5 Rekomendasi Merk Ragi Instan Terbaik

Merk Ragi Instan Terbaik — Penggunaan ragi instan yang baik diperlukan untuk menyiapkan berbagai makanan. Jadi apa sebenarnya ragi instan itu? Pada dasarnya, ragi atau yeast membuat adonan roti atau kue menjadi lebih lembut. Dibandingkan dengan ragi kering dan basah, ragi instan dapat langsung dicampurkan ke dalam adonan tanpa harus dilarutkan terlebih dahulu.

Juga, ragi instan lebih lembut daripada ragi aktif kering. Namun ragi instan lebih cepat mati, jadi segera pindahkan ke wadah kedap udara untuk penyimpanan jika ada yang belum digunakan. Jadi bagaimana Anda memilih merek ragi instan terbaik? Lihatlah artikel ulasan kami di bawah ini untuk informasi ragi instan lebih lanjut!

Cara Memilih Merk Ragi Instan yang Bagus

Merk Ragi Instan Terbaik
Merk Ragi Instan Terbaik

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih ragi instan yang baik, ya.

1. Pastikan untuk memilih ragi instan yang sesuai dengan kebutuhan

Jenis makanan apa yang ingin Anda buat dengan ragi instan yang baik? Nah, pemilihan ragi bisa ditentukan dari menu karena beberapa produk ragi hanya digunakan untuk membuat menu tertentu.

Misalnya Anda ingin membuat donat untuk hasil yang maksimal jika menggunakan ragi yang dibuat khusus untuk donat. Namun, ada juga ragi instan yang bisa digunakan untuk membuat berbagai makanan penutup, seperti pizza, kue pukis, bakpao, corndog, cakwe, martabak, dan makanan penutup lainnya.

2. Lihat kandungan bahan pada ragi instan

Tidak hanya ragi, ia juga mendukung ragi instan terbaik dengan bahan lainnya. Komposisinya bisa dilihat di belakang kemasan ya.

Salah satu bahan tersebut adalah emulsifier atau sorbitan monostearate, yang berguna untuk memblender bahan-bahan alami yang sulit tercampur, seperti minyak dan air. Selain itu, kue akan terasa lebih enak dan tekstur yang dihasilkan mungkin lebih lembut dengan adanya pengemulsi.

3. Pastikan ragi perlu ditambahkan gula atau tidak

Gula dan air biasanya diperlukan untuk mengaktifkan ragi dan menggulung adonan. Tapi bukan berarti tidak ada ragi instan yang baik tanpa tambahan gula, ya.

Ternyata, kue yang dibuat dengan cara ini juga rasanya enak dan lembut, meski ada sedikit atau tanpa tambahan gula, sehingga para pelaku diet bisa merasa lebih santai saat menyantap kue yang sudah jadi. Sebagai alternatif, Anda dapat menggunakan gula yang telah dirancang khusus untuk diet seperti Tropicana Slim.

4. Perhatikan tekstur ragi instan secara keseluruhan

Pada dasarnya, ragi instan yang baik memiliki tekstur yang halus seperti pasir, sehingga terdengar cukup keras saat kemasannya dikocok. Juga, jika Anda menyentuh kemasannya, tidak akan ada gumpalan.

Jika Anda tidak dapat menemukan dua hal ini, hindari membeli produk karena Anda mungkin mendapatkan ragi instan, air, dan sebagainya. Jika Anda membeli di pasar dan menerima produk yang tidak sesuai, segera ajukan klaim dengan video unpacking.

5. Cek aroma atau wangi ragi instan

Aroma segar khas ragi instan bisa kamu rasakan lho. Ini tentu saja dapat menunjukkan bahwa Anda dapat menemukan ragi instan yang baik. Jika Anda menemukan sebaliknya, ragi mungkin tidak lagi cocok untuk digunakan. Juga, Anda tidak boleh memilih ragi instan yang tidak berbau untuk mengembangkan adonan yang akan dibuat.

6. Pilih kemasan ragi instan sesuai kebutuhan

Hal lain yang harus diperhatikan adalah berapa banyak ragi instan yang dibutuhkan untuk adonan kue, rasa dan aromanya. Jika tidak perlu banyak ragi, pilihlah sachet sekali pakai yang banyak dijual di toko kelontong, Indomaret, Alfamart dan tempat lain.

Sementara itu, memilih ragi instan berukuran besar akan lebih menguntungkan bagi siapa saja yang memiliki usaha kue kering atau kuliner karena harganya lebih murah. Yakinlah, jika ada sisa ragi instan, sebaiknya disimpan dalam wadah tertutup rapat dan kedap udara agar tetap aktif.

Rekomendasi Merk Ragi Instan Terbaik

Banyaknya produk ragi instan yang dijual di pasaran terkadang membuat bingung untuk memilih yang mana. Masuk, lihat beberapa rekomendasi teratas untuk merek ragi instan terbaik di bawah ini!

1. Saf Instant

ragi untuk roti
ragi untuk roti

Tahukah Anda, merek ragi instan yang bagus dan legendaris ini sudah ada selama puluhan tahun. Aman Instan tidak hanya dipilih oleh industri rumah tangga tetapi juga oleh para profesional karena kualitasnya yang baik. Maka wajar saja jika produk tersebut kini dapat ditemukan di berbagai belahan dunia. Sekarang Anda tidak perlu khawatir kehilangan berat badan, tetapi Anda ingin membuat kue karena Anda memiliki Saf Instant Red.

Ragi instan terbaik telah dikembangkan secara khusus untuk adonan pastry rendah gula. Bisa ditambahkan langsung ke tepung atau di awal adonan, ya. Ragi Saf Instant kemudian dicampur secara merata dengan seluruh adonan untuk memaksimalkan hasil.

2. Fermipan

Apa perbedaan antara Fermipan dan ragi instan? Padahal Fermipan merupakan salah satu merk ragi instan terbaik dan banyak dijual di toko kelontong, jadi tidak perlu jauh-jauh jika ingin membelinya. Produk dikemas dalam sachet 11 gram dengan sobek kecil di sisi kanan untuk memudahkan pembukaan. Fermipan ini didatangkan dari PT Sangra Ratu Boga yang beroperasi di Jakarta.

Ini adalah ragi instan terbaik dengan BPOM, sehingga dapat digunakan dengan sangat aman untuk membuat donat empuk dan kue kering lainnya. Meskipun konsistensi raginya halus, produk ini bukan baking powder. Jika Anda menggunakan 1 kilogram tepung, Anda hanya perlu menambahkan satu sachet.

3. Mauri-Pan

ragi untuk roti
ragi untuk roti

Penggunaan ragi instan yang baik dalam sachet sangat praktis karena bisa juga digunakan untuk sekali pakai. Anda tidak perlu mencari ruang untuk menyimpan ragi agar tetap aktif. Harganya juga sangat terjangkau, sehingga cocok juga untuk usaha kecil bakery dan kebutuhan rumah tangga. Nah, ini kurang lebih yang menjadi ciri khas ragi instan Mauri-Pan ini.

Ragi instan produksi PT Indo Fermex di Bogor ini telah resmi terdaftar di BPOM dan mendapat sertifikasi halal LPPOM MUI. Jika beberapa merek ragi instan hanya mengandung ragi dan pengemulsi, Mauri-Pan juga mengandung vitamin C. Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, tambahkan 1-2% dari jumlah tepung ke ragi, atau gunakan 1 sachet ragi untuk 500 gram dibuat dengan tepung.

4. Gloripan

Tidak jarang perusahaan yang menjual aneka kue menjadikan ragi sebagai bahan wajib. Nah, salah satu merk ragi instan yang bagus untuk pengembangan adonan adalah Gloripan. Produknya mudah ditemukan di berbagai toko online dan offline, ya. Selain ragi, Gloripan Instant Dry Yeast juga mengandung sorbitan monostearate atau emulsifier.

Hal yang menarik dari Gloripan Instant Yeast adalah dapat secara efektif mengurangi waktu ragi adonan, sehingga Anda dapat membuat kue lebih cepat. Namun, jumlah ragi yang bisa digunakan hanya 0,8-1,2% dari total tepung, ya. Kemudian campur ragi langsung dengan bahan kering lainnya sebelum menambahkan air. Ragi instan terbaik ini juga cocok untuk adonan roti dengan kadar gula 5-25%.

5. Angel

Pilih ragi instan Angel dalam kemasan putih dengan logo merah dan emas jika Anda ingin membuat adonan roti manis dengan kadar gula lebih dari 10% dari tepung. Ditambah lagi, fermentasi lebih cepat, jadi tidak perlu menunggu lama hingga adonan mengembang. Angel sendiri adalah merek ragi legendaris asal China lho. Proses produksi ragi adalah seni untuk menghasilkan produk terbaik.

Selain BPOM, ragi instan bermerk Angel juga telah disetujui oleh FSSAI atau Food Safety and Standards Authority of India. Dengan demikian, kualitas produk terjamin dan dapat digunakan dengan aman untuk persiapan makanan. Ragi instan yang bagus dari 500g ke atas lebih cocok untuk keperluan industri ya.

Kesimpulan Merk Ragi Instan Terbaik

Nah, itulah sekilas tentang rekomendasi merk ragi instan terbaik dan beberapa informasi penting lainnya. Setiap orang harus membentuk pendapat mereka sendiri tentang ragi instan terbaik. Produk mana yang Anda pilih?