Rekomendasi Alat Pengukur Tekanan Darah Terbaik

Rekomendasi Alat Pengukur Tekanan Darah Terbaik–Pentingnya pemeriksaan tekanan darah secara teratur mengurangi risiko penyakit jantung, yang sering menyebabkan banyak kematian. Anda dapat memeriksa diri sendiri dengan membeli monitor tekanan darah. Perangkat ini hadir dalam berbagai jenis, seperti gelang karet yang bisa dililitkan di pergelangan tangan atau lengan atas.

Banyak alat pengukur tekanan darah atau blood pressure monitor yang cukup mudah ditemukan di Indonesia. Produsen seperti Omron, Beurer, Family Dr, dan lainnya telah mengembangkan perangkat ini untuk membantu orang memantau tekanan darah mereka sendiri. Sudah tahu mau pilih yang mana? Jika Anda tidak tahu, Anda dapat mendengarkan artikel ini.

Tips dan Cara Memilih Alat Pengukur Tekanan Darah yang Bagus

Karena merupakan alat yang sangat penting untuk memeriksa kesehatan organ jantung kita, sebaiknya simpan alat ini di rumah. Ketika datang ke toko yang menjualnya, Anda tidak tahu harus memilih yang mana. Oleh karena itu, dalam artikel ini, kami juga memberikan panduan untuk memilih monitor tekanan darah untuk diikuti. Berikut penjelasannya!

1. Ada tiga tipe tensimeter, pilihlah yang memudahkan Anda

Secara umum, pemantau tekanan darah dibagi menjadi tiga jenis, yaitu balutan pergelangan tangan, balutan lengan atas, dan balutan lengan atas. Dua tipe terakhir ini berbeda lho. Jadi mana yang harus Anda gunakan? Itu tergantung pada preferensi setiap orang. Baca terus untuk mengetahuinya!

Monitor tekanan darah dengan manset melilit pergelangan tangan lebih mudah digunakan. Desainnya yang kecil membuatnya mudah digunakan dan disimpan. Namun, jenis monitor tekanan darah ini tidak baik atau akurat untuk menghasilkan laporan tegangan. Juga, Anda harus tetap diam sambil menjaga pergelangan tangan Anda pada ketinggian yang sama dengan jantung Anda.

Jenis lain dari sphygmomanometer adalah karet gelang melilit lengan atas. Tipe ini banyak digunakan oleh institusi kesehatan karena akurasi hasil yang lebih baik dari tipe sebelumnya. Sedangkan tipe yang terakhir adalah karet pada lengan atas. Bagaimana cara kerjanya?

Tipe ketiga ini sangat mudah digunakan. Ini hanya masalah duduk di posisi yang sama saat Anda mengarahkan tangan ke arah alat. Dibandingkan dengan 2 jenis lainnya, monitor tekanan darah manset ini menunjukkan hasil pengukuran yang lebih akurat daripada dua jenis sebelumnya. Namun, jenis alat ini umumnya berukuran besar, sehingga membutuhkan banyak ruang penyimpanan.

2. Pilihlah ukuran karet agar pas dan nyaman di lengan Anda

Baik Anda melilitkannya di pergelangan tangan, lengan atas, atau melingkari lengan atas Anda, ada baiknya memilih voltmeter dengan tali berlapis karet yang pas di tangan Anda. Umumnya lebar manset pada tipe pergelangan tangan adalah 13-22cm, sedangkan pada tipe lengan adalah 20-32cm.

Setiap produsen memiliki ukuran gelang yang berbeda untuk dipilih, sehingga dapat disesuaikan dengan ukuran tangan Anda. Jika Anda tidak dapat menemukan ukuran yang tepat, Anda dapat membelinya secara terpisah. Namun, pastikan karet sphygmomanometer yang Anda beli dapat dilepas.

3. Jika ingin mencatat lebih praktis, carilah yang kompatibel dengan laptop atau smartphone

Di rumah sakit atau pusat kesehatan masyarakat (puskesmas), hasil pengukuran tekanan darah pasien harus dicatat agar perubahan kondisi fisik pasien dapat terus dipantau. Anda dapat merekam angka pengukuran ini di atas kertas atau di ponsel cerdas Anda.

Namun, belakangan ini banyak produsen yang memproduksi alat pengukur tekanan darah dengan fungsi perekaman yang tersinkronisasi dengan memori penyimpanan smartphone atau laptop. Beberapa telah merancang output mereka dengan sistem perekaman yang terhubung langsung melalui memory stick USB atau Bluetooth. Jika Anda tidak ingin mencatat pembacaan Anda di atas kertas, pertimbangkan untuk membeli monitor tekanan darah yang memiliki fitur ini.

Rekomendasi Alat Pengukur Tekanan Darah Terbaik

Setelah membaca tips ini, kami yakin Anda memahami jenis, ukuran manset, atau fitur tambahan apa yang dapat Anda beli untuk monitor tekanan darah. Selanjutnya kami hadirkan alat pemantau tekanan darah terbaik yang didesain secara modern dan sederhana. Pilih sesuai kebutuhan Anda!

1. Omron HEM 7320

tensimeter digital terbaik
tensimeter digital terbaik

Omron telah merilis alat pengukur tekanan darah yang dapat memberikan informasi terbaru bagi mereka yang peduli dengan penyakit jantung. Produk ini cukup canggih karena tidak hanya bisa mengukur tekanan darah, tapi juga mendeteksi denyut nadi! Untuk mengetahuinya, Omron menyertakan hasil laporan melalui ikon peringatan di layar perangkat.

Perangkat keluaran Omron ini dilengkapi teknologi Cuff Winding Guide, teknologi yang menginformasikan pengguna tentang kecocokan manset yang benar. Menariknya, perangkat ini dilengkapi dengan memori penyimpanan yang mampu merekam hingga 90 data pengukuran beserta informasi tanggal dan waktu.

2. OEM Tensimeter Digital

Jika Anda memiliki anggaran terbatas, kami sangat merekomendasikan pengukur tegangan digital OEM ini. Monitor tekanan darah ini menggunakan dua baterai AAA. Kecil dalam ukuran dan jenis manset, tidak hanya mudah disimpan, tetapi juga mudah dipakai.

Tapi ingat, karena alat ini menggunakan mekanisme pengukuran seperti itu, untuk mendapatkan hasil yang akurat, Anda harus meletakkan tangan Anda sejajar dengan hati Anda dan tidak banyak bergerak. Untuk mengoperasikannya, cukup nyalakan instrumen dengan menekan tombol daya dan tunggu hingga hasil pengukuran muncul di layar.

3. Family Dr AF 701 F

tensimeter digital terbaik
tensimeter digital terbaik

Berbeda dengan dua produk sebelumnya, Family Dr menambahkan fitur khusus pada perangkat ini. Kehadiran teknologi fuzzy sejati memastikan bahwa setiap pengguna menerima pembacaan tekanan sistolik dan diastolik yang sangat akurat. Tidak hanya untuk orang dengan lengan kecil atau besar, produk ini menyediakan ukuran manset yang pas.

Dilengkapi dengan memori penyimpanan yang mampu merekam hingga 120 data untuk 2 pengguna, Anda dapat menggunakan perangkat ini dengan anggota keluarga lain mengetahui hasilnya secara teratur. Anehnya, perangkat ini juga dilengkapi dengan tampilan rata-rata tiga kali terakhir hasil pengukuran, lho!

4. Beurer BM5

Beurer BM5 adalah sphygmomanometer yang diimpor dari Jerman. Dengan bentuk ovalnya yang unik, perangkat ini tidak akan pernah membosankan setiap kali Anda menggunakannya. Ini memiliki lampu tambahan dan sensor sentuh, Anda tidak perlu berusaha lebih keras untuk melihat panel atau layar indikator.

Selain desainnya yang unik, Beurer juga mendesain perangkat ini dengan tombol start dan stop, yang tentunya semakin memudahkan penggunaan. Sekali lagi, kabar baiknya adalah produk ini dapat dihubungkan dengan kabel USB yang kompatibel. Jadi, misalnya, Anda dapat menghubungkan perangkat ke laptop jika Anda ingin membuat catatan yang lebih baik.

5. Family Dr TD-3124

Koleksi lain dari Family Dr sangat cocok untuk Anda yang ingin memeriksakan tekanan darah secara rutin setiap hari. Produk ini melaporkan pembacaan tekanan darah hingga 100 kali secara berkala. Entah itu indikator utama atau gelang, kedua bagian itu kecil. Sangat ideal untuk dibawa dalam tas Anda tanpa memakan banyak ruang.

Keluarga Dr TD-3124 menawarkan fitur seperti inflasi kenyamanan, yang secara otomatis mengembang manset sesuai dengan ukuran lengan atau pergelangan tangan setiap pengguna. Dilengkapi dengan sistem kontrol udara tercanggih, Anda tidak perlu khawatir produk akan menggembung melebihi batas ideal.

Kesimpulan

Anda atau anggota keluarga lainnya dapat memeriksakan tekanan darahnya jika Anda memiliki alat pengukur tekanan darah sendiri di rumah. Untuk informasi lebih lanjut, tekanan darah pada orang dewasa yang sehat berkisar antara 90-120mm Hg sistolik dan 60-80mm Hg diastolik.

Tekanan sistolik adalah tekanan yang menunjukkan kerja jantung saat mendorong darah ke arteri. Di atas adalah tekanan sistolik, di bawah adalah tekanan diastolik. Tekanan diastolik adalah tekanan yang terjadi saat jantung beristirahat dan menerima darah kaya oksigen dari paru-paru.