Inilah Beberapa Fakta Menarik Tentang Bunga Bangkai

Liputanberitaku.com — Kebanyakan orang berfikiran bahwa bunga bangkai sama dengan bunga raflesia. Namun sebenarnya bunga tersebut berasal dari jenis yang berbeda. Ukurannya yang besar dan aroma busuk membuat kebanyakan orang berfikir bahwa dua bunga tersebut sama.Indonesia merupakan daerah tropis yang memilki banyak spesies tumbuhan. Bunga raflesia sendiri telah menjadi icon bunga nasional sejak ditemukannya pertama kali. Namun, bunga itu termasuk spesies langka. Ketika kamu memperhatikan dengan baik, maka bunga bangkai tentu berbeda dengan bunga raflesia.¬† Berikut¬† perbedaan bunga bangkai dengan bunga raflesia

Nama Latin

kamu perlu mengetahui bahwa nama latin bunga bangkai adalah Amorphophallus yang tentu berbeda dengan raflesia arnoldi. Beberapa jenis yang terkenal diantaranya Amorphophallus titanium, Amorphophallus gigas, serta Amorphopallus variabilis.

Bentuk Tanamanya

Bunga bangkai memiliki tonggol atau bagian tengah yang menjulang tinggi keatas dengan bagian pelindung yang mekar. Sedangkan bunga rafflesia tidak menjulang tinggi dan hanya melebar kesamping.

Ukuran

Raflessia arnoldi memiliki diameter hingga mencapai 1 meter namun itu tergantung jenisnya sehingga ukuran diameternya dapat bervariasi. Untuk bunga bangkai sendiri memiliki diameter yang dapat mencapai 1,5 meter.

Jenis Kelamin

Bunga bangkai ada yang berjenis kelamin jantan dan ada juga yang berjenis kelamin betina. Itu tentu berbeda dengan bunga raflesia yang memiliki dua jenis kelamin atau biasa disebut juga dengan bunga berumah dua.

Cara berkembangbiak

Raflesia dapat tumbuh dari hasil pembuahan jantan dan betina. Saat ini biji sulit ditemukan karena proses pembuahan harus terjadi pada satu tanaman ketika mekar secara bersamaan dengan dua kelamin yang berbeda. Bunga bangkai tentu lebih sering ditemui jika dibandingkan dengan raflesia arnoldi. meski demikian, bunga raflesia tetap menjadi ikon nasional yang sangat khas. Jadi saat ini kamu sudah dapat membedakan bunga bangkai dan bunga raflesia.

 

 

 

 

 

 

 

#artikel-asli