6 Rekomendasi Sunblock untuk Kulit Berjerawat

Sunblock untuk Kulit Berjerawat — Orang dengan jerawat membutuhkan tabir surya ramah kulit yang tidak akan memperburuk kondisi jerawat. Apakah ada produk khusus untuk perawatan masalah jerawat? Tentu saja, tetapi tidak semuanya benar-benar berfungsi. Beberapa mengandung bahan yang mengiritasi yang justru bisa menyebabkan jerawat meradang.

Oleh karena itu, penting untuk memilih dan menggunakan tabir surya yang tepat. Anda dapat memilih produk dari merek favorit Anda. Yang terpenting, produk tersebut tidak membuat jerawat bertambah parah. Maka dalam artikel ini kita akan membahas secara detail bagaimana memilih tabir surya untuk kulit berjerawat dan merekomendasikan produk terbaik.

Cara Memilih Sunblock untuk Kulit Berjerawat yang Bagus

Menggunakan tabir surya yang sesuai dengan kondisi kulit berjerawat juga akan membantu melindungi kulit dari sinar matahari. Apa produk terbaik untuk kulit berjerawat? Anda bisa mengetahuinya lebih jelas setelah membaca artikel ini sampai akhir. Pertama, berikut beberapa tips memilih tabir surya untuk kulit berjerawat yang bisa Anda gunakan sebagai panduan.

1. Pilihlah yang mengandung bahan non-iritatif

Bahan-bahan yang mengiritasi kulit yang rentan jerawat bisa memperburuknya. Agen penghambat UV, yang disebut peredam UV, bersifat iritasi, jadi Anda perlu memperhatikan jumlah yang digunakan. Namun, dengan UV absorber, sebaiknya hindari tabir surya agar jerawat di kulit wajah tidak meradang.

Sebaiknya pilih tabir surya yang mengandung reflektor UV. Meskipun efek perlindungannya tidak terlalu kuat, ia memiliki sedikit sifat iritasi, sehingga ramah untuk kulit berjerawat. Di sisi lain, jerawat di wajah bisa dicegah dengan menghindari produk yang mengandung bahan kimia.

2. Bila dirasa ampuh, gunakan saja sunblock organik atau untuk anak-anak

Perlindungan kulit anak-anak buruk dan sinar UV dapat menembus kulit dan merusak kesehatan kulit. Untuk alasan ini, banyak tabir surya bayi sekarang ditemukan dengan bahan yang lebih ramah daripada tabir surya dewasa. Secara umum, tabir surya yang dibuat khusus untuk anak-anak bebas bahan tambahan dan bahan-bahannya organik.

Jika Anda mendapatkan perlindungan penuh tanpa khawatir jerawat Anda semakin parah, tak ada salahnya mencoba tabir surya organik atau baby-friendly. Biasanya tabir surya ini tidak mengandung bahan pengawet, minyak mineral, surfaktan dan bahan iritan lainnya sehingga nyaman dan aman untuk kulit berjerawat.

3. Pilihlah yang bertekstur ringan agar mudah pengaplikasiannya

Sedikit saja merawat kulit wajah yang rawan jerawat bisa menyebabkan masalah lain. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara menggunakan tabir surya yang tepat. Gunakan dengan ujung jari dan jangan digosok dengan telapak tangan, apalagi dengan gosokan yang kuat, karena dapat memicu timbulnya jerawat.

Cara terbaik adalah menggunakan tabir surya cair seperti krim atau krim susu. Meski tabir surya juga lembut, sebenarnya bisa memperburuk masalah jerawat pada beberapa orang. Jika Anda memilih tabir surya jenis krim, campurkan dengan lotion wajah sebelum mengaplikasikannya agar lebih lembut dan mudah diaplikasikan.

4. Hindari produk yang sulit dibersihkan

Anda pasti ingin tabir surya tetap bekerja untuk melindungi kulit wajah Anda, bukan? Dalam hal ini, Anda perlu menggunakannya lebih dari sekali. Tidak disarankan untuk memilih tabir surya dengan sifat tahan air. Ini karena formula tahan air tidak dapat dibersihkan tanpa menggunakan deterjen.

Tabir surya yang terlalu lama menempel di kulit dapat menembus pori-pori dan merangsang pembentukan jerawat baru. Jika tabir surya sulit dihilangkan, risiko komedo dan jerawat baru meningkat. Oleh karena itu, lebih baik mengorbankan lebih banyak penggunaan tabir surya daripada memilih produk yang sulit untuk membersihkan wajah Anda.

5. Pilihlah produk yang oil free dan non-comedogenic

Kotoran, kulit mati dan sebum yang terperangkap di kulit memicu pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Jika Anda menggunakan tabir surya berbahan dasar minyak, bisa dipastikan munculnya jerawat bisa meningkat. Karena itu, hindari memilih produk yang berminyak. Beli krim matahari bebas minyak, Anda sudah punya banyak!

Juga, pastikan label pada kemasannya mengatakan “non-komedogenik”. Label menunjukkan sifat produk, yang tidak menyebabkan komedo. Komedo adalah bentuk pertama sebelum menjadi jerawat. Menggunakan tabir surya non-komedogenik yang bebas minyak dapat menekan pertumbuhan jerawat di wajah.

Rekomendasi Sunblock untuk Kulit Berjerawat

Berikut adalah beberapa rekomendasi untuk sunblock terbaik untuk melindungi wajah Anda. Masalah jerawat juga tidak bertambah parah karena produk-produk berikut terbukti mengandung sedikit bahan yang mengiritasi. Pilihan yang sangat membahagiakan, ya!

1. Acnes UV Tint

sunscreen untuk kulit berjerawat dan kering
sunscreen untuk kulit berjerawat dan kering

Acnes telah menyusun tabir surya berikut untuk pengguna setianya yang memiliki masalah kulit berjerawat. Dengan agen reflektif UV yang ramah, produk ini tidak mengiritasi jerawat. Tabir surya yang terintegrasi dengan vitamin B6, vitamin C dan turunan E, juga menutrisi kulit.

Kemampuan untuk menyerap demikian lengkap. Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang karena produk ini dijual dengan harga yang murah. Meski bisa dikantongi, produk ini sangat efektif melindungi permukaan kulit wajah yang berjerawat karena teksturnya yang milky.

2. Etude House Sunprise Mild Perfect Relief SPF 30/PA++

Kulit berjerawat pasti bisa mengurangi rasa percaya diri setiap orang. Apakah Anda menderita masalah ini? Cukup gunakan tabir surya ini dari Etude House. SPF mengandung 30 level PA++, yang tidak hanya melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari, tetapi juga membuat kulit bercahaya dalam sekejap.

Efek stimulasi langsung merangsang tindakan. Ucapkan selamat tinggal pada munculnya jerawat dan kulit pucat yang merusak penampilan Anda! Selain titanium dioksida dan seng oksida, produk ini lebih aman tanpa iritasi jerawat.

3. Bioderma Photoderm AKN Mat SPF 30

sunscreen untuk kulit berjerawat dan kering
sunscreen untuk kulit berjerawat dan kering

Nilai SPF 30 dan UVA 15 dari tabir surya ini memberikan perawatan ekstra untuk kulit wajah. Masalah jerawat juga tidak diperparah dengan teksturnya yang seperti susu. Bioderma melengkapi produk ini dengan perlindungan sinar matahari yang tinggi, sehingga melindungi kulit secara optimal.

Belum selesai, Photoderm AKN Mat SPF 30 juga mengandung peredam UV, yang meski bersifat kimiawi, tidak membawa masalah baru berkat formula Fluidactive-nya. Cegah jerawat baru dan bekas jerawat dengan melindungi kulit Anda hanya dengan satu produk!

4. Cetaphil® PRO Oil Absorbing Moisturizer SPF 30

Bakteri berkembang biak ketika wajah tidak mampu mengatur produksi sebum, terutama saat Anda memiliki banyak jerawat. Anda dapat mengandalkan tabir surya Cetaphil untuk menyeimbangkan kadar minyak. Kehadiran penyerap UV di dalamnya juga meningkatkan kemampuan kulit untuk melindungi diri dari sinar matahari yang berbahaya.

Cetaphil melengkapi produk ini dengan pelembab berspektrum luas SPF 30 yang tidak hanya melembabkan, tetapi juga mencegah kulit tampak pucat. Bagi yang memiliki kulit kering, bantu menjaga hidrasi dan kekuatan kulit wajah dengan pelembab PRO Oil Absorbing SPF 30 ini.

5. Drunk Elephant Umbra Sheer™ Physical Daily Defense SPF 30

Tidak adanya minyak esensial dan parfum dalam produk ini menjamin perlindungan optimal tanpa efek iritasi. Tabir surya non-kimia ini sebenarnya cocok untuk semua jenis kulit, terutama kulit berminyak dan berjerawat. Produk dengan ekstrak grapefruit dan biji bunga matahari ini menutrisi dan meningkatkan penampilan kulit awet muda.

Teksturnya yang lembut dan creamy membuatnya mudah diaplikasikan. Beberapa saat setelah aplikasi, kandungan reflektor UV menembus dengan sempurna dan menciptakan lapisan baru yang mencegah sinar matahari merusak jaringan dalam kulit.

6. EltaMD UV Clear Broad-Spectrum SPF 46

Jika kulit sensitif tidak menjadi masalah, Anda bisa menggunakan tabir surya ini dengan SPF 46. EltaMD diciptakan untuk membantu menyembuhkan kulit berjerawat akibat sinar matahari.

Meskipun SPF-nya tinggi, produk ini masih berbentuk krim, yang membuatnya ringan dan sedikit mengiritasi. Namun, sebaiknya digunakan jika ingin melakukan aktivitas di bawah sinar matahari langsung dalam waktu lama. Misalnya, jika Anda pergi ke laut, dengan Sunblock untuk Kulit Berjerawat ini Anda dapat memberikan perlindungan maksimal pada wajah Anda.