hit counter

Cara Mengatasi Flashdisk Write Protected

Cara Mengatasi Flashdisk Write Protected — Seperti yang Anda ketahui, flash adalah salah satu alat yang dibutuhkan banyak orang, baik untuk backup data maupun untuk mentransfer file dari satu laptop ke laptop lain. Namun, menggunakan flash drive dapat menyebabkan masalah, seperti tidak dikenali oleh flash dan bahkan memiliki masalah flash read-only.

Untuk itu, kali ini Carisign ingin berbagi cara mudah dan praktis mengalahkan flash drive write protected. Nah, jika Anda memiliki flash drive yang dilindungi tulis, jangan langsung menyimpulkan bahwa flash drive rusak, oke? Ini karena Anda dapat menemukan solusi sederhana untuk mengatasi flash read-only dengan cara-cara berikut.

Cara Mengatasi Flashdisk Write Protected

Cara Mengatasi Flashdisk Write Protected
Cara Mengatasi Flashdisk Write Protected

1. Manfaatkan CMD

Di masa lalu, CMD juga sangat berguna untuk menangani flash drive yang tidak dapat dibaca. Kali ini, CMD hadir lagi untuk menangani flash drive read-only. Tidak sulit dan Anda tidak memerlukan bantuan profesional karena Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Buka menu Windows dan cari langsung atau ketik “CMD” (tanpa tanda kutip).
  2. Setelah itu, Windows akan langsung memunculkan jendela Command Prompt seperti gambar di bawah ini.
  3. Langkah selanjutnya, sekarang Anda tinggal mengetikkan diskpart dan langsung klik enter.
  4. Sebuah jendela notifikasi akan otomatis muncul di mana Anda dapat memilih ya atau tidak. Nah, kamu bisa langsung klik Yes disini.
  5. Anda kemudian akan dihadapkan dengan jendela baru, setelah itu ketik di daftar disk dan langsung klik Enter lagi.
  6. Anda sekarang akan melihat beberapa disk yang dapat dibaca di laptop / komputer Anda untuk langkah selanjutnya. Nah sekarang pilihlah flash write protected. Di sini, flash drive read-only ada di disk 1. Itu sebabnya kami memasukkan perintah pilih disk 1 dan kemudian tombol Enter.
  7. Di bagian ini, Anda telah mengidentifikasi flash disk yang bermasalah, dan pada langkah berikutnya, Anda dapat memasukkan atribut read-only dari disk hapus. Jika ada, Anda bisa langsung masuk.
  8. Kemudian ketik clean lagi untuk menghapus dan membersihkan semua data pada flashdisk. Kemudian klik Enter lagi.
  9. Setelah membersihkan semua data, masukkan buat partisi primer. Seperti pada langkah sebelumnya, klik Enter here.
  10. Sekarang Anda hanya perlu mengetikkan fs = fat32 pada langkah terakhir. Dan seperti biasa, klik saja Enter.

Selesai dan flash drive dapat digunakan kembali secara normal tanpa masalah perlindungan penulisan. Sekarang Anda dapat langsung mengklik tombol “x” di sudut kanan atas jendela CMD. Bagaimana, sangat mudah bukan?

2. Atasi dengan Registry Editor

Namun, terkadang mengalahkan flash read-only menggunakan CMD mungkin gagal dan sebenarnya tidak berpengaruh. Namun Anda tidak perlu khawatir karena Carisignal masih memiliki solusi lain untuk memperbaiki flash drive yang dilindungi penulisan dengan cara yang mudah dan sederhana. Anda tidak perlu menggunakan aplikasi, cukup ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Buka jendela Regedit (Registry Editor) dengan mengetik Windows + R.
  2. Jika sudah, lanjutkan lagi dengan mengetik regedit dan klik OK atau langsung klik Enter pada keyboard laptop Anda.
  3. Kemudian Anda dapat melanjutkan dengan menemukan HKEY_LOCAL_MACHINE dan mengkliknya.
  4. Pada langkah selanjutnya, Anda dapat menemukan bagian Sistem dan mengkliknya.
  5. Di bagian Sistem, temukan dan klik bagian Kontrol, lalu buka halaman StorageDevicePolicies.
  6. Kemudian temukan opsi perlindungan tulis.
  7. Kemudian klik kanan dan pilih Edit.
  8. Di sini Anda perlu mengubah nilainya menjadi 0. Siap? Klik OK untuk melanjutkan.
  9. Langkah terakhir adalah segera cabut flashdisk dari port USB, lalu pasang kembali dan langsung format flashdisk. Nah sekarang flashdisk sudah bisa digunakan kembali secara normal tanpa ada masalah.

3. Gunakan Aplikasi

Selain dua cara yang disebutkan di atas, ada juga cara yang lebih sederhana, tetapi Anda harus menginstal aplikasinya terlebih dahulu. Ya, menggunakan aplikasi ini sangat mudah dan tidak memiliki langkah sebanyak dua metode sebelumnya, tetapi Anda harus mengunduhnya dan ada aplikasi berbayar juga. Berikut adalah beberapa aplikasi bagus untuk mengelola flash drive read-only:

  • Fat32

Untuk aplikasi ini hanya bisa dijalankan di PC/laptop Windows. Ini berarti bahwa pengguna Mac atau Linux tidak dapat menggunakan metode ini. Nah, mengatasi flash drive yang dilindungi penulisan dengan FAT32 sangat mudah dan sederhana.

Pertama-tama pastikan Anda sudah memiliki aplikasinya atau Anda dapat mengunduhnya langsung dari sini. Kemudian pilih flashdisk yang menyebabkan masalah dan klik Start. FAT32 secara otomatis mengalahkan perlindungan penulisan flash. Lebih praktis bukan?

  • USB Write Protected

Ada aplikasi bagus lainnya untuk mengelola flash drive yang dilindungi penulisan, USB Write Protected. Sesederhana Fat32, aplikasi ini hanya membutuhkan beberapa klik dan flash dapat digunakan seperti biasa.

Pertama, Anda dapat menginstal aplikasi di sini. Kemudian, klik kanan pada ikon aplikasi USB yang dilindungi penulisan dan pilih Jalankan sebagai administrator. Setelah itu, lebih banyak opsi akan muncul dan Anda hanya perlu memilih proteksi tulis untuk perangkat USB. Terakhir, klik Disable di bagian Write protection pada perangkat USB. Siap! Flash berhasil diperbaiki.

  • HP USB Disk Storage Format Tool

Aplikasi hebat lainnya untuk mengelola flash drive hanya-baca, kami merekomendasikan Alat Format Penyimpanan Disk USB HP. Tidak jauh berbeda dengan USB Write Protected, aplikasi ini dapat dengan mudah digunakan oleh orang awam untuk mengatasi masalah terkait flash.

Ini karena untuk menggunakannya, Anda perlu klik kanan dan pilih Run as administrator. Kemudian pilih flash drive dan klik Mulai. Jangan lupa untuk memeriksa bagian format cepat atau membuat disk boot DOS menggunakan file sistem di

Nah, sekarang tunggu beberapa saat aplikasi memulai proses troubleshooting pada flashdisk. Sangat mudah bukan? Jika Anda tertarik untuk menggunakan aplikasi ini, klik di sini untuk mengunduh dan menginstal aplikasi secara instan di laptop / PC Windows.

Ini adalah beberapa cara sederhana dan mudah untuk mengalahkan flash drive yang dilindungi penulisan. Anda juga harus tahu bahwa flash drive yang dilindungi penulisan biasanya muncul karena beberapa faktor, seperti mencabut flash drive dari port USB atau virus. Hal ini mengharuskan Anda untuk berhati-hati saat mengeluarkan pen drive dari laptop orang lain, ya. Mungkin berguna!