6 Rekomendasi Gitar Akustik Terbaik

Rekomendasi Gitar Akustik Terbaik — Tidak hanya pemula, para profesional juga suka bermain gitar akustik. Sangat mudah untuk menemukan pilihan gitar akustik dengan karakteristik yang berbeda di pasaran. Sejumlah merek alat musik kelas dunia mendistribusikan produk terbaiknya. Selain Yamaha dan Gibson, pabrikan lain seperti Camwood, Cort dan Mandalika juga terlibat dalam produksi gitar akustik.

Jika Anda hanya mencari gitar akustik, Anda tentu mencari produk yang berkualitas. Untuk memuaskan keinginan Anda, kami menawarkan gitar akustik mulai dari pemula hingga profesional. Sebelum beralih ke penawaran produk, Anda harus terlebih dahulu memahami aspek pemilihan produk. Mari kita mulai debatnya!

Cara Memilih Gitar Akustik untuk Pemula dan Profesional

Apalagi bagi mereka yang baru memulai, memilih gitar yang tepat tentu menjadi tantangan tersendiri. Oleh karena itu, pertama-tama kita akan membahas beberapa poin penting yang akan memudahkan untuk menemukan gitar yang paling cocok.

Kenali Karakteristik Gitar dari Ukuran dan Bentuknya

Gitar akustik datang dalam berbagai ukuran dan bentuk, masing-masing dengan lebih atau kurang karakteristik yang menentukan pola penggunaan.

Disarankan Memilih Gitar Akustik Elektrik yang Lebih Fleksibel

Gitar akustik elektrik memiliki keunggulan dibandingkan dengan gitar akustik tradisional. Anda bisa menggunakan gitar akustik elektrik sebagai gitar tradisional di rumah maupun gitar untuk mengiringi konser. Anda hanya perlu menghubungkannya ke amplifier dengan kabel jack dan outputnya akan lebih kuat dan stabil.

Bahkan, gitar akustik biasa juga bisa diubah menjadi gitar elektrik dengan memasang pickup. Namun, hasilnya akan lebih tidak stabil dan lebih berisik setiap kali Anda menaikkan volume. Akan sulit untuk menggunakan mikrofon sebagai pengganti amplifier untuk gitar tradisional dan hasilnya tidak akan sebagus dengan gitar listrik. Jika Anda lebih suka fleksibilitas, cobalah untuk membuat anggaran yang sedikit lebih besar untuk membeli gitar akustik elektrik.

Perhatikan Susunan Material dari Headstock hingga Body Gitar

Meskipun terdengar sederhana, gitar sebenarnya terdiri dari banyak bahan. Anda dapat menemukan sandaran kepala atau kepala gitar dari atas. Bagian ini terbuat dari kayu dan tuner dan mur terpasang di sini. Biasanya tanda gitar ditempelkan di kepala ini.

Dadu adalah bantalan putih kecil yang menopang enam senar gitar, fungsinya untuk membuat cubitan lebih kuat. Sedangkan tunernya adalah pemain metal, berjumlah enam buah yang masing-masing menguasai senar gitar. Gitar disetel dengan memutar tuner.

Di bagian lain, terdapat 19 buah rusuk logam yang terbuat dari logam dan berfungsi sebagai pengatur nada pada senar. Lalu ada guitar neck (leher) dimana Anda bisa meletakkan tangan kiri atau tangan kanan untuk hander kiri. Saat memilih sayap gitar, pilih yang benar-benar lurus dan tidak melengkung.

Leher dan badan gitar dihubungkan oleh kayu solid. Selain fungsi estetika, bagian ini juga memiliki fungsi yang sedikit banyak menentukan kualitas suara. Terdapat bridge pada body gitar yang berfungsi sebagai pengait senar dari neck hingga body gitar, sisipan putih pada bridge disebut saddle.

Sama pentingnya adalah memiliki papan suara yang merupakan papan suara pada gitar untuk memastikan kualitas suara. Headset berperan dalam menciptakan suara. Di atas earphone ada 6 senar yang membentang dari atas ke bawah. Terakhir, tempat Anda menggerakkan jari pada gitar untuk memainkan akord disebut fingerboard.

Rekomendasi Gitar Akustik Terbaik untuk Pemula dan Profesional

Pada bagian ini, kami menawarkan beberapa rekomendasi gitar akustik terbaik yang dapat menjadi referensi Anda. Silakan pilih sesuai selera Anda, dengan memperhatikan model, spesifikasi dan aspek lainnya!

1. Yamaha F310 Acoustic Guitar

gitar akustik terbaik
gitar akustik terbaik

Salah satu brand paling berpengalaman di dunia musik, Yamaha menawarkan gitar dengan harga 1 jutaan. Kelebihan dari gitar ini adalah fretboardnya lebih kecil dari gitar biasa, sehingga cocok juga untuk yang berjari pendek agar mudah diakses.

Tersedia dalam 2 warna netral yaitu warna coklat tembakau dan warna natural yang dapat Anda sesuaikan dengan preferensi pribadi Anda. Gitar ini cocok untuk pemula karena harga dan performanya yang bagus. Hal lain yang dijanjikan Yamaha adalah bahwa gitar akustik seri F310 dapat menghasilkan suara yang terdengar jelas dan menyenangkan.

2. Cort AD810 Acoustic Guitar

Cort mengatakan gitarnya baik-baik saja untuk uang yang dia belanjakan. Meskipun relatif murah, gitar akustik ini sangat fleksibel untuk memainkan genre musik apa pun. Bagi yang baru memulai, gitar akustik Cort ini mungkin bisa menjadi pilihan.

3. Yamaha APX600 Acoustic Electric Guitar

gitar akustik terbaik
gitar akustik terbaik

Berkat bodi dan potongannya yang lebih ramping, Yamaha APX600 dapat dimainkan dengan nyaman di segala situasi. Yamaha juga telah mengurangi jarak antar senar, membuat akord lebih mudah dimainkan.

Gitar akustik ini menggunakan pola pengerasan baru untuk bass yang ditingkatkan dengan lubang suara berbentuk roset. Bagi yang ingin belajar bermain di atas panggung, Yamaha APX600 dapat dihubungkan dengan amplifier seperti gitar akustik elektrik!

4. Cowboy GWC-235NS Acoustic Electric Guitar

Jika Anda mencari gitar yang lebih murah dari sejuta, gitar akustik Cowboy ini mungkin menarik bagi Anda. Harga yang murah tidak membuat gitar ini menurunkan kualitas produknya.

Senar didesain lebih tipis atau rata, sehingga lebih aman dan nyaman bersentuhan dengan jari, agar tidak melukai jari akibat terlalu sering terjepit senar.

5. Cetta CD22CE Acoustic Electric Guitar

Cetta CD22CE, diukir dari kayu berkualitas dan dibuat dengan indah, dapat menghasilkan suara yang bersih dan alami. Karena ini adalah gitar akustik elektrik, produk ini bisa menjadi teman terbaik Anda saat live atau saat Anda bersiap-siap untuk latihan. Selain itu, bodinya dilengkapi dengan preamp dan tuner eq klt-6 built-in.

6. Mandalika De Ticco Series DTS-01 Acoustic Electric Guitar

Didesain dengan nuansa retro, gitar ini memberikan kesan mewah dan elegan saat pertama kali melihatnya. Memiliki fitur yang cukup lengkap seperti built-in tuner yang memungkinkan Anda untuk menyetem langsung dari gitar, body kayu meranti dan neck mahoni, serta implan besi di neck gitar untuk mengatur ketinggian senar. .

Sadel dan mur memiliki dasar serat seperti gading yang memberikan perlindungan ekstra terhadap senar. Tidak hanya itu, paket gitar Mandalika ini juga termasuk senar cadangan, gig bag atau tas gitar berkualitas tahan air, pick and free insurance sebagai bonus.

Kesimpulan Rekomendasi Gitar Akustik Terbaik

Memahami tips pemilihan produk akan memudahkan Anda dalam memilih gitar akustik yang tepat untuk kebutuhan Anda, bukan? Produk mana yang paling menarik perhatian? Apakah Anda seorang pemula atau pro, menggunakan gitar yang tepat adalah suatu keharusan.

Untuk membuat gitar akustik Anda bertahan lebih lama, pastikan untuk memilih produk yang terbuat dari bahan padat. Selain menentukan keawetan gitar, struktur kayu yang digunakan juga mempengaruhi kualitas suaranya. Sesuaikan dengan kenyamanan dan ukuran tubuh Anda dari segi bentuk dan ukuran. Kami harap artikel ini tersedia untuk menemukan pasangan musik ideal Anda!