5 Perbedaan Notebook dan Netbook yang Harus Anda Ketahui

Perbedaan Notebook dan Netbook–Jika sebelumnya komputer hanya bisa digunakan di satu tempat, sekarang Anda bisa membuka komputer di mana-mana. Tentu saja bukan komputer desktop yang besar dan tidak praktis. Namun perangkat yang bisa dibawa kemana-mana disebut juga dengan laptop, atau banyak orang menyebutnya sebagai laptop atau notebook.

Laptop atau notebook memang sangat digemari karena banyak orang yang menggunakannya saat ini. Lebih praktis, lebih hemat energi, dan bisa dibawa kemana-mana.

Namun tahukah Anda bahwa notebook atau laptop sebenarnya adalah dua perangkat yang identik namun berbeda? Tahukah Anda bahwa ada versi lain yang serupa tetapi lebih kecil yang disebut netbook? Daripada bingung sebelum menjawab, Dear Signal lebih baik membicarakan laptop, notebook, dan netbook saja.

Laptop pada awalnya merupakan perangkat komputasi portabel dengan layar 18 inci. Makanya, laptop dengan layar 18 inci biasa disebut laptop. Hanya seiring berjalannya waktu, nama laptop diterapkan ke semua jenis laptop, berapa pun ukuran layarnya.

Meski ada laptop dengan ukuran layar 18 inci, tapi biasa disebut notebook. Namun akhir-akhir ini istilah notebook dan laptop menjadi saling dipertukarkan. Oleh karena itu, istilah laptop mengacu pada komputer yang perlu diangkut, tidak harus berukuran 18 inci.

Selain laptop dan notebook, ada istilah lain yaitu netbook. Netbook ini mengacu pada kata “internet” dan “buku”. Istilah ini mengacu pada perangkat yang dapat menjelajah internet dan dapat dibawa kemana saja, misalnya buku dan netbook yang kadang disebut laptop.

Munculnya istilah notebook dan netbook membingungkan banyak orang, apa perbedaan keduanya? Mengapa ada dua istilah yang sebenarnya bisa disebut dengan nama, yaitu laptop atau notebook saja? Untuk menjawab kedua pertanyaan tersebut, mari kita lihat perbedaan antara notebook dan netbook di bawah ini.

Perbedaan Notebook dan Netbook
Perbedaan Notebook dan Netbook

1. Dimensi Layar

Ciri khas paling khas dari laptop yang disebut notebook atau netbook adalah ukuran layarnya. Laptop dengan ukuran layar 12-17 inci umumnya disebut notebook. Sedangkan laptop dengan ukuran layar 7 sampai 11 inci disebut netbook.

Dengan munculnya smartphone dan tablet, popularitas netbook dengan layar kecil telah menurun. Saat ini sudah tidak mungkin lagi menemukan netbook dengan ukuran layar 7-10 inci.

Nah, yang disebut netbook adalah laptop dengan ukuran layar 10-12 inci. Sementara perangkat dengan layar 10 inci atau kurang biasanya ditemukan di tablet, mereka sekarang dapat menggantikan netbook berkat kehadiran keyboard.

2. Bobot

Karena netbook memiliki layar yang lebih kecil, mereka relatif lebih ringan daripada notebook. Netbook didesain lebih kecil sehingga lebih mudah dibawa kemana-mana, karena biasanya beratnya kurang dari 2 kilogram.

Notebook memang ringan, tapi tidak seringan netbook. Hanya saja belakangan ini banyak notebook dengan layar 12 inci atau lebih besar yang tipis dan ringan. Jadi soal berat sebenarnya relatif, karena saat ini ada notebook di bawah 2 kilogram.

3. Kehadiran DVD

Header DVD adalah salah satu perbedaan antara notebook dan netbook. Notebook biasanya dilengkapi dengan DVD. Ukuran notebook yang besar memungkinkan adanya slot untuk DVD atau DVD. Netbook tidak memiliki slot DVD karena desainnya yang kecil.

Padahal, secara teknologi, keberadaan DVD di laptop bukanlah hal yang paling penting. Karena notebook masa kini cenderung memiliki ujung yang tipis dan Anda dapat menambahkan DVD sendiri jika perlu menggunakan DVD eksternal. Tetapi banyak notebook masih memiliki slot DVD.

4. Prosesor

Perbedaan notebook dengan netbook lainnya adalah pada prosesornya. Netbook umumnya laptop yang menggunakan prosesor low-end. Prosesornya juga cukup lambat saat menggunakan netbook heavy-duty.

Tujuan penggunaan prosesor kelas bawah adalah untuk lebih hemat energi, karena netbook biasanya dibawa kemana-mana dan biasanya hanya digunakan untuk browsing internet dan mengetik ringan.

Prosesor notebook berkisar dari low-end hingga high-end. Notebook dengan prosesor low-end biasanya digunakan untuk kebutuhan dasar seperti mengetik, menonton film, browsing internet dan mengedit foto ringan.

Notebook dengan prosesor kelas atas biasanya digunakan untuk pekerjaan berat dan game. Untuk itu, muncul istilah khusus untuk notebook sekelas ini, yakni notebook premium dan notebook gaming.

5. RAM

Netbook ketika pertama kali keluar (sekitar 2007-2008) memiliki antara 512MB dan 1GB RAM. Saat ini, produsen netbook biasanya hanya menawarkan RAM 2GB. Namun RAM 2GB saat ini sepertinya kurang, apalagi untuk sistem operasi seperti Windows 10.

Asus menjadi salah satu brand yang masih menawarkan netbook dengan RAM 2GB melalui seri E202. Ada juga netbook dengan RAM lebih besar, seri E203 yang hadir dengan RAM 4GB.

Jika tidak, tidak ada netbook dengan RAM lebih dari 4 GB. Paling-paling, biasanya laptop 12 inci yang memiliki desain lebih kecil dan berada di kelas premium. Sementara itu, notebook tersedia dalam berbagai varian RAM, mulai dari 2GB, 4GB, 8GB, 16GB, bahkan ada yang sampai 32GB RAM.

Ini adalah 5 perbedaan antara netbook dan notebook. Sekarang sangat jelas apa yang bisa disebut notebook dan netbook. Tidak ada lagi yang membingungkan kedua istilah tersebut. Namun, jika Anda bingung memilih perangkat netbook atau notebook, Dear Signal menyarankan untuk menggunakan notebook saja.

Mengapa Anda membutuhkan buku catatan? Saat ini, persyaratan pemrosesan data lebih ketat dan netbook cukup ketinggalan dalam hal ini. Ukuran file saat ini juga rata-rata besar, dan netbook cenderung memiliki kapasitas penyimpanan yang kecil, biasanya hanya 320GB.

Alasan lainnya adalah banyak notebook sekarang lebih tipis, lebih ringan, dan layarnya tetap besar. Pilih notebook untuk kebutuhan bisnis dan produktivitas Anda. Dan ingat, belilah notebook yang sesuai dengan budget dan kebutuhan Anda.