hit counter

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang Di Android

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang — Android merupakan salah satu basis smartphone yang paling populer dan banyak diminati oleh para pengguna smartphone. Selain akses yang mudah, opsi yang ditawarkan Android juga cukup menarik. Opsi yang banyak digunakan adalah aplikasi PlayStore.

Pengguna smartphone Android perlu sering menggunakan aplikasi PlayStore ini. Aplikasi PlayStore ini memungkinkan pengguna untuk mengunduh aplikasi pendukung untuk pengguna android. Namun, tidak jarang pengguna Android mengunduh aplikasi tidak melalui PlayStore, melainkan melalui situs web tertentu atau tautan tertentu.

Dengan cara ini, tidak jarang para pengguna Android terkadang mengalami masalah dengan aplikasi yang tidak dapat diunduh atau diinstal, atau yang biasa disebut dengan “tidak terpasang” dalam bahasa Indonesia. Masalah seperti ini sering mengganggu pengguna Android.

Jika Anda mengalami masalah seperti ini, Dear Signal adalah solusi sempurna untuk memperbaiki aplikasi yang tidak terpasang. Ada banyak hal yang membuat aplikasi tidak bisa diinstal di Android, apa saja itu?

Penyebab aplikasi tidak terpasang

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang
Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang

Kami menyebutkan sebelumnya bahwa aplikasi yang diunduh tidak diinstal karena beberapa kasus atau alasan. Ada beberapa opsi untuk tidak menginstal aplikasi di Android Anda. Berikut adalah beberapa alasan mengapa aplikasi tidak dapat diinstal.

  • Insufficient storage space

Alasan pertama biasanya adalah kapasitas memori smartphone yang penuh. Anda mungkin memiliki banyak aplikasi dan banyak data di ponsel cerdas Anda, itulah sebabnya aplikasi tidak dapat diinstal di perangkat Android Anda.

  • Corrupted apk or apk file

Masalah kedua, dan juga masalah yang sering dihadapi oleh pengguna Android, adalah kerusakan aplikasi yang diunduh. Ini biasanya terjadi ketika Anda mengunduh aplikasi, bukan melalui aplikasi Google PlayStore yang disediakan di Android.

Tidak jarang pengguna Android penasaran dengan suatu aplikasi, sehingga pengguna Android sering mengunduh aplikasi tersebut melalui browser di website tertentu, dan tidak jarang aplikasi yang diunduh mengalami kerusakan atau corrupt. Jadi masalahnya adalah aplikasi yang diunduh tidak dapat diinstal atau tidak dapat diinstal di Android.

  • Incorrect apk install location

Smartphone Android biasanya memiliki dua lokasi penyimpanan, yang pertama ada di memori ponsel dan yang kedua di SD card. Terkadang beberapa aplikasi dapat diunduh dan disimpan di memori telepon.

Namun, tidak jarang beberapa aplikasi diunduh dan disimpan di kartu SD. Jadi, sebelum Anda mengunduh dan menginstal aplikasi, pilih hosting yang sesuai. Jika Anda tidak tahu di mana harus menyimpan aplikasi, coba simpan di keduanya.

  • Installation on a mounted SD card

Masalah ini berarti Anda tidak dapat menginstal aplikasi di penyimpanan ponsel dan Anda harus menginstalnya di kartu SD. Dan masalahnya adalah kartu SD tidak dapat diakses. Biasanya, coba periksa kembali kartu SD yang Anda gunakan di laptop atau komputer di perangkat Android Anda.

  • Corrupted storage both SD Card and Memory Phone

Ini juga merupakan masalah umum bahwa aplikasi tidak diinstal di Android karena rusak atau memiliki memori yang tidak mencukupi.

Ini bisa terjadi dengan Android. Jika Anda benar-benar memiliki masalah dengan penyimpanan Android Anda atau rusak, itu berarti Anda tidak dapat menginstal aplikasi apa pun, bukan hanya aplikasi yang tidak dapat diinstal.

  • Apk signature/certificate clash

ini biasanya terjadi ketika Anda mengunduh dan menginstal aplikasi jahat. Misalnya, jika Anda ingin menggunakan aplikasi Adobe di Android, tetapi aplikasi Adobe tidak resmi. Jadi hal seperti ini bisa terjadi dan aplikasi tidak akan terpasang di Android.

  • Error

Alasan terakhir yang sering muncul saat aplikasi tidak terinstal adalah aplikasi error. Selain itu, sistem operasi yang kami gunakan terkadang menyebabkan kebingungan sementara. Nah, itu juga bisa menyebabkan aplikasi tidak bisa dipasang, lho.

Cara mengatasi aplikasi tidak terpasang

Setelah mengetahui hal-hal yang menyebabkan aplikasi tidak terpasang di Android, kali ini Anda dapat menemukan tips dan trik untuk memperbaiki aplikasi yang tidak terpasang di Android. Anda dapat menggunakan tip dan trik ini jika Anda mengalami masalah dengan aplikasi yang tidak menemukan lokasi. Berikut adalah beberapa cara untuk memperbaiki aplikasi yang tidak terpasang di Android:

  • Lakukan Restart

Cara pertama untuk memperbaiki aplikasi tidak terinstal yaitu dengan mencoba mematikan smartphone terlebih dahulu. Coba mulai ulang ponsel cerdas Anda. Atau, jika perlu atau memungkinkan, coba cabut baterai smartphone lalu restart Android.

Biasanya cara ini membantu mengatasi masalah aplikasi yang tidak terinstall. Setelah reboot atau reboot, coba instal aplikasi yang diinginkan di perangkat Android Anda.

  • Uninstal aplikasi yang tidak digunakan

Jika metode pertama untuk memperbaiki aplikasi yang dihapus tidak berfungsi, coba periksa aplikasi yang tidak lagi Anda gunakan. Seperti yang telah disebutkan, salah satu alasan aplikasi tidak diinstal adalah ruang penyimpanan yang penuh.

Kemudian coba hapus atau hapus instalan aplikasi yang tidak lagi Anda gunakan. Mungkin memori ponsel atau kartu SD Anda penuh dan tidak dapat menerima aplikasi lain.

  • Cek Storage atau penyimpanan internal 

Selain mencopot pemasangan aplikasi yang jarang digunakan, Anda harus memeriksa kapasitas penyimpanan memori internal atau memori internal ponsel Anda. Anda dapat memeriksa ini dengan memilih lebih banyak pengaturan dan kemudian mengajukan di bagian pengaturan.

Periksa apakah memori telepon sudah penuh atau tidak? Jika sudah penuh, bersihkan file sampah. Atau Anda dapat memindahkan data penting ke perangkat lain. Misalnya pada komputer desktop atau laptop.

  • Cek versi aplikasinya

Cara ketiga untuk melihat apakah aplikasi tidak terinstal adalah dengan memeriksa versi terbaru dari aplikasi yang ingin Anda instal. Anda mungkin telah menginstal aplikasi yang Anda inginkan, tetapi versinya berbeda. Karena itu, lebih baik memilih hanya satu versi.

Biasanya, aplikasi tidak dapat diinstal jika Anda sudah memiliki aplikasi yang sama di sistem Android Anda. Kemudian hapus instalan aplikasi yang sama. Pertahankan aplikasi yang sama, Anda tidak perlu menyimpan dua aplikasi yang sama dengan versi yang berbeda. Ini akan mengisi ruang penyimpanan Anda.

Anda bisa mendapatkan aplikasi versi lama ini dari sumber selain Google Play Store. Karena selain Google Play Store, ada toko aplikasi lain dan memungkinkan Anda untuk menginstal aplikasi ini di ponsel Android Anda.

  • Pastikan aplikasinya tidak error

Solusi aplikasi tidak terinstal di Android ketiga, silakan coba periksa kembali aplikasi yang ingin Anda instal. Pastikan aplikasi yang ingin Anda instal tidak memiliki masalah.

Juga, pastikan aplikasi yang ingin Anda instal tidak memiliki bug atau file yang rusak. Juga, Anda perlu memeriksa apakah aplikasi telah diinstal dengan benar atau tidak.

Periksa kembali saat menyalin dan menempel saat mengunduh dan menginstal aplikasi di Android. Karakter mungkin tidak dicantumkan saat Anda menyalin dan menempel.

Solusi selanjutnya adalah mengubah pengaturan Android dengan mengubah pengaturan jalur instalasi aplikasi Izinkan sistem Android Anda memilih jalur atau lokasi penyimpanan aplikasi yang ingin Anda instal.

  • Factory Reset 

Metode lain yang lebih sederhana dan lebih sederhana adalah mengembalikan pengaturan pabrik. Buka bagian pengaturan, temukan informasi telepon Anda dan pilih reset pabrik. Metode ini mengembalikan telepon ke pengaturan pabrik. Ingatlah bahwa yang terbaik adalah memindahkan data penting Anda terlebih dahulu.

Solusinya adalah dengan memformat ulang kartu SD atau memori aplikasi lainnya. Sebelum memformat ulang atau menghapus semua data di ruang penyimpanan, sebaiknya buat salinan cadangan atau simpan dan pindahkan file ke ponsel cerdas Anda.

Memformat ulang kartu SD akan secara otomatis menghapus semua data atau file yang ada. Jadi, selain format smartphone, Anda juga bisa memformat kartu SD atau micro SD.

Kesimpulan Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang

Itulah alasan dan cara mengatasi aplikasi yang tidak terpasang di Android. Jadi pertama-tama pastikan Anda ingin menginstal aplikasi yang ingin Anda instal. Jika ternyata masalahnya tidak terinstal, coba salah satu solusi di atas. Bagaimana menurutmu?