hit counter

5 Rekomendasi Merk Selai Nanas untuk Nastar yang Enak

Selai Nanas untuk Nastar — Nastar merupakan salah satu jenis kue yang wajib ada saat Idul Fitri. Keistimewaan kue ini adalah adanya selai nanas di dalamnya, yang membuat snack ini terasa asam, asin, dan manis secara bersamaan. Selai nanas nastar sebenarnya bisa Anda buat sendiri, tapi itu tidak praktis. Oleh karena itu artikel ini membahas tentang nastar selai nanas yang enak dan praktis.

Nanas merupakan buah yang identik dengan negara tropis, memiliki rasa manis dan asam namun segar dan memiliki banyak efek menguntungkan bagi tubuh. Salah satu manfaat nanas adalah meredakan peradangan dan masalah pencernaan dengan kandungan enzim bromelain.

Cara Memilih Selai Nanas yang Enak

Selai Nanas untuk Nastar
Selai Nanas untuk Nastar

Selain dikonsumsi langsung, nanas juga sering digunakan dalam cocktail dan selai untuk isian nastar. Jika Anda berencana membeli selai nanas merk nastar, perhatikan hal-hal berikut ini.

1. Mengecek tekstur selai nanas

Tekstur selai nanas merk nastar adalah yang masih mengandung serat nanas yang cukup. Tekstur yang demikian membuat kue nastar terasa otentik dan gurih. Tetapi jika Anda melarutkan selai nanas ke dalam minuman atau mengoleskannya di atas roti, pilih konsistensi agar-agar. Jelly Nanas Bertekstur Jelly tidak lagi banyak mengandung serat nanas, sehingga sangat cocok untuk dipadukan dengan roti atau minuman tertentu.

2. Mengecek komposisi untuk memperkirakan rasa selai

Rasa selai nanas merek Nastar dapat diperkirakan dari komposisinya, terutama kandungan gulanya. Jika Anda menyukai rasa manis dan tidak suka yang asam, sebaiknya pilih selai nanas dengan kandungan gula lebih dari 60% dari total komposisi. Jika persentase tidak tertulis di atasnya, Anda dapat memeriksa urutan komposisi bahan-bahannya. Bahan pertama yang terdaftar memiliki persentase tertinggi dalam selai.

Jika merek selai nanas nastar menyebutkan nanas terlebih dahulu, rasa asam cenderung lebih dominan daripada rasa manis. Tetapi jika gula ditulis sebelum nanas, rasa manis akan lebih dominan daripada rasa asam.

Cara terbaik untuk mengetahui merek selai nastar yang paling sesuai dengan selera Anda adalah dengan mencicipinya. Namun, jika Anda membeli selai untuk nastar dari e-commerce, metode pengecekan komposisi di atas dapat membantu Anda mengevaluasi rasa dari produk selai nanas tersebut.

3. Melihat ada atau tidaknya pengawet serta pewarna

Nanas memiliki warna kuning alami yang cerah dan menggoda, tetapi tidak jarang beberapa produsen memberi merek selai nanas mereka dengan pewarna tambahan selama produksi nanas mereka. Pewarna kuning yang umum digunakan adalah Tartrazine CI 19140, yang telah disetujui oleh Kementerian Kesehatan RI, sehingga aman untuk dikonsumsi.

Bahan tambahan lain yang sering ditambahkan pada selai nanas nastar adalah bahan pengawet yang melindunginya dari pembusukan oleh jamur atau bakteri. Pengawet tambahan yang digunakan biasanya kalium sorbat dan telah disetujui oleh Kementerian Kesehatan RI sehingga aman untuk dikonsumsi manusia.

4. Mempertimbangkan jumlah isi dalam kemasan

Saat membeli bahan baku untuk konsumsi, termasuk merek selai yang dibuat untuk nastar, jelas tanggal kadaluarsanya harus diperhatikan dengan cermat. Selain itu, umur simpan produk selai setelah dibuka biasanya tidak terlalu lama karena terkena udara luar, yang dapat membawa bakteri dan jamur penyebab kerusakan.

Jika nastar yang disiapkan tidak terlalu banyak, gunakan merek selai nanas untuk nastar yang kandungannya hanya beberapa ratus gram. Agar lebih tahan lama, pastikan Anda menutup selai nanas dengan baik dan menyimpannya di lemari es setelah dibuka. Beberapa produsen juga menawarkan selai nanas dalam porsi, sehingga cocok juga bagi mereka yang ingin mengecek rasa selai untuk melihat apakah cocok dengan selera mereka atau tidak.

Rekomendasi Merk Selai Nanas untuk Nastar

Seperti diketahui, selai nanas memang menjadi bahan utama dalam pembuatan selai nastar, sehingga permintaannya semakin meningkat seiring dengan mendekatnya hari raya Idul Fitri. Di bawah ini kami merekomendasikan berbagai merek selai nanas untuk kue nastar lezat dari kami dan dapat dibeli secara online.

1. Morin Fruitalk Pineapple

selai nanas royal
selai nanas royal

Selai Morin tidak hanya dikemas dalam toples seperti yang dijual di mini market, tetapi juga tersedia dalam kemasan 1kg melalui Morin Fruitalk Pineapple. Morin fruitalk sangat cocok untuk selai nanas merk nastar, apalagi dengan rasa jeruknya yang membuat kue nastar ini unik. Produk ini dapat dioleskan pada roti tawar atau digunakan sebagai isian roti Anda sendiri.

Jika ingin menikmati selai Morin dalam jumlah yang lebih sedikit, Anda bisa membeli selai paket 330 gram atau 170 gram. Selai nanas nastar branded ini bisa didapatkan dengan harga murah hanya Rp 50.000, sehingga bisa juga digunakan untuk keperluan komersil.

2. Mariza Jam Pineapple 250 g

Selai nanas mariza terbuat dari komposisi 40% gula dan nanas, sehingga rasanya lebih manis daripada asam. Selain sebagai olesan pada roti, Moriza Jam Pineapple juga bisa menjadi brand selai nanas untuk nastar. Namun, karena kandungan gula dari produk ini lebih tinggi dari nanas, adonan kue nastar tidak harus terlalu manis.

Selai nanas merk nastar ini juga mengandung pewarna tartrazine CI 19140 dan pengawet potassium sorbate, sehingga tahan lama. Namun, setelah dibuka, produk ini harus didinginkan agar tetap segar. Mariza Jam Pineapple dijual dengan harga 30 ribu rupiah dalam kemasan 250 gram.

3. East Java & Co Pineapple Jam with Passion Fruit – 250g

selai nanas royal
selai nanas royal

Sesuai dengan namanya, selai nanas ini terbuat dari komposisi nanas dan markisa, dimasak dengan hati-hati dalam panci tembaga tradisional Prancis kecil. Setiap 100 gram selai nanas yang dibuat untuk nastar mengandung 70 gram buah, sehingga menghasilkan rasa nanas yang otentik dan warna yang cantik meski tanpa pewarna buatan.

Seluruh komposisi produk mengandung nanas, markisa, gula merah, lemon dan pektin apel. Dengan berbagai bahan tersebut, produk ini memberikan cita rasa yang unik saat digunakan sebagai selai nanas untuk nastar. East Java & Co Jam with Passion Fruit dapat dibeli dengan harga Rp 60.000 di e-commerce.

4. St. Dalfour Selai Pineapple & Mango

Selai nanas suci Dalfour terbuat dari campuran nanas dan mangga, tanpa tambahan gula atau pewarna, sehingga menciptakan rasa dan warna buah yang asli. Nanas dan mangga diproses sesuai dengan resep selai tradisional Prancis, untuk mempertahankan rasa asli selai. Namun, jika digunakan sebagai selai nastar nanas, Anda perlu menambahkan gula secukupnya ke dalam campuran nastar untuk mengimbangi rasa asam pada selai.

Produk ini dikemas dalam wadah kaca dengan berat bersih 284 gram dan dapat dibeli di supermarket atau Tokopedia. Karena terbuat dari 100% buah asli, harga nastar selai nanas merek ini cukup mahal, sekitar Rp 60.000.

5. Royal Selai Nanas 500 gram

Selai nanas royal terbuat dari campuran nanas dan gula serta memiliki tekstur yang kental, kental, berserat. Produk ini ditujukan sebagai merk selai nanas untuk nastar agar rasa manisnya pas dan mudah membulat saat dijadikan isian nastar.

Royal Pineapple Jam hadir dalam kemasan plastik bersih 500 gram dan dibanderol dengan harga hanya Rp 30.000. Selain murah dan enak, selai nanas merk nastar ini praktis membuat waktu yang dihabiskan untuk menyiapkan nastar lebih hemat.

Kesimpulan

Permintaan selai nanas biasanya meningkat menjelang lebaran karena akan digunakan sebagai isian nastar. Artikel ini memberikan gambaran singkat tentang rekomendasi berbagai merek selai nanas untuk nastar yang enak.