Cara Cloning Hardisk yang Mudah Dilakukan

Cara Cloning Hardisk  — Mengkloning hard drive berarti menyalin isi hard drive ke hard drive lain atau media data lainnya. Kloning harddisk berguna untuk menyalin semua data dan file dokumen ke dalam harddisk tanpa kehilangan satu file pun, apalagi jika file tersebut merupakan file penting yang tidak boleh hilang.

Saat mengkloning hard drive, semua file disalin secara langsung, termasuk file tersembunyi. Mengkloning hard drive seringkali diperlukan ketika Anda ingin mengganti atau menambah hard drive yang Anda gunakan saat ini tanpa perlu proses instal ulang.

Pentingnya Cloning Hardisk

Memindahkan data adalah proses sederhana ketika ada sedikit data atau dokumen. Namun bagaimana jika data yang ditransfer adalah milik perusahaan atau instansi besar dengan ribuan data? Juga, jika data adalah aset utama, itu memainkan peran penting bagi perusahaan.

Pada dasarnya, proses kloning data terdiri dari membuat salinan atau cadangan dari data asli. Tujuannya untuk menghindari potensi kehilangan data yang suatu saat mungkin disebabkan oleh hal lain. Selanjutnya, data yang disimpan pada pembawa data lain juga dapat digunakan sebagai data asli.

Hal yang Diutuhkan dalam Proses Cloning Hardisk

Sebelum melakukan kloning hardisk, Anda perlu memahami tiga hal utama yaitu sumber hardisk, tujuan hardisk dan aplikasi kloning.

1. Hardisk

Hal pertama yang harus dimasukkan adalah hard drive lama dan hard drive baru. Idealnya, Anda harus menggunakan hard drive yang lebih besar dari hard drive lama Anda untuk melakukan proses transfer ini. Namun, tidak apa-apa untuk beralih dari unit yang lebih besar ke yang lebih kecil.

Misalnya, Anda sebelumnya membeli hard drive yang sangat besar dan menemukan bahwa hard drive memiliki kecepatan rendah dan Anda perlu membeli hard drive yang lebih kecil dengan kecepatan migrasi yang lebih cepat atau membeli SSD berkapasitas lebih rendah.

2. Aplikasi Cloning

Item berikutnya yang perlu Anda miliki adalah aplikasi kloning drive. Saat ini, ada banyak aplikasi kloning yang sangat bagus. Namun, Anda harus berhati-hati saat menggunakannya karena aplikasi kloning berisi banyak komponen dan fitur canggih.

Aplikasi khusus pada fitur ini sangat membantu dalam proses migrasi data, namun biasanya banyak mengandung error. Nah, untuk meminimalisir kesalahan, yuk pilih aplikasi dengan fitur gratis yang mudah digunakan namun praktis.

3. Koneksi untuk Hardware

Sebelum mengolah data dari hardisk lama ke hardisk baru, pastikan hardisk komputer atau laptop Anda dalam kondisi baik. Jika Anda menggunakan komputer desktop, yang perlu Anda lakukan hanyalah membuka casing dan menghubungkan hard drive baru langsung ke motherboard.

Namun, jika Anda menggunakan adaptor USB, disarankan agar Anda menggunakan adaptor USB 3.0 melalui port USB 3.0 dengan adaptor SATA / IDE. Berdasarkan percobaan programmer, kloning HDD melalui USB 3.0 lebih cepat 250-300% dibandingkan dengan menggunakan USB 2.0.

Setelah Anda memiliki hard drive, saatnya mengunduh aplikasi kloning dan mendapatkan hard drive baru yang sudah terhubung ke komputer atau laptop Anda. Anda dapat menggunakan port SATA motherboard atau melalui adaptor USB.

Cara Cloning Hardisk
Cara Cloning Hardisk

Cara Cloning Hardisk

Ada banyak cara untuk mengkloning data. Yang pertama adalah kloning disk dan yang kedua adalah kloning partisi. Kedua klon tersebut dibedakan menurut sumber dan hasil yang diperoleh. Jika yang kita lakukan adalah mengkloning disk, maka disk yang dikloning adalah disk penuh. Namun, jika Anda mengkloning partisi, hanya partisi tertentu yang akan diduplikasi.

1. Menggunakan Aplikasi EaseUS Todo Backup

Mengkloning hard drive cukup sederhana menggunakan aplikasi EaseUS Todo. Sebelum mulai mengkloning data dari hard drive lama ke hard drive baru, jadikan hard drive baru sebagai hard drive eksternal.
Jika Anda ingin mengkloning hard drive dari laptop, gunakan kabel SATA ke USB atau gunakan casing HDD untuk mengubah hard drive internal menjadi HDD eksternal. Setelah itu, Anda dapat mengunduh aplikasi EaseUS. Metodenya adalah sebagai berikut:

  • Pilih Tombol Clone Lalu Centang Pada Hardisk yang Akan Kamu Cloning

Setelah mengunduh EaseUS Todo Backup Home, jalankan operasinya. Kemudian pilih tombol Klon. Tombolnya terletak di pojok kanan atas. Periksa hard drive yang ingin Anda kloning. Perhatikan bahwa pemeriksaan hard drive tidak hanya berjalan di drive C. Ini karena komputer tidak bisa boot. Unduh aplikasinya di sini.

  • Pilih Hardisk Tujuan

Untuk memindahkan file atau data dari hardisk lama ke hardisk baru, langkah memilih hardisk tujuan prosesnya sama yaitu centang pilihan hardisk baru, jangan pilih partisi. Kemudian tunggu hingga proses selesai. Durasi proses penyalinan dan migrasi data tergantung pada jumlah data yang disimpan di hard drive. Jika data tidak terlalu banyak, transfer data otomatis tidak akan memakan waktu lama.

Anda harus tahu bahwa selain mengkloning data dari hard drive, EaseUS Todo Backup Free adalah salah satu fitur perangkat lunak pencadangan terbaik saat ini. Dengan software ini Anda dapat membackup data seperti file, partisi atau sistem operasi. Tidak perlu menginstal ulang sistem operasi karena semua data yang diperlukan pada hard drive sudah tersedia di hard drive baru.

2. Cloning Hardisk di Windows dengan DiscWizard

Metode di bawah ini adalah untuk mereka yang ingin mengkloning dari komputer desktop Windows dengan kedua hard drive terhubung langsung ke motherboard SATA / PATA. Anda harus tahu bahwa DiscWizard tidak mengkloning partisi apa pun. Ini akan mengkloning seluruh disk.

  • Hidupkan Software Discwizard

Pada tab Alat, klik Kloning Disk. Kemudian pilih Auto Clone agar partisi harddisk sumber dapat secara otomatis diubah ukurannya dan proporsional dengan harddisk baru. Kemudian, pada hard drive lama, pilih sebagai drive sumber dan klik Next. Pilih hard drive baru sebagai tujuan untuk kumpulan penyimpanan hard drive berikutnya. Selanjutnya, klik Berikutnya.

  • Hapus Semua Partisi Hardisk

Jika hard drive target dipartisi, klik OK untuk mengizinkan DiscWizard menghapus semua partisi hard drive sebelum kloning. Tinjau layar operasi dan ringkasan dan klik Berikutnya. Pada titik ini, kloning akan dimulai dan jendela kemajuan proses kloning akan ditampilkan.

Jika Anda mengkloning disk dengan sistem operasi yang berjalan, program akan memerlukan reboot. Klik tombol restart untuk melanjutkan proses kloning. Namun, jika Anda menekan Batal, kloning berhenti.

  • Reboot Setelah Cloning Selesai

Komputer akan reboot ke lingkungan pra-Windows di mana kloning akan dilakukan. Setelah proses kloning selesai, Anda dapat mematikan komputer dan melepaskan hard drive sumber.

Ingat! Setelah proses kloning selesai, jangan memformat atau menghapus disk sumber sampai Anda yakin bahwa disk baru telah berhasil dimulai. Hal ini penting untuk mencegah file master hilang sehingga dapat digunakan sebagai sumber referensi data atau file.

3. Cloning Hardisk di MacOS dengan SuperDuper

Pengguna Mac harus memahami kemungkinan bahwa SuperDuper akan gagal menghapus duplikat data. Sebelumnya Anda harus menghapus file yang berlebihan dan kemudian Anda dapat memulai proses kloning.

  • Install SuperDuper

Untuk mengkloning hard drive lama, Anda memerlukan izin untuk mengakses seluruh komputer. Setelah menginstal perangkat lunak, SuperDuper akan meluncurkan aplikasi System Preferences. Kemudian klik Kunci dan masukkan kata sandi. Kemudian klik tanda +, jelajahi aplikasi dan pilih SuperDuper. Sekarang mulai proses kloning data dengan memulai SuperDuper. Kemudian klik pada entri kosong di Salin dan pilih disk yang ingin Anda pindahkan.

  • Salin File Pada Hardisk Target

Langkah selanjutnya adalah menyalin file atau data ke hard drive lama. Tunggu hingga proses copy data selesai. Proses ini bisa memakan waktu berjam-jam, terutama jika gigabyte data tersedia. Anda dapat melakukan hal lain sambil menunggu proses migrasi data selesai.

Jika transfer data berhasil, Anda dapat boot dari hard drive kloning. Untuk melakukan ini, tahan tombol Option selama proses boot. Atau Anda dapat menyimpan hard drive ke Mac lain atau semacamnya.

Kesimpulan Cara Cloning Hardisk 

Demikian informasi mengenai kloning harddisk pada Windows dan Mac, keduanya mudah dan praktis untuk diterapkan. Semoga beruntung!