Rekomendasi Sikat Botol Bayi Terbaik

Agar anak tumbuh dan berkembang dengan sehat, orang tua mempersiapkan segala sesuatunya mulai dari pakaian hingga sprei hingga peralatan makan. Salah satu produk bayi yang sering terlupakan adalah pembersih pipa. Jika Anda tidak memiliki sikat botol saat ini, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk memiliki satu atau dua sikat botol di rumah.

Pembersih ini penting untuk menjaga kebersihan botol susu Anda saat akan digunakan. Anda bisa menggunakan sikat botol dari merek terkenal seperti Nuby, Puku dan Pigeon. Semua produk memiliki fungsi yang sama. Namun, secara umum, produsen bersaing untuk memproduksi sikat botol dari bahan yang berbeda, yang juga mempengaruhi manfaat yang mereka bawa.

Tips dan Cara Memilih Sikat Botol Bayi yang Bagus

Sebelum kita melihat lebih jauh ke dalam daftar produk sikat botol, mari kita berikan petunjuk tentang cara memilih sikat botol. Anda dapat meringkas bagian ini dalam catatan yang Anda bawa ketika Anda datang ke toko atau berbelanja melalui toko online.

1. Jika Anda mempunyai botol dari kaca, gunakanlah sikat berbahan nilon

Bahan yang berbeda dari botol juga menentukan cara membersihkannya dengan alat yang berbeda. Jika Anda memiliki botol kaca, kami sarankan Anda memilih sikat botol nilon. Bulu nilon tidak menggores botol pada badan botol. Tidak seperti botol plastik, yang mudah tergores jika bersentuhan langsung dengan sikat nilon tenunan tebal.

2. Apabila botol susu bayi Anda terbuat dari plastik, pakailah sikat spons

Spons sering digunakan untuk membersihkan banyak peralatan. Selain digunakan untuk mencuci piring atau gelas misalnya, spons juga bisa menghilangkan noda pada kulit botol susu atau bayi. Sikat botol spon ini cocok untuk yang punya botol susu plastik. Namun, jenis sikat ini juga ideal untuk membersihkan botol kaca karena bahannya yang lembut.

3. Pilihlah sikat botol berbahan silikon yang dapat dipakai untuk semua botol susu

Sikat silikon memiliki sifat yang sama dengan sikat nilon, yaitu kuat, kuat, dan tahan lama. Namun, sikat silikon umumnya lebih tebal, sehingga Anda dapat menyapu lebih banyak bagian dalam botol tanpa harus terlalu sering menarik dan mendorong sikat. Jenis ini juga memiliki tekstur yang lebih halus dibandingkan nilon, sehingga dapat digunakan untuk botol plastik atau kaca.

4. Pilihlah sikat yang terjamin aspek higienisnya

Pembersih pipa diciptakan untuk membersihkan botol. Namun, akan lebih baik untuk menjaga sikat tetap bersih bahkan setelah digunakan. Ini berarti Anda perlu mencari produk yang mudah dibersihkan. Kuas seperti nilon dan silikon umumnya lebih mudah dibersihkan. Kedua bahan sikat dapat direndam dalam air hangat agar tetap bersih.

Sedangkan sponge brush biasanya tidak bertahan lama. Ini karena sifat spons yang menyerap air dan noda pada botol. Oleh karena itu, jika Anda memilih sikat spon, gantilah bila terlihat sedikit kotor. Jika ingin lebih aman lagi, Anda bisa mengganti botol susu anak dengan botol kaca jika hanya digunakan di rumah.

Rekomendasi Sikat Botol Bayi Terbaik

Pertimbangan penting saat memilih sikat botol adalah bahan yang cocok dengan bahan di dalam botol. Jadi, periksa juga kebersihan Anda untuk memastikannya mudah dibersihkan dan dikeringkan. Setelah itu, Anda hanya dapat memilih sikat botol terbaik yang kami rekomendasikan dalam ulasan berikut.

1. Naoki Bottle Brush Set

sikat botol bayi
sikat botol bayi

Sikat botol Naoki tersedia dalam satu set. Satu set berisi empat kuas. Setiap sikat memiliki bahan yang berbeda dan tujuan yang berbeda, seperti sikat busa, sikat bulu nilon, sikat jerami, dan sikat dot. Berkat banyak pilihan, Anda tidak hanya dapat mencuci lemari bagian dalam botol, tetapi juga bagian dari dot.

Keunggulan seperti ini akan sulit ditemukan pada produk lain. Belum lagi harga jualnya yang sangat murah, set pembersih pipa Naoki menjadi keharusan bagi setiap orang tua. Meski murah, kuas yang ditawarkan Naoki sudah teruji bebas BPA, sehingga keamanannya terjamin.

2. Nuby Bottle and Teat Brush

Brand Nuby yang sudah lama hadir dalam peluncuran produk anak-anak tentu tidak mau ketinggalan dengan kuasnya. Sikat botol dan dot Nuby adalah perwujudan dan komitmen Nuby untuk membantu orang tua membesarkan anak-anak mereka dengan sehat dan bahagia.

Sikat botol ini didesain multifungsi. Jadi sikat ini dilengkapi dengan sikat dot yang dikembangkan khusus untuk membersihkan dot. Bentuk sikat penenang yang meruncing memudahkan untuk membersihkan bagian-bagian kecil seperti penenang atau cerat botol.

3. Puku P10413 Silicone Biru Sikat Botol

sikat botol bayi
sikat botol bayi

Penggunaan silikon sebagai sikat bulu pada produk Puku ini memudahkan dalam membersihkan botol susu dan botol susu bayi. Puku menggunakan bahan stainless steel pada gagang kuas, sehingga Anda dapat menggunakan produk ini dalam waktu yang lama.

Bagi Anda yang ingin mengurangi penggunaan produk plastik karena khawatir mengandung BPA, Puku P10413 mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Bahan bristle yang dikenal tahan abrasi juga tahan panas hingga 100 °. Dengan cara ini Anda dapat membersihkan sikat ini dengan merebusnya tanpa khawatir bulunya patah atau rontok.

4. Dr. Brown’s Bottle Brushes

Saat mencuci botol, seringkali sulit mencapai sudut permukaan. Terutama saat menggunakan sikat bulu nilon atau silikon, bagian bawah membutuhkan sedikit usaha untuk membebaskan bulunya. Berangkat dari masalah ini, dr. Brown menciptakan pembersih pipa yang menggabungkan spons dan nilon.

Spons melengkung ditulis di ujung bulu sikat. Gunakan spons ini untuk mencapai sudut permukaan bawah botol. Selain membersihkan badan botol dengan sempurna, sikat gigi ini memiliki wiper pada gagang bawah Dr. Brown’s. Ini akan memungkinkan Anda untuk mendisinfeksi semua bagian botol susu bayi Anda.

5. Richell Twister Sponge Bottle Brush / Soft Nipple Brush

Keunggulan dari sikat spons Richell Twister ini terlihat pada adanya pengait di ujung gagangnya. Berkat pengait Anda dapat menggantung sikat seolah-olah telah dibersihkan setelah mencuci botol. Bagi yang menginginkan produk yang mengutamakan pertimbangan kebersihan, pilihlah produk ini.

Kuasnya sendiri terdiri dari spons yang telah dikerjakan untuk membentuk pori-pori. Ini untuk memperpanjang umur spons karena mudah dibersihkan dan dikeringkan. Dengan sikat botol Richell Twister ini Anda dapat membersihkan botol plastik dan kaca.

Kesimpulan

Dengan berbagai pilihan sikat botol, Anda dapat lebih mudah menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda. Sampai saat ini, kebanyakan orang tua masih melupakan pembersih pipa. Mereka pikir cukup dengan membersihkan botol dengan air biasa, tapi ternyata tidak. Jika Anda menggunakan sikat botol, proses pembersihan akan memberikan hasil yang maksimal.