5 Rekomendasi Regulator Gas Terbaik

Selamat Darang di liputanberitaku.com – Regulator gas adalah alat yang sangat diperlukan bagi siapa saja yang memasak di atas kompor gas. Item ini juga disebut tutup botol gas atau konektor botol gas dan kompor melalui tabung. Secara umum ada dua jenis regulator gas yang masing-masing digunakan untuk skala yang berbeda. Ada beberapa yang menjadi tuan rumah restoran. Mari kita bahas 5 Rekomendasi Regulator Gas Terbaik.

Selain jenis regulator, perhatikan bagian-bagian regulator gas, seperti katup dan gasket, yang merupakan bagian terpenting dari regulator gas. Siapapun yang ingin membeli regulator gas tentunya harus memilih produk yang tepat dan berkualitas. Itulah sebabnya dalam artikel ini kami akan memandu Anda untuk mendapatkan regulator gas terbaik.

Rekomendasi Regulator Gas Terbaik

Rekomendasi Regulator Gas Terbaik bagaiman cara memilihnya

Pada dasarnya penggunaan kompor dan tabung gas berarti menjamin keselamatan jika regulator yang digunakan sesuai dengan standar keselamatan yang berlaku. Namun, penting juga untuk diketahui bahwa saat membeli regulator gas, penting tidak hanya untuk memeriksa kondisi dan standar keamanan pengujian, tetapi juga untuk memahami karakteristik setiap produk.

Seperti disebutkan, ada dua jenis regulator gas. Penting juga untuk memperhatikan komponen lain seperti katup, gasket dan selang. Untuk proses memasak yang aman dan nyaman, gunakan produk yang telah melalui pengujian ekstensif. Sebelum memilih produk, sebaiknya pahami dulu jenis dan komponen regulator gas lainnya.

Pilih Berdasarkan Besar Tekanannya

Regulator gas yang digunakan dalam ukuran kecil, seperti rumah atau wisma, berbeda dari regulator yang digunakan untuk memasak di restoran, toko roti, atau toko roti, yang biasanya menggunakan oven besar untuk memasak. Regulator gas secara umum dapat dibagi menjadi dua jenis. Masing-masing perbedaan tersebut dijelaskan lebih rinci melalui poin-poin berikut:

  • Pengatur tekanan tinggi. Tekanan throttle adalah 0,6 kg / jam. Bentuk fisiknya berbeda dengan pengatur tekanan rendah dan terdapat kenop untuk memutar ukuran gas yang ingin dipencet. Regulator gas bertekanan tinggi biasanya digunakan untuk memasak di dapur restoran, di mana wajan besar digunakan, atau di toko kue dan toko roti yang memanggang dalam oven besar.
  • Pengatur tekanan rendah. Sebaliknya, regulator gas tekanan rendah dirancang untuk pengguna rumahan atau kecil. Regulator ini lebih mudah ditemukan di toko-toko yang menjual barang-barang rumah tangga. Harga jualnya juga lebih murah, termasuk suku cadang tambahan seperti pipa.

Untuk Mengetahui Rekomendasi Regulator Gas Terbaik apa Yang Anda butuhkan? Pastikan Anda menggunakan jenis throttle yang benar, OK!

Untuk Mengetahui Rekomendasi Regulator Gas Terbaik Pastikan Terbuat dari Bahan yang Kuat dan Dilengkapi Pengaman

Regulator tabung gas dikatakan berkualitas baik jika terbuat dari bahan kuningan yang kuat, awet dan tahan karat. Juga, pastikan produk pilihan Anda dilengkapi dengan steker. Steker ini tertanam di bagian 3 regulator, yaitu di mulut pipa, di penyangga regulator gas dan di mulut regulator aliran, tempat keluarnya gas.

Tutup di mulut botol gas adalah segel karet atau partisi yang menutup ruang antara katup kontrol dan mulut botol gas. Gasket ini juga harus berada pada shutter kedua, yaitu pada control valve, sebagai penutup celah yang tersisa saat regulator diputar. Di outlet regulator gas yang baik, tutup ujung telah diperkuat dengan bantalan bola untuk menutup saluran gas jika terjadi kebocoran.

Perhatikan Kualitas Selang jika Membeli Paket Komplet Untuk Mengetahui Rekomendasi Regulator Gas Terbaik

Pipa adalah bagian yang menghubungkan regulator yang terhubung ke tabung gas ke kompor. Tujuannya adalah untuk mengeluarkan gas pada tekanan yang diatur oleh regulator. Kestabilan tekanan gas buang juga dapat mempengaruhi sisi keselamatan karena mencegah kebocoran.

Pipa gas biasanya bertahan 1-3 tahun, setelah itu perlu diganti secara teratur. Namun, kerangka waktu ini tidak dapat digunakan sebagai patokan. Kualitas selang dan frekuensi penggunaan juga mempengaruhi umur selang. Saat memilih akselerator, Anda disarankan juga membeli selang. Jika pipa terus bekerja dengan baik di rumah, Anda setidaknya akan memahami sifat-sifat pipa yang berkualitas.

Pipa gas setidaknya memiliki tiga lapisan. Lapisan pertama dapat menahan tekanan gas yang sangat tinggi, pilih yang dapat menahan tekanan di atas 290 psi (pon per inci persegi). Sekarang mudah untuk menemukan selang gas yang dapat menahan tekanan 300-500 psi dan bahkan lebih tinggi dengan berbagai harga.

Serat poliester dikepang yang diperkuat digunakan di lapisan kedua tabung, yang membuat tabung cukup fleksibel. Sedangkan lapisan ketiga atau terakhir adalah lapisan yang tahan terhadap panas dari luar sekaligus memiliki sifat getas atau tahan sobek. Beberapa produk juga dilengkapi dengan lapisan pelindung tambahan dari logam galvanis yang membuat tabung tahan terhadap gigitan tikus dan meminimalkan kebocoran.

Ketahui Fungsi Jarum Indikator pada Regulator

Saat memilih throttle, pastikan jarumnya berfungsi. Jarum indikator pada regulator gas tidak dipasang untuk memberikan informasi tentang volume atau kandungan gas di dalam silinder, tetapi pada tekanan di dalam tabung. Anda harus mengingat ini dengan baik karena banyak orang terus salah paham.

Jarum indikator bergerak dalam warna kuning, hijau dan merah. Jarum menunjukkan tekanan gas di dalam tabung, di mana variasinya dipengaruhi oleh suhu lingkungan dari gas yang digunakan. Saat tekanan dalam tabung meningkat, jarum berubah menjadi merah sebagai bahaya.

Sedangkan untuk mengetahui volume atau kandungan gas di dalam tabung hanya bisa diketahui dengan menimbang. Sebagai informasi tambahan, jika Anda membeli misalnya 3 kg LPG, berat total tabung adalah 8 kg. Artinya, botol kosong (tanpa gas) dengan berat 5 kg dan isi gas 3 kg tentu saja memiliki berat total 8 kg.

Pilh yang Telah Memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI)

Untuk menemukan produk yang tepat, terjamin kualitas dan keamanannya, pastikan regulator gas pilihan Anda sudah bersertifikat resmi Standar Nasional Indonesia (SNI). Banyak kasus kebocoran pada tabung gas yang berakibat fatal karena pengguna tidak menggunakan regulator gas SNI.

Harus hati-hati saat memilih langsung di toko atau supermarket. Pasalnya, masih banyak regulator gas yang beredar yang belum mencantumkan SNI pada produknya. Harga jual regulator gas non-SNI umumnya lebih murah untuk menarik minat konsumen. Otoritas pengatur yang dijamin keamanannya adalah yang memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI) untuk embossing.

5 Rekomendasi Regulator Gas Terbaik

Baru sekarang Anda mengenal jenis-jenis regulator berbasis tekanan, termasuk fungsi jarum indikator dan jenis tabung yang direkomendasikan. Kami kemudian menghadirkan regulator gas terbaik dari merek terkenal seperti Winn Gas, Quantum, Miyako, Rinnai dan sebagainya. Pastikan Anda memilih produk yang berkualitas, ya!

1. Quantum QRL 03

 regulator gas terbaik
regulator gas terbaik

Selain menyalakan kompor gas, Quantum juga telah merilis regulator gas yang disebut QRL 03. Produk ini terbuat dari tembaga berkualitas tinggi yang tahan lama, sehingga risiko kebocoran sangat rendah. Jika Anda mencari regulator gas tubeless, Quantum QRL 03 cocok.

Dengan tekanan 2 kg/jam dan sistem penguncian yang berputar, proses pemasangan pun semakin mudah. Tersedia dalam warna hijau kebiruan, Anda dapat dengan mudah melihat akselerator ini saat Anda pergi ke toko. Dengan berat 1kg dan berukuran 9 x 6 x 10cm, katup gas mudah dikunci namun kuat.

2. Rekomendasi Regulator Gas Terbaik Winn Gas W181 Regulator Gas

Rekomendasi Regulator Gas Terbaik kedua Anda bisa mengandalkan regulator gas ini untuk kebutuhan memasak skala besar, seperti di toko dapur atau sejenisnya. Regulator tekanan tinggi ini memiliki laju aliran gas 0-6 kg/jam. Winn Gas juga telah merancang produk ini untuk dapat mendistribusikan gas secara lebih efisien dan sangat cocok bagi mereka yang ingin meminimalkan anggaran mingguan.

Sebelum dirilis, produk ini telah diuji kebocoran gas dan terbukti aman. Untuk itu, regulator gas Winn Gas telah memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI). Karena tekanan tinggi, regulator ini hanya dapat digunakan pada tabung baja LPG dengan kapasitas 3 kg dan 12 kg. Saat kompor tidak digunakan, lepaskan pedal gas dari silinder untuk mengurangi risiko keluarnya gas.

3. Winn Gas 118 Regulator Meter Rekomendasi Regulator Gas Terbaik

 regulator gas terbaik
regulator gas terbaik

Jika anda ingin membeli regulator gas tekanan rendah merk Winn Gas seri 118 solusinya. Seperti produk sebelumnya, produk ini telah melalui proses pengujian untuk mengetahui bagaimana ia dapat menahan kestabilan gas bocor tanpa menyebabkan kebocoran.

Selain aman digunakan karena tidak menjamin keluarnya gas, produk ini dilengkapi dengan tutup (pengaman) yang dapat menghentikan aliran gas jika misalnya terjadi kebocoran pada pipa karena seal yang kurang baik. Tentu saja, Winn Gas juga menjamin konsumsi gas bisa dihemat dengan adanya regulator gas ini.

4. Nankai High Pressure Regulator Rekomendasi Regulator Gas Terbaik

Nankai menawarkan regulator gas tekanan tinggi yang dapat menjaga tekanan gas stabil dan aman. Produk yang dibuat melalui proses produksi yang panjang ini dipasarkan sebagai alternatif bagi mereka yang membutuhkan regulator gas bertekanan tinggi dengan harga terjangkau.

Alat pengaman dengan tutup pada control valve memutus aliran gas sehingga api dapat dipadamkan dan terhindar dari resiko kebakaran. Dengan produk ini Anda juga dapat mengatur tekanan gas buang hanya dengan memutar tuas atau kenop.

5. Gascomp GRS-01 Regulator Meter Super Lock

Gascomp GRS-01 bisa sedikit lebih mahal daripada regulator gas lainnya. Namun, produk ini memiliki begitu banyak manfaat sehingga akan sulit untuk beralih darinya. Selain memenuhi standar SNI, produk ini dikatakan memiliki seal 50.000 kali lebih kuat, sehingga aman terjadi kebocoran gas.

Meskipun memiliki kunci yang sangat kuat, throttle ini mudah dipasang. Anda dapat menutup mulut tabung tepat dengan jari dengan katup kontrol. Anehnya, daya tahan bahan produk ini pun ikut teruji. Pada ketinggian 1 meter, Gascomp GRS-01 jatuh dan tidak ada retak atau patah di badan pengatur, baik secara visual maupun mekanismenya.

Kesimpulan

Bagaimana Anda menemukan regulator gas terbaik yang Anda inginkan? Pastikan Anda menggunakannya kembali untuk kebutuhan memasak dalam jumlah besar atau kecil, ya. Gunakan pengatur tekanan rendah untuk makan keluarga di rumah. Sedangkan bagi yang ingin mencari pengatur memasak porsi besar lebih baik menggunakan kompor dan pengatur tekanan tinggi.

Selain itu, bahan kuningan yang digunakan oleh produsen untuk pembuatan regulator gas harus dipertimbangkan. Untuk keamanan tambahan, Anda dapat memilih pengontrol keamanan ganda atau bahkan produk yang mematikan pengontrol saat kompor tidak digunakan. Ini memberi Anda ketenangan pikiran ketika Anda meninggalkan anak-anak Anda di rumah tanpa pengawasan.