Cara Atasi Overthinking Agar Lebih Santai Menjalani Hidup

Liputanberitaku.com — Memikirkan sesuatu secara berlebihan memang sangat tidak nyaman. Maka dari itu, cobalah untuk berhenti memikirkan sesuatu secara berlebihan. Berikut adalah cara mengatasi overthinking yang bisa Anda lakukan.

Salah satu cara untuk mengatasi overthinking adalah dengan menulis sesuatu di pikiran Anda dan menuliskannya alih-alih menuliskannya di ponsel atau laptop Anda. Jika Anda hanya memikirkannya, ide Anda akan tumbuh. Menulis di atas kertas bisa mengurangi beban berpikir Anda. Selain itu, Anda akan mengetahui langkah apa yang harus diambil dan siapa yang tahu apakah Anda akan menemukan solusi atau opsi lain untuk masalah yang Anda hadapi.

Cara kedua untuk mengatasi overthinking adalah dengan membuat cara berpikir Anda berbeda dari hal-hal yang membutuhkan tenaga dan waktu. Anda bisa terganggu oleh hal-hal atau aktivitas yang menarik. Misalnya membaca, berolahraga, menonton film, mendengarkan musik atau sekedar menelepon teman untuk membicarakan masalah yang sedang dihadapi. Hal-hal ini dapat membantu Anda mengalihkan energi untuk sementara waktu ke sesuatu yang menyegarkan Anda.

Berpikir berlebihan dan berpikir jangka panjang tentu tidak akan menyelesaikan masalah. Meskipun ini mungkin tidak mudah, yang terbaik adalah merefleksikan diri Anda dan belajar dari kesalahan Anda sehingga Anda dapat menghindarinya di lain waktu.

Cara ketiga adalah dengan segera mengambil tindakan untuk mengatasi masalah yang Anda alami. Langkah ini mungkin yang paling penting dan paling sulit pada saat yang bersamaan. Namun, jika tidak ingin menunda-nunda masalah ini, Anda harus segera bertindak. Karena kalau dipikir-pikir lebih jauh tidak akan membawa hasil. Jika Anda sudah menyelesaikan langkah-langkah di atas tetapi masih kesulitan memikirkan masalahnya, tidak ada salahnya berkonsultasi dengan psikolog untuk menyelesaikan masalah dengan benar.

 

 

 

 

 

 

 

 

#artikel-asli