5 Rekomendasi Merk Ragi Instan Terbaik

Selamat datang di liputanberitaku.com Rekomendasi Merk Ragi Instan — Penggunaan ragi instan yang baik diperlukan untuk persiapan berbagai hidangan. Jadi apa sebenarnya ragi instan itu? Pada dasarnya, ragi atau yeast membuat adonan roti atau biskuit yang Anda buat menjadi lebih lembut. Dibandingkan dengan ragi kering dan basah, ragi instan dapat langsung dicampurkan ke dalam adonan tanpa harus dilarutkan terlebih dahulu.

Selain itu, ragi instan lebih halus daripada ragi aktif kering. Namun, ragi instan lebih cepat rusak, jadi segera pindahkan ke wadah kedap udara untuk penyimpanan jika tidak digunakan. Jadi bagaimana kita memilih merek ragi instan terbaik? Simak artikel review kami di bawah ini untuk mendapatkan informasi ragi instan lebih lengkap!

Cara Memilih Merk Ragi Instan yang Bagus

Rekomendasi Merk Ragi Instan
Rekomendasi Merk Ragi Instan

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih ragi instan yang baik, ya.

1. Pastikan untuk memilih ragi instan yang sesuai dengan kebutuhan

Makanan apa yang ingin Anda buat dengan ragi instan yang baik? Nah, pilihan ragi bisa ditentukan dari menunya, karena beberapa produk ragi hanya digunakan untuk menyiapkan menu tertentu.

Misalnya Anda ingin membuat donat untuk hasil yang maksimal jika menggunakan baking powder yang disiapkan khusus untuk donat. Namun, ada juga ragi instan yang dapat digunakan untuk mengembangkan berbagai adonan kue seperti pizza, cake pops, bakpao, corndog, cakwe, martabak dan kue lainnya.

2. Lihat kandungan bahan pada ragi instan

Tidak hanya ragi, ragi instan terbaik juga mendukungnya dengan bahan lain. Komposisinya bisa dilihat di belakang kemasan ya.

Salah satu bahan tersebut adalah emulsifier, atau sorbitan monostearate, yang berguna untuk memblender bahan-bahan yang sulit dicampur secara alami, seperti minyak dan air. Selain itu, kue akan terasa lebih enak dan tekstur yang dihasilkan dapat menjadi lebih lembut dengan adanya pengemulsi.

3. Pastikan ragi perlu ditambahkan gula atau tidak

Gula dan air biasanya diperlukan untuk mengaktifkan ragi dan meregangkan adonan. Tapi bukan berarti tidak ada ragi instan yang baik tanpa tambahan gula, ya.

Bahkan, kue yang dihasilkan juga enak dan lembut, meski ada sedikit atau tanpa tambahan gula, sehingga para pelaku diet merasa lebih santai saat menyantap kue yang sudah jadi. Sebagai alternatif, Anda dapat menggunakan gula yang dirancang khusus untuk diet, seperti Tropicana Slim.

4. Perhatikan tekstur ragi instan secara keseluruhan

Pada dasarnya, ragi instan yang baik memiliki tekstur yang halus seperti pasir, sehingga cukup berisik saat kemasannya dikocok. Juga, jika Anda menyentuh kemasannya, tidak ada gumpalan.

Jika Anda tidak dapat menemukan dua hal ini, hindari membeli produk ini karena ragi instan dapat terkontaminasi jamur, air, dll. Jika Anda berbelanja di pasar dan menerima produk di bawah standar, segera ajukan keluhan dengan video unboxing.

5. Cek aroma atau wangi ragi instan

Anda bisa merasakan aroma segar khas ragi instan, lho. Tentu saja, ini bisa menunjukkan bahwa Anda dapat menemukan ragi instan yang baik. Jika Anda menemukan sebaliknya, ragi mungkin tidak lagi cocok untuk digunakan. Juga, Anda tidak boleh memilih ragi instan yang tidak berbau untuk mengembangkan adonan kue yang akan dibuat.

6. Pilih kemasan ragi instan sesuai kebutuhan

Hal lain yang harus diperhatikan adalah jumlah ragi instan yang dibutuhkan untuk membuat adonan, rasa dan aroma kue. Jika tidak membutuhkan banyak ragi, pilihlah sachet sekali pakai yang banyak dijual di toko kelontong, Indomaret, Alfamart dan tempat lainnya.

Sementara itu, pemilihan ragi instan dalam skala besar akan lebih menguntungkan bagi mereka yang memiliki usaha kue kering atau kuliner, karena harganya lebih terjangkau. Jangan khawatir, jika masih ada sisa ragi instan harus disimpan dalam wadah kedap udara yang tertutup rapat agar tetap aktif.

Rekomendasi Merk Ragi Instan Terbaik

Banyaknya produk ragi instan yang dijual di pasaran terkadang membuat bingung untuk memilih yang mana. Yuk, simak beberapa rekomendasi merk ragi instan terbaik di bawah ini!

1. Saf Instant

apa itu ragi instan
apa itu ragi instan

Ragi instan yang bagus dan melegenda ini sudah ada puluhan tahun lho. Saf Instant adalah pilihan para profesional tidak hanya di sektor domestik, tetapi juga karena kualitasnya yang baik. Maka wajar saja jika produk tersebut kini dapat ditemukan di berbagai belahan dunia. Sekarang Anda tidak perlu khawatir jika sedang diet dan ingin membuat kue karena ada Saf Instant Red.

Ragi instan terbaik dikembangkan khusus untuk adonan kue rendah atau bebas gula. Bisa ditambahkan langsung ke tepung atau di awal adonan ya. Ragi Saf Instant kemudian dicampurkan secara merata dengan seluruh adonan, agar hasilnya lebih maksimal.

2. Fermipan

Fermipan

Apa perbedaan antara Fermipan dan ragi instan? Faktanya, Fermipan adalah salah satu merek ragi instan terbaik dan banyak dijual di toko kelontong, jadi Anda tidak perlu jauh-jauh untuk membelinya. Produk dikemas dalam kantong 11 gram dengan sobek kecil di sisi kanan untuk memudahkan pembukaan. Fermipan ini didatangkan dari PT Sangra Ratu Boga yang beroperasi di Jakarta.

Ragi instan terbaik ini memiliki BPOM, sehingga sangat aman digunakan untuk membuat donat empuk dan adonan kue lainnya. Meskipun ragi memiliki tekstur yang halus, produk ini bukan baking powder. Jika Anda menggunakan 1 kilogram tepung, Anda hanya perlu menambahkan tas.

3. Mauri-Pan

apa itu ragi instan
apa itu ragi instan

Penggunaan ragi instan yang baik dalam kemasan tas memang sangat praktis, karena bahkan bisa digunakan sekali. Tidak perlu mencari ruang penyimpanan untuk menjaga ragi tetap aktif. Harganya juga sangat menguntungkan, sehingga cocok untuk usaha kecil di bidang bakery dan kebutuhan rumah tangga. Nah, kurang lebih itulah yang menjadi ciri khas ragi instan Mauri-Pan ini.

Ragi instan produksi PT Indo Fermex di Bogor ini telah resmi terdaftar di BPOM dan mendapat sertifikat halal LPPOM MUI. Sementara beberapa merek ragi instan hanya mengandung ragi dan pengemulsi, Mauri-Pan juga mengandung vitamin C. Untuk hasil yang memuaskan, cukup tambahkan 1-2% dari jumlah tepung ke dalam ragi, atau gunakan 1 sachet ragi setiap 500 gram. dibuat dengan tepung.

4. Gloripan

Gloripan

Tidak jarang perusahaan yang menjual berbagai jenis kue menjadikan ragi sebagai bahan wajib. Nah, merk ragi instan yang bagus untuk pengembangan adonan adalah Gloripan. Produknya mudah ditemukan di berbagai toko online dan offline, ya. Selain ragi, Gloripan Instant Dry Yeast juga mengandung sorbitan monostearate atau emulsifier.

Yang keren dari Gloripan Instant Yeast adalah bisa secara efektif mengurangi waktu mengembang adonan, sehingga bisa membuat kue lebih cepat. Namun, jumlah ragi yang dapat digunakan hanya 0,8-1,2% dari total tepung, ya. Kemudian campurkan ragi langsung dengan sisa bahan kering sebelum menambahkan air. Ragi instan terbaik ini juga cocok untuk adonan roti dengan kadar gula 5-25%.

5. Angel

 

Pilih ragi instan Angel dalam kemasan putih dengan logo merah dan emas jika Anda ingin membuat adonan roti manis dengan kadar gula lebih dari 10% dari tepung. Plus, ragi lebih cepat, jadi Anda tidak perlu menunggu lama sampai adonan mengembang. Angel sendiri adalah merek ragi Cina yang legendaris lho. Proses produksi ragi dilakukan dengan menggunakan teknologi tinggi untuk menghasilkan produk terbaik.

Selain BPOM, ragi instan merek Angel juga telah disetujui oleh FSSAI atau Food Safety and Standards Authority of India. Oleh karena itu, kualitas produk terjamin dan dapat digunakan dengan aman untuk persiapan makanan. Ragi instan kemasan 500g atau lebih yang bagus lebih cocok untuk keperluan industri ya.

Kesimpulan

Nah, itulah ulasan tentang rekomendasi terbaik merek ragi instan dan beberapa informasi penting lainnya. Setiap orang harus membuat keputusan tentang ragi instan terbaik. Produk mana yang Anda pilih?

a.1