5 Rekomendasi Obat Tetes Mata Terbaik untuk Mata Kering

Obat Tetes Mata Terbaik untuk Mata Kering — Ketegangan mata yang berkepanjangan dari layar gadget, komputer, atau memakai lensa kontak dapat menyebabkan mata kering. Faktor lingkungan juga berkontribusi terhadap kondisi mata kering. Selain mengistirahatkan mata, Anda juga bisa menggunakan obat tetes mata untuk mengobati mata kering. Manakah dari banyak pilihan yang tepat untuk Anda? Datang dan cari tahu!

Anda dapat membeli banyak merek obat tetes mata terkenal seperti Cendo, Insto dan Visine. Namun, aspek apa yang Anda pertimbangkan saat menentukannya? Untuk mengetahuinya, kami jelaskan cara memilih obat tetes mata untuk pengobatan mata kering. Sebelum melihat tipsnya, cari tahu dulu kenapa kondisi mata kering bisa terjadi, yuk!

Cara Memilih Obat Tetes untuk Mata Kering

Obat Tetes Mata Terbaik untuk Mata Kering
Obat Tetes Mata Terbaik untuk Mata Kering

Penting untuk memilih obat tetes mata berdasarkan sejumlah elemen seperti kandungan bahan, keberadaan pengawet, kelas obat dan, yang tak kalah pentingnya, penyesuaian produk dengan anggaran Anda. Secara detail akan dijelaskan melalui poin-poin berikut. Mari kita menonton!

Temukan Bahan Aktif yang Ampuh Mengatasi Keluhan Mata

Sepintas, obat tetes mata kering umumnya terlihat sama. Tetapi sebenarnya setiap produk mengandung bahan aktif yang berbeda berdasarkan kebutuhan perawatan. Jika Anda mengalami mata kering disertai dengan penyakit lain, pastikan untuk memilih obat tetes mata yang tepat untuk penyakit mata Anda.

Menggunakan Obat Bebas atau berdasarkan Resep Dokter?

Untuk kondisi yang cukup parah, panduan medis biasanya diperlukan untuk digunakan oleh dokter. Di pasaran, Anda bisa membeli obat tetes mata milik berbagai golongan, baik obat bebas, tanpa pantangan maupun obat berat yang memerlukan resep dokter.

  • Obat yang Dijual Bebas (OTC). Tetes mata ini umumnya rendah bahan seperti humektan (pelembab), pelumas dan elektrolit yang hanya meringankan penyakit mata ringan. Anda dapat dengan mudah membeli obat bebas di apotek tanpa resep dokter.
  • Obat yang Diresepkan Dokter. Obat tetes mata jenis ini biasanya dijual tanpa resep dokter, namun penggunaannya memerlukan resep dokter. Beberapa kelompok obat dapat dijual di apotek, tetapi diperlukan resep untuk membelinya.

Untuk menghindari efek samping, perlu untuk memeriksa kategori obat.

Pertimbangkan yang Mengandung Air Mata Buatan karena Lebih Aman

Saat memilih obat tetes mata, aspek utamanya adalah menemukan produk dengan bahan yang paling efektif, tetapi dengan efek stimulasi dan toksisitas yang paling sedikit. Selain lebih memilih obat tetes mata yang bebas pengawet, mata kering Anda akan lebih aman jika Anda mengobatinya dengan obat tetes mata yang mengandung air mata buatan.

Air mata buatan, atau air mata buatan, adalah larutan yang terbuat dari campuran bahan seperti air mata, seperti kalium klorida dan natrium klorida. Tetes mata jenis ini tidak menyebabkan iritasi mata dan juga dapat digunakan bersamaan dengan lensa kontak. Namun, baca tentang ciri dan jenis air mata buatan berdasarkan kondisi mata Anda, oke!

Sediakan Budget yang Memungkinkan Penggunaan Berkelanjutan

Tidak hanya sesekali, mata kering akan terjadi selama faktor risiko tersebut bertahan dan Anda lakukan. Berdasarkan hal tersebut, maka perlu dipertimbangkan biaya untuk menjaga kelembapan mata dengan obat tetes mata, termasuk obat-obatan yang digunakan, apakah mengandung pengawet atau tidak, karena mempengaruhi umur simpannya.

Pada saat yang sama, mata dapat menerima sekitar 0,03 ml larutan tetes mata, sedangkan satu tetes mata biasanya sekitar 0,05 ml, sehingga cukup untuk menghidrasi mata. Hindari menggunakannya di luar batas wajar, yang tidak hanya memboroskan larutan tetes mata, tetapi juga mempengaruhi beban biaya yang diperlukan untuk mempersiapkan pengobatan yang sedang berlangsung.

Rekomendasi Obat Tetes Terbaik untuk Mata Kering

Apakah Anda mengerti apa yang harus dipertimbangkan ketika memilih obat tetes mata? Jika iya, di bawah ini adalah obat tetes mata terbaik untuk mata kering. Pilih produk yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda, ya!

1. Visine Tears®

tetes mata kering
tetes mata kering

Apakah mata Anda kering dan gatal karena debu dan udara kering? Alih-alih menggosok, lebih baik menggunakan tetes mata Visine untuk menghilangkan rasa sakit. Visine Tears mengobati sensasi terbakar dan iritasi pada mata kering karena berbagai faktor.

Visine Tears, mengandung kombinasi elemen pelumas mata yang mirip dengan air mata buatan, menyegarkan mata yang kering, gatal dan iritasi lagi dalam satu atau dua tetes. Karena mengandung benzalkonium klorida, obat tetes mata ini tidak boleh digunakan dengan lensa kontak.

2. Kalbe Farma Navitae

Tetes mata cukup besar untuk dibawa kemana-mana. Jika Anda mengalami mata kering, gunakan tetes mata Navitae sebagai pertolongan pertama. Produk ini tidak hanya melumasi dan melembabkan mata yang kering, tetapi juga memberikan kenyamanan.

Obat tetes mata Kalbe Farma ini mengandung vitamin A yang dapat menyembuhkan kerusakan mekanis pada sel epitel kornea akibat pemakaian lensa kontak. Produk ini juga mengandung Vitamin E yang berperan sebagai antioksidan untuk mempercepat proses penyembuhan luka dengan mengurangi risiko peradangan akibat radikal bebas.

3. Kalbe Farma Matafres

tetes mata kering
tetes mata kering

Matafres adalah obat tetes mata terbaik dengan frekuensi minimal. Setiap vial berisi 0,4 ml larutan per tetes. Apakah Anda membutuhkan obat tetes mata bebas pengawet? Kalbe Farma Matafres ini dibuat tanpa bahan pengawet. Menariknya, obat tetes mata Matafres sangat praktis karena bisa juga digunakan dengan lensa kontak.

Melembabkan mata kering dengan obat tetes mata ini. Hanya 1-2 tetes 0,1% sodium hyaluronate langsung meredakan mata kering untuk kenyamanan maksimal. Dengan begitu Anda bisa kembali produktif. Jangan khawatir saat menggunakan Matafres, karena setelah diteteskan produk ini tidak menyebabkan penglihatan kabur.

4. Cendo Hyalub Minidose

Produk tinggi sodium hyaluronate per drop ini sangat efektif untuk mengatasi mata kering. Jika Anda ingin menghilangkan mata kering secepat mungkin, Anda harus mencoba obat tetes mata Cendo. Hanya saja Anda memerlukan panduan medis sebelum menggunakannya, mengingat obat tetes mata ini adalah obat keras.

Cendo Hyalub dibuat dalam bentuk mini dosis dan dipastikan tidak mengandung bahan pengawet. Produk ini berfungsi meredakan kelelahan mata dengan menyimpan molekul air dalam sodium hyaluronate yang menjaga permukaan mata tetap lembab. Berkat ini, mata kering dengan sensasi terbakar dan ketidaknyamanan akan hilang sesegera mungkin!

5. Konimex Braito Tears

Merek farmasi Konimex mendesain obat tetes mata yang mengandung air mata buatan untuk mata kering. Produk ini meredakan gejala mata kering seperti terbakar dan iritasi. Komponen air mata buatan yang terkandung di dalamnya bertindak cepat, melumasi dan menenangkan mata kering.

Braito Tears adalah obat tetes mata berkualitas yang perlu Anda coba. Bahan yang mengandung 0,3% hidroksipropilmetilselulosa adalah kunci untuk perawatan mata kering. Berharga secara ekonomis dan digabungkan ke dalam obat-obatan yang dijual bebas, Anda membelanjakan lebih efisien dan Anda tidak perlu khawatir kantong Anda akan jebol, misalnya Anda akan selalu membutuhkannya.

Kesimpulan

Ya, Anda telah mencapai akhir artikel! Berdasarkan sepuluh produk yang direkomendasikan di atas, obat tetes mata mana yang paling cocok untuk mata kering? Jangan lupa aspek-aspek yang harus diperhatikan selama proses seleksi, ya!

Pemilihan obat tetes mata harus disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi mata. Juga, gunakan dengan bijak untuk mencegah pemborosan dan menghindari efek berbahaya dari bahan-bahan yang dikandungnya. Jika mata kering tidak hilang setelah menggunakan obat tetes mata, segera periksakan ke dokter untuk pemeriksaan.