Jangan Dipaksa,Tanda Tubuh Lelah dan Perlu Istirahat

Liputanberitaku.com — Terkadang, kesibukan dalam beraktivitas membuat kita melupakan pentingnya menjaga kesehatan. Siang bekerja, malam lembur, dan keesokan paginya langsung kembali ke rutinitas yang sama. Membayangkannya saja sudah sangat melelahkan bukan? Untuk itu, kenalilah beberapa tanda kalau tubuhmu perlu istirahat. Jika sudah ada tanda-tanda berikut, tinggalkanlah aktivitasmu dan ambil waktu sejenak untuk berisirahat dari hiruk-pikuknya aktivitasmu.

Mudah stres

Suasana hati, depresi dan perasaan risau merupakan indikasi bahwa kamu mengalami kelelahan. Dilansir dari CNN, ketika lelah kamu akan mudah stres karena lepasnya zat kortisol, yaitu hormon stres. Ketika kadar kortisol cukup tinggi untuk jangka waktu yang lama, kesehatan mentalmu mulai akan terkena dampaknya.

Tidak bisa fokus

Ketika kamu stres akibat kelelahan, kamu tidak akan bisa menemukan ketenangan dan akhirnya gagal fokus. Pikiranmu tidak bisa tertuju pada satu titik karena otakmu sudah dipenuhi hormon stres yang dapat mengganggu pola pikir otak.

Performa kamu mulai menurun

Jika mendapati dirimu tidak mampu mengendalikan semua tugas dan pekerjaan yang kamu handle setiap hari, kamu mungkin mulai melewatkan waktu makan, merasa stres, dan merasa kemampuan fisik menurun.

Insomnia

Kelelahan tidak hanya berorientasi pada fisik, tetapi juga bisa menyerang psikis. Kamu mungkin benar-benar merasa lebih sulit untuk tertidur ketika kelelahan itu benar-benar kronis. Hal ini bahkan bisa memperparah kondisi tubuh kamu.

Mudah sakit

Efek samping yang kurang menyenangkan dari kelelahan adalah menurunnya sistem kekebalan tubuh yang mungkin membuat kamu mudah terserang penyakit seperti flu dan radang. Jika kamu sering sakit dan tidak tahu mengapa, itu bisa jadi karena kelelahan, stres, dan juga kurang tidur.

Jadi, itulah tanda kalau tubuh kamu merasa lelah dan butuh istirahat. Jangan memaksakan tubuhmu untuk bekerja terlalu keras karena bisa merusak kesehatanmu sendiri. Ambilah cuti beberapa hari untuk me-recharge energi kamu. Tetap jaga kesehatan ya!