Cara Menyimpan Instagram Story atau Snapgram dengan Mudah

Cara Menyimpan Instagram Story–Jika Anda pengguna Instagram aktif, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan Instastory, bukan? Ya, Instagram Story atau lebih sering disingkat Instastory adalah salah satu fitur Instagram yang sangat populer terutama di kalangan anak muda dan para selebriti juga menggunakan fitur Instastory.

Secara default, Instagram Stories hanya dapat menyimpan cerita selama 24 jam. Namun, tahukah Anda bahwa Instagram Stories dapat menyimpan cerita lebih dari 24 jam? Tidak hanya itu, bahkan fungsi Instastory telah diperluas dengan hadirnya fungsi untuk menyimpan cerita.

Nah, di bawah ini adalah tutorial cara menyimpan Instagram Stories. Pertama, Anda harus tahu dulu bahwa Instagram Story dan Snapgram adalah hal yang sama. Istilah Snapgram dikatakan muncul karena fitur Instagram Story terlihat mirip dengan Snapchat. Jadi tidak ada yang membingungkan kedua istilah ini. Namun, di sini kita akan menggunakan Instagram Story alih-alih Snapgram untuk menghindari kebingungan.

Cara Menyimpan Instagram Story
Cara Menyimpan Instagram Story

Cara Mengubah Pengaturan Instastory

Sebelum mengakses bagian simpan cerita Anda, Anda perlu memastikan bahwa pengaturan Instastory sudah benar. Arti “benar” di sini berarti Anda telah mengatur cerita untuk disimpan secara bebas, di galeri ponsel atau di arsip Instagram.

Jika Anda belum mengaturnya atau tidak tahu cara mengubah pengaturan Instastory, berikut adalah tutorial termudah untuk mengatur Instastory:

  • Masuk ke akun Instagram Anda.
  • Kemudian buka profil Instagram Anda dan klik ikon + di sudut kanan atas.
  • Setelah menu Create New muncul, klik History.
  • Di layar baru yang muncul, klik ikon pengaturan di sudut kiri atas.
  • Klik Cerita.
  • Kemudian aktifkan opsi Simpan ke Galeri dan Simpan Cerita ke Arsip.
  • Setelah selesai, klik Selesai di sudut kanan atas.

Cara Menyimpan Story Secara Langsung

Anda sekarang telah menyiapkan Instastory untuk menyimpan cerita Anda. Nah, cara pertama untuk menyimpan story kamu adalah dengan menggunakan fitur Save yang disediakan oleh Instagram. Ya, Instagram telah mengembangkan aplikasi media sosialnya dengan berbagai fitur yang diminta oleh penggunanya.

Selain menambahkan fitur Instastory, Instagram juga menyediakan fitur untuk menyimpan cerita langsung dari Instastory yang diperbarui. Untuk menyimpan, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Masuk ke akun Instagram Anda.
  2. Kemudian kamu bisa langsung klik fungsi Instastory akun Instagram kamu.
  3. Selanjutnya kamu akan otomatis masuk ke Instastory. Bahkan, Instastory juga akan menampilkan semua cerita yang Anda ketik di Instastory.
  4. Kemudian kamu bisa langsung memilih story mana yang ingin kamu simpan.
  5. Kemudian klik langsung More di pojok kanan bawah.
  6. Jika Anda mengklik opsi Lainnya, Anda akan melihat banyak opsi seperti Hapus, Bagikan sebagai pos dan salah satunya adalah Simpan foto. Nah, klik tombol Simpan Foto. Cerita secara otomatis disimpan di galeri ponsel.

Namun, perlu diingat juga bahwa cara ini hanya bisa menyimpan story di Instastory akun Instagram pribadi kamu. Jadi kamu tidak bisa menyimpan cerita orang lain menggunakan cara ini.

Cara Menyimpan Story di Arsip Instagram

Nah, tutorial selanjutnya adalah cara menyimpan story ke arsip Instagram. Ya, seperti yang dijelaskan di atas, Instagram memiliki fitur arsip yang menyimpan semua cerita di Instagram pengguna Instagram.

Arsip itu sendiri untuk pengguna Instagram yang mungkin ingin memperbarui cerita yang sama di masa mendatang. Jika Anda adalah pengguna Instagram yang aktif menggunakan Instastory, fitur pengarsipan ini sangat berguna untuk menyimpan cerita individu. Nah, seperti:

  • Masuk ke akun Instagram yang Anda miliki.
  • Anda kemudian dapat langsung masuk ke profil Instagram Anda dan mengklik langsung ikon tiga garis di sudut kanan atas.
  • Klik Check In.
  • Setelah itu, Instagram akan menampilkan semua cerita yang telah diperbarui di Instastory dan semua cerita Anda telah disimpan di arsip Instagram.

Jadi Anda tidak perlu mengklik Simpan atau simpan secara manual di sini. Karena pada awalnya Anda memutuskan untuk menyimpan semua cerita dalam arsip di Instagram. Sangat mudah bukan?

Nah, jika cerita yang diperbarui telah menghilang dari Instastory, Anda dapat memulihkan cerita dari arsip. Anda kemudian dapat menyimpannya ke galeri HP Anda dan memperbaruinya lagi di Instastory Anda. Jadi jangan khawatir tentang riwayat Anda dihapus secara permanen!

Cara Menyimpan Story Orang Lain

Faktanya, Instagram tidak menyediakan fitur untuk menyimpan story orang lain. Namun, Anda dapat mengikuti tips dan trik untuk menyimpan cerita orang lain menggunakan aplikasi pihak ketiga. Ya, Anda memerlukan aplikasi tambahan untuk menyimpan cerita orang lain. Nah, berikut ini kami rekomendasikan dua aplikasi untuk kamu simpan Instagram Stories orang lain.

Sebelum Anda melakukan ini, harap perhatikan bahwa aplikasi ini tidak berafiliasi dengan Instagram. Selain itu, sesuai prosedur hak cipta pengguna Instagram, Anda perlu meminta izin kepada pemilik postingan Instagram jika ingin memposting ulang. Jadi, pastikan Anda memiliki izin sebelum mengunduh atau menyimpan konten dari akun Instagram orang lain.

1. Story Saver for Instagram Video Downloader Instore

Story Saver for Instagram Instore tidak hanya digunakan untuk menyimpan cerita Instagram, tetapi juga untuk mengunduh foto dan video Instagram. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan Hashtag Generator, Caption Generator, Collage Maker dan DP Downloader.

2. Story Saver for Instagram – Story Assistant

Tidak jauh berbeda dengan Story Saver for Instagram di atas, aplikasi yang telah diunduh lebih dari 5 juta kali ini memiliki fungsi dan pengoperasian yang sama. Di sini Anda hanya perlu login atau masuk ke akun Instagram Anda.

Kemudian pilih akun teman tempat Anda ingin menyimpan cerita. Kemudian pilih video atau cerita foto yang ingin Anda simpan. Kemudian klik Simpan untuk menyimpan cerita orang lain. Tertarik dengan Story Saver untuk Instagram – Asisten Cerita?

Cara Menggunakan Highlight Story

Belum lama ini, Instagram mengembangkan aplikasinya dengan memperkenalkan fitur Highlight Story. Fitur tunggal ini memungkinkan Anda untuk menyimpan cerita untuk waktu yang lama dan lebih dari 24 jam.

Stories yang disimpan di Featured Stories tetap bisa dilihat oleh pengguna Instagram lainnya. Hanya saja cerita yang disimpan di Highlight Story tidak akan masuk ke galeri ponselmu, oke? Konsep Cerita Sorotan seperti membuat folder untuk cerita Anda. Nah, berikut ini cara menggunakan Highlight Story:

  • Masuk ke akun Instagram pribadi Anda.
  • Kemudian kamu bisa langsung klik dan masuk ke Instastory akun Instagram kamu. Kemudian klik Sorot di bagian bawah.
  • Secara otomatis akan muncul di mana Anda perlu memasukkan nama Highlight untuk Snapgram. Masukkan nama dan klik Tambah setelah selesai.
  • Sekarang cerita unggulan Anda selesai dan Anda dapat melihatnya di profil Instagram Anda.

Berikut cara menyimpan story Instagram atau Snapgram dengan mudah. Sekali lagi, Anda tidak boleh sembarangan memposting ulang konten Instagram orang lain karena memiliki hak cipta. Ada baiknya untuk meminta izin kepada pemilik postingan Instagram terlebih dahulu sebelum menyimpan atau bahkan memposting ulang konten tersebut.