang rekomendasi teflon anti lengket terbaik dan kelebihan dan kekurangan teflon sebagai pot.

Teflon merupakan singkatan dari polytetrafluoroethylene polymer compound yang banyak digunakan pada peralatan dapur, salah satunya peralatan masak. Panci teflon disukai banyak orang karena anti lengket dan tidak mudah gosong.

Cara Memilih Teflon Anti Lengket yang Bagus

Dibandingkan bahan lain, harga alat masak berlapis teflon juga relatif lebih murah. Namun, untuk mendapatkan teflon anti lengket terbaik, Anda perlu memperhatikan hal-hal berikut ini.

1. Memilih wajan teflon sesuai fungsinya

Jenis teflon anti lengket terbaik pertama adalah wajan datar berbentuk piring. Teflon jenis ini bisa digunakan untuk mengukus atau menggoreng dengan sedikit minyak. Ukuran wajan juga bervariasi dan saat ini bentuk wajan tidak hanya bulat tetapi juga kotak yang cocok untuk persiapan masakan tertentu.

Berikutnya adalah jenis panci yang cocok untuk memasak makanan, membuat saus atau membuat sup. Teflon anti lengket terbaik jenis ini biasanya berdiameter cukup kecil, hanya 14-18 cm, dinding pot tinggi dan lebar, dan kolam cukup dalam. Panci, karena nama dan ukurannya, tidak dapat digunakan untuk memasak dalam jumlah banyak karena ukurannya yang relatif kecil.

Jenis teflon terbaik lainnya untuk memanggang adalah wajan, yang lebih lebar dan lebih besar dari wajan. Anda juga bisa menggoreng banyak hidangan berminyak di wajan atau menggorengnya karena memiliki kolam yang dalam. Wok wok terbagi menjadi dua jenis, yaitu mandarin, yang memiliki pegangan untuk menelusuri makanan tanpa menggunakan pisau cukur, dan canton, yang memiliki dua pegangan di kedua sisinya agar terlihat seperti lidah.

Jika Anda membutuhkan teflon  terbaik untuk memanggang daging dan ikan, Anda bisa memilih panggangan yang permukaannya bergaris atau bergelombang agar sesuai dengan minyak makanan. Makanan yang disiapkan di wajan berwarna coklat, berbau menggoda, permukaannya renyah, tetapi bagian dalamnya masih digoreng dan teksturnya lembut dan berair.

2. Memeriksa ukuran teflon

Ukuran teflon terbaik tentunya harus disesuaikan dengan takaran yang biasanya disiapkan setiap hari. Jika Anda sudah berkeluarga dan membutuhkan 3-4 orang, pilihlah teflon berdiameter 26 cm atau 28 cm untuk masakan sehari-hari. Tetapi jika Anda tinggal sendiri dan memasak dalam jumlah kecil, teflon berdiameter 18 atau 20 cm sudah cukup. Namun, jika Anda harus menyiapkan makanan dalam jumlah banyak, gunakan teflon berdiameter 32 cm.

3. Mempertimbangkan teflon yang punya penutup

Sebagian besar Teflon anti lengket terbaik tidak memiliki pelapis, tetapi ada juga produsen yang menawarkan pelapis. Meski terdengar sepele, tutup teflon memiliki banyak fungsi, seperti membantu memasak makanan lebih cepat dan merata, serta melindungi tangan dari cipratan minyak saat menggoreng ikan. Dapat juga digunakan untuk melindungi makanan yang disimpan di teflon dari kotoran atau serangga.

4. Menyesuaikan teflon dengan jenis kompor

Teflon anti lengket terbaik yang bisa Anda beli juga harus disesuaikan dengan jenis kompornya. Pada umumnya semua jenis panci teflon bisa digunakan di atas kompor gas, namun belum tentu di kompor lainnya. Jika Anda menggunakan kompor induksi, pastikan untuk memilih teflon, dengan tambahan magnet di bagian bawah, atau jika tidak ada magnet, Anda dapat menambahkan penukar panas. Untuk fleksibilitas, yang terbaik adalah memilih teflon untuk digunakan pada kompor gas atau induksi, tetapi biasanya cukup mahal.

Rekomendasi Teflon Anti Lengket Terbaik

Beberapa merek Teflon yang laris manis di pasaran, seperti Maxim, Tefal, Maspion dan Supra. Berikut adalah rekomendasi lengkap kami untuk merek Teflon  terbaik yang paling banyak dicari di pasaran.

1. Maxim Valentino Wajan Teflon Anti Lengket 24cm

 teflon anti lengket terbaik
teflon anti lengket terbaik

Maxim Valentino Teflon Classic dilengkapi dengan pelapis gigi yang cocok untuk penggunaan sehari-hari. Lapisan teflon tidak hanya membuatnya anti lengket, tetapi juga wajan teflon  terbaik untuk distribusi panas yang baik dan merata. Produk ini dijamin bebas PFOA sehingga aman untuk kesehatan Anda.

Selain ukuran 24 cm, Maxim Valentino tersedia dalam ukuran 18 cm, 22 cm dan 26 cm. Teflon anti lengket terbaik ini memerlukan beberapa kali perawatan agar tahan lebih lama, seperti memasak dengan nilon atau spatula kayu, dengan api sedang-rendah, menghindari kontak langsung dengan logam atau baja tahan karat, dan menyimpannya di liontin. Maxim Valentino format 24 cm tersedia dengan harga 120 ribu rupiah.

2. Kirin Sasando Deep Frypan 22 cm

Deep pan Kirin Sasando terbuat dari aluminium 3003 berlapis Teflon sehingga Anda dapat mendistribusikan panas dengan cepat dan merata. Teflon terbaik secara alami bebas PFOA dan dapat digunakan dengan aman untuk pengolahan makanan sehari-hari. Adanya lapisan anti lengket membuat produk lebih mudah dibersihkan dari minyak atau lemak yang menempel. Namun, saat mencuci produk, gunakan spons lembut untuk menjaga lapisan anti lengket dalam waktu lama.

Produk Teflon anti lengket terbaik ini memiliki gagang berbahan vinyl lembut yang bersifat insulasi panas sehingga nyaman digunakan saat memasak. Kirin Sasando Deep Frypan dapat dibeli di toko web resmi Kirin seharga Rs 100.000 dengan harga Rs 100.000.

3. GM Bear Teflon Fry Pan

 teflon anti lengket terbaik
teflon anti lengket terbaik

Jika Anda sedang mencari teflon anti lengket terbaik dengan harga murah, GM Bear Teflon Pan mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat. Produk ini memiliki pegangan yang ergonomis, tidak licin, dan tahan panas, sehingga memudahkan proses memasak.

Ada dua panci Teflon GM Bear yang bisa dipilih, yaitu Tipe 1067 berwarna merah plum dengan diameter 26 cm dan Tipe 1069 berwarna hitam dengan diameter 32 cm. Harga Teflon cukup murah, mulai dari 30 ribu rupiah. Namun kualitas yang ditawarkan baik dan aman untuk kesehatan karena sudah food grade.

4. Tefal Natura Wokpan 16cm

Tefal Natura Wokpan terdiri dari lapisan mineral dan bebas PFOA, yang tidak hanya anti lengket dan tahan gores, tetapi terapi ini relatif lebih aman untuk kesehatan. Ini juga dilengkapi dengan dasar difusi terbaik di Teflon, yang membuat distribusi panas lebih sempurna.

Dengan gagangnya yang ergonomis dan bobotnya yang ringan, teflon anti lengket terbaik ini sangat mudah dan nyaman digunakan untuk memasak. Tefal Natura Wokpan dapat digunakan untuk kompor gas, listrik dan keramik, tetapi tidak untuk kompor induksi. Produk ini dapat dibeli di toko online resmi Tefal dengan harga Rs 160.000.

5. Sunhouse Wajan Anti Lengket SHG1224R 24 cm

SUNHOUSE adalah produk Vietnam yang terbuat dari bahan aluminium dengan lapisan Teflon anti lengket terbaik yang didatangkan dari Amerika Serikat. Lapisan anti lengket itu sendiri terdiri dari 3 lapisan, memungkinkan makanan untuk mempertahankan rasa yang kaya bahkan ketika digoreng dengan sedikit atau tanpa minyak. Produk ini sudah pasti aman digunakan sehari-hari karena food grade dan PFOA free.

Panci anti lengket Sunhouse SHG1224R memiliki diameter 24cm dan tinggi 6cm, sehingga Anda tidak perlu khawatir akan jatuh saat membalik panci. Dijual dengan harga Rp 80.000, Teflon ini hanya bisa digunakan di kompor gas, listrik dan keramik, tidak bisa digunakan di kompor induksi.

Kesimpulan

Teflon adalah singkatan dari Polytetrafluoroethylene Polymer Compound, yang dikenal memiliki sifat anti-perekat yang baik dan harga yang relatif terjangkau. Tak heran jika senyawa tersebut sering digunakan untuk melapisi peralatan dapur, salah satunya adalah penggorengan. Pada artikel kali ini kami telah membahas tentang tips teflon anti lengket terbaik dan berbagai cara merawat teflon dalam waktu lama.