hit counter

Rekomendasi Kamus Bahasa Jepang – Indonesia Terbaik

Rekomendasi Kamus Bahasa Jepang – Indonesia Terbaik–Seperti pada umumnya ketika belajar bahasa asing, ketika belajar bahasa Jepang Anda akan membutuhkan kamus untuk membantu Anda memahami bagaimana menerjemahkan, menggunakan dan membaca kata kerja. Saat ini ada cukup banyak kamus bahasa Jepang yang beredar di pasaran, ada yang berupa kamus saku, kamus kamus, dan kamus kanji khusus. Artikel berikut membahas kamus bahasa Jepang-Indonesia untuk membantu Anda belajar bahasa Jepang.

Budaya dan keunikan Jepang, budaya pop Jepang dunia seperti manga dan anime menjadi faktor pendukung yang meningkatkan minat masyarakat untuk berwisata ke Jepang dan mempelajari bahasa Jepang.

Cara Memilih Kamus Bahasa Jepang yang Bagus & Cocok

Belajar bahasa Jepang tidak hanya lebih mudah ketika bepergian ke Jepang, tetapi juga dapat memperluas hubungan Anda dan mengembangkan karir Anda. Namun, sebelum memilih kamus bahasa Jepang-Indonesia untuk dipelajari, perhatikan poin-poin berikut.

1. Menyesuaikan tipe kamus dengan kebutuhan

Setiap jenis kamus disesuaikan untuk pengguna dengan kebutuhan yang berbeda. Kamus bahasa Jepang-bahasa Indonesia yang tersebar luas di Indonesia umumnya jenis-jenis berikut.

Pertama, ada kamus anak-anak, biasanya ditujukan untuk anak-anak berusia antara tiga dan sebelas tahun. Kamus bahasa Jepang-Indonesia jenis ini dirancang untuk memudahkan anak-anak menyerap kosakata baru. Untuk menarik perhatian anak, kamus ini biasanya dilengkapi dengan ilustrasi yang berwarna-warni. Tergantung dari jenisnya, isi kamus anak adalah singkat, ringan, mudah dipahami, dengan pilihan kata yang lebih sederhana dan sering dijumpai dalam kegiatan sehari-hari.

Kedua, terdapat kamus umum yang dapat digunakan oleh semua kalangan, baik pelajar, mahasiswa maupun masyarakat umum yang ingin belajar bahasa Jepang. Selain berisi ribuan entri kata bahasa Jepang, kamus bahasa Jepang-Indonesia jenis ini biasanya dilengkapi dengan tambahan contoh kalimat agar lebih mudah dipahami oleh pengguna. Beberapa produk kamus umum mencakup tata bahasa, sinonim, antonim, dan contoh percakapan.

Jenis kamus Jepang-Indonesia lainnya adalah kamus khusus, yang biasanya berisi istilah-istilah yang berkaitan dengan profesi atau bidang tertentu, sehingga cocok untuk membantu para profesional. Kamus khusus yang sangat populer di Indonesia adalah Kamus Kanji, yang berisi entri berupa huruf kanji, lengkap dengan cara pengucapan dan penunjukannya. Kamus Kanji sering digunakan oleh penerjemah profesional dan mahasiswa bahasa dan sastra Jepang.

2. Mengecek kelengkapan aksara Jepang pada kamus

Ada tiga jenis huruf yang digunakan dalam bahasa Jepang: hiragana, katakana, dan kanji. Hiragana dan katakana adalah simbol fonetik, di mana setiap huruf mewakili penyebutan suku kata, sedangkan kanji adalah ideogram yang melambangkan makna tertentu. Ketiga huruf tersebut juga dapat dipelajari melalui kamus bahasa Jepang-Indonesia.

Secara umum, sebuah kata dalam bahasa Jepang dapat memiliki lebih dari satu arti, seperti kata kiru, yang dapat berarti memotong atau memakai. Perbedaan makna dapat dilihat dengan melihat kanji yang digunakan untuk menulisnya. Oleh karena itu, beberapa kamus bahasa Jepang-Indonesia ditulis dalam huruf kanji untuk membantu pengguna mengidentifikasi arti kata-kata tertentu.

3. Memilih sesuai terjemahanny

Bagi yang ingin fokus belajar bahasa Jepang saja, kamus bahasa Jepang-Indonesia sudah cukup untuk proses belajarnya. Namun jika Anda ingin belajar bahasa Jepang dan bahasa Inggris secara bersamaan, maka kamus bahasa Jepang-Inggris-Indonesia adalah pilihan yang tepat. Beberapa produk kamus bahasa Jepang-Indonesia juga diterjemahkan ke dalam bahasa Prancis atau bahasa lainnya, tergantung kebutuhan Anda.

4. Mengecek ukuran dan ketebalan kamus

Jika Anda membawa kamus bahasa Jepang-Indonesia di jalan, pilihlah kamus saku yang kecil dan ringkas. Kamus saku tidak hanya praktis, tapi juga ringan, bisa dibawa kemana-mana. Namun, karena ukurannya yang kecil, isi kamus saku tidak terlalu lengkap dan terbatas hanya pada kosakata penting saja. Jadi, jika kamus digunakan untuk belajar di rumah, lebih baik menggunakan kamus yang lebih tebal dengan kosa kata yang lebih lengkap.

Selain hal di atas, ketika memilih kamus bahasa Jepang-Indonesia, Anda harus mempertimbangkan pendapat pembaca lain sehingga Anda dapat memperoleh gambaran umum tentang kamus yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Beberapa ulasan tertulis biasanya menyertakan gambaran umum tentang isi kamus, sehingga pilihan Anda akan sangat berguna. Mencari review di kamus juga lebih mudah karena bisa ditemukan di forum online pecinta buku.

Rekomendasi Kamus Bahasa Jepang – Indonesia

Saat ini kamus bahasa Jepang-Indonesia dapat dengan mudah dicari di berbagai situs e-commerce, baik itu Shopee, Tokopedia atau situs e-commerce lainnya. Di sini kami merekomendasikan beberapa produk kamus bahasa Jepang-Indonesia yang dijual secara online.

1. Praktis Jepang Indonesia-Indonesia Jepang Metode Gakushudo

rekomendasi buku belajar bahasa jepang
rekomendasi buku belajar bahasa jepang

Didirikan pada tahun 1987, Gakushudo secara aktif menerbitkan buku teks dan kamus bahasa Jepang untuk siswa tingkat dasar hingga lanjutan. Kamus Bahasa Jepang-Indonesia Metode Gakushudo sangat cocok untuk orang Indonesia yang ingin belajar bahasa Jepang dari tingkat pemula hingga menengah. Kamus ini berisi 8656 kata Jepang-Indonesia dan 6735 kata Indonesia-Jepang.

Kamus Jepang-Indonesia juga membantu pengguna untuk memahami dengan tulisan Jepang, kanji, hiragana, katakana dan latin. Meskipun cukup lengkap, kamus ini berukuran relatif kecil dan mudah dibawa kemana-mana. Metode Gakushudo praktis kamus Jepang Indonesia-Indonesia Jepang dijual seharga 60.000 rupee.

2. Lengkap Bahasa Jepang – Indonesia

lni didesain untuk pelajar dan masyarakat umum serta dilengkapi dengan gambar untuk memudahkan pengguna dalam belajar bahasa Jepang. Diterbitkan oleh Bintang Indonesia Jakarta, kamus ini terdiri dari 448 halaman dan berisi ribuan kosakata bahasa Jepang-Indonesia.

Ukuran kamus lengkap bahasa Jepang-Indonesia relatif kecil, panjang 14cm, lebar 10cm. Dengan harga hanya 18.000 rupee, kamus bahasa Jepang-Indonesia ini sangat bagus untuk belajar bahasa Jepang.

3. Kosakata Percakapan Sehari-Hari Bahasa Jepang

rekomendasi buku belajar bahasa jepang
rekomendasi buku belajar bahasa jepang

Apakah Anda memerlukan kamus bahasa Jepang bahasa Indonesia untuk mempelajari kosakata percakapan sehari-hari dalam bahasa Jepang? Kamu bisa membeli kamus percakapan harian bahasa Jepang ini. Diterbitkan oleh Genta Group Production, konten kamus mencakup banyak percakapan bahasa Jepang sehari-hari, sehingga pemula atau turis dapat langsung berlatih.

Ukurannya yang kecil memungkinkan Anda untuk membawa kamus bahasa Jepang-Indonesia ke berbagai tempat, seperti saat bepergian ke Jepang. Ini juga sangat terjangkau hanya Rs 40k dan dapat dibeli secara online di berbagai situs e-commerce.

4. Marugoto: Bahasa dan Kebudayaan Jepang Pemula A1 Pemahaman

Bagi mereka yang ingin belajar bahasa dan budaya Jepang sekaligus, buku Marugoto: Japanese Language and Culture for Beginners A1 Understanding akan sangat membantu. Kamus bahasa Jepang-Indonesia ini berdasarkan standar pengajaran bahasa Jepang dan ditujukan untuk pelajar dewasa. Setiap topik dalam buku ini disesuaikan dengan latar belakang budaya yang beragam dari orang-orang di luar Jepang.

Kamus bahasa Jepang-bahasa Indonesia ini juga dilengkapi dengan audio untuk membantu siswa mendengar percakapan bahasa Jepang dengan konteks dan pengucapan yang lebih akurat. Produk ini dijual seharga Rs 90.000 dan dapat dibeli secara online melalui Tokopedia.

5. Buku Auto-Lancar Bahasa Jepang

Japanese Auto-Fluent berisi berbagai materi untuk belajar bahasa Jepang, seperti pengenalan huruf dan angka Jepang, tata bahasa Jepang dasar, dan percakapan sehari-hari. Kamus bahasa Jepang-Indonesia telah dilengkapi dengan gaya penulisan pada pokok bahasan pengenalan huruf dan angka, dan kosakata telah disusun berdasarkan kategori untuk memudahkan pemahaman.

Kamus bahasa Jepang-bahasa Indonesia ini diterbitkan oleh Damigo Books. Ukuran buku hanya sekitar. 20.5cm x 14cm, total 224 halaman, jadi masih cukup mudah dibawa ke berbagai tempat. Harga produk ini juga cukup terjangkau yaitu sekitar 40rb.

Kesimpulan

Jika Anda pergi ke Jepang, setidaknya Anda harus belajar bahasa Jepang sederhana dan percakapan untuk kegiatan sehari-hari. Juga, jika tujuan Anda adalah untuk bekerja atau belajar di Jepang, jelas kemampuan bahasa Jepang Anda harus cukup baik untuk lulus tes JLPT. Artikel berikut membahas kamus bahasa Jepang-Indonesia untuk membantu Anda belajar bahasa Jepang, serta beberapa tips belajar bahasa Jepang.