Cara Menampilkan Lirik di Spotify

Cara Menampilkan Lirik di Spotify — Ayo! Akui saja, siapa yang belum pernah mendengar tentang Spotify? Dimana sebelumnya kita mengandalkan Walkman atau Winamp untuk mendengarkan musik, kini banyak orang yang beralih ke Spotify.

Jadi Spotify adalah layanan streaming atau musik online yang diperkenalkan secara legal atau resmi. Hal ini dikarenakan platform ini juga merupakan penyedia hak cipta digital dari lagu-lagu yang diunggah.

Didirikan pada tahun 2016, Spotify menyajikan jutaan musik di seluruh dunia dalam berbagai genre. Layanan Swedia ini menawarkan dua model berlangganan, yaitu gratis dan premium, masing-masing dengan karakteristik berbeda.

Pada model gratis, pendengar tetap akan melihat iklan, tetapi pada model premium iklan tersebut dapat dihilangkan dan lagu dapat diunduh.

Fitur-Fitur di Spotify

Daniel EK, Martin Lorentzon dan Maria Giovini Anggasata Saantosa telah mengembangkan banyak fitur di platform musik mereka. Penasaran dengan fitur-fiturnya? Dear Signal berikut ini menjelaskan fitur-fitur Spotify satu per satu!

1. MembuatĀ Playlist

Salah satu fitur yang sering ditemukan di layanan musik adalah playlist, ditambah lagi fitur ini bisa kamu temukan di Spotify. Fitur ini memungkinkan Anda membuat daftar putar berdasarkan preferensi musik Anda.

Daftar putar itu sendiri biasanya berisi berbagai lagu yang Anda suka atau favorit. Anda kemudian dapat menyimpan lagu dan mengaksesnya, yang sering membuka Spotify. Jadi tidak perlu lagi ribet mencari atau mencari lagu favorit untuk diputar.

2. Lagu yang Berwarna

Mencari lagu-lagu Korea lama dari era 2000-an atau TVXQ? Seperti bank lagu, Anda dapat menemukan lagu untuk segala usia melalui Spotify. Spotify mengklaim bahwa pada tahun 2012 layanan musik ini memiliki koleksi lebih dari 20 juta lagu dari berbagai genre.

Sementara itu, pada tahun 2020 Spotify mampu mengumpulkan 70 juta lagu, 2,2 juta podcast dan 4 miliar playlist, tidak heran jika sumber daya media Spotify sangat melimpah dan beragam. Pengguna hanya perlu mencari dan memilih lagu yang ingin diputar, Spotify akan secara otomatis menyajikan lagu tersebut.

3. Layanan Radio

Seperti yang kita ketahui, tren fungsi radio built-in saat ini telah dimulai di beberapa smartphone. Pendengar radio yang setia, di sisi lain, jangan khawatir karena Anda dapat mengakses layanan radio lagi dengan menginstal aplikasi Spotify di smartphone Anda.

Layanan radio Spotify ini juga dapat mengakses siaran dari stasiun radio populer di seluruh dunia. Anda juga dapat menentukan jenis musik atau saluran yang Anda inginkan.

4. Terkoneksi dengan Media Sosial

Fitur lain yang sedang diuji di Spotify adalah berbagi musik yang Anda dengarkan dengan teman-teman Anda di media sosial, termasuk Instagram, Messenger, Facebook, Twitter, Line, SMS, Telegram, dan banyak lagi. Cukup klik menu Share untuk membagikan lagu favorit Anda di layanan streaming musik ini.

5. Mode Offline

Bagi pengguna premium Spotify, platform ini menawarkan fitur khusus, yakni adanya mode offline.

Anda dapat memutar atau memutar musik secara offline tanpa harus terhubung ke internet. Sangat berguna ketika kamu kehabisan kuota tapi tetap ingin bersantai dengan mendengarkan lagu-lagu di Spotify.

Cara Menampilkan Lirik Lagu di Spotify

Cara Menampilkan Lirik di Spotify
Cara Menampilkan Lirik di Spotify

Sedangkan bagi yang sering bernyanyi sambil melihat liriknya, jangan khawatir aplikasi musik ini juga bisa menampilkan liriknya. Hebatnya lagi, aplikasi ini mampu menyajikan cover, video pendek dan jalan cerita dari lagu yang sedang diputar.

Omong-omong, apakah Anda tahu cara melihat lirik di Spotify? Jika Anda belum tahu, kali ini Dear Signal akan memberi tahu Anda cara melihat lirik di Spotify. Simak pembahasan berikut ini:

1. Tanpa Aplikasi Pihak Ketiga

Metode ini cukup mudah diterapkan dan memakan waktu kurang dari 2 menit atau lebih tergantung pada kecepatan internet Anda. Ikuti saja langkah-langkahnya, ya!

  • Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengunjungi Play Store. Jika Anda tidak memiliki aplikasi Spotify, unduh di sini terlebih dahulu.
  • Lain halnya jika Anda sudah menginstal Spotify dan memastikan aplikasi Spotify diperbarui ke versi terbaru.
  • Aplikasi Spotify terbaru terbuka.
  • Pilih lagu untuk diputar.
  • Pada tampilan pemutar musik, geser layar ke bawah.
  • Dalam beberapa detik lirik lagu yang sedang diputar akan muncul.
  • Tekan kolom untuk melihat teks lengkap.
  • Ini dia! Mudah bukan?

2. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga (1Lyrics)

Adapun cara lain untuk melihat lirik yang dibawakan Spotify, adalah dengan menginstal aplikasi pihak ketiga bernama 1Lyrics. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk lebih jelasnya!

  • Pertama, buka Play Store di smartphone Anda. Kemudian ketik 1Lyrics di kotak pencarian atau kunjungi link di sini.
  • Setelah mengunduh aplikasi, segera instal dan izinkan semua akses ke aplikasi di ponsel cerdas Anda.
  • Dikirim dengan keluar dari aplikasi.
  • Kemudian buka aplikasi Spotify dan putar lagu favorit Anda di Spotify.
  • Maka teks lagu yang diputar oleh Spotify akan otomatis muncul di halaman notifikasi smartphone kamu.
  • Untuk melihat lirik lengkapnya, buka aplikasi 1Lyrics. Di halaman ini, lirik lagu yang sedang diputar secara otomatis disimpan di ekosistem aplikasi 1Lyrics.
  • Perhatikan bahwa jika aplikasi ini tidak disinkronkan dengan Spotify, Anda harus menggulir atau memindahkan lirik secara manual untuk melihat bait lirik berikutnya.

3. Mengunjungi Situs Genius

Jika cara sebelumnya tidak sesuai dengan keinginan Anda, masih ada cara lain yang bisa Anda coba, yaitu dengan mengunjungi situs Genius.

Meski tidak terintegrasi dan sinkron dengan Spotify, situs ini sepenuhnya mampu menyajikan teks-teks yang beredar di seluruh dunia. Apa saja langkah-langkahnya? Simak saja penjelasannya di bawah ini!

  • Sebelum memutar lagu di Spotify, silakan kunjungi Genius terlebih dahulu. Anda dapat membuka situs web di mesin pencari seperti Google Chrome atau Mozilla Firefox.
  • Setelah masuk ke halaman Genius, masuk ke kotak pencarian di pojok kiri atas.
  • Masukkan judul lagu yang ingin Anda cari.
  • Website akan secara otomatis menyajikan lirik lagu yang diinginkan.
  • Kemudian buka aplikasi Spotify dan putar lagu yang ingin Anda dengar.
  • Kemudian kembali ke situs Genius dan lihat lirik lagu yang sedang Anda dengarkan.
  • Voila, sekarang kamu bisa bermain karaoke!

Ini adalah cara untuk melihat lirik saat membuka layanan streaming musik Spotify. Metode mana yang menurut Anda mudah diterapkan atau Anda memiliki metode lain? Coba komen di kolom komentar! Agar tidak ketinggalan tips teknologi menarik, ikuti kami ya!