5 Rekomendasi Merk HP Terbaik dan Awet

Rekomendasi Merk HP Terbaik  — Dengan kemajuan teknologi komunikasi, ponsel menjadi kebutuhan dasar bagi banyak orang. Selain itu fungsi HP tidak hanya untuk komunikasi atau hiburan, tetapi juga untuk pekerjaan atau pendidikan. Tentunya kita membutuhkan HP terbaik, berkualitas tinggi, dan tahan lama untuk mendukung beragam kepentingan tersebut. Di bawah ini adalah rekomendasi merk HP terbaik.

Tips Memilih HP yang Bagus dan Awet

Sebelum memutuskan ponsel mana yang akan dibeli, tentu ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Berikut adalah beberapa tips penting untuk membantu Anda mendapatkan HP yang tepat di ujung jari Anda.

1. Menyesuaikan HP dengan budget

Cara pertama tentunya adalah dengan mengatur ponsel yang akan dipilih dengan budget yang tersedia. Tentu saja, jika Anda menginginkan merek HP terbaik dengan kinerja tinggi, Anda harus menjaga anggaran yang tinggi. Uraian berikut ini bisa menjadi referensi untuk memilih ponsel berkualitas yang sesuai dengan budget Anda.

Pertama, kelas low-end dengan kisaran harga 1 juta hingga 2 juta rupiah, sering disebut sebagai kelas ponsel murah. Tidak sulit untuk menemukan merk HP terbaik dan tahan lama di kelasnya saat ini, meskipun speknya terbilang pas-pasan. Ada beberapa brand ternama yang menawarkan ponsel low-end, antara lain Samsung, Oppo, Vivo, Xiaomi, Huawei, Infinix, dan Realme.

Kedua, kelas menengah dengan kisaran harga antara 2 juta hingga 5 juta rupiah. Persaingan HP di kelas ini sangat ketat. Berbagai pabrikan besar berlomba-lomba mengeluarkan merk HP terbaik, namun masih dalam jangkauan banyak orang. Persaingan sengit ini memiliki efek positif karena banyak spesifikasi HP kelas menengah sangat bagus.

Ketiga, dari mid-range hingga upper range, dengan harga sekitar 5-8 jutaan. HP bisa dikatakan “bertanggung jawab” di kelas ini karena spesifikasinya yang terlalu tinggi untuk kelas menengah namun tidak memenuhi kriteria HP kelas atas. HP di kelas ini diproduksi karena permintaan pasar akan HP dengan spesifikasi tinggi, namun harganya tidak terlalu mahal. Jadi Anda tetap bisa menemukan merk HP terbaik dan tahan lama di kelasnya.

Keempat, kelas high-end dengan banderol di atas Rp8 juta disebut sebagai kelas unggulan. Tentu tidak sulit untuk menemukan merk HP terbaik di kelasnya. Selain karakteristik teknis yang tinggi, fungsinya sangat canggih. Beberapa contoh ponsel di kelas ini adalah Xiaomi Mi 10, Samsung Galaxy S20 FE, Vivo X60 Pro dan iPhone terbaru terbaik seri 12 atau 13.

2. Mempertimbangkan spesifikasi HP

Selain harga, pertimbangan lain dalam memilih merk HP terbaik dan tahan lama adalah spesifikasinya. Spesifikasi yang perlu diperhatikan adalah sistem operasi, chipset, tipe layar, kamera, kapasitas baterai, kamera, dan jaringan.

Pertama, sistem operasi, baik itu sistem operasi Android atau iOS. Sistem operasi Android terintegrasi langsung dengan Google dan digunakan oleh banyak vendor yang memproduksi merek-merek HP terbaik. Sedangkan iOS hanya berlaku untuk perangkat iPhone dan biasanya hanya terintegrasi dengan produk Apple lainnya, seperti iPad atau MacBook.

Kedua, chipset yang ada di ponsel. IPhone biasanya hanya menggunakan chipset Apple A, sedangkan merek HP terbaik dan paling tahan lama dengan Android menyertakan sejumlah chipset, seperti Snapdragon, Kirin, atau Exynos.

Ketiga, memori HP, yang meliputi RAM dan memori internal. Semakin banyak memori yang dimiliki ponsel Anda, semakin banyak aplikasi dan data yang dapat disimpan di dalamnya. Selain keduanya, merk HP terbaik yang ada saat ini juga menyediakan slot microSD untuk penyimpanan eksternal.

Keempat, kualitas layar produk HP yang Anda beli. Dalam hal resolusi layar, HD atau Full HD adalah yang paling banyak tersedia di pasaran. Perhatikan juga panel tampilan HP yang Anda gunakan dan apakah Anda memiliki pelindung layar bermerek HP atau tidak.

Kelima, baterai yang berfungsi sebagai sumber tenaga utama HP. Merk HP terbaik dan tahan lama saat ini biasanya menggunakan baterai Li-Po atau Li-Ion. Kapasitas baterai terdiri dari unit mAh, seperti 3000mAh dan 6000mAh. Semakin besar kapasitas baterai, semakin lama waktu pengoperasiannya.

Catatan tambahan tentang kamera dan jaringan yang didukung. Misalnya, fotografer biasanya membutuhkan merek HP terbaik dengan piksel kamera tinggi. Untuk jaringan, sebagian besar produk HP saat ini menawarkan jaringan 4G LTE, dan versi terbaru menawarkan jaringan 5G. Biasanya, orang juga melihat fitur tambahan dari ponsel, seperti metode keamanan, dukungan NFC, tahan air dan sebagainya.

5 Rekomendasi Merk HP Terbaik dan Awet

Tidak sulit menemukan merk HP terbaik dan tahan lama di pasaran saat ini. Berikut rekomendasi lengkap kami untuk Anda.

1. Samsung Galaxy M22

merk hp paling bagus dan awet
merk hp paling bagus dan awet

Dirancang dengan penutup belakang bertekstur, tujuannya adalah untuk menjaga ponsel tetap stabil di tangan dan mengurangi risiko kontaminasi sidik jari. Fungsi pembaca sidik jari dibangun di tombol daya di sebelah kanan, di sebelah tombol volume. Dengan ketebalan hanya 8.4mm dan berat 186g, ini adalah merek HP terbaik dan paling tahan lama dari Samsung, mudah dibawa.

Seperti kebanyakan merek HP papan atas, Samsung Galaxy M22 memiliki layar 6,4 inci, panel Super AMOLED dan refresh rate 90Hz.Sistem operasi yang digunakan adalah Android 11 yang mendukung teknologi One UI Core. Ponsel ini dilengkapi dengan NFC yang memudahkan pengisian saldo e-money Anda.

Kamera memiliki empat kamera di bagian belakang dan kamera utama memiliki resolusi 48 MP f/2.0. Tersedia pula kamera ultra wide-angle dengan resolusi 8MP f/2.2 dan kamera beresolusi 2MP untuk kamera portrait dan makro. Kamera depan dibuat dengan resolusi 13 MP yang cukup tinggi untuk merek HP terbaik dan paling tahan lama di kelasnya.

Samsung Galaxy M22 ditenagai oleh chipset prosesor MediaTek Helio G80. Ini memiliki memori internal 128GB dan RAM 6GB. Samsung Galaxy M22 hadir dengan baterai 5000mAh dan tahan seharian dalam penggunaan normal. Boleh dibilang merek HP terbaik yang unggul dalam kapasitas baterai. Di Indonesia, Samsung Galaxy M22 dibanderol sekitar Rp 2,5 juta.

2. Xiaomi POCO X3 Pro

Merek Cina ini secara konsisten merupakan produsen merek HP terbaik dan tahan lama di berbagai kelas dan spesifikasi. Produk HP Xiaomi kelas menengah termasuk Xiaomi POCO X3 Pro, yang berukuran 165.3mm x 76.8mm, tebal 9.4mm dan berat 215 gram. Ponsel ini memiliki memori internal 128GB dan RAM 6GB.

Prosesornya menggunakan sistem operasi MIUI 12 berbasis Qualcomm® Snapdragon™ 860 dan POCO. Refresh rate layar hingga 120Hz menjadikan Xiaomi POCO X3 Pro sebagai merek HP terbaik yang cocok untuk berbagai permainan. Layar dilindungi oleh Corning® Gorilla® Glass 6, yang lebih tahan gores dari versi sebelumnya.

Dirancang untuk menjadi merek ponsel terbaik dan paling tahan lama untuk bermain game, ponsel ini hadir dengan baterai berkapasitas 5160mAh. Dengan kapasitas sebesar itu, Xiaomi POCO X3 Pro mampu bertahan hingga 11 jam bermain game. Anda tidak perlu khawatir ponsel Anda cepat panas saat bermain game berat karena sudah memiliki teknologi LiquidCool 1.0 Plus.

Meski merupakan merek ponsel terbaik untuk gaming, Xiaomi POCO X3 Pro juga memiliki fitur teknis yang bagus. Kamera utamanya adalah kamera beresolusi 48MP, kamera ultra wide angle 8MP, dan kamera depan 20MP. Harga jual Xiaomi POCO X3 Pro di Indonesia sekitar Rp 3,5 jutaan.

3. Vivo Y20S

merk hp paling bagus dan awet
merk hp paling bagus dan awet

Vivo Y20s adalah merek HP terbaik dan paling tahan lama berikutnya, dengan RAM 8GB dan penyimpanan internal 128GB yang dapat digunakan untuk menginstal banyak aplikasi. Untuk menunjang performanya, Vivo Y20s menggunakan chipset Snapdragon 460 dan Funtouch OS 10.5 yang memungkinkan ponsel menjalankan banyak aplikasi yang menuntut.

Kapasitas baterainya tidak jauh berbeda dengan merek HP terbaik di kelasnya dan tahan lama, dengan dukungan flash charging 5.000mAh 18W. Sedangkan untuk kameranya, terdapat MI Triple Macro Camera yang terdiri dari kamera utama 13MP, kamera super bokeh 2MP, dan kamera super makro 2MP. Kamera depan ponsel ini memiliki resolusi 8 MP sehingga Anda dapat mengambil foto yang jernih dan cerah saat mengambil foto selfie.

Dirancang dengan ukuran 164.41 × 76.32 × 8.41mm dan berat 192,3 gram, Vivo Y20s tersedia dalam warna biru murni dan hitam obsidian. Fitur lainnya adalah sidik jari samping ultra-cepat, yang terletak di sisi layar smartphone, sehingga memudahkan pengguna untuk membuka kunci. Harga Vivo Y20s di pasaran Indonesia sekitar Rp 2,9 jutaan.

4. OPPO A16

Oppo A16 berukuran 163.8mm x 75.6mm x 8.4mm dan berat sekitar 190 gram. Seperti merek-merek HP terbaik yang diulas sebelumnya, sensor sidik jari OPPO A16 sudah berada di sisi tombol power. Ukuran layarnya 6,52 inci dengan resolusi HD+, namun tanpa Gorilla Glass. Ponsel ini juga dilengkapi dengan fungsi AI Eye Care untuk mengurangi ketegangan mata saat digunakan.

Bagian kamera utama memiliki resolusi 13 MP f/2.2 dengan dua sensor 2 MP untuk foto close-up dan efek portrait. Resolusi kamera depan lebih rendah dari kamera utama, yakni 8 MP. Untuk mendukung kinerja salah satu merek HP terbaik dan paling tahan lama, digunakan chipset delapan inti MediaTek Helio G35 dengan sistem operasi Android 11.

OPPO A16 memiliki kapasitas baterai yang cukup besar, mencapai 5.000mAh, namun belum mendukung pengisian cepat. Dibekali dengan RAM 3GB dan memori internal 32GB, OPPO A16 dibanderol dengan harga Rp 1 juta menjadi salah satu merek HP terbaik dan tahan lama di kelasnya.

5. RealMe 8i

Lalu ada RealMe 8i yang menjadi salah satu brand HP terbaik dan paling awet dalam review kali ini. Ponsel ini dibekali prosesor MediaTek Helio G96, OS Android 11 dan hadir dengan dua slot penyimpanan, 4GB/64GB dan 6GB/128GB. Meski dibanderol dengan harga menengah, ponsel ini sudah mendukung layar dengan refresh rate 120 Hz.

Kamera utama memiliki resolusi yang sangat tinggi di kategorinya, yaitu 50 MP dan dengan dua kamera pendamping 2 MP. Resolusi kamera depan juga cukup tinggi, yaitu 16 MP. Jika Anda sedang mencari merk handphone terbaik dan tahan lama untuk fotografi, RealMe 8i ini mungkin bisa menjadi pilihan Anda.

RealMe 8i ditenagai oleh baterai 5.000mAh dan mendukung pengisian cepat 18W. Di Indonesia sendiri, RealMe 8i dijual dengan harga sekitar Rs 2,7 juta.

Kesimpulan

Untuk memilih merek HP terbaik dan tahan lama, sebaiknya berasal dari merek ternama yang mirip dengan rekomendasi di atas. Selain berbagai seri yang disebutkan di atas, seri lain sebenarnya telah dirilis oleh Samsung, Oppo, Vivo, Infinix, Huawei, Apple dan Xiaomi. Anda bisa mengeceknya di official store atau toko terpercaya lainnya.