Refleksi Tentang Biotope Alam Di Aquarium

Liputanberitaku.com — Seperti apakan tampak akuarium itu? Layak dilihat dari sudut penghuninya, indah dan menarik untuk diamati dari sudut pandang manusia. Aturan ini berlaku untuk semua jenis aquarium di rumah. Tapi apakah karakteristik akuarium biota?

Biotop alam dari berbagai penjuru planet kita adalah rumah bagi banyak spesies ikan yang sifatnya dekoratif. Setiap biotop memiliki karakteristik unik dan dihuni dengan organisme hidup, hanya spesifik untuk area tersebut. Selama ribuan tahun ikan dan tanaman telah beradaptasi dengan kondisi lingkungan tertentu. Sama seperti ekosistem alami, akuarium mengandung lingkungan dan organisme hidup. Tugas kita adalah mengumpulkan sebanyak mungkin informasi tentang biota alam dan untuk menciptakan kembali semua kondisi yang diperlukan untuk keberhasilan hidup ikan dan tanaman di akuarium.

Mari pertimbangkan contohnya:

  1. Dalam akuarium geografis* organisme air dipilih dengan hidup  di sesuatu daerah, tanpa mengikat biotop dan kondisi lingkungan tertentu. Misalnya, akuarium untuk ikan besar dari daerah perairan Sungai Amazon atau akuarium untuk siklid siklid dari Danau Tanganyika.
  2. Dalam akuarium ekologi* organisme air dipilih dengan persyaratan yang sama terhadap kondisi lingkungan, tanpa mengikat area atau biotope tertentu. Misalnya, akuarium untuk ikan yang lebih memilih air dingin dan arus kuat, atau ikan yang membutuhkan tempat penampungan ato penyembunyian batu dan n kandungan garam total dan kekerasan karbonat yang meningkat.
  3. Dalam akuarium spesies* kondisi tertentu diciptakan untukkehidupan dari spesies ikan tertentu, tanpa mengikat area tertentu atau biotope. Sebagai contoh, akuarium dengan “black water”, banyak cabang cabang dan ranting ranting dan daun daun kering untuk siklid Apistograma agassizi.

 

Akuarium adalah ekosistem buatan, terdiri dari biotope (lingkungan) dan biocenosis (organisme hidup). Pemilihan, kombinasi dan kepatuhan terhadap biotope alam perlu dievaluasi dengan menggunakan kriteria dibawah ini:

Korespondensi lingkungan

Dekorasi dan substrat, yang dipilih untuk pemasangan akuarium, harus seperti hiasan dan substrat dalam biotope yang ditentukan.

 

Korespondensi organisme hidup

Spesies ikan, tumbuhan dan kerang kerangan harus persis sama seperti pada biotope yang ditentukan. Mereka bisa dari tangkapan alam atau hasil penangkaran di rumah, tapi hanya dengan warna alami. Jenis dan varietas dengan warna tidak alami tidak diperbolehkan. Penggunaan spesies kosmopolitan dan invasif diperbolehkan. Namun, kehadiran mereka harus dijelaskan dalam deskripsi biotop.

 

Kualitas lingkungan

Parameter dekorasi, substrat dan pengaturannya harus sesuai dengan kebutuhan vital organisme air. Misalnya, tidak terlalu banyak daun dan lumut yang membusuk, tempat penampungan yang cukup untuk siklid dll.

 

Kualitas hidup organisme

Ikan, tumbuhan dan invertebrata harus terlihat sehat. Kuantitas dan keseimbangannya harus optimal untuk akuarium. Kehadiran spesies untuk makanan  diperbolehkan. Namun, kehadiran mereka harus disebutkan dalam deskripsi dan sesuai dengan biotope yang dibuat.

 

Pengaturan komponen lingkungan

Dekorasi dan substrat secara keseluruhan harus membentuk kelegaan alami yang menciptakan efek kehadiran di biotop bawah air. Pandangan harus harmonis dari sudut pandang alam dan estetik.

 

Pengaturan organisme hidup

Ikan harus berperilaku secara alami dan menempati tempat alami yang disediakan. Tanaman harus diletakkan dan bertumbuh seperti yang mereka lakukan di alam.

 

Jika Anda ingin mempresentasikan karya Anda ke kontes, Anda harus menuliskan nama dan deskripsi biotope dengan benar. Kualitas foto yang disediakan juga penting. Tolong sembunyikan peralatannya, bersihkan dinding akuarium. Buat semua ikan yang ditentukan terlihat di foto utama Anda. Ini akan membantu Anda mencapai hasil yang baik.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

#artikel-asli