hit counter

Cara Mengeluarkan Air dari Speaker HP dengan Mudah

Mengeluarkan Air dari Speaker–Jangan panik jika ponsel Anda jatuh ke air karena ada cara mudah untuk mengeluarkan air dari speaker HP. Sebagai perangkat elektronik, HP sangat rentan terhadap kerusakan saat terkena air, terutama speaker. Jika speaker rusak, kinerja HP ​​tentu akan menurun karena tidak akan mampu menghasilkan suara yang optimal.

Speaker yang terkena air dapat mengalami berbagai kerusakan, seperti suara menjadi kecil dan tidak dapat menghasilkan suara apapun. Untuk menghindari kerusakan yang lebih parah, Anda disarankan untuk segera membersihkan air yang masuk ke speaker HP. Ada banyak cara untuk menghilangkan air dari speaker HP Anda, yang bisa disesuaikan dengan tipe HP Anda.

Untuk detail lebih lanjut tentang cara menghilangkan air dari speaker HP untuk iPhone atau Android, lihat ulasan di bawah ini.

Cara Mengeluarkan Air dari Speaker HP

Karena speaker HP menyerap air, speaker mungkin tidak berfungsi dengan baik. Oleh karena itu, jika terjadi kontak yang tidak disengaja dengan air pada ponsel, segera lakukan tindakan untuk menghindari kerusakan serius. Ada banyak cara untuk melakukan ini baik untuk tipe baterai yang terpasang maupun tipe HP normal. Berikut adalah beberapa cara yang lebih umum untuk menghilangkan air dari speaker HP.

1. Cek Pengaturan Volume HP

Cara pertama untuk mengeluarkan air dari speaker HP adalah dengan memeriksa pengaturan volume HP. Anda perlu memastikan bahwa suara yang dikeluarkan dari speaker masih normal atau tidak. Kemungkinan masalahnya adalah pengaturan volume yang salah, bukan airnya.

2. Lakukan Tes pada Speaker HP

Jika cara pertama tidak berhasil, Anda bisa mencoba cara berikutnya dengan menguji speaker HP. Caranya adalah dengan menggunakan kode verifikasi atau kode informasi perangkat keras. Tujuan dari metode ini adalah untuk mengetahui apakah speaker rusak atau tidak sebelum membongkar komponen speaker.

3. Bersihkan Speaker HP yang Terkena Air

Jika masih ada air di permukaan speaker HP, segera bersihkan agar air tidak masuk. Anda dapat menggunakan pin atau yang serupa untuk mengeluarkan air dari speaker. Membersihkan air yang terperangkap biasanya membantu menghilangkan bunyi kresek dari speaker.

4. Keringkan HP Menggunakan Hairdryer

Selain untuk mengeringkan rambut, hair dryer juga bisa digunakan untuk mengeluarkan air dari speaker HP Iphone 7 plus atau handphone jenis lainnya. Angin panas yang dipancarkan oleh pengering rambut dapat mengeringkan embun dari air yang menempel pada speaker.

Mengeringkan speaker HP dengan pengering rambut cukup sederhana. Anda hanya perlu menyalakan pengering rambut pada pengaturan panas terendah lalu arahkan ke speaker HP. Jika ponsel Anda memiliki jenis baterai yang dapat dilepas, lepaskan penutup dan baterai untuk mempercepat dan memaksimalkan proses pengeringan.

5. Keringkan HP di Media Beras

Anda juga dapat mencoba mengeringkan ponsel di atas rice holder untuk mengeluarkan air dari speaker ponsel jika benar-benar terendam air. Beras memiliki sifat menyerap air dengan sangat baik, sehingga dapat mengeringkan komponen HP yang basah, termasuk speaker.

Cara ini sangat mudah untuk diterapkan. Anda hanya perlu menyiapkan nasi dalam mangkuk atau panci lalu mengubur ponsel. Untuk hasil terbaik, Anda dapat menghapus bagian HP terlebih dahulu dan kemudian membiarkannya selama 2-3 hari.

6. Keringkan HP Menggunakan Kipas Angin

Jika tidak memiliki pengering rambut, Anda bisa menggunakan kipas angin untuk mengeringkan ponsel yang terkena air. Sebelum mengering, lepaskan semua bagian yang dapat dilepas dan letakkan di depan kipas. Untuk kekeringan maksimum, arahkan kipas ke speaker HP. Lakukan ini selama kurang lebih 5 jam sampai air di speaker HP benar-benar kering.

7. Segera Service HP

Jika Anda sudah mencoba semua cara di atas dan tetap tidak ada hasil, maka upaya terakhir adalah segera bawa ke service center HP. Teknisi akan memastikan speaker HP masih bisa digunakan atau perlu diganti dengan suku cadang baru. Jika ponsel Anda masih dalam garansi, cara ini pasti yang terbaik karena Anda mendapatkan layanan gratis.

Cara Mengeluarkan Air dari Speaker HP Sesuai Tipe HP

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, ada beberapa cara menghilangkan air dari speaker HP yang bisa Anda coba. Bahkan sekarang sudah ada aplikasi untuk menghilangkan air dari speaker HP yang mudah digunakan. Namun perlu Anda ketahui bahwa setiap jenis handphone memiliki bagian yang berbeda-beda, sehingga jika speaker terkena air maka perawatannya akan berbeda. Untuk menghindari salah langkah, pastikan untuk menggunakan metode yang sesuai dengan jenis ponsel yang Anda gunakan.

Berikut adalah beberapa cara untuk menghilangkan air dari speaker smartphone Anda tergantung pada jenis ponsel yang Anda gunakan.

Cara Mengeluarkan Air dari Speaker HP iPhone

Beberapa HP iPhone telah dilengkapi dengan teknologi waterproof yang mampu menahan air hingga 1 meter selama 30 menit. Sayangnya, tidak semua iPhone dilengkapi dengan teknologi ini, sehingga jika speaker terkena air, suaranya tidak akan bagus. Untuk mengatasi masalah seperti ini, Anda perlu mengetahui cara mengeluarkan air dari speaker smartphone dengan baterai yang ditanamkan untuk mengembalikan suara speaker ke normal.

Cara termudah untuk menghilangkan air dari iPhone adalah dengan mengocoknya, mengeringkannya sebentar, atau merendamnya dalam wadah beras. Namun, selain cara tersebut, ada cara yang lebih modern untuk menghilangkan air dari speaker smartphone, yaitu:

  • Menggunakan Shortcut Water Eject

Pintasan pengeluaran air adalah aplikasi yang umum digunakan untuk mengeluarkan air dari speaker HP iPhone. Aplikasi ini bekerja dengan memancarkan gelombang suara berfrekuensi sangat rendah sekitar 165Hz. Aplikasi Water Eject Shortcut mengeluarkan air dari port speaker iPhone.

  • Menggunakan Aplikasi Sonic

Selain aplikasi Water Eject Shortcut, Anda juga dapat menggunakan aplikasi Sonic untuk mengeluarkan air dari speaker smartphone iPhone. Aplikasi ini dapat memancarkan gelombang suara yang memindahkan air dari speaker HP.

  • Menggunakan Situs FixMySpeaker

Situs web FixMySpeaker juga dapat digunakan untuk menghilangkan air dari speaker HP iPhone. Penggunaannya juga sangat mudah, Anda hanya perlu mengunjungi halamannya lalu menekan tombol yang berupa gambar angin dan air. Situs ini secara otomatis memutar suara yang secara perlahan memeras air dari speaker.

Cara Mengeluarkan Air dari Speaker HP OPPO

Sebagian besar model HP OPPO menggunakan jenis baterai built-in, sehingga mengeluarkan air dari speaker smartphone OPPO A3S atau model lainnya tidak dapat dilakukan secara sembarangan. Jika ponsel OPPO Anda terkena atau jatuh ke air, segera lakukan hal berikut:

  • Matikan HP segera
  • Lepaskan kasing, kartu SIM, dan kartu memori
  • Goyangkan ponsel untuk menghilangkan sisa air dari speaker
  • Keringkan ponsel dengan kain untuk menyerap air
  • Rendam dalam panci besar
  • Test speaker dengan kode test *#800#

Anda juga dapat menggunakan kipas angin atau pengering rambut untuk membantu aliran air keluar dari speaker dan lebih cepat kering.

Cara Mengeluarkan Air dari Speaker HP Vivo

Jika speaker HP Vivo Anda terkena air, jangan panik karena ada banyak cara untuk menguji air dari speaker smartphone Anda. Sebagian besar HP Vivo menggunakan baterai yang dapat dilepas sehingga lebih mudah ditangani karena semua bagian dapat dilepas untuk memudahkan proses pengeringan.

Ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mengeluarkan air dari speaker smartphone Vivo Anda, misalnya:

  • Periksa pengaturan volume HP
  • Cek dengan Kode Test Rahasia HP Vivo *#*#0289#*#*
  • Untuk berjemur di bawah sinar matahari
  • Membersihkan speaker dengan peniti
  • Keringkan speaker dengan kipas angin atau pengering rambut

Jika cara di atas tidak berhasil, sebagai langkah terakhir disarankan untuk segera membawanya ke service center Vivo. Anda dapat mengajukan klaim garansi di service center Vivo terdekat dan mendapatkan layanan gratis.

Cara Mengeluarkan Air dari Speaker HP Samsung

Speaker HP Samsung yang terkena air bisa retak atau pecah. Kondisi ini harus segera ditangani karena jika tidak, dapat memperburuk kerusakan. Untuk mengatasi masalah ini, ikuti langkah-langkah berikut.

  • Bersihkan perangkat dengan kain kering
  • Tempatkan perangkat dengan speaker HP menghadap ke bawah dan goyang perlahan
  • Periksa pengaturan volume HP Samsung Anda
  • Periksa dengan kode tes Samsung # 0 #

Jika metode yang dijelaskan di atas untuk menghilangkan air dari speaker smartphone tidak berhasil, Anda perlu mengunjungi pusat layanan Samsung dengan perangkat untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Cara Mengeluarkan Air dari Speaker HP Realme

Cara mengeluarkan air dari speaker smartphone realme sebenarnya tidak jauh berbeda dengan baterai smartphone jenis lain. Anda dapat mencoba merendamnya dalam semangkuk nasi atau mengeringkannya dengan pengering rambut. Namun, selain cara ini, sebenarnya masih banyak cara lain sebagai berikut.

  • Dapatkan manfaat pembersih speaker – keluarkan air dan perbaiki suaranya
  • Kurangi volume menjadi sedang untuk menghindari menambahkan lebih banyak air
  • Cek dengan kode tes speaker *#*#0289#*#*

Jika cara di atas tidak berhasil, segera kunjungi service center HP Realme. Cara ini mungkin yang paling aman, karena akan ditangani langsung oleh para profesional, sehingga tingkat keberhasilannya pun akan lebih tinggi.

HP adalah salah satu alat penting untuk mendukung bisnis kami. Pantas saja HP ​​dibawa kemana-mana, ada resiko terkena air. Jika Anda secara tidak sengaja mengenai speaker ponsel Anda dengan air sehingga membuat suara bermasalah, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memastikan Anda tahu cara mengeluarkan air dari speaker ponsel cerdas Anda.

Perlu Anda ketahui bahwa air dari speaker HP harus dikeluarkan dengan benar agar kerusakan tidak semakin parah. Setiap jenis handphone memiliki cara yang berbeda-beda terutama untuk mengeluarkan air dari speaker smartphone iPhone 6. Oleh karena itu sebelum mencoba cara di atas, pastikan untuk memilih cara yang paling tepat sesuai dengan jenis handphone yang anda gunakan.

Selain perkembangan teknologi yang semakin canggih, pengelolaan speaker penyerap air HP tidak hanya bisa dilakukan secara manual. Untuk mengatasi masalah ini, ada banyak aplikasi yang tersedia untuk menghilangkan air dari speaker HP. Hal ini tentunya akan memudahkan Anda dalam menangani speaker HP yang mengandung air.

Demikian ulasan lengkap tentang cara menghilangkan air dari speaker ponsel Android dan iPhone yang bisa Anda coba.  Dengan metode ini, air hanya menembus lebih dalam ke speaker, menyebabkan lebih banyak kerusakan. Jika Anda enggan melakukan sendiri cara di atas, sebaiknya segera bawa ke pusat layanan HP demi keamanan.