hit counter

6 Rekomendasi Kaldu Jamur Bubuk Terbaik

Kaldu Jamur Bubuk — Sop jamur bubuk bisa menjadi alternatif jika Anda tidak punya banyak waktu untuk membuat kaldu sendiri. Biasanya sop jamur ini dijadikan pelengkap berbagai masakan seperti sop, kentang goreng, gorengan, topping snack, bubur MPASI dan lain sebagainya.

Anda pasti tahu bahwa jamur mengandung berbagai nutrisi yang dapat bermanfaat bagi tubuh Anda, bukan? Kandungan tersebut antara lain berbagai vitamin, protein, zat besi, dll. Lalu bagaimana tips memilih sup bubuk jamur terbaik? Simak ulasan berikut ini, ya!

Tips Memilih Kaldu Jamur Bubuk Bagus Terbaik

Kaldu Jamur Bubuk
Kaldu Jamur Bubuk

Meskipun ada banyak merek bubuk sup jamur yang tersedia di pasaran dengan harga yang bervariasi, tidak semuanya berkualitas baik, sehingga Anda dapat memilih bubuk sup jamur yang tepat dengan mengikuti tips di bawah ini.

1. Pastikan memilih kaldu jamur bubuk terbaik yang aman dan terpercaya

Anda pasti ingin membeli sup jamur bubuk yang aman dan terpercaya bukan? Beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan yaitu nomor registrasi BPOM, logo halal MUI beserta nomor LPPOM-MUI, dan izin Perusahaan Kesehatan dengan nomor P-IRT.

Biasanya produk-produk dari merek-merek besar dengan nomor registrasi BPOM dan MUI halal. Jika produk sup jamur yang Anda beli memiliki salah satu dari tiga angka ini, produk tersebut telah diuji dan aman untuk dikonsumsi jika ditambahkan ke berbagai makanan.

2. Perhatikan komposisi pembuatan kaldu jamur bubuk terbaik

Berbagai bahan telah digunakan dalam komposisi bubuk sup jamur, seperti jamur tiram, jamur merang dan jamur shiitake.

Selain itu, garam dan gula ditambahkan. Meski produk sup jamur bubuk aman karena memiliki nomor BPOM, LPPOM-MUI, dan P-IRT, penderita diabetes tetap harus menghindari sup jamur bubuk yang mengandung gula.

Oleh karena itu, penderita tekanan darah tinggi dapat menghindari sup jamur bubuk, yang memiliki komposisi garam. Dengan begitu, makanan yang Anda makan tetap aman.

3. Pilihlah kaldu jamur bubuk terbaik sesuai dengan kebutuhan

Kaldu jamur bubuk yang dijual di pasaran tersedia dalam kemasan yang berbeda-beda, misalnya dalam botol, sachet atau kantong besar untuk mengisi botol. Semua paket memiliki ukuran yang berbeda, bukan?

Nah, jika Anda sering memasak di rumah dengan tambahan sup jamur bubuk, Anda bisa membeli sup jamur dalam ukuran besar, atau dalam jumlah banyak, sehingga Anda tidak perlu menyiapkan kaldu beberapa kali.

Namun, ada baiknya membeli kaldu jamur dalam kantong jika Anda ingin beralih dari kaldu hewan ke kaldu sayuran, karena tidak semuanya langsung cocok dengan kaldu jamur bubuk.

Rekomendasi Kaldu Jamur Bubuk Terbaik

Saat ini sudah banyak merek sop jamur bubuk yang dijual di berbagai tempat seperti convenience store, supermarket, pasar, dll. Nah, berikut rekomendasi kaldu jamur bubuk terbaik untuk ditambahkan sebagai bumbu dapur.

1. Royco Kaldu Rasa Jamur

kaldu bubuk jamur
kaldu bubuk jamur

Tahukah Anda bahwa Royco tidak hanya menawarkan kaldu bubuk dengan versi daging sapi dan ayam? Selain dua versi tersebut, Royco juga membuat inovasi pembuatan kaldu bubuk dengan versi jamur yang saat ini terdaftar dengan nomor registrasi BPOM MD 655610020217.

Dengan begitu Anda tidak perlu meragukan kualitasnya, kan! Plus, sup jamur bubuk ini dibuat tanpa bahan pengawet atau penambah rasa, sehingga rasa dan aroma jamur yang lembut membuat dapur Anda berair secara alami. Nah, kaldu jamur ini bisa kamu tambahkan ke dalam sup, kentang goreng, atau tumisan.

2. Totole Kaldu Rasa Jamur

Meski Kaldu Rasa Jamur Totole adalah merek China, namun diimpor oleh PT Indocharisma Pangan Semesta dan didaftarkan oleh BPOM dengan nomor registrasi ML 255609076037. Jadi kaldu ini aman untuk dikonsumsi dan dapat ditambahkan ke berbagai masakan seperti kentang goreng. – kue, sup, dim sum atau lainnya.

Nah, sup jamur ini bisa Anda manfaatkan sebagai pengganti kaldu yang mengandung berbagai bahan yaitu zat besi, vitamin B, antioksidan yang dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan menurunkan kolesterol. Jadi komposisi kuahnya adalah jamur, garam, gula, beras, penguat rasa (monosodium glutamat, disodium ribonucleotide), hidrolisat protein nabati dan perasa alami.

3. Bionic Farm Umamitake Kaldu Jamur

kaldu bubuk jamur
kaldu bubuk jamur

Ada berbagai jenis jamur yang digunakan untuk membuat sup jamur bubuk, seperti tiram, jerami, shiitake, dll. Nah, Kaldu Jamur Umamitake Bionic Farm ini dibuat dengan jamur shiitake tanpa tambahan MSG dan sudah memiliki nomor registrasi BPOM yaitu MD 255631028244.

Sama seperti sup jamur bubuk lainnya, Sup Jamur Umamitake Bionic Farm dalam Botol Plastik dapat ditambahkan ke berbagai hidangan untuk menghasilkan cita rasa masakan yang lezat.

Anda tidak perlu khawatir karena sup jamur ini dapat dengan mudah Anda temukan yang salah satunya dapat ditemukan di pasar andalan, sehingga Anda selalu memiliki persediaan sup jamur di dapur.

4. Kaldu Alami Jamur Cap Jamur Merang

Untuk Sup Jamur Bubuk Sachet, kami merekomendasikan Sup Jamur Merang Cap Jamur Alami yang terdaftar dengan nomor registrasi BPOM MD 655613019566 dan dapat digunakan sebagai pengganti MSG atau Vetsin. Komposisi bahan yang digunakan untuk membuat sop jamur antara lain jamur, garam, gula, bawang bombay, dll.

Seperti sup jamur bubuk lainnya, kaldu bubuk ini juga memiliki efek menguntungkan bagi kesehatan tubuh, sehingga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Produk kaldu ini tidak hanya aman untuk dikonsumsi vegetarian atau vegan, karena tidak mengandung campuran daging.

5. Herring Brand Mushroom Seasoning Powder

Jika sup jamur bubuk sebelumnya terbuat dari jamur jerami, sup bubuk ini terbuat dari jamur shiitake. Sediaan lain mengandung penguat rasa, natrium L-glutamat, gula, garam, pati, ekstrak ragi, penyedap jamur alami, pengatur keasaman asam sitrat, pengemulsi gliserin, alanin, glisin dan hidrolisat protein nabati.

Nah, produk ini juga bisa kamu konsumsi dengan aman karena sudah memiliki nomor registrasi BPOM ML 6556091919124 dan akreditasi ISO 22000. Seperti halnya sup jamur bubuk lainnya, produk ini bisa kamu tambahkan ke berbagai masakan untuk meningkatkan cita rasanya. Tambahkan saja sesuai selera, ya!

6. Organic Center Kaldu Jamur

Rekomendasi tepung sop jamur berikut ini juga sudah didaftarkan oleh BPOM dengan nomor registrasi MD 6556002908 yang nomornya ada di bagian depan kemasan, sehingga mudah dilihat. Nah, Bubuk Kaldu Jamur Organik ini mengandung karbohidrat, vitamin, protein, kalsium dan magnesium yang dapat membantu regenerasi sel-sel tubuh Anda.

Bubuk sup jamur bebas MSG, pengawet, dan bebas warna ini tidak hanya bermanfaat untuk menurunkan kolesterol, melawan radikal bebas, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Nah, kaldu yang dihasilkan ini juga cocok untuk para vegetarian atau vegan, ya!

Kesimpulan

Nah, itulah sekilas tentang rekomendasi sop jamur bubuk terbaik untuk Anda jadikan referensi. Sup jamur apa yang akan Anda beli? Semoga Anda tidak salah memilih!