3 Cara Kirim Aplikasi Lewat Bluetooth dengan Mudah

Cara Kirim Aplikasi Lewat Bluetooth — Saat ini, ada banyak aplikasi Android yang bisa dipilih di Play Store. Ada aplikasi yang benar-benar diperlukan untuk ponsel atau hanya untuk kebutuhan. Untuk menginstal aplikasi ini, Anda perlu mengunduhnya menggunakan data seluler atau Wi-Fi Anda.

Apa yang harus dilakukan jika ketinggiannya rendah atau tidak ada jaringan Wi-Fi? Jangan khawatir, ada cara lain. Cara mudah untuk mendapatkan aplikasi android (apk) adalah dengan bertanya kepada teman Anda dan mengirimkannya melalui Bluetooth. Jadi Anda tidak lagi membutuhkan data untuk menginstal aplikasi yang Anda inginkan di smartphone Anda.

Sebelum harus bertanya kepada teman Anda apakah dia memiliki aplikasi yang Anda inginkan atau tidak? Jika demikian, minta dia untuk mengirim aplikasi melalui bluetooth menggunakan cara sederhana di bawah ini.

Cara Kirim Aplikasi Lewat Bluetooth
Cara Kirim Aplikasi Lewat Bluetooth

1. Menggunakan ShareCloud

Cara pertama untuk mengirim aplikasi melalui Bluetooth adalah dengan menggunakan aplikasi ShareCloud – Share in 1 Click. Aplikasi ini dapat diunduh dari Play Store dan merupakan aplikasi yang sangat populer karena lebih dari 50 juta pengguna Android telah menggunakannya. Unduh ShareCloud di sini.

Selain jaringan Bluetooth, aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mengirim aplikasi di jaringan HotSpot (tanpa data dan jaringan internet), email, WhatsApp, Dropbox, Google Drive, Facebook, dan lainnya (lebih dari 10 cara). Selain aplikasi, Anda dapat mengirim banyak file lain melalui ShareCloud, seperti foto, video, musik, dan dokumen.

Jadi, bagaimana cara mengirim aplikasi melalui Bluetooth dengan ShareCloud? Berikut langkah-langkahnya:

  • Unduh dan Pasang

Pertama, Anda perlu mengunduh aplikasi ShareCloud dari Play Store dan menginstalnya di ponsel Anda. Tautan unduhan ada di sini.

  • Aktifkan Bluetooth

Setelah berhasil menginstal aplikasi di perangkat Android Anda, aktifkan fungsi Bluetooth di ponsel pengirim dan penerima. Kemudian hubungkan (pasangkan) kedua jaringan Bluetooth tersebut.

  • Buka Aplikasi

Selanjutnya, buka aplikasi ShareCloud Anda dan klik bagian “Pilih File” di layar menu beranda. Kemudian pilih menu “Aplikasi” untuk mengirim aplikasi ke teman Anda. Jika Anda ingin mengirim lebih banyak file, pilih menu berdasarkan namanya, seperti “Musik”, “Video” dan “Gambar”.

  • Pilih Aplikasi

Pilih aplikasi yang ingin Anda bagikan, hanya satu aplikasi atau beberapa aplikasi sekaligus. Jika sudah, silahkan pilih menu “More” di bagian bawah. Selanjutnya, metode pengajuan aplikasi akan ditampilkan. Karena kita berbicara melalui Bluetooth, pilih metode ini.

  • Kirim

Hal terakhir adalah memilih ponsel orang yang Anda hubungkan ke jaringan Bluetooth. Setelah itu, tunggu hingga proses aplikasi selesai.

Ini adalah langkah-langkah sederhana untuk mengirim aplikasi melalui Bluetooth menggunakan aplikasi ShareCloud. Jika Anda ingin mengirim aplikasi dengan cara lain seperti WhatsApp atau email, silakan ikuti metode di atas dan pilih metode yang diinginkan seperti yang dijelaskan pada langkah keempat.

2. Menggunakan ES File Explorer File Manager

Cara mengirim aplikasi lewat Bluetooth selanjutnya adalah dengan menggunakan aplikasi ES File Explorer File Manager yang juga bisa diunduh dari Play Store. Padahal, tugas aplikasi ini adalah mengelola isi memori internal smartphone, seperti halnya File Manager di desktop. Unduh aplikasinya di sini.

Aplikasi ini memiliki banyak kegunaan seperti mentransfer aplikasi, gambar, musik, film, dokumen tanpa menggunakan data seluler dan kabel. Ini juga digunakan untuk mengelola file HP tempat Anda dapat memotong, menyalin, menempel, atau mengganti nama file.

Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengompres dan mendekompresi file ZIP dan membuka file RAR. Hal ini dikarenakan aplikasi ini sudah mendukung operasi untuk kedua jenis file tersebut. Hal lain yang dapat Anda lakukan adalah memutar musik atau video dan memeriksa gambar dan dokumen. Sangat lengkap bukan?

Jadi aplikasi ini dapat digunakan untuk mengirim aplikasi lain melalui jaringan Bluetooth? Tentu saja. Jika Anda ingin mencobanya, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Unduh dan Pasang

Seperti biasa, Anda harus terlebih dahulu mengunduh aplikasi ini dan menginstalnya di ponsel cerdas Anda. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis dari Play Store. Karena sangat berguna, ES File Explorer File Manager telah diunduh lebih dari 100 juta kali. Unduh aplikasinya di sini.

  • Aktifkan Bluetooth dan Buka Aplikasi

Jadi jangan lupa nyalakan Bluetooth di HP kamu dan HP teman kamu untuk minta file apknya. Kemudian jalankan ES File Explorer File Manager.

  • Pilih Aplikasi

Setelah masuk ke menu utama aplikasi, pilih bagian ‘APP’ dan di sana Anda akan menemukan aplikasi yang terinstal di smartphone Anda.

  • Kirim Aplikasi

Pada tampilan Aplikasi, pilih satu atau beberapa aplikasi yang ingin Anda bagikan dengan mengetuk dan menahan hingga opsi menu lain muncul di bagian bawah layar.

Setelah dipilih, klik ikon tiga titik vertikal pada menu di bagian bawah layar, lalu klik tombol “Bagikan”. Untuk mengirim aplikasi, pilih Bluetooth dan tunggu proses pengiriman selesai.

Ini adalah cara kedua untuk mencoba mengirim aplikasi melalui Bluetooth. Dibandingkan dengan yang pertama, aplikasi ini menawarkan fitur yang lebih berguna untuk ponsel cerdas Anda. Aplikasi ini juga dapat mengirim file lain dengan beberapa opsi seperti WhatsApp, Gmail, Skype, dan lainnya.

3. Menggunakan App Backup & Restore – Easiest backup tool

Ini adalah metode terakhir yang dapat Anda coba jika Anda ingin mengirim aplikasi melalui Bluetooth. Aplikasi ini disebut App Backup & Restore, alat pencadangan paling sederhana dan Anda dapat mengunduhnya secara gratis dari Play Store (lebih dari 5 juta unduhan). Anda dapat mengunduh aplikasi di sini.

Seperti namanya, tugas utama aplikasi ini adalah untuk mencadangkan dan memulihkan aplikasi di ponsel cerdas Anda. Namun, aplikasi ini juga dapat digunakan sebagai alat untuk mengirim aplikasi smartphone melalui jaringan Bluetooth. bagaimana? Berikut langkah-langkah sederhananya.

  • Unduh dan Pasang

Anda seharusnya sudah tahu apa yang harus dilakukan terlebih dahulu, yaitu mengunduh dan menginstal aplikasi ini di ponsel Android Anda. Untuk memudahkan pencarian, silahkan telan aplikasinya disini.

  • Aktifkan Bluetooth dan Buka Aplikasi

Nyalakan Bluetooth di kedua ponsel yang ingin Anda bagikan dan terima aplikasinya. Jangan lupa untuk masuk. Selanjutnya, buka Pencadangan & Pemulihan Aplikasi – Alat pencadangan paling sederhana.

  • Pilih Aplikasi

Di menu utama Anda akan melihat semua aplikasi di smartphone Anda. Pilih aplikasi yang ingin Anda bagikan dengan orang lain dengan mencentang kotak kecil di sebelah kanan nama aplikasi.

  • Kirim Aplikasi

Kemudian klik tombol “KIRIM” di sudut kanan atas menu aplikasi. Kemudian akan muncul menu pengiriman dan pilih “Kirim dari aplikasi lain”. Pilih Bluetooth untuk mengirim aplikasi. Ikuti prosedur untuk mengirimkan aplikasi melalui Bluetooth seperti biasa dan tunggu prosesnya selesai.

Kesimpulan Cara Kirim Aplikasi Lewat Bluetooth

Ini adalah cara mudah untuk mengirim aplikasi melalui Bluetooth. Selain aplikasi, Anda juga dapat mengirim file lain seperti foto, video, lagu, dokumen, dan lainnya menggunakan metode di atas. Mengirim file dengan aplikasi di atas tidak menggunakan data, sehingga menghemat kuota.