Mengenal Suku Bajau, Suku Pengembara Tak Punya Kewarganegaraan

Mengenal Suku Bajau, Suku Pengembara Tak Punya Kewarganegaraan — Suku Bajau adalah orang nomaden tanpa kewarganegaraan. Meskipun suku tersebut awalnya berasal dari Filipina selatan, negara tersebut bahkan tidak mengakui kewarganegaraan resmi suku tersebut. Bajau didistribusikan di tiga negara yaitu Indonesia, Malaysia dan Filipina. Sejumlah sumber menyebutkan bahwa mengembara lautan sudah menjadi tradisi Suku Bajau. Sejak 1.000 tahun lalu, mereka sudah mengarungi sebagian besar lautan Asia Selatan. Untuk bertahan hidup, orang Bajau menyelam di perairan bebas sembari berbekal tombak sederhana.

Seiring berjalannya waktu, pengembaraan Suku Bajau membawa mereka ke perairan Indonesia. Banyak yang kemudian mendirikan perkampungan laut di sekitar pulau-pulau di Tanah Air. Beberapa di antaranya terdapat di Sulawesi. Namun sejumlah sumber menyebutkan suku ini juga bisa ditemui di kawasan Malaysia dan Filipina.

Orang oarng bajau sangat pandai bertahan hidup di perairan yang ganas. Bayangkan mereka hanya memiliki perahu kayu kecil dan menghabiskan seluruh hidup mereka di sana. Meski banyak orang Bajau kini tinggal di pulau kecil itu, warga sekitar tahu bahwa mereka akan segera mengusir mereka. Mengenal Suku Bajau

Suku Bajau sejatinya adalah suku nomaden atau pengembara. Namun seiring berjalannya waktu, tak sedikit di antara mereka yang memutuskan tinggal dan menetap di satu titik. Salah satu tempat di Indonesia yang jadi tempat bernaung orang Bajo adalah kawasan Taman Nasional Kepulauan Togean di Sulawesi Tengah.

Di dalam wilayah tersebut terdapat Pulau Papan, pulau yang paling banyak ditempati orang Bajo. Jika berkunjung ke sana, tak perlu kaget jika melihat sejumlah pemukiman unik dibangun di atas air.

 

 

 

 

 

 

 

#artikel-asli