5 Rekomendasi Susu untuk Ibu Hamil Terbaik

Susu untuk Ibu Hamil Terbaik — Agar bayi lahir dalam kondisi sehat, ibu harus memenuhi kebutuhan nutrisi janin dan janin dalam kandungan selama kehamilan. Ada berbagai cara untuk melakukannya, mulai dari mengonsumsi makanan dan minuman bergizi seimbang, mengonsumsi vitamin untuk kehamilan, hingga susu terbaik untuk ibu hamil. Jika Anda merasa belum dapat memenuhi kebutuhan nutrisi harian dari sumber makanan yang Anda konsumsi sehari-hari, maka disarankan untuk menambah asupan ASI.

Susu ibu hamil diciptakan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian ibu hamil dan janin dalam kandungan. Yang perlu Anda ketahui adalah bahwa susu ini merupakan produk pelengkap atau makanan tambahan yang biasa dikonsumsi, sehingga tidak sepenuhnya menggantikan peran makanan. Oleh karena itu, harapan bayi lahir sehat lebih besar, selain itu juga dapat mengurangi risiko masalah kehamilan.

Cara Memilih Susu untuk Ibu Hamil

Susu untuk Ibu Hamil Terbaik
Susu untuk Ibu Hamil Terbaik

Anda mungkin sedang mencari untuk membeli susu kehamilan sekarang. Berbagai merek susu juga tersedia di Indonesia antara lain Lactamil, Prenagen, Anmum dan SGM untuk ibu hamil. Sebelum memilih produk, pelajari dulu tips memilih susu untuk ibu hamil, OK! Silakan baca poin-poin berikut dengan seksama.

Perhatikan Kandungan Nutrisi yang Tersimpan

Setiap susu memiliki kandungan nutrisi yang berbeda. Masing-masing nutrisi ini berperan penting dalam membantu organ dan sistem tubuh agar berfungsi dengan baik. Wanita hamil perlu memenuhi berbagai nutrisi penting setiap hari. Nutrisi yang dimaksud antara lain folat, karbohidrat, protein, kalsium dan zat besi.

Saat ini sudah banyak produk yang mengandung bahan-bahan tersebut, sehingga lebih mudah untuk didapatkan. Asam folat yang ditemukan dalam produk susu yang ditujukan untuk wanita hamil sangat membantu dalam mencegah kelahiran bayi yang cacat. Karbohidrat juga berperan dalam mendukung perkembangan janin. Sementara itu, protein susu hamil dapat memperbaiki jaringan dan sel yang rusak.

Tidak kalah pentingnya adalah nutrisi berupa zat besi, dimana kandungan ini dapat mencegah anemia pada ibu hamil dan mendukung pembentukan sel darah merah pada janin. Saat memilih susu yang baik untuk ibu hamil, pastikan susu yang Anda pilih untuk dikonsumsi mengandung lima nutrisi ini. Akan lebih baik lagi jika ada tambahan nutrisi seperti vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh.

Pahami Porsi Susu yang Baik Dikonsumsi per Harinya

Semua tindakan berlebihan memiliki efek negatif, seperti halnya ibu hamil minum susu di luar batas normal. Menurut pernyataan dari Departemen Pertanian Amerika Serikat, ibu hamil dianjurkan untuk tidak minum lebih dari 3 gelas susu per hari. Jenis susu dengan kandungan kalsium, protein, dan vitamin D yang tinggi juga harus diperhatikan, karena nutrisi tersebut baik untuk perkembangan janin dalam kandungan.

Dosis yang tepat, minimal 150 ml per hari, membantu janin lahir dalam keadaan sehat, dengan berat dan panjang badan yang ideal. Bahkan, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam European Journal of Clinical Nutrition, ibu hamil yang mengonsumsi lebih dari 150 ml per hari selama kehamilan cenderung melahirkan bayi yang lebih tinggi saat mereka tumbuh. Ini berlaku untuk anak laki-laki dan perempuan.

Studi lain juga menemukan bahwa ibu yang minum susu hanya 250ml per hari melahirkan bayi dengan berat badan lebih rendah dibandingkan ibu lain yang minum lebih banyak. Tak hanya itu, susu yang diperuntukkan bagi ibu hamil juga berpengaruh pada peningkatan kadar insulin darah bila dikonsumsi dengan benar. Kondisi ini mengurangi risiko diabetes mellitus tipe 2.

Banyak Jenis Susu yang Beredar, Pilihlah yang Aman dan Sesuai Kebutuhan

Ada banyak pilihan susu di pasaran untuk ibu hamil, mulai dari susu skim, full cream atau full cream, susu pasteurisasi, dan susu mentah. Keempat jenis susu ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Seperti susu skim, susu ini juga disebut susu rendah lemak, sehingga sangat baik dalam rencana diet. Meski tidak mengandung lemak jenuh, kolostrum memiliki nilai negatif berupa rendahnya kadar vitamin A, D, E dan C, itulah sebabnya dokter jarang merekomendasikannya untuk ibu hamil.

Selain susu skim, Anda juga bisa menemukan full cream yang diperuntukkan bagi ibu hamil. Jenis susu ini baik untuk menambah berat badan selama kehamilan, tetapi sisi negatifnya adalah memungkinkan risiko obesitas. Ini karena full cream tinggi kalori dan tinggi lemak jenuh. Terlalu banyak lemak jenuh dalam tubuh juga dapat berdampak negatif pada kesehatan jantung.

Susu pasteurisasi sendiri adalah susu yang telah diproses untuk memperlambat pertumbuhan bakteri, biasanya dengan cara memanaskan susu hingga maksimal 80°C. Pemanasan pada suhu tinggi mengurangi bakteri atau jamur, sekaligus memperlambat pertumbuhan mikroba. Susu pasteurisasi sering disebut sebagai susu UHT (Ultra High Temperature), namun keduanya berbeda karena jenis susu pasteurisasi memastikan kandungan nutrisinya tidak banyak rusak.

Terakhir, ada susu yang belum dipasteurisasi atau masih mentah. Susu ini tidak cocok dikonsumsi saat hamil karena masih mengandung bakteri yang berbahaya bagi janin. Penyakit infeksi seperti listeriosis, yang disebabkan oleh mikroba susu, dapat muncul ketika susu mentah dikonsumsi. Jadi pastikan Anda menghindari susu jenis ini dan carilah susu yang sudah diolah agar lebih aman bagi janin.

Rekomendasi Susu untuk Ibu Hamil Terbaik

Mengetahui aspek-aspek penting yang perlu diperhatikan saat memilih, kami kemudian akan membagikan merek susu yang ditujukan untuk ibu hamil, yang dijual dengan harga puluhan atau sepuluh, tetapi maksimal 200 ribu rupiah. Setiap produk memiliki deskripsinya masing-masing, jadi pastikan untuk membaca informasi tentang setiap produk yang kami bagikan di bawah ini. OKE!

1. Lactamil Pregnasis

susu ibu hamil yang bagus
susu ibu hamil yang bagus

Lactamil Pregnasis adalah susu kehamilan yang dikembangkan dengan formula ACTIDuobio + setelah lebih dari 40 tahun penelitian. Bagi ibu hamil, susu Lactamil membantu nutrisi yang tepat, termasuk saat menyusui atau menyusui setelah bayi lahir. Lactamil menawarkan pilihan rasa vanila, cokelat, dan stroberi yang enak. Formula ACTIDuobio+ dalam produk mengandung banyak zat penting yang baik untuk kesehatan.

Misalnya, formula mengandung inulin, yang dapat meningkatkan asupan serat harian dalam diet. Oleh karena itu, kaya akan asam folat, yang dapat mengurangi risiko bayi Anda lahir dengan cacat tabung saraf di otak. Kandungan lemak Lactamil Pregnasis juga lebih rendah, sehingga tidak menyebabkan obesitas. Zat besi yang terkandung di dalamnya berperan dalam mencegah anemia yang sering terjadi selama kehamilan. Untuk pertumbuhan janin, susu ibu hamil juga mengandung vitamin D.

2. Nestle Mom & Me

Nestlé Mom & Me hadir dalam kemasan baru, dengan desain yang lebih cantik dan menawan. Dijual dengan harga 50 ribu, jelas bisa jadi pilihan yang ramah kantong. Bagi yang mencari susu halal untuk ibu hamil, produk ini telah mendapat sertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Selain itu, Nestlé juga menjamin produk ini aman untuk kesehatan karena sudah terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Minuman kesehatan bubuk ini dirancang untuk ibu hamil yang ingin melahirkan bayi yang sehat. Mengandung bahan-bahan seperti Bifidus BL Probiotik, yang dapat menjaga fungsi sistem pencernaan. Diperkaya dengan asam folat dosis tinggi, risiko bayi lahir dengan kelainan otak atau sumsum tulang belakang berkurang. Produk ini juga mengandung kalsium yang baik untuk pembentukan tulang janin.

3. Prenagen Mommy

susu ibu hamil yang bagus
susu ibu hamil yang bagus

Siapa yang tidak mengenal produk Prenagen? Susu ibu hamil yang baik ini sudah ada sejak lama di Indonesia, dan Prenagen Mommy menjadi salah satu produk terlaris. Kemasan siap minum dalam box berisi bubuk yang dikemas dalam polybag, bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Jika Anda menginginkan sesuatu yang praktis, misalnya saat bepergian, Anda bisa membeli kotak minum yang sudah jadi. Dan sebaliknya, ya!

Prenagen Mommy sendiri dirancang untuk menyesuaikan dengan asupan nutrisi Anda selama kehamilan agar ibu dan janin tetap sehat. Susu yang diperuntukkan bagi ibu hamil ini diproses dengan suhu tinggi (UHT), sehingga aman untuk semua ibu hamil. Prenagen Mommy saat ini tersedia dalam berbagai rasa seperti coklat, vanilla, strawberry, green beans dan mocha powder. Sedangkan jenis siap minum hanya tersedia dalam rasa coklat dan berrylove yang enak.

4. Anmum Materna

Tidak hanya Prenagen yang populer di masyarakat, tapi juga nama Anmum. Anmun Materna adalah pilihan susu terbaik bagi ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan nutrisi selama kehamilan. Memang susu ini bisa dikonsumsi sejak dini dalam perencanaan kehamilan, lho. Susu ini tersedia dalam rasa strawberry white chocolate, tidak membuat mual meski diminum setiap hari.

Dalam setiap gelas Anmum Materna yang dikonsumsi, tubuh ibu hamil menerima banyak nutrisi yang baik, seperti asam folat, serat makanan inulin, kalsium dan zat besi. Lebih menarik lagi, susu ini hanya mengandung sedikit lemak, hanya 4,5 gram, atau 8% dari RDI lemak untuk hari itu. Ibu hamil yang menginginkan anaknya lahir dalam kondisi sehat harus mempersiapkan proses tumbuh kembangnya saat masih dalam kandungan dengan dukungan Anmum Materna.

5. Lovamil

Kehadiran seorang anak di dunia merupakan momen yang paling ditunggu-tunggu oleh setiap orang atau pasangan. Untuk itu, ibu hamil harus memastikan kecukupan gizi selama kehamilan. Dengan Lovamil Anda tidak perlu lagi khawatir kekurangan nutrisi, karena Lovamil diperkaya dengan berbagai bahan! Susu kalbe untuk ibu hamil mudah ditemukan, harganya juga murah yaitu hanya puluhan ribu rupiah, tapi tergantung ukuran kemasannya juga ya.

Susu Kehamilan Lovamil mengandung inulin prebiotik, yang secara efektif mendukung fungsi saluran pencernaan dan mendukung penyerapan kalsium. Selain itu, juga terdapat asam lemak omega 3 dan 6 yang berperan dalam pembentukan AA dan DHA untuk perkembangan otak. Bagi ibu hamil yang sering melakukan aktivitas dengan intensitas tinggi, dianjurkan untuk melengkapi diet hariannya dengan Lovamil. Produk ini tersedia dalam rasa strawberry, green bean, vanilla dan chocolate yang lezat.

Kesimpulan

Agar bayi yang dilahirkan sehat, ibu hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi susu yang terbaik. Semua susu dapat dikonsumsi sesuai kebutuhan Anda, satu atau dua gelas sehari. Untuk memperjelas kebutuhan ini, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau mintalah rekomendasi.

Yang terpenting, Anda juga harus menemukan produk susu yang tidak menambah mual dan muntah, terutama karena bau dan rasa susu. Karena hanya 18-20 persen saja yang terjadi pada wanita yang tidak merasa mual sama sekali saat hamil. Jika Anda bosan dengan ASI, Anda bisa menggantinya dengan susu kedelai untuk ibu hamil, laki-laki atau perempuan, yang juga baik untuk kesehatan Anda.