Sarang Burung dengan Desain Paling Keren dan Mengagumkan!

Liputanberitaku.com — Tanpa kamu sadari, hewan-hewan di sekitar kita berbakat menjadi arsitek, lho! Hal ini terbukti dari sarangnya yang memiliki desain keren dan mengagumkan. Dari bahan-bahan seadanya, seperti ranting dan dedaunan, mereka bisa membuat sarang yang indah! spesies burung apa saja yang bisa membuat sarang paling unik? Berikut spesies burung yang mempunyai sarang unik :

Jakana Afrika

https://static.boredpanda.com/

Tidak semua burung bertelur di dahan pohon atau tempat yang tinggi. Jakana Afrika (Actophilornis africanus) justru bertelur di kolam air tawar, tepi danau atau rawa! Mereka biasanya meletakkan telurnya di daun bunga teratai

Sociable weaver

i.pinimg.com

Meski berukuran mungil, sociable weaver bisa membangun sarang yang megah. Bekerja sama dengan kelompoknya, burung ini membuat sarang berukuran besar sehingga bisa dihuni oleh banyak burung sekaligus. Sesuai namanya, burung ini suka bersosialisasi.

Penduline tit

dreamstime.com

Sarang burung penduline tit berbentuk seperti buah pir yang menggantung di ranting pohon. Sarangnya dibuat dari wol, bulu hewan, sarang laba-laba serta tanaman yang lunak. Sarang ini sepenuhnya tertutup dan hanya menyisakan lubang kecil sebagai pintu masuk.

Burung termometer

https://static.wikia.nocookie.net/

Tidak semua burung membangun sarangnya di atas pohon. Burung termometer (Leipoa ocellata) justru membangun sarangnya di atas tanah! Burung jantan akan menggali lubang besar lalu mengisinya dengan batang, ranting dan daun, jelas laman ThoughtCo. Telurnya dikubur di dalam pasir untuk proses inkubasi alami, panasnya pasir akan menjaga agar telur tetap hangat dan menetas sendiri.

Burung hantu kerdil Ferruginous

https://lh3.googleusercontent.com/

Kaktus dikenal dengan durinya yang tajam dan menyakitkan. Anehnya, ada burung yang bisa bersarang di dalam tanaman kaktus, lho! Yep, mari berkenalan dengan burung hantu kerdil Ferruginous yang hidup di Amerika Serikat, Meksiko, Argentina dan Bolivia. Tidak semua kaktus dijadikan sarang, hanya kaktus saguaro yang bisa tumbuh hingga tinggi 40 kaki (12 meter). Yang membuat lubang di kaktus adalah burung pelatuk, burung hantu ini tinggal menempatinya saja dan menaruh telur di dalamnya.

Burung manyar Afrika

https://www.jalaksuren.net/

Burung manyar Afrika adalah salah satu ‘arsitek’ terkeren. Dengan potongan rumput, alang-alang dan bilah kelapa, burung ini membangun sarangnya, ungkap laman ThoughtCo. Dengan paruhnya yang lihai, ia merangkai sarangnya di atas ranting pohon.

Burung namdur

newsimg.bbc.co.uk

Sarang burung yang paling berwarna-warni jatuh pada burung namdur. Mereka punya kebiasaan menghias sarang dengan benda yang colorful, seperti daun, bunga, kerang, bulu, buah hingga potongan plastik kecil, ungkap laman ThoughtCo. Bowerbird menyukai benda berwarna biru, sehingga akan menaruhnya di sarang yang ia buat. Setelahnya, ia akan mempersembahkan sarang buatannya ke burung betina. Burung betina akan menilai apakah sarang ini membuatnya terkesan atau tida

 

 

 

 

 

 

#artikel-asli