hit counter

Cara Merubah Font Android Dengan dan Tanpa Root

Cara Merubah Font Android — Font adalah salah satu elemen terpenting dari tampilan perangkat Android. Mengubah font Android, selain membuatnya lebih menyenangkan, juga memudahkan pengguna untuk membaca konten yang ditampilkan. Ada banyak cara untuk mengubah font Android yang bisa Anda coba.

Kali ini, kita akan melihat 4 cara mudah untuk mengubah font di smartphone atau tablet Android Anda. Ada beberapa metode yang membutuhkan root terlebih dahulu dan yang lainnya tidak. Berikut adalah langkah-langkah yang dikutip oleh MakeUseOf:

Cara Merubah Font Android

Cara Merubah Font Android
Cara Merubah Font Android

1. System Settings

Perangkat Android yang berjalan pada Stock ROM atau ROM default biasanya tidak memiliki kemampuan untuk mengubah font. Tapi sekarang beberapa produsen sudah mulai menambahkan fungsi ini. Salah satunya adalah smartphone Android yang diproduksi oleh Samsung.

Untuk perangkat Samsung yang lebih lama, Anda dapat mengubah font di Pengaturan> Perangkat> Font> Gaya Font. Sedangkan untuk perangkat Samsung yang sudah menjalankan Android 4.3, Anda dapat mengubahnya di Pengaturan> Perangkat saya> Tampilan> Gaya font.

cara mengganti font android
Selain itu, Samsung memiliki toko online tempat Anda dapat membeli jenis font baru. Untuk mengaksesnya, klik Unduh font online di halaman pertukaran font. Semua font dihargai antara $0,99 dan $3,99.

Selain perangkat Samsung, masih jarang perangkat dari pabrikan lain memiliki fitur ini. Jika perangkat Android Anda tidak memiliki fitur bawaan ini, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

2. HiFont

HiFont adalah aplikasi gratis di Play Store untuk mengubah font di Android. Aplikasi ini sangat mudah digunakan dan menawarkan ratusan font untuk menggantikan font default di berbagai versi smartphone Android Anda.

Meskipun menawarkan ratusan font, Anda masih dapat menginstal font lain melalui aplikasi ini. Menariknya, Anda dapat menghapus aplikasi ini setelah menginstal font yang Anda inginkan sehingga tidak menghabiskan memori internal perangkat Anda.

Aplikasi HiFont ini mendukung semua perangkat Samsung Galaxy dengan baik tanpa rooting terlebih dahulu. Seperti halnya perangkat lain, mereka biasanya perlu di-root terlebih dahulu.

3. Font Installer

Aplikasi berikutnya adalah Font Installer, juga tersedia gratis di Play Store. Aplikasi ini menyediakan ratusan font dan melalui aplikasi ini Anda dapat menginstal font khusus langsung dari kartu SD Anda. Font Installer juga merupakan salah satu aplikasi yang tersedia di ROM Toolbox Pro.

Sayangnya, apa pun jenis perangkat Android yang Anda gunakan, Anda harus melakukan root terlebih dahulu untuk menggunakan aplikasi ini. Oleh karena itu, jika Anda menggunakan perangkat Samsung, HiFont masih merupakan pilihan terbaik.

4. PerAppFonts

Cara mengganti font Android selanjutnya adalah dengan menggunakan PerAppFonts. PerAppFonts adalah aplikasi yang berada di Xposed Framework dan menawarkan fungsionalitas yang berbeda dari aplikasi lain. Ya, selain dapat mengubah seluruh font di perangkat Anda, aplikasi ini juga dapat mengubah font di beberapa aplikasi.

Salah satu kekurangan dari aplikasi ini adalah hanya menyediakan 8 jenis font: Monospace, Serif, Sans, Roboto Condensed, Storopia, Rosemary, Roboto Slab, dan font yang Anda gunakan sekarang. Tetapi Anda dapat menambahkannya dengan menentukan font pada kartu SD.

Xposed Framework yang sama bisa digunakan jika smartphone sudah di root, jadi otomatis berlaku juga untuk aplikasi PerAppFont. Pastikan Anda sudah familiar dengan sistem operasi Xposed Framework untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan selama proses instalasi.

Pilihan Font Terbaik untuk Android

Beberapa aplikasi di atas memungkinkan kita untuk menginstal font kita dari kartu SD. Jadi pertama-tama kita perlu mengunduh font android untuk menginstalnya. Salah satu tempat favorit saya untuk mengunduh font gratis adalah Google Font.

Google Fonts menawarkan banyak pilihan font gratis yang dapat digunakan di mana saja, termasuk perangkat Android. Nobile dan Roboto adalah dua font yang cukup populer di Google Font. Selain itu, seri Serif dan Sans-Serif juga cukup populer karena variasinya yang berbeda.

Serif Fonts

Huruf serif merupakan jenis huruf yang cukup banyak digunakan pada buku cetak, surat kabar, skripsi, dan berbagai tulisan formal lainnya. Font ini lebih formal daripada Sans-Serif dan paling mudah dibaca. Ada 6 jenis font Serif yang cukup banyak digunakan, yaitu:

  • Droid Serif: Awalnya, font ini dibuat khusus untuk layar kecil seperti smartphone Android, tetapi sekarang banyak digunakan di berbagai tempat.
  • PT Serif
  • Lora
  • Judson: Judson memiliki desain yang cukup bagus, tetapi jarang digunakan karena tidak memiliki gaya kursif yang berani.
  • Merriweather
  • Vollkorn: Sebuah font yang terlihat cukup bagus untuk ukuran kecil, tetapi tidak begitu bagus untuk ukuran besar.

Sans-Serif Fonts

Banyak orang menyebut Sans-Serif sebagai versi Serif yang lebih segar dan lebih modern. Versi ini juga lebih banyak digunakan untuk penulisan informal. Kata “Sans” sendiri berasal dari bahasa Perancis yang berarti “tanpa” atau “tidak”, jadi karakter apa pun yang dimulai dengan Sans adalah versi yang lebih baru dari versi aslinya.

  • Droid Sans: Font ini lebih populer daripada Droid Serif karena sebagian besar aplikasi seluler menggunakan font ini. Anda dapat dengan mudah menemukan font ini di aplikasi seluler atau situs web.
  • PT Sans
  • Open Sans
  • Lato: Lato adalah jenis huruf yang paling indah dalam keluarga Sans bila digabungkan di tempat yang tepat.
  • Roboto: Roboto adalah font yang cukup populer saat ini dan menjadi populer sejak menjadi font default di Android 4.0 Ice Cream Sandwich.
  • Cabin: Sama seperti Lato, font ini perlu ditempatkan pada posisi yang tepat untuk menjadi cantik. Jenis huruf ini secara luas disebut sebagai

pandangan modern tentang Century Gothic.
Selain Google Font, Anda bisa mendapatkan banyak font gratis dari FontSquirrel dan DaFont. Beberapa font terbaik yang tersedia melalui situs ini termasuk Alte Haas Grotesk, Anivers, dan DezenPro.

Kesimpulan Cara Merubah Font Android

Jika Anda menemukan font yang bagus saat menjelajahi web tetapi tidak tahu namanya, Anda dapat menggunakan Identifont dan WhatFont untuk mencari tahu. Pada dasarnya, gunakan font Android yang sangat cocok satu sama lain dan dapat membuat suasana hati Anda lebih ceria. Semoga berhasil dengan perubahan font Android di atas!